Home MakananMakanan Berbahaya 8 Bahaya Debu Pada Makanan Bagi Kesehatan

8 Bahaya Debu Pada Makanan Bagi Kesehatan

by Ana Rohma

Kita harus berhati-hati dengan makanan yang kita makan. Makanan yang kita makan sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan tubuh kita. Makanan yang kita makan harus terjaga kesehatannya serta kebersihananya. Salah satu yang menyebabkan makanan tidak sehat yaitu karena terdapat debu dalam makanan. Debu ada dimana-mana dan berbahaya untuk kesehatan tubuh kita. Ukuran debu sangat kecil sehingga dapat dengan mudah menempel pada makanan yang tidak ditutup. Makanan tersebut dimakan oleh kita sehingga debu ikut masuk kedalam tubuh kita. Debu yang berukuran bermacam-macam dapat menyerang berbagai organ tubuh kita akibat bakteri dan kuman yang ikut terkandung didalam debu tersebut.

Tentang Debu Pada Makanan

Ukuran debu sangat kecil dan sangat berpengaruh terhadap penyakit yang timbul. Beberapa ukuran debu yaitu: 5 sampai 10 mikron lebih berpotensi menyerang bagian pernapasan atas, ukuran sampai 5 mikron lebih berpotensi menyerang bagian pernapasan tengah, ukuran 1 sampai 3 mikron lebih berpotensi menyerang dipermukaan alveoli. Ukuran yan lebih kecil lagi yaitu 0,5 sampai 0,1 mikron debu ini lebih berpotensi hinggap pada selaput lender sehingga menyebabkan penyakit vibrosis paru. Ukuran debu yang sangat kecil tetapi menyebabkan bahaya dan dapak yang besar bagi kesehatan tubuh kita.

Bahaya debu pada makanan wajib kita waspadai karena dapat berdampak mematikan. Debu merupakan partikel yang berbahaya jika masuk kedalam tubuh kita. Debu yang menempel pada kulit luar kita saja dapat menyebabkan beberapa penyakit kulit, iritasi, gatal-gatal dan penyakit lainnya. Debu yang masuk kedalam tubuh lebih berbahaya daripada debu yang menempel pada kulit kita. Debu yang masuk kedalam tubuh kita melalui makanan dapat menimbulkan beberapa penyakit yang membahayakan kesehatan tubuh kita.

Berikut ini beberapa penyakit yang bisa timbul karena mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi oleh debu:

1. Diare

Diare merupakan penyakit pada bagian percernaan yang dapat disebabkan karena kuman yang masuk kedalam tubuh kita melalui makanan yang tertempel debu. Jika kita membeli makanan hati-hati jangan memilih yang terjual di pinggir jalan tanpa ditutup. Belilah makanan yang terhindar dari debu.

Baca : Makanan untuk penderita diare – Cara mengobati diare – Bahaya diare – Penyebab diare

2. Flu

Debu yang masuk kedalam tubuh kita melalui makanan juga memicu tubuh kita terserang penyakit flu. Penyakit flu memang bukan penyakit yang berbahaya tetapi jika kita terserang penyakit ini tubuh kita menjadi lemas, suhu tubuh menjadi tinggi serta seringkali menyebabkan pusing pada kepala.

Baca : Gejala Flu – Cara menghilangkan flu – Penyebab flu

3. Sakit perut

Makanan yang berdebu sangat berisiko pada kesehatan tubuh kita. Debu yang menempel pada makanan dapat menyebabkan sakit perut. Debu merupakan benda asing jika berada di dalam perut sehingga perut akan menolaknya. Jika sistem imun kita lemah, kuman yang terkandung dalam debu dapat menyebabkan sakit perut.

4. Batuk

Debu yang masuk kedalam tubuh melalui makanan akan melewati tenggorokan. Debu yang masuk bisa saja tersangkut di tenggorokan sehingga menimbulkan tenggorokan sakit dan memicu batuk. Apalagi pada anak-anak yang system imunnya belum kuat. Hati-hati memberikan makanan pada anak-anak. Jika makanan berbentuk buah-buahan makan cucilah terlebih dahulu agar terbebas dari kuman yang menempel pada debu.

Baca : Cara menghilangkan batuk – Penyebab batuk kering dan berdahak – Efek samping obat batuk hitam – Cara mencegah batuk – Buah untuk obat batuk – Gejala batuk TBC

5. Sariawan

Bahaya debu pada makanan bagi kesehatan selanjutnya adalah menyebabkan sariawan. Sariawan timbul bukan hanya karena kekurangan vitamin C saja, tetapi karena didukung juga dengan bakteri dan kuman yang ada didalam tubuh. Bakteri atau kuman ang masuk kedalam tubuh bisa melalui makanan yang terkontaminasi oleh debu.

Baca : Cara mengobati sariawan – Cara mencegah sariawan – Penyebab sariawan – Penyakit akibat kekurangan vitamin C – Makanan yang mengandung vitamin C – Buah yang mengandung vitamin C

6. Paru-paru
Paru-paru merupakan organ terpenting dalam tubuh kita dalam proses pernapasan. Jika debu masuk kedalam tubuh kita dapat mengganggu sistem pernapasan kita. Debu yang masuk melalui makanan dapat menyebabkan paru-paru kita kotor karena terinfeksi oleh debu. Paru-paru yang kotor akan menyebabkan pernapasan kita terganggu.

baca : Infeksi Paru paru – Cara menjaga kesehatan paru paru – Penyebab emfisema – flek paru paru

7. Asma

Asma merupakan penyakit bagian pernapasan yang mempunyai gejala sesk napas dikarenakan penymbatan saluran pernapasan seperti penyumbatan karena debu. Kebanyakan penderita asma terjadi karena mereka alergi debu. Debu ini bisa masuk ke tubuh melalu banyak cara salah satunya karena menempel pada makanan. Hati-hatilah dengan makanan yang anda makan. Apalagi jika anda senang membeli makanan di pinggir jalan yang sangat rawan terkena debu.

Baca : Penanganan asma pada anak – Pantangan ASMA – Cara mencegah asma – Cara mengobati asma – Gejala asma

8. Mengkroniskan penyakit yang sudah ada

Debu yang masuk kedalam tubuh melalui makanan tentunya membawa berbagai kuman dan bakteri sehingga masuk kedalam tubuh. Jika dalam tubuh kita telah ada atau sudah terserang penyakit akan menyebabkan penyakit tersebut semakin kronis karena bakteri yang masuk ikut menyerang anggota tubuh yang sakit. Misalnya jika tubuh sudah terserang penyakit thipus, maka kuman yang masuk akibat debu akan semakin menambah tingkat keparahan penyakit thipus.

Demikian beberapa bahaya yang bisa timbul karena debu yang menempel pada makanan. Mungkin hal tersebut bukan bahaya yang besar tetapi jika itu terjadi secara terus-menerus akan semakin menyerang kesehatan tubuh anda. Penyakit-penyakit kecil akan semakin kronis dan menyebabkan penyakit lain yang serius timbul.
Jangan anggap sepele dengan bahaya yang ditimbulkan oleh debu. Sistem imun tubuh belum tentu selalu kuat melawan berbagai benda asing seperti debu yang masuk ke dalam tubuh. Tetap jaga kesehatan anda serta perhatikan makanan yang anda konsumsi dari segi kesehatan ataupun kebersihannya.

You may also like