8 Penyebab Sering Sariawan pada Mulut

13920

sariawan

Sariawan, pasti anda semua sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. Ya, sariawan merupakan salah satu bentuk infeksi dari luka yang terjadi dan juga muncul pada bagian mulut kita. Biasanya hal yang paling umum terjadi adalah sariawan biasa, yang disebabkan oleh luka pada bagian sekitar mulut. Sariawan sendiri berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, karena menyebabkan beberapa hal yang dapat mempengaruhi kesehatan seperti :

  • Nafsu makan yang menurun
  • Menjadi sulit untuk mengunyah makanan
  • Asupan makanan yang masuk ke dalam mulut tidak dapat diolah dan dihaluskan secara sempurna
  • Bisa berujung pada kekebalan tubuh yang menurun akibat asupan makanan yang berkurang

Secara umum, sariawan dapat terjadi pada siapapun. Tua muda anak-anak, remaja, pria dan juga wanita memiliki kemungkinan yang sama dalam mengalami sariawan. Sariawan sendiri dapat muncul karena banyak penyebab bahkan dengan frekuensi sariawanyang berbeda-beda. Pada beberapa orang, masalah sariawan ini bisa lebih sering terjadi. Berikut ini adalah beberapa penyebab sering sariawan dan penyakit apa saja yang dapat menimbulkan sariawan :

1. Kekurangan vitamin B12 dan juga zat besi

Masalah pertama yang dapat menyebabkan seseorang mengalami sariawan pada rongga mulutnya ialah kekurangan vitamin B12, zat besi. Selain kedua mineral diatas, penderita sariawan juga biasanya mengalami kekurangan vitamin C.  Namun demikian, vitamin B12, vitamin C dan juga zat besi tidaklah mutlak dapat menyebabkan sariawan pada seseorang. Jadi tidak dapat diartikan secara umum bahwa mereka yang kekurangan ketiga nutrisi dan mineral tersebut pasti akan mengalami sariawan.

Namun demikian, kekurangan dari vitamin B12, Vitamin C dan juga zat besi akan memperparah kondisi sariawan yang diderita. Nah, untuk mengurangi dan mencegah bertambah parahnya sariawan yang anda derita, anda dapat meningkatkan dan juga mengoptimalkan asupan vitamin B12, Vitamin C dan juga zat besi untuk tubuh anda setiap harinya.

2. Daerah rongga mulut yang tergigit ketika mengunyah

“aduh, kegigit nih!!” sudah sering mengalaminya kan? Nah inilah salah satu hal yang paling banyak menjadi penyebab dari munculnya sariawan pada bagian rongga mulut anda. Ketidak hati-hatian saat mengunyah makanan di dalam mulut seringkali membuat bagian pipi dalam dan juga bibir anda bahkan lidah anda tidak sengaja tergigit dan pada akhirnya akan muncul infeksi yang kita kenal dengan istilah sariawan.

Biasanya, sariawan karena “kegigit” ini memiliki waktu penyembuhan yang relatif bagi setiap orang. Hal ini biasanya tergantung dari kondisi tubuh dan asupan makanan yang mengandung vitamin C yang dikonsumsi oleh penderita.

3. Pemasangan bracket dari kawat gigi

Bagi anda yang sekarang sedang melakukan perawatan gigi menggunakan kawat gigi, maka sudah hampir pasti anda akan sering mengalami gejala sariawan. Hal ini merupakan hal yang wajar, karena proses pemasangan bracket kawat gigi dapat menimbulkan luka pada bagian gusi dan juga rongga mulut. Hal ini dapat menyebabkan munculnya infeksi berupa sariawan pada bagian mulut anda. Namun, jangan khawatir bahaya behel lepas pasang yang menimbulkan sariawan ini akan hilang seirng dengan penyesuaian bagian rongga mulut anda dengan bracket dari kawat gigi yang anda kenakan.

4. Kuman, plak dan juga bakteri yang berkembang di mulut

Merupakan salah satu masalah kesehatan yang dapat menjadi penyebab seriawan sariawan. Sariawan dapat muncul karena kuman, bakteri dan juga plak yang bersarang di dalam mulut tidak dibersihkan dengan baik. Kuman tersebut akan menginfeksi bagian mulut anda, yang akan menyebabkan gangguan kesehatan, seperti sakit gigi, penyebab gigi berlubang dan juga sariawan.

Untuk mengatasi kemunculan sariawan akibat kebersihan rongga mulut yang tidak terjaga, anda dapat melakukan beberapa tips berikut :

  • Sikat gigi dengan menggunakan pasta gigi
  • Biasakan menggosok gigi dengan aturan menyikat gigi yang benar
  • Gunakan mouthwash untuk membantu membersihkan rongga mulut dari kuman dan juga bakteri

5. Stress, depresi dan masalah psikologis

Apabila sebelumnya sariawan  muncul karena masalah kesehatan dan juga kebersihan secara fisik, maka sariawan ternyata dapat muncul karena adanya masalah dari kesehatan secara mental. Masalah kesehatan secara mental ini bukan berarti anda gila dan harus masuk rumah sakit jiwa, namun kondisi pikiran dan mental yang cenderung tertekan dan juga terganggu atau dikenal dengan masalah psikologis, seperti stress dan depresi dapat menimbulkan sariawan.

Dalam hal ini masalah psikologis tersebut akan menimbulkan efek psikosomatis. Dimana muncul berbagai gejala fisiologis, yang sebenarnya muncul karena adanya masalah psikologis. Untuk menghindari munculnya sariawan karena masalah psikologis, anda dapat melakukan beberapa hal berikut :

  • Jangan mudah panik
  • Ketika mulai merasa tertekan, carilah media yang dapat merelaksasi, seperti berjalan – jalan dan juga beristirahat
  • Kenalilah segala jenis beban yang harus anda hadapi, lalu buatlah skala prioritas, kira-kira beban mana saja yang dapat anda selesaikan terlebih dahulu, dan juga beban mana saja yang membutuhkan perhatian lebih

6. Kanker Mulut dan kanker rongga mulut

Ini merupakan salah satu penyebab dari sariawan yang paling berbahaya dan juga menakutkan. Ya, kanker rongga mulut. Kanker rongga mulut merupakan munculnya tumor dan juga sel kanker pada bagian rongga mulut, dimana salah satu gejala utamanya adalah sariawan. Jadi, apabila anda mengalami sariawan, terutama dalam jangka waktu yang sangat lama, dengan titik kemunculan sariawan yang berubah-ubah dan juga besarnya sariawan yang tidak normal, anda wajib, mengkonsultasikan hal ini ke dokter kepercayaan anda. Bukan tidak mungkin gejala sariawan seperti yang telah disebutkan tersebut merupakan gejala dari kanker mulut.

7. Dinding pembuluh darah kapiler yang mengalami pendarahan

Selain itu, penyebab sering sariawan juga dapat disebabkan karena adanya pembuluh darah kapiler pada bagian mulut yang mengalami pendarahan. Pendarahan ini dapat menimbulkan sariawan pada bagian rongga mulut anda.

8. Hemofilia

Salah satu jenis penyakit langka yaitu hemofilia, yang merupakan jenis penyakit genetis dan salah satu penyakit yang dapat menyebbakan sariawan. Biasanya, sariawan yang dialami oleh penderita hemofilia juga disertai oleh beberapa jenis pendarahn, dan terjadi secara tidak normal

Bagaimana Cara Mengatasi sariawan ?

Untuk mengatasi munculnya sariawan, anda dapat melakukan beberapa hal di baawah ini :

  • Selalu jaga kebersihan rongga multu anda dengan menggunakan mouthwash dan juga sikat gigi secara teratur
  • Optimalkan asupan vitamin C pada tubuh anda
  • Perbanyak minhum air putih

Demikianlah artikel mengenai penyebab sering sariawan yang perlu anda ketahui. Bagaimana? Semoga artikel mengenai penyebab sariawan ini dapat bermanfaat bagi pengetahuan anda sekalian.