6 Efek Samping Daun Pepaya Jepang

Daun pepaya jepang mungkin asing ditelinga masyarakat kita. Asing di sini berkaitan dengan namanya, bukan daunnya. Sebab masyarakat kita mengenal berbagai macam pepaya, tetapi persoalan nama tidak begitu mengetahui secara pasti. Pepaya jepang ini mungkin ada di sekitar masyarakat, bahkan digunakan untuk lauk dan campuran urap. Daun pepaya sendiri memang terkenal rasanya yang pahit. Rasa yang pahit inilah yang dipercaya mampu menambah stamina dan meningkatkan kesehatan tubuh. Tidak mengherankan ada ramuan daun pepaya. Ramuan yang sering di bawa oleh tukang jamu gendong.

Tidak saja daun pepaya satu jenis saja, daun pepaya jepang juga memiliki khasiat yang tinggi untuk tubuh. Adapun khasiat itu diantaranya mampu mengobati gangguan usus, tifus, sebagai anti kangker, membunuh penyakit, mengobati anemia, mengatasi rasa nyeri, menjaga imun tubuh, dan lainnya. Manfaat yang demikian di dapatkan dari kandungan nustrisi yang dihasilkan oleh daun pepaya jepang. Selain itu, ketika minum rabusan atau ramuan dari daun pepaya Jepang tanpa efek samping. Maksudnya alami dari alam kita.

Meskipun daun pepaya Jepang memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh. Ternyata daun ini juga memiliki efek samping yang penting untuk Anda ketahui. Adapun efek samping itu akan di bahasa dalam artikel berikut. Sehingga, Anda akan semakin banyak tahu demi kesehatan tubuh Anda.

  1. Menyebabkan Alergi

Alergi merupakan sebuah kondisi di mana tubuh tidak dapat menerima atau menolak sesuatu yang masuk atau mungkin sekedar menempal. Reaksi dari elergi ini berbagai macam. Ada yang bintik-bintik kemerahan, mual-mual, hingga menyebabkan demam tinggi. Ternyata salah satu penyebab dari alergi ini adalah daun pepaya Jepang. Kandungan dari enzim papain dapat menyebabkan alergi seperi mata pedas dan hidung berair. Alergi inilah yang tentu akan membuat tubuh Anda tidak nyaman. Secara lebih lanjur alergi dapat menyebabkan gangguan sistem metabolisme tubuh.

  1. Berbahaya Untuk Ibu Hamil

Ibu hamil merupakan masa-masa yang begitu rentan. Tidak sembarang asupan makanan yang dapat masuk ke dalam tubuh. Sebab kandungan inilah yang akan memperngaruhi dari perkembangan janin. Harus seimbang untuk segala keburuhan nutrisi yang ada dalam tubuh. Daun pepaya Jepang memiliki kandungan enzim papain yang berbahaya untuk ibu hamil. Sebab kandungan enzim ini dapat menjadi racun untuk si Janin. Untuk itulah, kiranya bagi Anda yang sedang hamil baik masih muda atau tua. Penting untuk memperhatikan asupan vitamin, terutama menghindari makan daun pepaya Jepang.

  1. Menyebabkan Sakit Perut

Sistem pencernaan tubuh kita begitu rentan. Tidak sembarang makanan yang masuk dapat diolah dan diambil sari pati nutrisinya. Ada yang harus dikeluarkan melalui urin dan juga keringat. Daun pepaya Jepang misalnya, tidak bagus untuk kesehatan perut sebab dapat menyebabkan sakit perut. Hal ini karena kandungan serat dan lateks yang tinggi. kandungan inilah yang dapat menyebabkan sakit perut. Membuat perut menjadi iritasi dan memicu rasa mual yang tidak mengenakan untuk tubuh. Untuk itulah penting bagi Anda menjaga asupan makanan sebagai cara meningkatkan daya tahan tubuh.


  1. Menyebabkan Sembelit

Sembelit dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, pola makan yang tidak sehat dan juga racun yang masuk ke tubuh melalui makanan. Selain itu, sembelit ternyata dapat disebabkan oleh daun pepaya Jepang. Kandungan serat yang tinggi akan menyebabkan pengerasan fase (tinja) sehingga dapat menimbulkan Gangguan pencernaan. Salah satu gangguan tersebut adalah sembelit. Untuk menghindari sembelit, kiranya menjauhkan dari mengkonsumsi daun pepaya Jepang dan minum air putih yang banyak. Untuk menjaga keseimbangan tubuh.

  1. Menyebabkan Perut Kembung atau Begah

Perut kembung atau begah selama ini identik disebabkan oleh masuk angin dan kondisi tubuh yang menurun. Ternyata penyebab dari perut kembung atau begah salah satunya adalah mengkonsumsi daun pepaya Jepang yang berlebih. Sebab daun pepaya ini mengandung vitamin C  yang tinggi. Tubuh yang kelebih dari vitamin ini dapat menyebabkan sistem pencernaan terganggu. Salah satunya adalah menyebabkan perut kembung atau begah. Tentu perut yang demikian akan menimbulkan kondisi tubuh yang tidak nyaman. Selain itu, juga menganggu aktivitas sehari-hari. Untuk mengatasi kondisi demikian, penting kiranya Anda mengkonsumsi daun pepay Jepang dalam jumlah yang wajar.

  1. Kerusakan Jaringan Kulit

Daun pepaya Jepang memiliki kandungan senyawa toksitas. Senyawa ini terdapat dalam getah dari daun pepaya yang dapat menimbulkan irritan, visicant, dan dermatogenik. Senyawa inilah yang tidak baik untuk kesehatan kulit. Terlebih bagi Anda yang memiliki kulit yang sensitif. Dengan mengkonsumsi duan pepaya Jepang akan mudah tidak saja iritasi atau alergi, tetapi akan menyebabkan kerusakan jaringan kulit. Kulit yang mengalami kerusakan jaringan tentu akan berpengaruh pada kolegan kulit. Salah satu zat yang mempengaruhi kulit, sehingga terlihat segar dan cantik.

 

, , , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup