5 Efek Samping Daun Antanan yang Penting Anda Ketahui

Daun Antanan, selain berfungsi sebagai dedaunan biasa, daun yang satu ini dikenal memiliki khasiat lain yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Sebab daun ini dikenal memiliki manfaat yang lebih daripada daun yang biasanya. Di wilayah Asia dan Australia daun antanan dikenal sebagai daun herbal asli, artinya sudah banyak yang menyakini bahwa daun yang satu ini sangat membantu dalam menjaga kesehatan tubuh.  Untuk itu tidak heran jika daun dengan nama lain semanggen, dan pegagan ini banyak dicari oleh sebagian orang. Selain itu di masyarakat Jawa, daun antanan ini bisa digunakan sebagai sayuran. Bahkan bagi para praktisi kesehatan, akhir-akhir ini daun antanan menjadi perhatian. Sebab mampu mengatasi beberapa keluhan penyakit yang ada di dalam tubuh. Untuk itu tidak jarang jika di Indonesia, India daun atanan ini sudah dibudidayakan untuk kemudian diolah menjadi obat herbal yang juga memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi. Berikut beberapa manfaat yang dapat dimunculkan dari daun antanan.

  1. Mencegah Kerusakan Otak

Manfaat pertama yang dapat dimunculkan dari daun antanan adalah kerusakan yang ada di dalam otak. Sebab kandungan yang ada di dalam daun antanan diyakini mampu menjaga kesehatan sistem saraf otak. Manfaat ini yang kemudian menjadikan daun antanan menjadi salah satu dan yang sangat berkhasiat.

  1. Mencegah Penyakit Kanker

Selain mencegah kerusakan otak, manfaat lain yang dapat ditimbulkan dari daun antanan adalah mampu mencegah penyakit kanker di dalam tubuh. Penyakit kanker menjadi salah satu penyakit yang sangat berbahaya. Bahkan belum ada yang menemukan obatnya. Namun dalam beberapa penelitian menyatakan kandungan yang ada di dalam daun antanan ini mampu menjadi obatnya. Untuk itu khasiat ini yang menjadikan daun antanan banyak dibudidayakan dan diolah menjadi obat herbal.

  1. Mencegah Stres Stres

Manfaat selanjutnya yang dapat dimunculkan dari daun antanan adalah dapat mencegah strees. Manfaat ini tentunya menjadi hal yang sangat penting bagi tubuh. Bagi Anda yang string merasa stres, mengkonsumsi daun antanan kirannya dapat dijadikan solusi terbaik. Sebab sekali lagi kandungan yang ada di dalam daun antanan ini mampu mencegah gejala-gejala munculnya strees.

Namun meskipun begitu dibalik kekayaan manfaat yang ditawarkan daun antanan, yang penting untuk diketahui selanjutnya bahwa daun yang satu ini juga mengandung beberapa efek samping yang sangat berbahaya bagi tubuh. Efek samping ini penting untuk diketahui agar Anda bisa lebih berhati-hati ketika mengkonsumsi daun antanan. Bagi kamu yang belum mengetahuinya. Berikut artikel ini akan menjelaskannya.


  1. Berbahaya Bagi Ibu Hamil

Efek samping pertama yang pentung untuk Anda ketahui bahwa daun antanan ini berbahaya bagi ibu hamil. Bahaya ini jika cara mengkonsumsinya dengan diminum atau di makan. Namun tidak menimbulkan bahaya jika digunakan di bagian organ luar. Namun, meskipun begitu perlu kehati-hatian agar tidak mengganggu janin yang ada di dalam kandungan. Selain itu ibu hamil penting melakukan meditasi untuk kesehatan agar tubuh menjadi lebih rileks dan fresh.

  1. Berbahaya Bagi Ibu yang Menyusuhi

Selain berbahaya bagi ibu hamil, efek samping selanjutnya yang penting diketahui bahwa daun ini juga berbahaya bagi ibu menyusui. Bagi ibu yang sedang menyusuhi disarankan untuk menghindari daun yang satu ini. Sebab beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan yang ada di dalam daun antanan tidak baik bagi ibu-ibu yang sedang menyusuhi.

  1. Mengakibatkan Kesulitan Hamil

Efek samping selanjutnya yang bisa dimunculkan ketika mengkonsumsi daun antanana  adalah kesulitan dalam proses kehamilan. Hal ini dibuktikan pada hewan. Hewan yang sering mengkonsumsi daun yang satu ini. Akan mengalami kesulitan hamil. Sebab kandungan yang ada di dalamnya dapat menghambat proses kehamilan. Untuk itu perlu kehari-hatian dalam mengkonsumsinya agar tidak menimbulkan dampak yang membahayakan.

  1. Bahaya Bagi Penderita Diabetes

Efek samping yang dapat dimunculkan dari daun antanan adalah bahaya bagi penderita diabetes. Untuk itu bagi Anda yang memiliki riwayat diabetes disarankan untuk tidak mengkonsumsi daun yang satu ini. Sebab kandungan yang ada di dalamnya diyakini tidak baik terhadap kelangsungan penyakit diabetes.

  1. Tidak Baik Bagi Anda yang Menjalani Operasi

Efek samping selanjutnya yang dapat dimunculkan dari daun antanan adalah dampak buruk bagi Anda yang hendak menjalani oprerasi. Sebab sekali lagi beberapa riset menunjukkan kandungan yang terdapat dalam daun antanann ini memiliki dampak buruk terhadap proses operasi. Lebih-lebih Anda mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak, justru akan berdampak buruk terhadap kelangsungan kesehatan tubuh Anda. Sikap kehati-hatian dan konsultasi dokter dirasa menjadi jalan terbaik agar hal ini tidak muncul dalam diri Anda.

Itulah beberapa efek samping yang muncul dari daun antanan. Setelah mengetahui efek sampingnya semoga Anda bisa lebih berhati-hati dan waspada dalam mengkonsumsinya. Agar tidak menimbulkan hal yang buruk terhadap kesehatan. Selain itu menjaga gaya hidup hidup sehat juga menjadi bagian yang penting.

, , , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup