Wajib Tahu, 6 Makanan Ini Bisa Bikin Kulitmu Makin Berminyak Lho!

116

Wajib Tahu, 6 Makanan Ini Bisa Bikin Kulitmu Makin Berminyak Lho!Para pemilik jenis kulit berminyak, pasti amat terganggu karena seringkali kulit tipe seperti inilah yang justru memicu komedo dan jerawat. Meski memang jenis kulit berminyak terjadi alami, kulit dapat jauh lebih berminyak ketika kita terlalu sering mengonsumsi makanan-makanan di bawah ini.

  1. Makanan Manis

Makanan yang mengandung gula tinggi alias yang manis-manis tak hanya bisa menyebabkan sakit gigi jika dikonsumsi terlalu sering dan banyak, tapi juga dapat menjadi pemicu kulit makin berminyak. Produksi insulin pasti naik saat kadar gula darah naik sehingga kelenjar sebum pun pasti menghasilkan kadar minyak yang juga lebih banyak.

  1. Refined Carbohydrate

Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti mi instan, pasta, roti, sereal dan juga junk food mampu membuat produksi minyak di kulit makin banyak. Makanan-makanan olahan yang kaya karbohidrat tersebut kaya akan gula tinggi sehingga kasusnya hampir sama dengan makanan manis tadi. Supaya kelenjar sebum tak memroduksi minyak berlebihan, batasi asupan refined carbohydrate lebih dulu.

  1. Susu dan Produk Olahannya

Susu kemasan, lalu juga susu bubuk, susu kental manis, es krim, yogurt, keju dan susu itu sendiri merupakan produk atau sumber makanan yang juga mampu memicu produksi minyak pada kulit meningkat. Meski menjadi sumber mineral kalsium, penting untuk tahu pula bahwa produk olahan susu berkandungan hormon.

Karena kandungan hormonnya yang tinggi itulah, kelenjar sebum terstimulasi untuk menghasilkan lebih banyak minyak yang nantinya menjadi pendorong timbulnya jerawat dan komedo. Susu dan produk olahannya memang penting, tapi asupannya sebaiknya dibatasi saja dan konsumsilah sayuran sebagai variasi agar juga kulit lebih sehat.

  1. Makanan Pedas

Makanan pedas banyak yang menggemari dan mengonsumsinya sebenarnya cukup bermanfaat, seperti meningkatkan metabolisme tubuh. Meski makan pedas diyakini juga bermanfaat dalam membakar lemak, nyatanya justru tubuh terstimulasi agar bisa menghasilkan minyak lebih banyak sehingga Anda para pemilih tipe kulit berminyak sekaligus pecinta makanan pedas harus berhati-hati.

  1. Gorengan

Makanan-makanan yang digoreng alias gorengan bukan hanya mampu meningkatkan kadar tekanan darah dan kolesterol. Menurut hasil studi yang terpublikasi pada jurnal Dermato-Endocrinology, kulit berminyak bisa makin berminyak dengan mengonsumsi gorengan sehingga dapat muncul dengan mudah jerawat-jerawat yang menghiasi wajah karena kandungan asam lemak omega-6 nya yang berisiko radang. Cukup batasi asupan gorengan supaya produksi minyak pada kulit dapat ditekan.

  1. Kafein

Kopi dan teh adalah sumber kafein tinggi yang banyak orang suka menikmatinya. Namun sebenarnya, kafein adalah pemicu dehidrasi karena tubuh akan lebih gampang kekurangan cairan. Saat tubuh sedang berada pada kondisi inilah, produksi minyak pada kulit dan tubuh meningkat sehingga penting untuk mengurangi asupan kafein dengan memperbanyak asupan air putih.

Jadi kalau Anda punya kulit tipe berminyak, perhatikan makanan apa saja yang bisa meningkatkan produksi minyak dalam tubuh. Bukannya tidak boleh mengonsumsi makanan-makanan tersebut, namun memerhatikan batasannya adalah jauh lebih baik sehingga tak berlebihan dan tak memicu penyakit tertentu.