10 Efek Samping Daun Ungu Yang Wajib Anda Kenali

Daun ungu atau dalam bahasa latin graptophyllum pictum merupakan tanaman unik yang berwana ungu gelap dengan ukuran daun yang lebar. Ketinggian dari tanaman ini dapat mencapai 3 meter labih. Jenis  tanaman obat ini di pedesaan biasa digunakan untuk tanaman pagar. Sebagai penghias dan mempercantik perkarangan rumah. Memang warna daun yang ungu memberikan kesan tersendiri bagi siapa saja yang melihatnya. Terlebih dipadukan dengan tanaman lain akan jauh lebih indah.

Namun, kali ini tidak akan menbahas terkait dengan tanaman ungu secara lebih mendalam dari segi struktrunya. Melainkan akan mengupas terkait manfaat yang dihasilan. Memang tidak banyak orang yang mengenalnya. Sebagai tanaman obat yang bermanfaat untuk tubuh. Meskipun setiap hari melihat bahkan memegangnya. Salah satu manfaat yang dihasilkan adalah untuk mengatasi wasir dan sembelit. Selain itu, ada manfaat lain yang penting untuk Anda ketahui. Adapaun manfata itu akan kami bahas dalam artikel berikut.

Efek positif daun ungu sebagai berikut;

  1. Mengatasi Demam

Efek positif dari daun ungu pertama dapat mengatasi demam. Demam merupakan salahs satu gejala penyakit. Semacam indikasi atau indikator bahwa tubuh terserang bakteri. Salah satu penyakit yang didahului demam adalah malaria. Untuk mengatasi demam ini dapat menggunakan daun ungu. Sebab daun ini mengandung diuratic, yang dapat berfungsi menyembuhkan demam pada tubuh.

2 Anti Inflamasi

Khasiat dari daun unggu kedua berupa anti inflamasi. Anti inflamasi merupakan sifat yang membatu dalam meredakan peradangan. Jika Anda sedang mengalami peradangan baik kulit maupun tenggorokan dapat menggunakan daun ungu ini sebagai obat herbal dan tanpa efek samping serta antioksidan

  1. Anti Bakteri

Daun ungu ini memiliki khasiat yang luar biasa yaitu anti bakteri. Bakteri yang masuk dalam tubuh dapat diatasi. Sebab daun ungu ini memiliki senyawan yang dapat membunuh dan mengusir dari bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, daun ungu ini merupakan cara meningkatkan daya tahan tubuh. Secara alami dan tanpa efek samping.

  1. Obat Maag

Daun ungi memiliki manfaat juga untuk obat maag. Maag sering timbul karena pola makan yang kurang baik dan juga faktor kelalahan. Ketika terserang maag tentu akan menganggu pola makan Anda. Karena perut akan merasakan nyeri dan perih. Untuk mengatasi maag tersebut dapat menggunakan rebusan duan ungu. Karena daun ini dapat menurunkan asam lambung, sehingga maag dapat teratasi.

  1. Pereda Rematik

Penyakit rematik biasanya menyerang orang dewasa. Penyakit ini disebabkan tidak saja oleh virus, tetapi aktivitas yang berlebih. Dampak dari rematik ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan pembekakan dan menganggu kestabila dalam berjalan. Rematik ini dapat diredakan dengan mengkonsumsi rebusan daun ungu. Sebab daun ini mengandung anti nyeri yang baik untuk penderita rematik.


  1. Menjaga Kesehata Kulit

Kesehatan kulit bagi kaum hawa merupakan aset yang tak ternilai. Kulit yang sehat dan cantik merupakan idaman bagi setiap orang utamanya kaum hawa. Untuk menghasilkan kulit yang demikian banyak cara yang dilakukan. Tidak saja menggunakan obat-obat mahal dan belum tentu baik untuk kulit. Tetapi penting juga untuk menggunakan obat herbal yang jelas khasiatnya. Salah satunya dengan menggunakan daun ungu. Daun ini akan membantu kulit Anda terlihat segar, sehat dan putih. Sehingga, kecantikan Anda akan terus terpancar.

7. Mengatasi Plak Gigi

Efek positif daun ungu selanjutnya adalah mengatasi plak pada gigi. Plak ini sangat menganggu penampilan Anda. Selain itu, juga dapat menyebabkan gigi berlubang dan mengeras. Untuk membersihkan plak gigi ini tidak saja menggunakan obat kimia, melainkan dapat menggunakan daun ungu. Sebab daun ini dapat mengurangi plak gigi secara berkala.

Selain efek positif, daun ungu ternyata memiliki efek negatif untuk tubuh Anda. Adapun efek tersebut penting untuk dipahami.

  1. Tidak Bagus Untuk Janin

Janin sangat rentan terhadap berbagai hal. Bagi Anda yang sedang hamil tentu akan sangat berhati-hati dalam memilih makanan. Begitu juga dengan daun ungu, meskipu  memiliki manfaat yang tinggi. Daun ini ternyata tidak baik untuk ibu hamil. Sebab daun ini dipercaya dapat menyebabkan keguguran. Tentu Anda tidak ingin hal itu terjadi. Untuk itu penting menhindari daun ungu.

  1. Menganggu Kesuburan

Kesuburan memang sangat dibutuhkan untuk perempan, baik yang baru menikah atau belum. Melalui kseburuan inilah nantinya akan dapat memberikan keturunan untuk kelangsungan rumah tangga. Keseburan penting untuk dirawat dna dijaga. Salah satu yang penting untuk dihindari adalah daun ungu. Sebab daun ini sangat kurang cocok untuk kesuburan. Jika Anda ingin mengkonsumsi harus dengan takaran yang pas dan tidak berlebih.

  1. Menganggu Metabolisme

Daun ungu yang kaya manfaat memang baik untuk tubuh. Meskipun demikian Anda harus menjaga ketika mengkonsumsinya. Ketika mengkonsumsi secara berlebih akan menganggu kesimbangan tubuh. Karena tubuh hanya memerlukan vitamin yang pas dan seimbang saja.

, , , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup