Home Featured Mata Kering dan Gatal, Ada Tungau Hidup di Bulu Mata Wanita Ini

Mata Kering dan Gatal, Ada Tungau Hidup di Bulu Mata Wanita Ini

by Erlita

Beberapa wanita memang gemar mengenakan makeup, namun membersihkannya usai beraktivitas adalah hal lain. Bagi sebagian wanita membersihkan riasan wajah adalah suatu hal yang perlu dihindari entah itu karena ribet, malas atau bahkan saking capeknya dan ingin langsung istirahat saja. Padahal, ada bahaya tidur dengan makeup masih ada di wajah, salah satunya seperti kasus wanita dari Hubei, China ini.

Wanita yang usianya 32 tahun ini awalnya mengeluhkan matanya yang sering gatal dan menjadi kering. Bahkan tak hanya itu, selama 6 bulan terakhir dirinya pun mengalami kerontokan pada bulu matanya. Itulah kenapa akhirnya wanita ini memeriksakan kondisi tersebut ke dokter menurut laporan dari Oriental Daily.

Sangat mengejutkan, usai diperiksa rupanya hasilnya dokter menjumpai banyak tungau yang masih hidup di bulu matanya. Dokter perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan mengambil bulu mata pasiennya ini sebagai sampel untuk dicek di bawah mikroskop. Dari situlah ketahuan ada banyaknya tungau yang tengah merangkak di kelenjar meibom atau di area bulu mata.

Dokter pun langsung menanyakan kepada pasien wanitanya ini apakah di tempat kerjanya harus mengenakan riasan wajah. Dokter ini pun menduga bahwa ada tekanan dalam pekerjaan si wanita begitu juga jadwal yang tak teratur sehingga proses menghapus atau membersihkan makeup dilakukan serampangan.

Wanita ini pun dianjurkan untuk rutin membersihkan makeupnya setiap hari secara total supaya dapat menurunkan risiko perkembangan tungau di bulu matanya. Terlambat sedikit saja ada kemungkinan bahwa kondisi wanita ini jadi sulit untuk dipulihkan karena pasti lama-kelamaan akan lebih parah.

Untuk bagian wajah seperti pipi, dahi, dagu, hingga hidung mungkin dapat dibersihkan seperti biasa dengan makeup remover, namun bagaimana dengan bulu mata? Setidaknya wanita yang bekerja setiap hari walau tak mengenakan bulu mata palsu pasti akan memakai maskara. Begini beberapa langkah dalam membuat bulu mata bersih dari maskara:

  • Siapkan dulu apa-apa saja yang diperlukan, mulai dari cotton bud, penjepit bulu mata, cotton ball, dan makeup remover.
  • Tuang makeup remover secukupnya pada bola kapas.
  • Letakkan bola kapas ini ke mata dan tunggulah sekitar 15 detik sebelum diusap-usapkan.
  • Ambil lagi kapas yang sudah dituang dengan makeup remover, tempelkan lagi ke mata dan tunggu 10 menit sebelum maskara lepas.
  • Barulah kemudian teteskan makeup remover ke cotton bud, bersihkan dengan teliti bagian-bagian bulu mata yang sulit untuk dijangkau.
  • Persiapkan pula kapas lainnya yang bersih dan posisikan ada di dalam penjepit bulu mata. Jepit bulu mata dengan cara ini, tunggu 15 detik agar sisa-sisa maskara yang masih ada bisa hilang.
  • Sebagai langkah terakhir, gunakan sabun pembersih wajah untuk mencuci wajah, dan bilas sampai benar-benar bersih.

Para wanita khususnya yang rajin mengenakan makeup sebaiknya mulai menghilangkan rasa malas membersihkan makeup. Pada kasus yang sudah cukup parah, kebiasaan membiarkan makeup masih menempel di kulit lama-lama bisa menjadi penyebab timbulnya lesi di mata. Bahkan konjungtivitis dan blefaritis adalah risiko penyakit mata yang dapat terjadi karena malas menghapus makeup.

You may also like