10 Cara Mengatasi Presbiopi Paling Efektif dan Aman

Presbiopi pada umumnya dialami oleh manusia yang menjadi bagian proses penuaan tubuh dan merupakan salah satu jenis cacat mata. Kehilangan kemampuan penglihatan mata yang berfokus pada suatu benda jarak dekat secara bertahap ini tak hanya kerap dikenal dengan istilah presbiopi, tapi juga mata tua. Orang-orang dewasa yang usianya sudah memasuki 40 tahun akan mulai merasakan perubahan pada penglihatannya.

Jika 40 tahun adalah usia di mana seseorang mulai mengalami gejala awal presbiopi, maka saat usia masuk 65 tahun, kondisi ini bakal memburuk. Karena usia yang terus bertambah, otomatis lensa mata pun mengalami pengerasan dan fleksibilitasnya pun hilang. Lalu, bagaimana cara mengatasi presbiopi supaya mata yang tak lagi bisa fokus dapat terbantu?

Baca juga:

  1. Kacamata

Untuk masalah presbiopi atau mata tua, kacamata selalu menjadi cara penanganan yang tentunya langsung terbayangkan dan terpikirkan oleh kita selain sebagai solusi untuk menjauhi bahaya mata minus. Bahkan penggunaan kacamata dianggap sebagai cara yang aman dalam menolong penderita presbiopi. Berikut ini adalah 2 jenis kacamata yang kemungkinan akan diresepkan kepada pasien presbiopi sesuai dengan kondisinya.

  • Kacamata Lensa Bifokal – Kacamata berlensa bifokal sejauh ini menjadi cara mengatasi masalah mata tua yang termasuk paling umum dan juga simpel. Lensa bifokal sendiri diketahui terbagi menjadi 2 bagian, yakni bagian yang lebih besar berfungsi sebagai pengoreksi jarak penglihatan, dan bagian sekundernya atau lebih kecil berfungsi sebagai penolong untuk bisa melihat dari dekat.
  • Kacamata Lensa Progresif – Untuk kacamata jenis ini, pada dasarnya fungsinya sama seperti lensa bifokal, hanya saja pada kacamata ini ada pencampuran bagian lensa yang dioptimalkan untuk penglihatan dan jarak dekat.

Walau kacamata dianggap sederhana dalam mengoreksi penglihatan pasien, masalahnya adalah penampilan dengan menggunakan kacamata memang dianggap kurang sehingga ada beberapa orang memilih jalan lainnya.

  1. Lensa Kontak

Untuk presbiopi, lensa kontak terkadang menjadi pilihan alternatif bagi mereka yang tak ingin menggunakan kacamata. Lensa kontak dikenal menjadi alternatif yang lebih baik dalam menunjang penampilan juga. Lensa kontak yang ditawarkan bagi penderita presbiopi sendiri diketahui ada 2 jenis, yaitu:

  • Lensa Kontak Multifokal – Fungsi dari penggunaan lensa kontak multifokal cukup mirip bila dibandingkan dengan kacamata bifokal. Lensa kontak ini dirancang dengan tujuan agar penderita presbiopi dapat melihat secara lebih jelas dari berbagai sudut. Alangkah baiknya kalau pasien berkonsultasi lebih dulu dengan dokter supaya mampu memperoleh lensa kontak paling sesuai.
  • Lensa Kontak Monovision – Selain multifokal, ada pula lensa kontak monovision di mana yang ditawarkan lebih kepada resep yang tak sama untuk setiap mata presbiopi karena terbagi menjadi 2, yaitu satu untuk penglihatan jarak dekat dan satunya lagi adalah untuk penglihatan jarak jauh. Untuk beberapa orang akan sulit beradaptasi dengan lensa kontak ini dan dengan lensa kontak ini mampu memengaruhi persepsi kedalaman berikut ketajaman visual.

Hanya saja, lensa kontak pada dasarnya hanyalah solusi sementara bagi para penderita presbiopi yang sudah dalam kondisi yang serius serta membutuhkan perawatan berkelanjutan. Meski ini menjadi pilihan alternatif yang kerap dipilih, kini lebih banyak orang memilih perawatan permanen untuk mata mereka, yakni melalui prosedur operasi.

(Baca juga: kelainan refraksicara mengatasi mata keringciri-ciri mata tidak sehat)

  1. Implan Lensa

Prosedur ini merupakan cara menangani presbiopi dengan penggantian lensa mata pada penderitanya. Penggantian lensa mata akan dilakukan dengan lensa mata sintetis. Pada umumnya, pasien yang menjalani proses ini dulunya sudah pernah menempuh bedah LASIK.

  1. Monovision LASIK

Akar penyebab dari presbiopi memang tidaklah mampu diatasi secara sempurna oleh LASIK, namun prosedur satu ini kini banyak dipilih karena mampu membantu agar kebutuhan Anda dalam pemakaian kacamata atau lensa kontak berkurang. LASIK sendiri merupakan Laser-Assisted in situ Keratomileusis yang menjadi metode perbaikan kelainan mata paling populer saat ini di dunia.

Dokter spesialislah yang melaksanakan prosedur LASIK ini melalui penggunaan microkeratome atau laser. Monovision LASIK adalah suatu metode yang dapat dipilih karena mampu mengoreksi mata yang mengalami masalah rabun jauh, namun untuk memperbaiki penglihatan jarak dekat pun bisa juga diandalkan.

Banyak orang kini memilih Monovision LASIK sebagai tindakan medis bedah koreksi mata dan perlu diketahui juga bahwa langkah ini adalah yang digunakan paling banyak untuk pasien-pasien presbiopi. Karena efeknya lebih baik ketimbang pemakaian kacamata dan lensa kontak, ini yang menjadi alasan bagi penderita presbiopi memilih jalur bedah.

Baca juga:

  1. Multifocal LASIK

Bila pada LASIK sebelumnya, tujuan utama adalah untuk meningkatkan jarak penglihatan hanya pada satu mata dan pada jarak yang dekat, Multifocal LASIK berbeda karena pada metode ini, akan ada banyak zona daya yang diciptakan pada permukaan kornea mata pasien supaya kedalaman fokus penglihatan bisa pada jarak berapapun.

Disebut juga dengan istilah PresbyLASIK, metode ini memang belumlah disetujui atau diresmikan oleh FDA, namun cara ini masih dalam proses uji klinis hingga saat ini. Tapi pada beberapa negara diketahui bahwa metode ini malah justru sudah ada yang disetujui. Bila memang sudah cukup umum nantinya, metode tindakan medis ini bisa dicoba untuk mengatasi presbiopi.

  1. Inlay Kornea

Pada cara mengatasi masalah presbiopi, inlay kornea menjadi salah satu metode yang juga bisa dipilih. Prosedurnya adalah dokter memasukkan ring plastik yang ukurannya kecil tepat pada sudut kornea mata masing-masing sisi supaya lengkungannya bisa berubah. Penderita pun tak perlu khawatir akan prosedur ini sebab diketahui bahwa risikonya malah jauh lebih kecil ketimbang proses bedah mata lainnya.

(Baca juga: operasi ptosis cara mengobati eye floaters obat sakit mata belekan)

  1. Keroplasti Konduktif

Proses ini juga cukup banyak dipilih sebagai solusi perawatan presbiopi di mana dalam prosedurnya, ada penggabungan cara dalam mengirim gelombang radio pada target area di kornea mata pasien. Cara ini bertujuan untuk membuat bentuk kornea menjadi lebih sesuai, tapi biasanya hanya akan dilaksanakan pada satu mata. Masalah mata lainnya yang bisa ditangani dengan metode ini adalah astigmatisme dan keratoconus.

  1. Olahraga Mata

Ada satu latihan mata yang dianjurkan oleh the American Vision Institute di mana latihan ini terbilang mampu membuat presbiopi berkurang dengan menyilangkan mata serta membuat fokus penglihatan ada pada ujung hidung. Setelah itu, lanjutkan dengan melihat benda pada jarak yang jauh dan fokus pada benda tersebut.

Prosedur latihan ini bisa diulangi bersamaan dengan saat Anda bernapas, mata melihat pada hidung ketika menarik napas dan saat mengembuskan napas bisa kemudian mata beralih ke benda yang jauh. Namun masih ada alternatif latihan lain, yakni dengan memegang sebuah bahan bacaan 3 inci jauhnya dari wajah secara dibolak-balik, lalu tatapan atau pandangan Anda bisa dialihkan ke sekitar menangkap setiap huruf pada kata yang tertera di bacaan tersebut.

Baca juga:

Itulah sedikit informasi mengenai cara mengatasi presbiopi yang merupakan salah satu jenis-jenis penyakit mata. dan Anda bisa mencobanya. Supaya mampu memilih perawatan mana yang pas, sebaiknya jalani lebih dulu metode diagnosa yang diperlukan agar dokter bisa memberikan solusi paling baik untuk kepulihan mata Anda.