Home Penyakit dan KelainanGlaukoma 16 Obat Tradisional Glaukoma Alami dan Mujarab

16 Obat Tradisional Glaukoma Alami dan Mujarab

by Erlita

Glaukoma adalah sebuah kondisi gangguan kesehatan pada organ penglihatan atau mata di mana penderitanya terancam kebutaan. Ini karena menurut WHO atau Badan Kesehatan Dunia PBB menyatakan bahwa glaukoma dapat menjadi salah satu pemicu kebutaan setelah katarak. Gejala-gejala glaukoma yang perlu setiap orang ketahui agar dapat menjaga kesehatan mata dengan benar adalah:

  • Mata kemerahan.
  • Timbul rasa nyeri pada mata.
  • Dapat melihat adanya bayangan lingkaran pada sekitar sinar lampu.
  • Sakit kepala.
  • Samarnya pandangan mata.
  • Terjadi penyempitan pada penglihatan sehingga akhirnya obyek tak bisa dilihat oleh penderita.

Setelah diagnosa gejala dilakukan, penting untuk memilih metode pengobatan yang tepat. Namun tidak semua orang memilih untuk memperoleh pengobatan medis. Maka dari itu, ada beberapa rekomendasi obat tradisional glaukoma yang kiranya bisa dipertimbangkan oleh Anda.

(Baca juga: jenis-jenis penyakit mata)

1. Biji Kemangi

Bila pada umumnya daun kemangilah yang digunakan untuk lalapan sekaligus obat, kali ini biji kemangi pun dapat Anda manfaatkan secara maksimal. Bahan satu ini sangat baik untuk masalah glaukoma pada mata.

  • Caranya: Sediakan sebutir biji kemangi yang telah tua dan lalu Anda bisa memasukkannya ke mata secara pelan-pelan. Cobalah tutup mata Anda sejenak sebelum dibuka kembali. Setelah itu biji bakal keluar sendiri yang dianggap sebagai tahi mata. Walau cara ini cukup ngeri untuk dilakukan, namun sebenarnya cara ini adalah cara alami tradisional yang layak dicoba karena sangat efektif.

2. Daun Turi

Daun turi rupanya juga tak kalah efektif dalam memberikan pengobatan ampuh tanpa efek samping terhadap kondisi glaukoma. Selain bunganya, daunnya juga bisa digunakan secara efisien dan aman bagi mata. Anda bisa membuktikannya sendiri bahwa cara penggunaannya pun sangat sederhana.

  • Caranya: Sediakan daun turi sekitar 10-15 gram, tapi pastikan bahwa daun tersebut masih muda. Lalu, tak lupa juga sediakanlah adas sebanyak 4-5 gram bersama juga kapur sirih dengan takaran yang sama dengan adas. Untuk penggunaan, silakan Anda campurkan ketiga bahan tersebut dengan meremasnya, lalu tempelkanlah ramuan ke bagian alis sehari 2 kali. Tunggu sekitar setengah jam untuk hasil optimal.

(Baca juga: tahi mata berlebihan)

3. Mentimun

Untuk mengobati dan mengurangi risiko bahaya glaukoma, ada obat lainnya yang bisa Anda andalkan, yakni mentimun. Mentimun kerap digunakan untuk masker mata demi menghilangkan kerutan di sekitar mata atau bahkan menghilangkan mata panda dan juga kantung mata. Rupanya, mentimun juga bisa digunakan untuk obat gangguan kesehatan mata serius.

  • Caranya: Iris mentimun yang sudah Anda sediakan seperti ketika hendak bermasker ria. Pejamkan mata, rileks, lalu tempelkan irisan mentimun pada mata. Ada efek adem yang akan diberikan oleh mentimun sehingga mata akan menjadi lebih santai. Tak hanya bisa meringankan gejala glaukoma, kekeringan pada mata juga bakal dicegah lebih baik.

4. Kacang Kenari

Untuk mengobati glaukoma, mata Anda membutuhkan nutrisi penting dan salah satunya adalah asam lemak omega-3. Kandungan satu ini bisa didapat dari kacang kenari, jadi Anda jelas dapat memanfaatkan kacang tersebut untuk menyembuhkan glaukoma. Jagalah kesehatan retina mata Anda dengan bahan alami satu ini.

Anda perlu tahu bahwa asam lemak omega-3 adalah obat yang tepat karena mampu menjadi pencegah rusaknya lensa mata. Asam lemak tersebut penting bagi tubuh tak hanya untuk kinerja otak saja. Fungsi retina juga membutuhkan nutrisi omega-3 untuk tetap bekerja dengan normal dan sempurna karena omega-3 mampu memberikan perlindungan bagi retina.

5. Salmon

Ikan salmon juga merupakan bahan makanan yang bisa dijadikan obat tradisional atau obat alami tanpa efek samping berbahaya. Seperti yang kita tahu, salmon sangat kaya akan asam lemak omega-3 yang juga kerap dianjurkan untuk dikonsumsi demi fungsi otak yang lebih baik. Untuk menjaga kesehatan mata dan mengatasi glaukoma, jenis ikan ini pun sangat berguna.

Seperti kacang kenari, Anda bisa mengonsumsi ikan salmon sesering mungkin karena dapat memberikan perlindungan bagi fungsi retina mata Anda. Lensa mata akan selalu terjaga fungsi serta kesehatannya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3 tinggi seperti ikan salmon ini.

(Baca juga: penyebab mata berkedip cepat)

6. Cokelat Hitam

Tak banyak juga yang tahu bahwa cokelat hitam adalah bahan alami yang tak sekadar berfungsi sebagai pereda stres. Kandungan flavonoid di dalamnya sangat tinggi sehingga memang baik untuk merawat mata yang tengah terkena glaukoma. Ada perlindungan natural yang diberikan oleh cokelat hitam pada pembuluh darah mata.

Perlindungan tersebut datang untuk bagian retina serta kornea mata Anda. Jadi, tidak usah khawatir lagi karena Anda bisa memanfaatkan cokelat hitam dengan mengonsumsinya sering-sering. Penglihatan akan dibantu menjadi makin baik hari lepas hari dan bahkan juga akan meningkatkan ketajamannya.

7. Biji Bunga Matahari

Anda pasti sudah pernah mendengar bahwa biji bunga matahari sangat bagus untuk kesehatan mata. Bahan ini pun dapat digunakan sebagai salah satu cara pencegahan glaukoma sejak dini jika Anda khawatir akan kesehatan mata Anda. Mata akan selalu terjaga kesehatannya dan bahkan masalah glaukoma dapat berkurang risiko gejalanya berkat kandungan-kandungan baik nan bermanfaat dari bahan alami ini.

Vitamin B2, vitamin E, selenium, serta zinc ada di dalam biji bunga matahari yang akan menjadikan mata jauh-jauh dari segala penyakit serius. Katarak serta gangguan penglihatan akibat faktor penuaan pun bisa dihindari dengan mengonsumsi biji bunga matahari secara rutin. Bagi yang memiliki sensitivitas terhadap cahaya secara berlebihan pun dapat ditangani dengan bahan ini.

8. Kale

Merupakan salah satu jenis sayuran, kale adalah sayuran yang penuh dengan nutrisi dan mampu menjadi obat bagi glaukoma dan gangguan penglihatan lainnya tanpa efek samping. Dengan kandungan zeaxathin serta lutein, mata akan selalu terjaga kesehatannya dan inilah yang memang dibutuhkan oleh penderita glaukoma.

Selain dari kedua kandungan tersebut, Anda pun akan memperoleh vitamin K, vitamin A, vitamin C, kalsium, hingga zat besi dari kale. Jika ingin menambah nutrisi demi kesembuhan mata Anda yang terkena glaukoma, Anda bisa mengonsumsi kale apabila bisa dengan mudah memperolehnya. Sayuran bernutrisi lengkap ini sebaiknya dicoba untuk dikonsumsi karena bisa menjadi obat tradisional sederhana yang super ampuh.

(Baca juga: jenis kelainan refraksi pada mata)

9. Stroberi

Apapun yang menjadi penyebab glaukoma akut pada mata Anda, cobalah untuk menggunakan buah stroberi yang kaya akan asam folat, vitamin B, serta vitamin C ini. Nutrisi yang disediakan oleh buah segar berwarna merah ini terpercaya dapat membantu menjaga kesehatan pembuluh darah pada mata Anda. Anda bisa mengonsumsinya langsung atau membuat jus stroberi.

10. Pisang

Selain stroberi, pisang adalah jenis buah yang sudah terkenal akan nutrisi lengkapnya. Ada vitamin C dan vitamin A yang akan membantu pemulihan dan kesembuhan dari glaukoma mata Anda. Seperti biasa, Anda dapat mengonsumsinya secara langsung, tapi juga boleh menikmatinya dengan cara dijus apabila merasa sedikit bosan.

11. Brokoli

Masih ada lagi jenis sayur yang bisa dijadikan obat alami tanpa efek samping bagi tubuh Anda. Dengan kandungan zeaxanthin, lutein, vitamin C dan kalsiumnya yang tinggi, senyawa-senyawa inilah yang akan melindungi mata dari segala penyakit dan bahaya radiasi sinar ultraviolet.

Selain mengurangi risiko gejala glaukoma dan juga mampu menyembuhkannya, brokoli pun baik dikonsumsi sebagai pencegah katarak. Bila mengonsumsinya secara rutin, senyawa zeaxanthin dan lutein bisa didapatkan oleh tubuh dan mata Anda sehingga mata bisa selalu terjaga fungsinya. Masaklah seperti biasa atau jika ingin, Anda bisa merebusnya dan memakannya langsung supaya khasiat yang didapat lebih penuh.

(Baca juga: kelainan yang terjadi pada mata)

12. Bayam

Sayur lainnya yang bisa Anda jadikan obat ampuh bagi masalah mata seperti glaukoma adalah bayam. Bayam adalah sayur yang banyak tidak disukai oleh anak-anak maupun orang dewasa, padahal kandungan vitamin C-nya yang berlimpah ditambah juga zeaxanthin dan luteinnya sangat baik. Manfaatnya sangat besar dalam mencegah maupun mengatasi glaukoma hanya dengan mengonsumsinya sesering mungkin.

13. Bawang Putih

Walau ada efek samping bawang putih yang harus diketahui dan diwaspadai, Anda juga perlu tahu segala sisi positif dari bumbu dapur satu ini. Karena kaya akan glutathione, vitamin C, vitamin B1, selenium serta quercetinnya, bawang putih dapat diandalkan sebagai pelancar sirkulasi darah menuju area mata.

Lensa mata juga akan selalu terlindung dari bahaya pajanan sinar ultraviolet yang jahat. Bawang putih ini jugalah yang bakal menjadi penguat dari sel-sel optik yang menjadikan mata selalu sehat. Dapatkan nutrisi yang baik bagi mata Anda dengan mengonsumsi sering-sering akan bawang putih, entah secara langsung atau menambahkannya pada masakan Anda.

14. Wortel

Seperti yang sudah semua orang ketahui, wortel adalah jenis sayuran yang perlu dikonsumsi apabila menginginkan mata selalu sehat dan tajam. Sayur yang mengandung beta karoten tinggi ini bisa menjadi pilihan Anda dalam mengobati glaukoma atau penyakit mata lainnya. Tubuhlah yang bekerja untuk melakukan perubahan beta karoten menjadi vitamin A yang dibutuhkan oleh mata. Dengan mengonsumsinya baik itu dimasak atau dijus setiap hari akan memulihkan kembali kesehatan penglihatan Anda.

(Baca juga: cara menjaga kesehatan mata)

15. Ubi Jalar

Ubi jalar adalah salah satu bahan yang bisa dijadikan obat tradisional bagi penderita glaukoma karena kandungan kalium serta beta karotennya yang juga tinggi. Saraf mata membutuhkan nutrisi tersebut, jadi Anda bisa mengandalkannya. Mengonsumsinya secara langsung setiap hari dapat mengatasi dan memulihkan masalah kesehatan pada mata Anda secara lebih efektif.

16. Buah Beri Berwarna Gelap

Buah-buahan seperti buah beri, khususnya yang berwarna gelap, akan membantu pemulihan dari kondisi glaukoma. Bilberry dan blueberry adalah contoh yang paling efektif, tapi Anda juga bisa mengonsumsi cranberry yang juga menguntungkan untuk kesehatan mata. Buah-buah tersebutlah yang akan menguatkan pembuluh darah dan sel-sel optik serta tak lupa menutrisi otot dan saraf mata.

(Baca juga: pencegahan glaukoma)

Obat tradisional glaukoma sebetulnya tidaklah sulit dan justru bahannya selalu dapat ditemukan di sekitar kita. Jadi, silakan mencoba cara alami tersebut dan kiranya berhasil.

You may also like