Home Tips KesehatanKesehatan Mata 17 Obat Sakit Mata Belekan Alami

17 Obat Sakit Mata Belekan Alami

by Erlita

Mata adalah bagian terpenting dalam struktur panca indera. Fungsi mata sebagai organ penglihatan sangat berpengaruh besar bagi jalannya segala kebutuhan tubuh. Oleh sebab itu, kesehatan mata harus terjaga secara optimal. Menghasilkan mata sehat sebenarnya cukup mudah, apalagi bagi anda yang hobi mengonsumsi buah atau sayur.

Ya, kesehatan mata sangat bergantung pada berbagai unsur vitamin yang anda konsumsi setiap hari. Kebiasaan ini akan berguna bagi kesehatan mata dalam jangka panjang yang pasti akan menguntungkan bagi anda nantinya. (baca juga: Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan, Cara Mengatasi Bulu Mata Rontok)

Berbagai faktor yang bisa memengaruhi kesehatan mata bisa saja datang tiba-tiba seperti polusi, kotoran, debu, atau ketidak seimbangan hormon yang berpengaruh pada fungsi penglihatan. Hal ini pasti menyebabkan ketidaknyamanan  dalam beraktifitas. Penyakit mata seringkali hadir bersamaan dengan kebiasaan seseorang saat di luar rumah.

Berada di lapangan atau luar ruang akan sering mengalami kelelahan mata, iritasi mata mulai ringan hingga berat, infeksi mata, atau penyakit mata yang lebih kronis lainnya. Pada artikel kali ini, penyakit mata yang akan dibahas adalah jenis penyakit mata ringan yang bisa diobati tanpa jalan medis.

Baca Juga:

Salah satu penyakit mata yang cukup sering ditemui adalah belekan. Pernah mendengar istilah tersebut? Belekan adalah sejenis gangguan mata yang disebabkan karena beberapa faktor diantaranya adalah infeksi, debu, atau luka. Belekan ditandai oleh gejala yang mudah dikenali diantaranya sebagai berikut:

  • Mata lelah dan mudah berair.
  • Terasa gatal pada mata, kondisi ini tidak diperkenankan bagi anda untuk menggaruk mata.
  • Mata terlihat merah dan panas atau perih.
  • Gejala berlanjut pada mata yang seringkali mengeluarkan kotoran dalamwaktu yang singkat.
  • Lendir kotoran mata berwarna hijau atau keabuan.
  • Lendir kental.

Nama lain belekan biasanya disebut dengan mata merah yang disertai gejala banyaknya kotoran mata yang keluar. Pengobatan medis atau menggunakan obat tetes mata sebenarnya diperbolehkan dalam kadar yang sangat sedikit. Mata yang sakit karena iritasi lebih disarankan untuk berada dalam kondisi netral atau tanpa menyerap zat kimia tertentu. Nah, untuk itu mengatasi mata belekan bisa dengan pengobatan alami. Berikut adalah beberapa jenis obat sakit mata belekan alami untuk diintip dan dicoba di rumah ketika belekan.

1. Bawang Putih

Jenis bahan dapur yang satu ini memang berkhasiat untuk beragam masalah kesehatan. Mulai dari kolesterol, darah tinggi, jantung, dan kali ini untuk mengobati mata. Iritasi mata biasa disebabkan oleh bakteri yang terlalu banyak berkumpul. Salah satu fungsi bawang putih adalah sebagai pengusir bakteri dan membunuh bakteri tersebut. Untuk mengobati mata belekan dengan bawang putih caranya cukup mudah, ikuti langkah berikut ini:

  • Sediakan 3 siung bawang putih, kupas dan cuci bersih.
  • Perhatikan untuk tetap menjaga bawang putih steril dari sentuhan tangan. Potong ujung bawang putih sambil dipegang menggunakan sapu tangan atau handuk
  • Oleskan perlahan ujung bawang putih yang sudah dipotong pada kelopak mata.
  • Lakukan gerakan tersebut secara hati-hati karena bisa berefek perih pada mata anda.
  • Setelah beberapa menit, cuci kelopak mata dengan air secara perlahan.

Artikel Terkait: Cara Mengatasi Menopause, Cara Menghilangkan Ruam di Ketiak

2. Madu

Hasil lebah yaitu madu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Madu murni bisa anda gunakan untuk mengobati mata belekan. Salah satu caranya adalah dengan mengoleskan madu murni pada area sekitar kelopak mata. Diamkan beberapa saat hingga agak kering kemudian bilas dengan air hingga bersih. Cara ini efektif untuk meredakan mata yang lelah karena belekan atau iritasi, dan menghilangkan belekan dalam waktu yang relatif singkat.

3. Daun Sirih

Mengobati mata belekan dengan daun sirih juga bisa dilakukan untuk mengurangi bakteri dan kotoran yang kemungkinan sering keluar melalui ujung mata. Daun sirih mengandung anti kuman dan berfungsi sebagai pereda lelah alami bagi mata yang merah karena disebabkan oleh infeksi. Untuk mengatasinya anda perlu melakukan langkah sebagai berikut:

  • Sediakan beberapa lembar daun sirih, cuci bersih dan rebus.
  • Air rebusan daun sirih bisa disaring dengan memakai kain kasa untuk mendapatkan hasil saringan yang jernih.
  • Kemudian gunakan air saringan yang jernih tersebut untuk membasuh area mata. Anda bisa juga meneteskan sebanyak 1 tetes (jangan lebih) pada mata anda seperti menggunakan obat tetes mata.
  • Rasanya akan lebih perih dan bisa mereda selama beberapa menit.

Artikel Lainnya: Efek Samping Ibuprofen ,  Cara Cek Kesehatan Jantung

4. Air Hangat

Air hangat memiliki fungsi yang penting dalam tubuh kita. Air hangat merupakan pengontrol sirkulasi darah, peluntur lemak alami, dan satu manfaat yang tidak kalah penting adalah membantu meredakan nyeri pada mata belekan. Mata yang belekan cenderung merasakan sakit dan perih pada saat tertentu terutama saat mata terbuka. Oleh sebab itu, anda bisa meredakan nyeri tersebut dengan memakai air hangat.

Terapi air hangat untuk mata belekan dilakukan dengan mengompres mata menggunakan air hangat. Anda hanya perlu menyediakan air hangat dan celupkan handuk bersih pada air tersebut. Peras handuk dan kompres mata dengan kondisi tertutup dengan handuk hangat, dan pastikan handuk dan tangan tetap steril.

5. Patikan Kebo

Daun patikan kebo, jenis daun yang satu ini seringkali digunakan sebagai obat alami para leluhur zaman dulu. Selain menyembuhkan berbagai luka atau penyakit daun patikan kebo ternyata bermanfaat untuk mengatasi mata belekan. Langkah penyembuhannya adalah sebagai berikut:

  • Sediakan tiga tangkai daun patikan kebo
  • Ambil getahnya kemudian oleskan getah tersebut sekitar area mata yang sakit
  • Diamkan beberapa saat sambil mata tetap terbuka
  • Cuci dengan air dingin hingga bersih

Artikel Lainnya: Cara Mengatasi Sakit Punggung, Jenis Buta Warna

6. Kentang

Kentang selain lezat untuk diolah sebagai masakan, ternyata memiliki khasiat untuk menyembuhkan mata belekan lho! Anda penasaran? Berikut langkah pengobatan mata belekan menggunakan kentang.

  • Sediakan kentang ukuran sedang 1 butir saja
  • Kupas dan cuci bersih kentang, kemudian blender kentang hingga menjadi jus
  • Gunakan jus kentang yang sudah halus tersebut untuk mengompres mata

Cara mengobati mata belekan dengan jus kentang ini sangat efektif untuk meredakan rasa sakit pada area mata dan mengurangi bengkak yang kemungkinan disebabkan oleh infeksi yang terjadi pada mata.

7. Mentimun

Mentimun memang segar jika digunakan sebagai masker wajah. Hal tersebut juga berlaku bagi anda yang ingin mengobati mata belekan dengan mentimun. Anda hanya perlu menyediakan mentimun segar tanpa dikupas dan menempelkannya pada mata yang tertutup. Cara ini efektif sebagai antioksidan alami yang membantu mata dalam proses penyembuhan serta menyegarkan mata yang perih akibat iritasi.

Baca Juga:

8. Air Mawar

Pernah mendengar air mawar? Jenis cairan yang satu ini sudah banyak terjual di toko obat. Air mawar memang diyakini efektif untuk menghilangkan kuman secara langsung. Cara yang dilakukan dengan air mawar ini juga terbilang mudah yaitu anda hanya perlu menyediakan air mawar dalam baskom yang telah berisis air bersih.

Untuk lebih amannya gunakan air mineral kemasan dalam wadah baskom steril. Teteskan beberapa bagian air mawar dan cuci mata menggunakan air tersebut. Celupkan mata kemudian angkat dan gunakan untuk berkedip. Cara ini mungkin akan menimbulkan rasa perih dalam beberapa saat saja.

9. Kurangi Obat

Bagi anda yang mengalami sakit mata, hal yang paling penting adalah mengkondisikan mata agar tetap dalam keadaan steril alias tanpa zat kimia. Penggunaan obat tetes mata secara berlebihan akan berpengaruh pada pengobatan penyakit mata tersebut. Untuk itu, membatasi pemakaian obat untuk mata akan sangat membantu proses penyembuhan. Apalagi jika hal tersebut diikuti dengan mengurangi sentuhan tangan pada mata.

10. Susu

Susu murni juga bisa anda manfaatkan sebagai bahan alami penghilang sakit mata belekan. Menggunakan susu murni pada proses pengobatan anda hanya perlu mengompres mata dengan kapas steril yang telah dicelupkan pada susu murni. Lakukan hal ini berulang hingga mata terasa segar dan siap dilakukan pengobatan lainnya. (baca juga: Ciri Ciri Penyakit Autoimun, Cara Mempercepat Menstruasi )

11. Tomat

Tomat memang kaya dengan vitamin A yang sangat dibutuhkan oleh mata. Dengan buah berwarna merah ini pun anda bisa menggunakannya sebagai cara untuk mengobati mata belekan. Sediakan tomat ukuran sedang yang telah dicuci bersih, kemudian potong tomat tipis dan letakkan potongan tersebut pada mata yang tertutup. Terapi ini akan membantu menetralkan racun atau bakteri yang ada di sekitar mata serta menghilangkan rasa lelah pada mata anda.

Artikel Terkait: Efek Samping Radioterapi, Artritis Septik

12. Air Seledri

Seledri yang kaya akan antioksidan bisa menjadi obat mujarab untuk anda yang sedang mengalami mata belekan. Dengan mengompres mata menggunakan seledri yang dihaluskan dan dicampur air, mata belekan yang seringkali mengeluarkan kotoran akan berkurang dan mereda. Langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Sediakan baskom atau mangkok berisi air kemasan
  • Taruh beberapa lembar daun seledri dan cuci mata menggunakan air tersebut
  • Atau anda bisa juga dengan menggunakan seledri yang dihaluskan serta diberi air (dalam bentuk jus)
  • Peras air kemudian kompres mata menggunakan kain bersih yang digunakan untuk menyaring air seledri.

Artikel Terkait: Obat Herbal Penyakit Kuning , Khasiat Asam Jawa

13. Bunga Kamboja

Bunga Kamboja bisa menetralkan sirkulasi oksigen yang berguna sebagai terapi penyembuhan bagi mata yang mengalami iritasi ringan. Hal yang perlu dilakukan adalah menghaluskan bunga kamboja hingga benar- benar halus kemudian mengoleskannya di sekitar area mata yang sakit. Diamkan beberapa saat kemudian bilas dengan air hingga bersih. Lakukan terapi ini beberapa kali sampai rasa sakit menghilang.

14. Lidah Buaya

Lidah buaya mungkin bisa perih jika terkena mata. Apalagi mata yang tengah sakit seperti belekan. Namun, senyawa aktif dalam lidah buaya berfungsi untuk meringankan rasa nyeri pada mata sekaligus membantu penyembuhan mata yang mengalami peradangan. Bukan cuma khasiat lidah buaya untuk kulit yang sangat besar, Anda juga bisa membuktikan keampuhannya untuk masalah belekan dengan mengoleskan gel lidah buaya perlahan di sekitar bagian kelopak mata, biarkan mata terbuka kemudian bilas jika sudah mengering.

Baca Juga: Cara Mengatasi Intoleransi Laktosa , Efek Samping KB Implan

15. Buah Pir

Buah pir adalah salah satu jenis buah yang bisa anda gunakan untuk mengobati mata yang sakit. Untuk pengobatan menggunakan buah pir yang perlu anda persiapkan adalah satu baskom berisi air bersih, seperti biasanya lebih disarankan untuk menggunakan air mineral kemasan saja. Taruhlah pada baskom yang berisi air tersebut potongan buah pir yang tidak dikupas. Buah pir dipotong menjadi beberapa bagian kecil-kecil kemudian diamkan sesaat.

Cucilah mata anda menggunakan air tersebut dengan cara mencelupkan mata kemudian angkat kembali, lakukan beberapa kali hingga anda merasa bahwa air rendaman pir sudah ada yang masuk ke bola mata anda. Cara ini aman dilakukan  berulang-ulang karena berfungsi menghilangkan bakteri dan membantu memberikan nutrisi tambahan pada mata.

16. Jus Aneka Buah

Jika anda adalah penggemar buah, sepertinya cara yang satu ini jelas menjadi favorit anda untuk menyembuhkan mata belekan. Mata belekan bisa juga disebabkan karena rapuhnya pertahanan mata terhadap efek radikal bebas. Ya, mata yang sehat jelas membutuhkan banyak nutrisi atau vitamin dari berbagai sumber.

Salah satu asupan nutrisi yang bisa anda gunakan untuk mencukupi kebutuhan bagi mata anda yang tengah sakit adalah membuat jus aneka buah. Jus aneka buah dibuat dari sumber vitamin A terbaik yang dikombinasikan sehingga bisa dengan cepat menutrisi mata anda. (baca juga: Cara Menghilangkan Ngantuk di Pagi Hari, Cara Meningkatkan Sel Darah Putih)

Langkah membuatnya:

  • Sediakan satu buah tomat segar dan berwarna merah, potong-potong
  • Sediakan 25 gram pepaya
  • Siapkan 50 ml perasan lemon atau jeruk
  • 3 sdm madu murni
  • Susu rendah lemak 200 ml
  • Tambahkan strawberry atau anggur untuk taburan
  • Cuci bersih semua buah dan potong kecil, masukkan dalam blender dan tambahkan susu beserta madu. Haluskan
  • Taruh dalam gelas yang sudah disiapkan sebelumnya kemudian tambahkan potongan strawberry diatasnya, bila perlu bisa disajikan bersama dengan yoghurt.

17. Terapi Embun

Cuaca saat pagi hari sangat bermanfaat untuk kesehatan. Selain sinar matahari pagi, ternyata ada juga yang bisa bermanfaat yaitu embun. Efek embun bagi kecantikan wajah sudah banyak dibuktikan. Bagaimana untuk mata? Bagi anda yang sedang menderita mata belekan, boleh coba cara yang satu ini yaitu terapi embun. Terapi embun mudah dilakukan, apalagi jika anda berada di daerah yang memang dingin. Cukup rentangkan mata saat pagi menjelang, terutama saat subuh. Anda bisa membuka mata lebar-lebar saat udara sedang segar.

Artikel Terkait: Bahaya Menggunakan Kondom, Efek Samping Acetaminophen

Selain melakukan pengobatan alami tersebut, anda juga wajib memerhatikan beberapa hal selama pengobatan berlangsung. Kebiasaan tidak menjaga mata yang steril akan mebuat pengobatan terhambat sehingga membutuhkan waktu lebih lama. Berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan selama masa pengobatan berlangsung:

  • Jaga mata dalam keadaan bersih, dan gunakan peralatan steril sebelum bersentuhan dengan mata
  • Kurangi aktifitas menggunakan gadget atau segala hal yang bisa menyebabkan mata lelah
  • Kurangi make up sekitar mata
  • Cukupi asupan vitamin dari buah dan sayur untuk mata
  • Gunakan kacamata tertentu saat anda sakit mata agar terhindar dari penularan dan polusi buruk yang lain.
  • Awasi jika ternyata mata masih belum sembuh selama lebih dari 5 hari segera lakukan pemeriksaan

Baca Juga:

Demikian artikel informatif tentang obat sakit mata belekan secara alami untuk anda yang bisa dicoba di rumah apabila tak ingin menggunakan obat kimia. Karena cara alami selalu lebih aman dan juga jauh lebih efektif, tidak salah kalau melirik dan memraktikkan salah satu atau beberapa cara tersebut. Semoga bermanfaat!

You may also like