44 Khasiat Daun Kelor Untuk Kesehatan

Banyak sekali daun-daunan yang memiliki manfaat untuk kesehatan, Begitu juga dengan daun kelor daun kelor memiliki banyak manfaat untuk manusia terutama manfaat kesehatan yang bisa dirasakan memang banyak diantara mereka tidak mengetahui banyaknya manfaat daun kelor hampir sebagian dari setiap orang kurang mengerti manfaat mengkonsumsi daun kelor padahal nutrisi yang ada dalam daun kelor dapat menjaga tubuh agar tetap sehat daun kelor memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan dan baik pula untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. (Baca Juga: Efek Samping Daun Kumis Kucing , Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Daun Sirih)

Bahkan kini telah ada produk teh yang terbuat dari daun kelor, produk teh Ini mengandung polifenol yang amat tinggi sehingga dapat meningkatkan antioksidan didalam tubuh dan dapat membantu tubuh untuk mendetox racun yang ada di dalam tubuh. Tentu hal ini sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar sistem kekebalan tubuh dapat menahan segala penyakit sehingga tubuh akan tetap sehat. Saking banyaknya khasiat dari daun kelor daun kelor sering disebut dengan daun tanaman ajaib. (baca juga : efek samping daun kelor , Efek Samping Daun Kersen)

Tanaman kelor

Pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai manfaat daun kelor namun sebelum itu lebih baik mengenal terlebih dahulu Apa itu daun kelor dan kandungan yang ada di dalam daun kelor. Daun kelor memiliki batang yang panjangnya sekitar 7 sampai dengan 11 meter, tanaman ini memiliki bunga yang berwarna putih agak kekuning-kuningan tak kan bau dari bunga tanaman kelor ini memiliki bau yang semerbak. Selain bau yang semerbak daun kelor ini memiliki buah yang sering disebut dengan kelentang buah ini juga sering digunakan untuk dimanfaatkan sebagai sayur mayur.  pada penelitian yang telah dilakukan pada tahun 1980 tanaman kelor sudah teruji baik memiliki khasiat yang banyak mulai dari daun kelor Kulit batang kelor bahkan sampai pada buah dan biji kelor. (Baca Juga: Bahaya Teh Daun Jati , Efek Samping Daun Sambiloto)

Itulah beberapa hal mengenai daun kelor dan manfaat manfaat dari tanaman kelor. Memang tanaman kelor memiliki banyak manfaat bahkan pada daunnya pun mengandung antioksidan vitamin C asam amino dan hal-hal yang lainnya yang tentu dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan. Selanjutnya akan lebih membahas tentang manfaat daun kelor berikut beberapa manfaat yang dapat dirasakan dari memanfaatkannya daun kelor untuk kesehatan. (Baca Juga: Khasiat Daun Akasia Untuk Kesehatan)

Manfaat Daun Kelor

1. Mengobati penyakit jantung

berdasarkan studi ilmiah yang telah dilakukan dengan menggunakan hewan laboratorium sebagai tempat pengujian nya yang telah dituliskan pada journal of medicinal food yang telah diterbitkan pada Februari 2009 kepada edisi Februari 2009 mengenai manfaat daun kelor untuk jantung pada penjabaran ini dijelaskan bahwa daun kelor memiliki kemampuan untuk mencegah kerusakan lemah jantung dan memiliki manfaat yang ampuh sebagai penghasil antioksidan yang cukup. Dalam penelitian tersebut dituliskan bahwa memberi 200 mg per kg dari berat badan yang diujikan selama kurang lebih 30 hari dapat memberi kemampuan pada tubuh untuk menghasilkan tingkat yang lebih rendah dari lipid yang teroksidasi dan juga dapat melindungi kerusakan pada jaringan jantung struktural. Dari penelitian inilah para pakar menarik kesimpulan bahwa daun kelor dapat sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung dan menjaga kesehatan jantung. Daun kelor juga merupakan salah satu jenis obat herbal jantung berdebar yang dapat dimanfaatkan. (Baca Juga: Cara Menormalkan Detak Jantung)

2. Mengobati kanker

Pengobatan anti kanker ini pun diambil dari penelitian food and chemical toxicology.  pada pemilu hal ini dinyatakan bahwa ekstrak yang dimiliki daun kelor dapat membantu untuk mematikan sel-sel terutama sel-sel yang menyebabkan kanker sehingga hal ini dapat membantu untuk mencegah pertumbuhan dan reproduksi sel sel kanker yang ada di dalam tubuh. Dari penelitian itulah disimpulkan bahwa daun kelor memiliki kemampuan yang sangat ampuh untuk mengobati kanker terutama pada kanker serviks. (Baca Juga: Efek Akibat Terkena Radiasi Nuklir)

3. Mengobati diabetes

Salah satu nutrisi yang dapat diperoleh dari daun kelor adalah mineral sehingga mineral inilah yang akan membantu untuk mengobati diabetes, karena dengan adanya mineral yang ada pada daun kelor dapat meningkatkan produksi insulin pada tubuh. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan sebesar 150 mg ekstrak yang diperoleh dari daun kelor dapat memiliki manfaat sebagai anti diabetes untuk makhluk hidup. Diabetes juga disebut dengan penyakit gula, banyak pula penyebab penyakit gula yang perlu diwaspadai, sehingga gunakanlah daun kelor sebagai obatnya. (Baca Juga: Kebiasaan Penyebab Diabetes)

4. Mengobati berbagai macam alergi

manfaat lain dari daun kelor salah satunya adalah daun kelor dapat mengatasi alergi.  bahkan sangat mudah untuk memanfaatkan daun kelor sebagai obat dari alergi hanya perlu daun kelor yang direbus kemudian diberikan pulasari dan satu siung bawang merah setelah itu berikan Kurang lebih 3 gelas air, setelah itu rebuslah sampai mendidih sehingga tersisa dua gelas jika sudah demikian saringlah dan minum secara rutin. (Baca Juga: Obat Tradisional Alergi Telur)

5. Mengobati penyakit herpes

Ternyata daun kelor memiliki manfaat untuk mengobati penyakit herpes.  cara yang perlu dilakukan untuk mengobati penyakit Herpes ini pun sangatlah mudah hanya perlu menumbuk daun kelor sampai halus setelah itu tempelkan pada bagian yang terkena herpes. (Baca Juga: Obat Herpes Kulit)

6. Mengobati kurap

Sama halnya dengan mengobati herpes.  cara yang dilakukan memanglah sama cukup menumbuk sampai halus setelah itu ditempelkan pada bagian yang terkena kurap. Daun kelor ini merupakan cara menghilangkan kurap secara alami tanpa efek samping. (baca juga : ciri-ciri kurap)

7. Mengobati luka yang bernanah

Sampai pada luka nanah pun dapat diobati menggunakan daun kelor. Kandungan pada daun kelor akan makan membantu untuk mengobati luka nanah sehingga luka nanah akan cepat kering. (Baca Juga: Obat Luka Lecet)

8. Mengobati sakit pada mata

Bukan hanya anti inflamasi yang dapat mencegah peradangan, tetapi dengan berbagai vitamin nutrisi mineral yang ada pada daun kelor dapat dimanfaatkan untuk mengobati mata yang sakit. Cara mengobatinya pun sangat mudah cukup haluskan daun kelor setelah itu berikan air dan saring airnya. Jika sudah mendapatkan air maka gunakanlah air itu untuk mencuci mata agar mata bugar dan sehat kembali. (baca juga : terapi mata minus – Mata minus)

9. Mengatasi pegal linu

Penyakit pegal linu dapat diatasi dengan menggunakan ramuan yang dibuat dari daun kelor caranya pun sangat mudah hanya perlu menjadikan daun kelor sebagai ramuan sebagaimana yang sering dibuat. (Baca Juga: Obat Pegal Linu Tradisional)

10. Mengatasi penyakit kuning

manfaat yang akan didapatkan dari daun Kelor adalah dapat menyembuhkan penyakit kuning. Ciri-ciri dari penyakit kuning ditandai oleh menguningnya organ-organ tubuh seperti mata kuku dan organ-organ lainnya. (Baca Juga: Obat Herbal Penyakit Kuning)

11. Mengatasi iritasi mata

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa daun kelor dapat mengobati penyakit mata dengan demikian hal ini tidak terkecuali pada iritasi mata yang terjadi karena debu atau kotoran yang menyebabkan mata iritasi. Iritasi mata bisa menyebabkan  Kelainan yang terjadi pada mata.

12. Membantu memulihkan mata rabun senja yang menyebabkan mata iritasi

Dengan mengkonsumsi daun kelor sebagai ramuan dan sebagai cuci mata secara rutin , Hal ini dapat menjaga kesehatan mata bahkan dapat membantu menyembuhkan rabun senja pada mata. (Baca Juga: Cara Mencegah Mata Kuning)

13. Mengobati cacingan

Dengan cara meminum ramuan yang dibuat dari daun kelor dapat membantu dalam tahap penyembuhan bahkan tahap pencegahan agar tidak terkena cacingan. Tentu Hal ini dapat dibilang sangat bermanfaat bagi kehidupan terutama bagi anak-anak yang masih sering jajan sembarangan sehingga dihawatirkan akan menyebabkan cacingan.  Oleh karena itu daun kelor sangat disarankan baik yg anak-anak yang masih dalam tahap pertumbuhan. (Baca Juga: Obat Cacingan Tradisional)

14. Digunakan untuk diet

Saat ini banyak sekali produk-produk yang telah dibuat dari daun kelor terutama adalah produk teh, sudah banyak yang mengetahui bahwa produk teh daun kelor memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan sehingga produk P daun kelor dapat dijadikan solusi untuk menurunkan berat badan Anda agar berat badan menjadi ideal. (Baca Juga: Efek Samping Madu Diet)

15. Dapat menambah energi

Selain mengkonsumsi setiap hari daun kelor secara secukupnya ternyata tidak hanya menjaga kesehatan dan digunakan untuk diet saja, dengan mengkonsumsinya minimal satu hari satu kali dapat membantu untuk menjaga kebugaran dan Kapitan pada tubuh. (Baca Juga: Efek Bahaya Minuman Energi)

16. Menyediakan berbagai nutrisi untuk tubuh

Banyak berbagai vitamin dan mineral yang terdapat pada daun kelor sehingga sangat banyak seseorang yang ingin memanfaatkan daun kelor.  selain vitamin dan mineral yang didapatkan dari daun kelor masih ada nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. (Baca Juga: Akibat Kelebihan dan Kekurangan Mineral)

17. Membantu pada fungsi ekskresi

fungsi ekskresi perlu dibantu dengan memanfaatkan daun kelor sebagai pembantunya pada dasarnya kandungan-kandungan yang ada di daun kelor dinding Dapat membantu pencernaan terutama pada proses ekskresi. (Baca Juga: Gejala Radang Usus)

18. untuk kesehatan rambut

Tidak hanya untuk ekskresi saja tetapi juga memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan rambut agar rambut tetap sehat bebas dari ketombe dan rambut rontok. (Baca Juga: Penumbuh Rambut Alami )

19. Untuk menghilangkan flek wajah

Selain untuk kesehatan daun ini juga bermanfaat untuk menjaga kecantikan kulit sehingga pada dasarnya daun ini memiliki manfaat untuk menghilangkan flek pada wajah. (Baca Juga: Cara Meningkatkan Sel Darah Putih)

20. Untuk memutihkan kulit

Tidak hanya menghilangkan flek hitam pada wajah saja tetapi dengan adanya daun kelor mampu untuk membantu memutihkan dan mencerahkan kulit untuk kulit wajah ataupun kulit pada tubuh kita. (Baca Juga: Penyebab Kulit Bersisik)

21. Untuk menghilangkan komedo

Komedo juga akan mengganggu penampilan bahkan dengan adanya komedo banyak orang yang tidak percaya diri. Untuk itu manfaatkanlah daun kelor sebagai alat untuk menghilangkan komedo. (Baca Juga: Khasiat Asam Jawa)

22. Mengobati demam pada anak

Biasanya daun kelor sering dijadikan obat tradisional demam pada kenyataannya memang daun kelor bermanfaat untuk mengobati demam pada anak. (Baca Juga: Penyebab Badan Terasa Dingin Tapi Tidak Demam)

23. Membantu menurunkan berat badan

Daun kelor memiliki berbagai kandungan yang baik untuk diet sehat selain diet air putih ternyata diet daun kelor juga sangat efektif untuk menurunkan berat badan. (Baca Juga: Cara Menambah Berat Badan Secara Alami )

24. Membantu mengobati mata

Banyak sekali manfaat dari daun kelor untuk kesehatan tubuh Bahkan tak terkecuali dengan mata ternyata daun kelor memiliki kandungan yang sangat efektif untuk mengobati mata yang minus. (Baca Juga: Jenis Jenis Cacat Mata)

25. Sebagai sumber beta karoten

Daun kelor sebagai salah satu sumber beta karoten yang cukup baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

26. Sebagai antioksidan

Dari paparan pemanfaatan daun kelor terdapat berbagai manfaat yang membantu kulit tubuh menjadi sehat karena daun kelor memang memiliki kandungan antioksidan yang cukup banyak sehingga daun kelor memang memiliki antioksidan yang tinggi. (baca juga : akibat kelebihan antioksidan – makanan yang mengandung antioksidan)

27. Memiliki kandungan zat besi yang cukup

Tidak hanya antioksidan yang dimiliki oleh daun kelor tetapi kandungan zat besi pada daun kelor pun tidak kalah baik untuk kesehatan banyak orang yang telah mengetahui manfaat zat besi diantaranya menjaga kesehatan tulang dan gigi untuk itu pernah mengkonsumsi daun kelor sebagai obat herbal, banyak makanan yang mengandung zat besi yang mudah untuk dicari

28. Merupakan sumber asam amino esensial

Sumber asam amino esensial dikatakan merupakan suatu hal yang dibutuhkan oleh tubuh pula sehingga secara singkat dapat disimpulkan bahwa daun kelor mampu memenuhi segala kebutuhan yang dibutuhkan oleh tubuh. (Baca Juga: Makanan Yang Mengandung Asam Amino)

29. Sumber energi yang sangat alami

banyak sekali sumber-sumber energi yang ada di alam tidak terkecuali dengan daun kelor daun kelor memiliki fungsi sebagai sumber energi yang sangat alami untuk menambah energi pada tubuh sehingga tubuh pun tetap terjaga dan sehat. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Ngantuk di Pagi Hari )

30. Obat menyembuhkan berbagai penyakit

Kini daun kelor bukanlah hal yang sangat sulit untuk dijumpai bahkan daun kelor sudah dijadikan obat alami untuk mengatasi berbagai jenis penyakit

31. Dapat meningkatkan produksi ASI

Bagi ibu yang sedang menyusui namun produksi asinya berkurang atau tidak stabil Hal ini dapat memanfaatkan daun daun kelor sebagai sumber utama untuk meningkatkan produksi ASI sehingga dengan demikian anak tidak akan kesulitan untuk mendapatkan ASI yang murni dari orangtuanya. (Baca Juga: Khasiat Bawang Dayak Bagi Kesehatan)

32. Sebagai suplemen makanan alami

banyak sekali suplemen alami yang dapat ditemukan di Apotek Apotek terdekat tetapi Tahukah Anda bahwa mengkonsumsi daun kelor pun sudah menjadi suplemen makanan alami yang Bahkan daun kelor adalah daun dari alam sehingga daun ini akan tetap sehat dan terjaga.  (baca juga:  buah yang mengandung vitamin Cmakanan yang mengandung vitamin C)

33. Sebagai flavonoid

Fungsi lain yang dapat kamu temukan dari daun kelor adalah daun kelor banyak dimanfaatkan sebagai flavonoid

34. Mengatasi berbagai penyakit dalam

ternyata daun kelor memiliki manfaat yang tersembunyi Adapun manfaat itu adalah bahwa daun kelor dapat mengatasi berbagai penyakit dalam.

Baca Juga:

35. Membunuh kolesterol jahat

Pada dasarnya banyak sekali makanan yang dapat membunuh kolesterol atau mengurangi kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh Namun bukan berarti daun kelor tidak dapat dimanfaatkan untuk membunuh kolesterol terutama kolesterol jahat yang dapat mengganggu fungsi jantung.

36. Perbaiki metabolisme tubuh

daun jalan memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh bahkan daun kelor ini sudah dipercaya dapat memperbaiki metabolisme tubuh dengan metabolisme tubuh menjadi baik Hal ini tentu dapat membuat tubuh menjadi tetap sehat. Sejatinya banyak hal yang membuat tubuh menjadi sehat seperti olahraga mengkonsumsi sayur-sayuran ataupun mengkonsumsi buah-buahan sehingga tubuh tetap segar dan sehat.

Baca Juga:

37. Bakteri dan anti racun

Selain dapat menjaga metabolisme tubuh ternyata daun kelor memiliki kekebalan untuk menjaga agar tubuh tidak terkena bakteri karena daun kelor mematikannya anti racun sehingga bakteri-bakteri akan sulit masuk pada tubuh. Dalam memanfaatkan daun kelor sangatlah mudah hanya perlu menjadikannya obat herbal saja Anda sudah dapat merasakan banyak manfaat daun kelor.

38. Sebagai obat herbal tanpa efek samping

Memang tahun ini sebagai obat herbal tentu banyak sekali daun-daunan yang menjadi obat herbal tetapi uniknya daun kelor ini merupakan obat herbal tanpa memiliki efek samping apapun sehingga daun kelor sangatlah baik dijadikan rekomendasi obat apapun dari penyakit apapun yang tentu penyakit-penyakit itu memang membutuhkan daun kelor sebagai obat nya.

39. Menjaga kebugaran tubuh

Metabolisme yang terjaga akan membantu menjaga kebugaran tubuh sehingga jika sebelumnya dijelaskan bahwa daun kelor dapat membantu menjaga metabolisme tubuh maka secara tidak langsung daun kelor pun memiliki manfaat untuk menjaga kebugaran tubuh sehingga ketika tubuh akan bugar dalam melakukan aktivitas aktivitas yang akan dilakukan ke setiap harian akan menjadi lebih bersemangat.

Baca Juga:

40. Memiliki anti inflamasi

Jika dijelaskan sebelumnya bahwa daun kelor memiliki anti racun sehingga mampu menjaga tubuh agar tidak terkena racun maka perlu diketahui selain anti racun daun kelor memiliki fungsi yaitu anti inflamasi di mana anti inflamasi merupakan segala hal yang berkaitan dengan peradangan jadi daun kelor mampu dimanfaatkan untuk mengobati berbagai jenis peradangan karena kandungannya yang memiliki fungsi antiinflamasi ini

41. Meningkatkan kekebalan tubuh pada penderita HIV

Bagi penderita hiv tentu membutuhkan kekebalan tubuh yang sangat sangat kuat agar HIV atau virus HIV tidak menyebar dengan mudah, kita ketahui bahwa virus virus HIV ini akan lebih mudah tersebar ketika kekebalan tubuh seseorang yang menderita HIV Dini rendah Namun beda hanya ketika kekebalan tubuh seseorang yang menderita HIV ini kuat dengan kekuatan dari kekebalan tubuh akan membantu melawan virus virus HIV sehingga penyebarannya dapat terhambat dan virus-virus itu pun dapat dihilangkan  untuk itu anda dapat memanfaatkan daun kelor sebagai penambahan kekebalan tubuh agar tubuh menjadi kebal sehingga virus HIV tidak akan mudah untuk tersebar.

Baca juga:

42. Merupakan tanaman yang memiliki sumber klorofil tinggi

Daun kelor merupakan daun yang juga memiliki warna hijau. Sudah tidak asing lagi bahwa warna hijau dari segala jenis daun adalah memiliki klorofil pada dasarnya klorofil memiliki manfaat yang sangat baik untuk daun bahkan tidak hanya untuk daun itu sendiri tetapi klorofil yang dimiliki daun kelor baik untuk kesehatan maupun kecantikan tubuh manusia itu sebabnya Mengapa daun kelor kini banyak dicari sebagai produk-produk kesehatan. Jenis daun ini perlu dilestarikan agar semakin banyak orang yang memiliki daun kelor semakin sehat pula masyarakat di Indonesia

43. Sebagai tonik untuk memperkuat fungsi jantung

fungsi yang tak kalah penting dalam tubuh adalah fungsi jantung sehingga perlunya menjaga jantung agar tetap sehat untuk itu manfaatkanlah daun kelor yang berfungsi sebagai tonik dimana fungsi tahun ini tentu dibutuhkan oleh jantung untuk memperkuat fungsi jantung. Tidak hanya mengkonsumsi daun kelor saja tetapi untuk menyehatkan jantung juga perlu mengkonsumsi makanan makanan rendah kolesterol dan melakukan olahraga yang rutin yang tentu olahraga itu baik untuk kesehatan jantung. (baca juga : kebutuhan nutrisi manusia berdasarkan akg resmi , Penyebab Malnutrisi)

44. Mengatasi tekanan darah tinggi

Selain bermanfaat untuk jantung ternyata obat herbal yang ampuh ini memiliki manfaat lain yaitu dapat mengatasi tekanan darah tinggi. Apabila anda menderita darah tinggi Segera gunakan daun kelor yang dapat anda jadikan jamu daun kelor untuk diminum setiap hari atau setiap yang anda butuhkan agar tekanan darah tinggi berkurang.  (Baca uga: Akibat Kelebihan Serat  ,  Makanan Penurun Androgen)

itulah 44 manfaat yang dapat kamu peroleh dengan memanfaatkan daun kelor sebagai obat herbal atau sebagai obat-obatan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Daun kelor bukanlah daun yang sulit untuk dicari sehingga memanfaatkan daun kelor merupakan solusi yang paling efektif untuk menjaga kesehatan tubuh terutama bagi mereka yang banyak melakukan aktivitas yang padat. Mengkonsumsi obat-obatan herbal seperti daun kelor akan lebih baik daripada mengkonsumsi obat- obatan kimia yang penuh dengan efek samping ketika tidak benar dalam mengkonsumsinya. Dengan beberapa Khasiat Daun Kelor setidaknya anda dapat mengetahui dan memanfaatkan daun kelor sebagai obat herbal keseharian sehingga Anda akan tetap merasa sehat dan bugar.