7 Cara Mencegah Mata Kuning Paling Ampuh

1787

Mata merupakan bagaian terpenting ditubuh kita, karena mata merupakan salah satu indra yang dapat digunakan untuk melihat. Bayangkan saja jika mata sakit. Pasti setiap aktifitas akan terganggu. Ada beberapa jenis-jenis penyakit mata yang mengaggu aktivitas kita diantaranya adalah mata juling, mata minus, mata kuning dan lain sebagainya. Pada kesempatan ini kami akan membahas mengenai mata kuning.

Mata kuning merupakan salah satu ciri ciri dari adanya penyakit kuning, penyakit kuning (jaundice) adalah penyakit yang menyerang liver. Penyakit kuning bisa dkategorikan menjadi 3 yaitu

  1. Pre-hepatic jaundice

Pre-hepatic jaundice adalah penyakit kuning yang disebabkan karena meningkatnya penghancuran sel sel darah merah secara drastis. (Baca Juga: Cara Penularan HIV)

  1. Hepatic jaundice

Hepatic jaundice adalah penyakit yang disebabkan karena adanya sel sel organ hati. (Baca Juga: Ciri Ciri Gangguan Hati)

  1. Post-hepatic jaundice

Post-hepatic jaundice adalah penyakit yang disebabkan karena obstruksi yang terjadi pada aliran empedu. (Baca Juga: Obat Herbal Batu Empedu)

Mata kuning biasanya di kaitkan dengan gejala gejala penyakit kuning. Karena salah satu ciri ciri adanya penyakit kuning adalah adanya sembrawut berwarna kekuningan pada bagian putih mata. Sebelum berlanjut pada mata kuning alangkah lebih baik jika kita juga mengetahui gejala penyakit kuning

  1. Mata berubah menjadi kuning, terutama pada bagian putih mata
  2. Bagian kuku tangan dan kaki menjadi kuning
  3. Adanya perubahan warna kulit, yakni menjadi ebih kuning
  4. Warna urin berubah menjadi kuning gelap
  5. Warna fases berubah menjadi seperti tanah iat
  6. Pada bagian sendi dan perut sering merasa nyeri
  7. Turunnya berat badan
  8. Nafsu makan menghilang
  9. Menjadi kurang bersemangat, loyo, tidak bergairah
  10. Tibulnya rasa gatal gatal pada kulit
  11. Meningkatnya suhu pada tubuh.

(Baca Juga: Penyebab Urin Berwarna Kuning , Terapi Mata Minus)

Selain dengan pengobatan medis ada  juga pengobatan tradisional yang dapaat menyembuhkan penyakit kuning

  1. Buah mengkudu
  2. Bangle
  3. Temu lawak
  4. Air kelapa muda
  5. Madu
  6. Daun kelor
  7. Daun pare
  8. Daun keji beling

(Baca Juga: Efek Samping Daun Kelor , Efek Samping Daun Kersen)

Mata kuning tidak selalu dikaitkan dengan penyakit kuning, ada beberapa faktor yang menyebabkan mata berubah menjadi kekuningan. Sebelum mengetahui beberapa faktor faktor yang menyebabkan mata menjadi kuning, alangkah lebih baik jika kita mengetahui berbagai penyakit yang ditandai karena adanya perubahan mata menjadi kuning.

Penyakit Yang Ditandai Mata Berubah Menjadi Kuning

  1. Kelainan Darah

Mata kuning bisa disebabkan karena kelainan se sel darah merah. Terjadinya penghancuran dini sel sel darah merah bisa disebabkan karena adanya kelainan pada darah yang disebabkan karena ketidak cocokan saat transfusi darah atau disebabkan karena obat obatan tertentu. (Baca Juga: Kelainan Darah , Kelompok Makanan yang Dilarang untuk Golongan Darah B)

  1. Gejala Seriosis Hati

Serosis hati hati adalah kerusakan jaringan parut pada organ hati yang disebabkan karena adanya kerusakan hati dalam jangka panjang. (Baca Juga: Gejala Sirosis Hati , Penyebab Pengerasan Hati)

  1. Kanker Pankreas

Kangker pankreas dapat menyebabkan saluran empedu dan sauran pankreas yang bersatu mengalir keusus keci terhambat. Jika saluran pankreas terhambat akan menyebabkan empedu tidak dialirkan dengan baik sehingga terjadinya penyakit kuning. (Baca Juga: Gangguan Kelenjar Pankreas , Penyebab Pankreas Rusak)

  1. Gejala Batu Empedu

kantong empedu memiliki fungsi untuk melepaskan empedu guna membantu tubuh menjadi lemak. Jika terjadi sumbatan yang disebabkan pada bahaya batu empedu akan menyebabkan penyakit kuning. Banyak cara mencegah batu empedu sebenarnya.

Faktor faktor yang menyebabkan mata menjadi kuning

  1. Mata terlalu lelah

Salah satu penyebab mata kuning adalah mata terlalu lelah, mata terlalu elah bisa disebabkan karena banyaknya aktivitas yang kita lukukan sehari hari yang kurang baik, seperti terlalu lama berada di depan layar tv, komputer, laptop dan bisa juga karena terlalu lama dalam membaca buku tanpa istirahat, sehingga mata menjadi sangat lelah. (Baca Juga: Cara Mengobati Mata Lelah , Gejala Mata Lelah)

  1. Terlalu setres

Meskipun pada kenyataanya kita pasti banyak masalah. Ternyata terlalu memikirkan masalah selain membuat sakit kepala terlalu memikirkan masalah juga bisa menyebabkan mata menjadi kuning. Seseorang yang terlalu Stress biasanya sangat sensitif dan mudah tersinggung. Seseorang yang terlalu setres juga tidak mampu menikmati aktivitas sehari harinya meskipun saatbersantai. Karena otaknya selalu ingin mencar jalan keluar dari masalah yang dihadapinya. (Baca Juga: Ciri Ciri Stres  , Makanan Sehat untuk Menghilangkan Stres)

  1. Kurang tidur

kurang tidur merupakan salah satu penyebab mata kuning, kurang tidur merupakan salah satu penyebab insomnia atau bisa juga karena seseorang memang ingin begadang. Tetepi agar mata tetap sehat kurangilah hal hal seperti begadang karena hal hal yang tidak penting. (baca juga: Bahaya Mandi Saat Kurang Tidur , Penyakit Akibat Kurang Tidur)

  1. Adanya sumbatan pada empedu

Mata kuning juga merupakan salah satu pertanda karena adanya masalah pada fungsi hati atau empedu. Ataupun adanya indikasi tumor pada pankreas. Pada awalnya gejala ini di tandai dengan mata berubah menjadi kuning dan juga terasa mudah elah, mual dan kurangnya nafsu makan, serta diiringi dengan demam yang tinggi. Jika terdapat gejala gejala tersebut sesegera mungkin untuk memeriksakan diri ke dokter. (Baca Juga: Obat Herbal Batu Empedu , Cara Mengobati Batu Empedu)

  1. Asap

Asap atau sejenisnya juga dapat menjadi salah satu penyebab mata menjadi kuning. Asap yang mengenai mata secara tidak langsung akan menyebabkan mata menjadi tampakebih kusam. Dapat kita lihat pada seseorang yang sering merokok, atau berada disekitar perokok dan sering terkena asap tersebut menyebabkan mata menjadi kusam atau bahkan terlihat kuning.

Cara Pencegahan Mata Kuning agar Tidak Menjadi Parah

  1. Melakukan pengecekan mata secara rutin

Melakukan pengecekan mata secara rutin juga dianjurkan untuk pencegahan mata menjadi kuning. Perubahan mata menjadi kuning bisa merupakan salah satu ari gejala penyakit yang berbahaya, seperti kerusakan pada jaringan hati ataupun kelainan pada darah. Jika mata yang sehat tiba tiba menjadi kuning segera periksakan kedokter. Setelah pemeriksaan kedokter jika memang tidak ditemukan gejala gejala penyakit yang serius setidaknya tetaplah periksa kesehatan tubuh kita secara rutin, sampai mata kita menjadi jernih agi atau sudah tidak berwarna kuning. Tidak hanya untuk mengetahui penyakit yang disebabkan karena mata kuning saja. Melakukan pemeriksaan pada tubuh secara rutin akan mempermudah untuk mengetahui gejala penyakit atau penyaki yang kita derita saat ini, sebelum penyakit tersebut menjadi ebih parah. Untk pemeriksaan kesehatan tubuh biasanya dokter akan menyaratkan kita untuk 3-6 bulan sekali melakukan pemeriksaan kesehatan. (Baca Juga: Penyebab Mata Kuning , Cara Mengatasi Mata Sembab)

  1. Mengatur pola tidur dengan baik

Mengatur pola tidur yang baik merupakan salah satu dari gaya hidup sehat yang akan mengurangi terjadinya perubahan warna yang terjadi pada seklera mata. Jangan biarkan tubuh terlalu sering begadang karena itu sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh terlebih mata, dengan sering begadang maka mata akan menjadi lelah, sehingga mata tidak terlihat jernih atau bahkan berubah menjadi kuning, untuk itu pola tiduryang baik dan teratur mencegah terjadinya meta kuning. (Baca Juga: Bahaya Tidur Terlalu Lama , Bahaya Tidur di Pagi Hari)

  1. Mengatur aktivitas dengan baik

Mengatur aktivitas sehari hari dengan baik dan teratur akan mencegah terjadinya cepat lelah dan mata menjadi kuning. Dalam melakukan aktivitas sehari hari kita harus teratur dan tidak terlalu memaksakan diri untuk bekerja terlalu keras. Jika kita bekerja di depan komputer sangat dianjurkan tidak lebih dari 10 jam karena pantulan cahaya yang ada pada komputer akan membuat mata menjadi sangat leah, negitu pula pada handpone dll. Bekerja terlalu lama di depan komputer dapat merusak jaringan jaringan yang ada pada mata kita, sehingga mata mejadi tampak kuning dan tidak sehat. (Baca Juga: Penyebab Cepat Lelah)

  1. Melakukan relaksasi fikiran

Agar kita terhindar dari mata berwarna kuning kita dapat melakukan relaksasi fikiran. Fikiran yang tenang dapat menjauhkan kita dari stres yang berlebihan dan juga dengan relaksasi fikiran dapat mengurangi terjadinya kungging pada mata. Relaksasi fikiran akan menjadikan fikiran menjadi ebih tenang yang akan membuat otot otot  menjadi kendur, ternyata dengan relaksasi fikiran juga akan membuat fikiran jauh lebih jernih dan dapat berfikir ebih baik. selain itu juga merupakan cara mengatasi stress

  1. Menggunakan daun sirih

daun sirih memiliki banyak manfaat salahsatunya adalah untuk menjaga kesehatan mata, cara menggunakan daun sirih sebagai obat mata adalah dengan membuat ramuan daun sirih. Cara membuat obat daun sirih yang pertama siapkan beberapa lembar daun sirih bersihkan daun sirih tersebut lalu rebuslah hingga mendidih, tiriskan dan biarkan daun sirih menjadi dingin. Setelah itu saringlah rebusan daun sirih tersebut. Dan untuk mengobati mata teteskan rebusan daun sirih tersebut pada mata yang kuning. (Baca Juga: Cara Menyembuhkan Mata Juling , Cara Mengobati Mata Bengkak)

  1. Mengkonsumsi tanaman herbal

Obat obatan herbal sangat baik untuk kesehatan tubuh terlebih mata, obat obatan herbal biasanya dapat menyembuhkan secara menyeluruh meskipun dalam jangka waktu yang lama. Temulawak dan mengkudi bisa menjadi salah satu tanaman herbal yang sangat efektif untuk mengatasi gejala perubahan warna pada mata kuning. Temulawak dan mengkudu memiliki rasa yang pahat dan tidak enak meskipun temulawak dan mengkudu adalah salah satu tanaman herbal yang dapat mengatasi mata menjadi kuning.(Baca Juga: Obat Mata Minus Herbal Penyebab Mata Juling)

  1. Cukup istirahat

Kurang nya istirahat yang cukupakan menjadikan mata menjadi lelah, mata yang lelah bisa berubah menjadi warna kuning, cara mengatasi mata yang kuning karena kelelahan bisa dengan cukup istirahat. Normalnya tubuh seseorang membutuhkan minima 8 jam dalam sehari untuk beristirahat, biasakan penuhilah kebutuhan tubuh tersebut, jangan paksakan tubuh terlalu kelelahan, begitu juga dengan mata jangan paksakan mata bekerja terlalu fokus dalam kurun waktu yang lama. Karena hal tersebut akan membuat mata menjadi kuning. (Baca Juga: Obat Herbal Bintitan , Mata Kering)

 Dengan mengetahui beberapa hal yang telah dijabarkan di atas pasti akan menambah ilmu anda mengenai bagaimana Cara Mencegah Mata Kuning itu.