11 Kelompok Makanan yang Dilarang untuk Golongan Darah B (Hindari)          

6690

Pada dasarnya semua orang memiliki golongan darah yang berbeda-beda. Ada empat jenis golongan darah manusia yaitu A, B, AB dan O. Setiap golongan darah memiliki karakter sendiri sesuai dengan antigen tertentu yang ditemukan dalam hasil pengujian darah. Semua orang harus mengetahui golongan darah masing-masing karena ini sangat penting ketika dibutuhkan dalam waktu darurat seperti prosedur transfusi darah.  Bahkan hampir semua prosedur medis seperti operasi atau tindakan bedah lain selalu membutuhkan data golongan darah. Tujuannya jika sewaktu-waktu terjadi keadaan yang gawat dan pasien kehilangan banyak darah maka bisa ditemukan darah yang sesuai paling cepat. 

Baca: penyebab darah kental – gejala darah kental – hemofilia

Selain itu diet dengan golongan darah juga menjadi sangat penting dan menjadi cara menguruskan berat badan dengan cepat dan alami. Beberapa ahli medis dan nutrisi menemukan fakta bahwa diet golongan darah bisa memberikan peluang kesehatan yang sangat baik dimasa depan. Dibawah ini adalah beberapa daftar makanan yang dilarang untuk golongan darah B.

  1. Kelompok daging

Tidak diperbolehkan : daging ayam, daging babi, daging bebek (baca: bahaya daging bebek)

Diperbolehkan : ikan, daging kelinci, daging sapi muda, daging kambing

Alasan

Pada dasarnya orang dengan golongan darah B sebaiknya mengkonsumsi daging dalam jumlah yang kecil. Termasuk untuk jenis daging yang diperbolehkan untuk dikonsumsi yang artinya tidak bisa memberikan efek apapun untuk kesehatan. Hal ini disebabkan karena daging yang termasuk tidak boleh dikonsumsi untuk golongan darah B, daging ini mengandung sejenis tipe golongan darah B lektin. Pengaruh dari lektin yang didapatkan dari jenis daging ini bisa menyebabkan tubuh dengan golongan darah B mudah stres dan juga resiko penyakit. Termasuk beberapa penyakit yang berhubungan dengan tekanan darah tinggistres, jantung dan diabetes.

Informasi hipertensi:

  1. Kelompok makanan laut

Tidak diperbolehkan: kerang, kepiting, udang, lobster, tiram, ikan teri, ikan tuna, gurita, belut, siput, kura-kura, tuna.

Diperbolehkan :ikan salmon, ikan cod, halibut, ikan laut putih.

Alasan

Makanan laut untuk orang dengan golongan darah B tidak memberikan keuntungan yang banyak, meskipun nutrisi makanan laut sangat baik untuk tubuh. Salah satu alasan yang paling banyak dikatakan dalam dunia medis bahwa makanan laut yang termasuk dalam daftar yang tidak diperbolehkan ini bisa menyebabkan gangguan pencernaan akut termasuk bahaya makanan laut. Semua makanan laut ini tidak bisa dicerna dengan baik karena sistem penerimaan nutrisi darah dalam tubuh. Justru jika dikonsumsi maka bisa menyebabkan alergi makanan laut yang berat.

Baca: penyebab alergi kulit – ciri ciri alergi – makanan penyebab alergi kulit – cara menghilangkan alergi –  cara tes alergi

  1. Produk susu

Tidak diperbolehkan: es krim, keju biru, snack keju

Diperbolehkan: keju cottage, keju feta, keju farmer, keju dari susu kambing, kefir,mozzarella, susu kambing, yogurt.

Sebenarnya hampir semua produk susu bisa dikonsumsi oleh orang dengan golongan darah B. Susu bisa menjadi asupan makanan yang sangat sehat untuk golongan darah B karena susu mengandung antigen B yang terdeteksi dengan nama D-galactosamine. Ini adalah jenis gula alami yang bisa ditemukan dalam susu dan juga sesuai dengan tubuh golongan darah B. Namun produk olahan susu seperti es krim, keju biru dan snack keju sebaiknya tidak dikonsumsi karena beberapa produk tambahan ini bisa merusak gula alami sehingga bisa menyebabkan reaksi untuk tubuh.

Baca: menu makanan diet golongan darah O

  1. Kelompok minyak (lemak)

Tidak diperbolehkan: minyak canola, minyak kacang tanah, minyak biji bunga matahari, minyak wijen, minyak sawit

Diperbolehkan: minyak zaitun

Orang yang memiliki golongan darah B juga harus waspada dengan berbagai jenis makanan yang digoreng dengan minyak. Daftar minyak yang tidak diperbolehkan untuk golongan darah B ini mengandung lektin yang bisa merusak sistem pencernaan dan penyerapan nutrisi dalam tubuh. Jika dikonsumsi maka saluran pencernaan bisa menghasilkan lendir berlebihan dengan dampak seperti diare, alergi makanan dan lemak perut. Sebagai alternatif maka sebaiknya mengkonsumsi minyak zaitun yang lebih sehat. (baca: bahaya lemak di perut – makanan penghancur lemak perut)

Baca: Bahaya mengkonsumsi gorengan –  Bahaya junk food – bahaya makanan yang digoreng – efek samping makanan yang digoreng 

  1. Kelompok kacang-kacangan

Tidak diperbolehkan: kacang mete, kacang pistachio, kacang tanah, biji matahari, biji labu, biji wijen, kacang filberts, kacang pinus. (baca: bahaya kacang tanah).

Pada dasarnya orang yang memiliki golongan darah B tidak terlalu banyak mengkonsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian. Hal ini disebabkan karena semua kacang-kacangan mengandung lektin yang bisa menyebabkan efek samping berupa kesulitan pankreas menghasilkan insulin. Ketika terlalu banyak atau sering makan kacang-kacangan maka bisa menyebabkan tubuh terkena resistensi insulin sehingga bisa menyebabkan diabetes. Jadi perhatikan untuk tidak mengkonsumsi kacang-kacangan terlalu banyak atau tidak samak sekali.

Informasi penyakit diabetes:

  1. Kelompok kacang polong

Semua jenis kacang polong seperti lentil, kacang garbanzo, kacang adzuki, kacang hitam, kacang polong hijau dan jenis kacang lain termasuk makanan yang dilarang untuk golongan darah B. Semua jenis kacang polong mengandung lektin yang bisa mengganggu produksi insulin dalam tubuh. Terlalu sering mengkonsumsi kacang polong bisa menyebabkan tubuh terkena resiko penyakit diabetes. Sebenarnya kacang polong termasuk jenis makanan yang mengandung asam folat super tinggi. (baca: fungsi asam folat – efek samping asam folat)

  1. Kelompok padi-padian
  • Tidak diperbolehkan: semua jenis gandum, bulgur, gandum utuh, gandum putih, tepung roti dari gandum, mie dari gandum, roti dari gandum.

Alasan: semua jenis kelompok gandum bisa menyebabkan pankreas gagal membuat insulin sehingga tubuh bisa mengalami resistensi insulin, kenaikan kadar gula darah dan menghambat proses pembakaran lemak dalam tubuh.

  • Tidak diperbolehkan : rye, makanan pengganti nasi, mie, tepung rye.

Alasan: semua bahan ini mengandung lektin berlebihan yang bisa menyebabkan reaksi pengendapan lektin dalam tubuh sehingga memberi dampak pada fungsi jantung yang normal, kelainan darah dan kelelahan yang bisa memicu stroke.

  • Tidak diperbolehkan: jagung, soba, tepung jagung, sereal jagung, mie dari jagung.

Alasan: semua bahan ini bisa membuat tubuh mengalami metabolisme yang sangat lambat, resistensi insulin, kelebihan cairan dalam tubuh serta kelelahan yang parah.

Diperbolehkan: oatmeal, beras merah, beras putih.

Informasi penyakit stroke:

  1. Kelompok sayuran

Tidak diperbolehkan: tomat, jagung, zaitun, labu, lobak, kubis, produk kedelai, artichoke.

Alasan:

  • Tomat mengandung lektin yang bisa menyebabkan iritasi pada perut dan perut kembung. (baca: kandungan gizi tomat – buah beracun yang mematikan)
  • Jagung bisa membuat sistem insulin dalam tubuh tidak seimbang, buruk untuk sistem metabolisme dan memicu kelelahan.
  • Zaitun bisa menyebabkan alergi dan kondisi buruk untuk tubuh.

Diperbolehkan: asparagus, arugula, rebung, bit, sawi, kubis, wortel, kembang kol, seledri, cilantro (ketumbar), mentimun, terong, parsley, adas, kale, selada, ubi, jamur shitake, kentang, dan talas. (semua jenis sayuran hijau yang tidak termasuk dalam daftar larangan untuk golongan darah B. Sayuran hijau sangat penting untuk membentuk antivirus karena mengandung magnesium dan menjaga sistem imunitas dalam tubuh)

  1. Kelompok buah-buahan

Tidak diperbolehkan: alpukat, delima, pir, rhubarb, kesemek, belimbing, kelapa, melon

Alasan: semua jenis buah ini bisa menyebabkan gangguan sistem pencernaan yang berat. Beberapa gejala yang paling sering terjadi adalah perut mual, perut tidak nyaman, gas berlebihan dalam perut, sembelit, sulit untuk mencerna makanan dengan baik, serta membuat perut kenyang namun palsu sehingga bisa memicu gejala penyakit maag.

Diperbolehkan: apel, aprikot, pisang, blueberri, blewah, cerri, kurma, anggur, jeruk bali, kiwi, jambu merah, jambu,melon, pepaya, persik, pir, nanas, plum, stroberi, raspberri, jeruk, semangka. (semua buah ini sangat baik untuk sistem pencernaan pada orang dengan golongan darah B, sehingga perut tetap nyaman). Semua buah selain yang dilarang juga bisa dikonsumsi dengan baik.

Baca: makanan yang mengandung gas tinggi – penyebab perut kembung

  1. Kelompok bumbu dan rempah-rempah

Tidak diperbolehkan: sirup jagung, tepung maizena, kayu manis, cabai besar, lada hitam, lada putih, kecap, bumbu dengan rasa pedas menyengat, MSG dan semua jenis pemanis.

Diperbolehkan: jahe, cabe rawit, semua jenis rempah pedas yang tidak menyengat. (semua jenis bumbu ini sangat baik untuk golongan darah B karena bisa membantu memudahkan sistem pencernaan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh)

Baca: bahaya penyedap rasa makanan – bahaya sakarin untuk kesehatan

  1. Kelompok bahan minuman herbal

Tidak diperbolehkan: fenugreek, semanggi, lidah buaya, gentian, akar dan daun mullein, mengkudu, air soda, dan minuman keras.

Alasan: semua minuman ini bisa menyebabkan kondisi tubuh mudah lemah, sakit yang berlebihan dan juga sistem darah yang tidak sehat.

Diperbolehkan: jahe, teh hijau, daun raspberri, peppermint,mint, gingseng dan licorice. (semua minuman ini sangat baik untuk golongan darah B karena bisa membantu mendukung kesehatan yang lebih baik, meningkatkan fungsi syaraf, dan mencegah infeksi virus dalam tubuh).

Baca: cara menjaga kesehatan peredaran darah manusia – penyakit yang berhubungan dengan peredaran darah 

Kelemahan golongan darah B

  1. Golongan darah B memiliki resiko kesehatan yang sangat rentan terhadap stres karena reaksin tubuh yang selalu menghasilkan kortisol berlebihan. (baca: cara mengatasi stress – cara menghindari stres –  cara menghilangkan stres –  penyebab stres)
  2. Golongan darah B memiliki sensitifitas yang sangat tinggi terhadap lektin terutama yang terkandung dalam berbagai jenis makanan. Kondisi
  3. Sensitivitas terhadap lektin akan menyebabkan tubuh mudah mengalami peradangan, resiko untuk mengembangkan berbagai jenis sindrom, pertumbuhan sel yang lambat, dan tubuh yang mudah terkena virus. (baca: penyakit yang disebabkan oleh virus)
  4. Golongan darah B juga sangat rentan dengan kondisi penyakit kelainan autoimun, yaitu penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh seperti lupus.
  5. Golongan darah B juga memiliki resiko yang rentan terhadap kondisi suasana hati yang tidak stabil dan juga kemampuan adaptasi lingkungan yang buruk.

Untuk menjaga kesehatan maka orang yang memiliki golongan darah B sebaiknya menghindari semua makanan yang dilarang untuk golongan darah B. Dengan begitu maka tubuh tetap sehat sehingga tidak akan terkena berbagai resiko penyakit.