30 Cara Menguruskan Berat Badan Dengan Cepat dan Alami

2112

Cara menurunkan berat badan banyak dicari oleh orang, pasalnya adalah banyak pria maupun wanita memiliki masalah dengan berat badan. Kelebihan berat badan tidak boleh disepelekan hal itu dikarenakan bisa mempengaruhi penampilan sehingga mengurangi rasa percaya diri. Tidak hanya itu saja, berat badan juga beresiko untuk menimbulkan berbagai macam penyakit misalnya saja adalah diabetes, kolesterol dan masih banyak lagi lainnya. Orang yang ingin menjaga kesehatannya ada baiknya mulai mengurangi berat badannya agar menghindari berbagai macam penyakit.

Penyebab obesitas juga diyakini sebagai penghambat seseorang mendapatkan pekerjaan. Alasannya sekarang ini banyak departemen di sebuah perusahaan yang menginginkan pekerjanya memiliki penampilan yang bagus, penampilan yang bagus bisa ditunjang dengan berat badan yang ideal.

Cara Menurunkan Berat Badan

Untuk membuat berat badan menjadi ideal tentunya anda harus mencari cara menurunkan berat badan. Anda harus mencari cara yang aman, jangan sampai anda mencari cara menurunkan berat badan yang justru membuat membahayakan bagi kesehatan anda. Apalah artinya memiliki berat badan yang ideal namun kesehatan harus dikorbankan. Berikut ini adalah cara menguruskan berat badan dengan cepat yang bisa dilakukan :

  1. Makan Sedikit Tapi Sering

Banyak yang takut dengan kebiasaan sering makan, padahal makan sedikit tapi sering justru bermanfaat bagi orang yang sedang ingin menurunkan berat badan. Orang yang makan sedikit tapi sering akan terhindar dari rasa lapar. Yang berbahaya bagi orang yang sedang menurunkan berat badan adalah ketika dia lapar dia akan suka mengkonsumsi makanan diluar batas. Memang ketika lapar melanda, banyak orang yang memakan makanan berat untuk menghilangkan rasa laparnya. Oleh sebab itu makan sedikit tapi sering dipercaya bisa digunakan untuk mengurangi berat badan bagi orang yang mudah lapar.

baca juga: diet air putih

  1. Jangan Menunda Waktu

Bagi anda yang ingin menurunkan berat badan jangan hanya dikhayal saja tapi dilakukan dengan sepenuh hati. Mulailah dari sekarang, hal itu dikarenakan teori hanya sebatas teori saja jika tidak bisa dilaksanakan dengan baik. Menurunkan berat badan tidak semudah teori yang anda dapatkan di media internet, di media buku dan media lainnya. Oleh sebab itu memulainya dari sekarang bisa membuat anda lebih memiliki komitmen untuk bisa menguruskan badan anda. Menurunkan berat badan berarti anda akan mengubah 20 gaya hidup sehat untuk awet muda bebas dari penyakit anda menjadi lebih teratur dan juga menjadi lebih sehat.

  1. Menentukan Target

Menentukan target juga menjadi salah satu cara menurunkan berat badan. Yang harus diingat di sini adalah anda harus menentukan target yang logis. Jangan pernah menganggap anda bisa kurus dengan cepat dalam waktu yang cepat menggunakan cara yang alami. Mungkin anda bisa mendapatkan tubuh kurus dalam waktu yang instan jika anda menggunakan berbagai cara yang ekstrim. Jika ada yang mengatakan anda bisa kurus 10 kg dalam seminggu jangan pernah percaya akan hal itu, sebab cara itu hanya bisa dilakukan oleh penderita anoreksia.

Untuk menurunkan berat badan tentunya kita membutuhkan kedisiplinan untuk menjalankannya, sedangkan tubuh membutuhkan waktu untuk membakar lemak yang ada di dalam tubuh. Anda bisa melihat keberhasilan cara anda setiap minggu. Jika berat badan anda turun misal hanya setengah kilogram saja setiap minggunya bisa dipastikan bahwa cara menurunkan berat badan anda berhasil sehingga anda membutuhkan komitmen untuk selalu melakukannya setiap hari.

baca juga: kebiasaan memuntahkan makanan setelah makan

  1. Jangan Melakukan Diet Ekstrim

Banyak orang yang mengaku bahwa dietnya berhasil meski dalam hitungan minggu atau dalam waktu yang singkat. Tentu anda juga ingin melakukannya dan ingin menjalankan diet yang orang tersebut lakukan. Sebaiknya anda memilah-milah terlebih dahulu mana diet yang baik untuk anda lakukan dan mana diet yang tidak baik untuk anda lakukan. Hal itu dikarenakan keberhasilan diet pada orang berbeda-beda, tidak haya itu saja sebaiknya anda menghindari diet yang terlalu ekstrim sebab akan membahayakan bagi diri anda.

Diet pada penderita anoreksia sebaiknya jangan diikuti alasannya adalah pada jangka panjang pola diet tersebut justru akan membahayakan bagi kesehatan tubuhnya. Tidak jarang jangka panjang penderita anoreksia akan mengalami masalah gizi buruk sehingga tubuhnya hanya seperti tulang belulang saja. Saat memilih diet jangan yang menjanjikan hasil yang cepat dan instan. Hal itu dikarenakan segala sesuatu pasti membutuhkan proses. Usahakan meski sedang berdiet anda tetap dalam kondisi yang prima dan produktif. Jangan sampai hanya gara-gara berdiet, anda dalam kondisi kurang prima sehingga hanya bisa terbaring di tempat tidur saja.

baca juga: 20 makanan sehat untuk diet menurunkan berat badan

  1. Olahraga

Salah satu cara efisien untuk bisa menurunkan berat badan adalah dengan cara olahraga. Agar anda bisa menurunkan berat badan anda ada baiknya anda menentukan waktu setiap harinya kapan anda akan melakukan olahraga. Olahraga diyakini bisa digunakan untuk membakar lemak di bagian tubuh-tubuh tertentu misalnya saja di bagian perut, di bagian lengan, di bagian paha dan masih banyak lagi lainnya.

Memang diet itu adalah hal penting, namun olahraga juga hal yang tidak kalah penting. Hal itu dikarenakan lemak yang ada di dalam tubuh hanya bisa dibakar dengan menggunakan olahraga. Bagi anda yang sibuk namun ingin mendapatkan tubuh yang ideal anda harus bisa meluangkan sedikit waktu bagi anda untuk berolahraga. Sedikit waktu tidak masalah dibandingkan tidak samasekali. Anda tidak perlu pergi ke gym untuk bisa mendapatkan cara membakar lemak dengan olahraga, di media internet sudah banyak diajarkan bagaimana caranya membakar lemak di dalam tubuh dengan cara efektif terutama bagi anda yang tidak memiliki waktu untuk perg ke gym.

baca juga: cara melakukan olahraga yang baik dan benar

  1. Jangan Minum Soda

Soda adalah minuman jahat bagi kesehatan, tidak hanya itu saja minuman soda juga diyakini sebagai pemicu timbulnya obesitas. Hal itu dikarenakan di dalam minuman soda terdapat fruktosa, kadar gula yang tinggi, pemanis buatan serta tinggi akan kalori. Coba anda bayangkan jika anda minum soda dalam ukuran botol kecil saja anda telah memasukkan sebanyak 250 kalori di dalam tubuh anda. Jadi bagi anda yang ingin menurunkan berat badan ada baiknya anda mengurangi minuman yang mengandung soda. Padahal orang yang minum soda memiliki kebiasaan satu botol kaleng saja tidak cukup sehingga gula dan kalori yang masuk ke dalam tubuh akan semakin banyak.

baca juga: 16 dampak minuman bersoda bagi kesehatan tubuh ibu hamil

  1. Hindari Junk Food

Mungkin anda mengira fast food sama junk food itu sama. Padahal fast food sama junk food itu berbeda. Fast food adalah makanan cepat saji sedangkan junk food adalah makanan sampah. Mengapa disebut dengan makanan sampah?, hal itu dikarenakan makanan tersebut tidak bisa dicerna oleh tubuh dan justru membebani organ tubuh. Di dalam junk food tidak ada nutrisi yang bisa diserap oleh tubuh. Justru sebaliknya, di dalam junk food ada berbagai macam kandungan yang tidak baik untuk tubuh misalnya saja adalah lemak jenuh, kalori tinggi, gula tinggi, kandungan garam yang tinggi, pengawet makanan, pemanis buatan dan masih banyak lagi lainnya. Untuk anda yang ingin menurunkan berat badan ada baiknya anda menghindari junk food ini sebab junk food adalah makanan pantangan yang harus dihindari.

baca juga: 21 dampak bahaya makanan cepat saji bagi kesehatan

  1. Membatasi Porsi Makanan

Langkah selanjutnya untuk cara menguruskan berat badan adalah membatasi porsi anda makan. Anda sebaiknya membatasi porsi makanan namun bukan berarti anda tidak makan samasekali. Hal itu dikarenakan tubuh tetap membutuhkan makanan untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Untuk melancarkan diet yang sedang anda jalani, batasilah jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh anda. Anda bisa menghitung jumlah kalori yang tubuh butuhkan.

baca juga: makanan untuk diet

  1. Minum Sebelum Makan

Cara ini bisa anda lakukan untuk mengurangi jumlah porsi makan yang akan masuk ke dalam tubuh anda. Minum sebelum makan bisa digunakan untuk mengurangi rasa lapar. Cara agar mengurangi rasa lapar dengan minum sebelum makan adalah anda bisa meminum cairan 5 menit sebelum anda makan. Hal tersebut dipercaya bisa digunakan untuk pengurang rasa lapar dan mengurangi jumlah porsi makanan yang akan anda konsumsi.

  1. Banyak Makan Serat

Agar anda memiliki kenyang yang lebih lama anda bisa mengkonsumsi banyak serat dibandingkan biasanya. Serat adalah makanan yang sulit untuk dicerna organ pencernaan sehingga jika memakan makanan yang kaya akan serat maka tubuh akan memiliki rasa kenyang lebih lama dibandingkan dengan makanan yang tidak cukup serat. Serat juga diyakini bisa digunakan untuk melancarkan pencernaan. Serat banyak terdapat pada sayuran dan buah-buahan. Sayangnya tidak semua orang menyukai sayur dan juga buah. Oleh sebab itu anda bisa memulainya dengan mengkonsumsi buah yang anda suka agar anda mudah untuk mengunyah dan menelannya. Saat memakan sayur, bayangkanlah anda sedang memakan makanan yang anda suka sehingga anda juga akan mudah untuk mengunyahnya dan juga menelannya. Yang harus diingat di sini adalah sayuran hijau yang memiliki banyak serat dan hindari sayuran yang justru membuat asam lambung menjadi naik seperti kol dan lain sebagainya.

baca juga: makanan yang mengandung serat tinggi

  1. Nasi Merah

Jika memang anda menginginkan tetap mengkonsumsi nasi, anda tetap bisa mengkonsumsinya namun dalam jumlah atau batas yang wajar. Jangan terlalu berlebihan. Sayangnya nasi putih yang anda konsumsi mengandung glukosa tinggi sehingga jika anda mengkonsumsinya maka kandungan gula di dalam tubuh anda akan meningkat serta memicu diabetes serta obesitas. Alangkah baiknya jika anda mengganti nasi putih dengan nasi merah. Hal itu dikarenakan nasi merah mengandung sedikit gula. Nasi merah itu mengandung sedikit glukosa sehingga cocok dimasukkan ke dalam menu diet anda. Selain itu nasi merah memiliki karbohidrat yang kompleks sehingga tubuh akan membutuhkan waktu yang lama untuk mencernanya. Efeknya adalah tubuh akan merasakan kenyang yang lebih lama dibandingkan dengan anda mengkonsumi nasi putih.

  1. Kurangi Gorengan

Untuk membantu diet anda sebaiknya anda mengurangi makanan yang banyak mengandung minyak dan lemak. Makanan yang digoreng justru akan membuat tubuh anda semakin melebar ke samping. Makanan yang digoreng mengandung lemak jenuh itulah sebabnya mengapa makanan yang digoreng bisa membuat tubuh anda akan semakin melar. Makanan yang tepat untuk dijadikan menu diet adalah makanan yang direbus maupun di kukus. Tentu anda tidak bisa langsung menyetop memakan semua makanan yang digoreng. Ada baiknya anda mulai membatasi diri mengkonsumsi makanan yang digoreng tersebut sebab selain tidak bagus untuk kesehatan, makanan yang digoreng semakin membuat tubuh semakin melar.

baca juga: 25 bahaya mengkonsumsi gorengan bagi kesehatan

  1. Aplikasi Pembantu Diet

Jaman semakin modern dan teknologi semakin mendominasi di segala bidang. Kini teknologi bisa membantu anda dalam melaksanakan diet. Bagi anda yang menggunakan smartphone anda kini bisa menjumpai berbagai macam aplikasi yang bisa membantu dalam diet anda. Aplikasi tersebut ada yang gratis dan juga ada aplikasi yang berbayar. Aplikasi-aplikasi tersebut bisa membantu berat badan ideal anda, bisa menghitung kalori yang ada dalam makanan yang anda jumpai sehari-harinya serta masih banyak lagi lainnya.

  1. Memulai Dengan Sarapan

Cara diet yang benar adalah dengan sarapan. Banyak orang yang salah kaprah tentang sarapan ini. Mereka menganggap sarapan di pagi hari justru akan membuat badan menjadi gemuk, namun ternyata sarapan ini justru efektif untuk menyukseskan diet anda. Makan pagi ini akan menghindarkan anda dari kebiasaan mengemil. Makan pagi juga merupakan pengisi asupan kalori dan juga nutrisi bagi tubuh sebelum tubuh memulai aktivitas dalam sehari-hari.

Orang yang tidak memulai dengan sarapan biasanya dia dalam seharian ini akan terus merasakan lapar dan akan langsung mengisinya dengan makanan berat. Jika tidak, orang yang tidak membiasakan sarapan saat pagi hari akan mencoba untuk  mengambil camilan sebagai pengganjal rasa lapar. Padahal dalam diet, camilan adalah pantangan sebab kebanyakan camilan yang ada di sekitar kita adalah camilan yang tidak sehat. Camilan banyak mengandung MSG, banyak mengandung gula tinggi, mengandung pengawet dan masih banyak lagi lainnya.

baca juga: tips diet sehat

  1. Mengukur Kadar Kalori

Cara diet yang bisa anda lakukan adalah dengan mengukur setiap kalori yang masuk ke dalam tubuh anda. Usahakan untuk tidak mengkonsumsi banyak kalori sebab tubuh pasti akan bertambah gemuk jika memakan makanan yang banyak mengandung kalori. Oleh sebab itu alangkah baiknya anda menghitung jumlah kalori yang ada dalam makanan yang akan anda makan. Kalori terbaik ada pada 100 gram nasi, 1 potong ikan dan dengan 1 mangkuk sayur. Kalori itu disebut baik karena tidak lebih dari 400 kalori.

  1. Mengunyah

Hal yang tidak boleh dilupakan bagi diet seseorang adalah mengunyah. Mengunyah menjadi hal yang penting bagi orang yang sedang diet dikarenakan dengan mengunyah anda akan merasakan kenyang lebih lama dibandingkan anda hanya mengunyah beberapa kali saja. Saat dikunyah, sari makanan bisa terserap secara sempurna sehingga tubuh akan kenyang lebih lama. Aar anda bisa menurunkan berat badan anda harus mengunyah makanan sebanyak 35 kali. Mengunyah lebih lama akan mempertahankan nutrisi tubuh bisa lebih terjaga dibandingkan dengan orang yang mengunyah lebih sedikit.

  1. Mengkonsumsi Air Putih

Untuk mengurangi berat badan anda bisa mengimbanginya dengan mengkonsumsi banyak air putih. Selama ini banyak orang mengira bahwa air hanya bisa digunakan sebagai pencegah dehidrasi dan penghilang rasa haus anda. Ada penelitian yang dilakukan oleh orang Amerika yang menyatakan bahwa mengkonsumsi air dalam jumlah tertentu bisa digunakan sebagai pengurang berat badan sebanyak 2,5 kilogram. Hal itu dikarenakan air bisa berguna sebagai pemecah nutrisi. Makanan yang masuk ke dalam tubuh akan dipecahkan nutrisinya sehingga tubuh bisa langsung menyerap berbagai nutrisi makanan yang sudah dipecahkan tersebut. Jika kekurangan air putih maka pemecahan nutrisi di dalam tubuh berjalan lamban sehingga tubuh akan mudah merasakan lapar, mudah haus dan juga mudah pusing.

  1. Cukup Istirahat

Istirahat yang cukup juga bisa digunakan untuk mengurangi berat badan. Pemikiran yang salah bisa membuat anda tidak bisa menurunkan berat badan anda. Banyak yang menganggap bahwa dengan banyak gerak tubuh akan membakar banyak kalori, padahal anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Olahraga dan gerak tubuh harus diimbangi dengan istirahat yang cukup. Tubuh yang kurang bersitirahat bisa membuat tubuh mengalami obesitas. Saat istirahat, tubuh akan menjadi rileks. Jika tubuh rileks tubuh akan terhindar dari stress. Tubuh yang stress bisa menyebabkan seseorang mengalami kegemukan dikarenakan saat hormon kortisol meningkat tubuh akan cepat merasakan lapar dan keinginan untuk mengemil justru lebih banyak.

  1. Jangan Makan Lebih Dari Jam 6 Sore

Agar bisa menurunkan berat badan tubuh sebaiknya anda menghindari makan tengah malam atau lebih dari 6 sore. Mengapa demikian?, hal itu dikarenakan saat malam hari metabolisme tubuh kurang aktif sehingga karbohidrat dan berbagai macam nutrisi yang masuk ke dalam tubuh menjadi kurang aktif. Aktivitas malam hari yang sedikit juga membuat makanan dan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh mengendap di dalam tubuh sehingga akan membuat tubuh semakin gemuk jika terjadi terus menerus.

  1. Sarapan Mengandung Protein

Sarapan seseorang bisa mempengaruhi pola makan seharian. Alasannya adalah sarapan bisa menjadi berpengaruh terhadap bagaimana dia makan seharian. Orang yang mengkonsumsi banyak protein saat sarapan bisa membuat dia merasakan kenyang lebih lama sehingga saat makan siang dia akan mengambil porsi yang lebih sedikit. Orang yang saat sarapan mengkonsumsi sedikit protein dia akan merasakan mudah lapar sehingga saat makan siang dia akan mengambil porsi banyak dibandingkan dengan orang yang mengkonsumsi banyak protein di pagi hari. Hal itu dikarenakan protein sulit untuk dicerna tubuh sama halnya dengan serat sehingga tubuh akan merasakan kenyang lebih lama.

  1. Hindari Es Krim

Bagi anda yang ingin menurunkan berat badan ada baiknya anda menghindari mengkonsumsi es krim. Alasannya adalah es krim mengandung kalori yang tinggi. Memang es krim memiliki cita rasa yang enak namun siapa sangka dibalik kelembutan dan rasanya yang enak es krim memiliki kalori yang tinggi.

  1. Hindari Makanan Olahan

Untuk menghindari obesitas ada baiknya anda menghindari makanan olahan. Makanan olahan memiliki kalori yang tinggi sehingga bisa membuat anda mengalami obesitas. Makanan olahan seperti daging olahan, ikan olahan dan lain sebagainya tidak boleh masuk ke dalam menu sehari-hari anda.

  1. Teh Hijau

Teh hijau dipercaya bermanfaat untuk kesehatan dan juga untuk diet. Hal itu dikarenakan teh hijau bisa mengurangi nafsu makan seseorang. Rasanya yang pahit membuat nafsu makan seseorang menjadi berkurang. Oleh sebab itu bagi anda yang ingin menurunkan berat badan mengkonsumsi dua cangkir teh hijau tawar dipercaya bisa digunakan untuk cara menguruskan berat badan dengan cepat dan alami anda.

  1. Detox

Untuk menurunkan berat badan anda bisa melakukan detox. Detox ini berguna untuk mengeluarkan racun yang mengendap di dalam tubuh. Racun-racun itulah yang membuat tubuh anda terlihat gemuk. Pada bagian tubuh tertentu seperti perut, paha dan juga lengan merupakan lokasi pengendapan lemak dan racun tubuh yang paling disukai sehingga tidak jarang pada tubuh tersebut terlihat menggelambir.

baca juga: makanan untuk detoksifikasi tubuh

  1. Jurnal Harian

Untuk menurunkan berat badan anda bisa menggunakan jurnal harian. Jurnal harian ini bisa digunakan sebagai catatan untuk diet anda. Anda bisa memantau berbagai jenis makanan yang anda makan selama seharian ini. Banyak fakta menunjukkan bahwa orang yang memiliki jurnal harian dalam hal diet mengalami penurunan badan lebih banyak dibandingkan mereka yang tidak memiliki jurnal. Hal itu dikarenakan orang yang memiliki jurnal bisa mengevaluasi berbagai jenis makanan yang masuk ke dalam tubuhnya.

  1. Makanan Rumahan

Memakan makanan rumahan bisa digunakan untuk menurunkan berat badan anda. Hal itu dikarenakan jika anda makan di luar itu bisa merusak diet anda. Selain itu anda bisa tahu dengan pasti bagaimana cara memasaknya, sedangkan jika makan di luar anda tidak tahu bagaimana mereka memasaknya.

  1. Teh Atau Kopi

Kafein yang ada di dalam teh maupun kopi dipercaya bisa digunakan untuk penekan nafsu makan. Ketika anda memiliki kesulitan dalam mengendalikan nafsu makan anda bisa mengkonsumsi teh maupun kopi.

  1. Mengendalikan Stress

Untuk menurunkan berat badan anda harus mengelola stress hal itu dikarenakan orang yang tidak bisa mengelola stressnya dengan baik bisa menyebabkan keinginanya untuk mengkonsumsi makanan semakin bertambah. Hal itu dikarenakan hormon kortisol meningkat, hormon itu akan mengirimkan sinyal ke otak dan otak akan meresponnya dengan memberikan rasa lapar.

baca juga: cara menghilangkan stres

  1. Melakukan Hobi

Bagi anda yang sedang menurunkan berat badan tidak ada salahnya jika anda melakukan hobi. Hobi bisa membuat perasaan anda menjadi senang selain itu hobi akan membuat anda lupa dengan rasa lapar. Rasa lapar itulah yang membuat anda ingin makan.

  1. Jangan Menimbang Berat Badan Setiap Hari

Menimbang berat badan anda setiap hari justru akan membuat anda semakin stress. Stress adalah hal yang harus dihindari selama anda melakukan diet. Menimbang badan setiap hari jutru akan membuat anda patah semangat jika berat badan anda tidak berkurang. Anda bisa menimbang berat badan anda selama seminggu sekali jangan setiap hari.

Demikianlah hal-hal yang bisa anda lakukan sebagai cara menguruskan berat badan. Lakukanlah secara konsisten agar anda bisa menurunkan berat badan dengan maksimal. Hindarilah kurang tidur, balas dendam setelah anda melakukan olahraga dan telat makan dikarenakan semua hal itu bisa menghambat penurunan berat badan anda.