5 Cara Cepat Menaikkan Kalium, Sangat Mudah

Kalium berguna bagi tubuh untuk banyak hal, mulai dari mempertahankan keseimbangan cairan, hingga menjaga fungsi otak dan jantung. Meski banyak sekali sumber makanan yang kaya dengan kandungan kalium. Namun, kebanyakan orang hanya menerima setengah dari kebutuhan kalium yang dibutuhkan tubuh. Bahaya kekurangan kalium dapat anda atasi dengan mengetahui cara cepat menaikkan kalium.

Nah! Artikel berikut akan membahas tentang 5 cara cepat menaikkan kalium, sangat mudah untuk anda lakukan. Terlebih bagi anda yang memang sedang membutuhkan asupan kalium tinggi. Kami sarankan untuk melakukan cara-cara berikut.

  1. Tambahkan Produk Olahan Susu ke dalam Diet

Susu merupakan sumber kaliun tertinggi dalam menu makan anda. Bagi anda yang melakukan diet disarankan menambahkan produk olahan susu dalam makanan untuk diet cepat dan sehat dengan kalori rendah. Misalnya, satu gelas yoghurt mengandung kurang lebih 580 mg kalium. Sementara satu gelas susu tanpa lemak mengandung sampai 380 mg kalium.

Disarankan untuk memilih produk olahan susu tanpa lemak karena terlalu berlebihan mengkonsumsi susu berlemak penuh membuat tingkat asupan kalori harian meningkat secara drastis. Hal itu sama halnya mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori tinggi. Bagi anda yang intoleren terhadap laktosa, disarankan untuk memilih sumber kalium dari makanan lain.

  1. Makanlah Buah-buahan berkalium Tinggi

Ada beberapa jenis buah yang memiliki kandungan kalium sangat rendah. Namun, banyak juga buah yang mengandung kalsium tinggi. Disarankan untuk anda memilih buah yang mengandung kalium tinggi. Buah yang kaya kalium antara lain:

  1. Pisang ukuran sedang mengandung 420 mg kalium
  2. ½ buah Pepaya mengandung 390 mg kalium
  3. ¾ Aprikot mengandung 380 mg kalium
  4. Blewah (berat 175 gram) mengandung 370 mg kalium
  5. Jus Jeruk (200 ml) mengandung 360 mg kalium
  6. Kismis (40 gram) mengandung 270 mg kalium
  7. Stroberi (200 gram) mengandung 250 mg kalium

3. Makan Sayuran Tinggi Kalium

Sumber kalium yang tinggi lainnya adalah sayuran. makanan yang mengandung vitamin E dan manfaatnya dapat anda pilih dari jenis sayuran. Berikut beberapa pilihan sayuran yang tinggi kalium di antaranya:

  1. Kentang panggang + kulit mengandung 930 mg kalium
  2. Ubi jalar ukuran besar mengandung 690 mg kalium
  3. Jus wortel (200 ml) mengandung 520 mg kalium
  4. Winter squash (225 gram) mengandung 450 mg kalium
  5. Bayam (125 gram) mengandung 420 mg kalium
  6. Jus tomat (200 ml) mengandung 420 mg kalium
  7. 1 batang seledri mengandung 310 mg kalium
  8. Brokoli (100 gram) mengandung 280 mg kalium
  9. Bitgula (75 gram) mengandung 270 mg kalium

4. Pilih Daging Kaya Kalium

Daging memiliki kadar kalium yang berbeda-beda. Disarankan untuk anda memilih makanan yang mengandung vitamin b12 super tinggi menu makan anda. Dalam satu saji daging dengan berat 85 gram mengandung kalium:

  1. Daging ayang mengandung 380 mg
  2. Daging sapi mengandung 290 mg
  3. Daging domba mengandung 260 mg
  4. Daging kalkun gelap mengandung 250 mg

5. Konsumsi Hidangan Laut Berkalium Tinggi

Makanan lain yang mengandung kalium adalah ikan. Selain mengandung omega-3 yang baik untuk tubuh anda, ikan mengandung banyak kalium. Dalam satu saji ikan dengan berat 85 anda dapat memperoleh 480 mg kalium dari ikan salmon atau tuna kalengan. Sementara dalam varietas ikan lainnya rata-rata adalah 370 mg kalium yang anda dapatkan.

, , ,