19 Makanan untuk Detoksifikasi Tubuh Alami

Proses detoksifikasi atau pengeluaran racun di dalam tubuh merupakan sebuah proses yang sangat penting dilakukan. Apalagi mengingat dewasa ini dimana berbagai polusi sudah sangat merajalela dengan adanya berbagai pabrik dan juga jumlah kendaraan bermotor yang semakin pesat. Dengan melakukan proses detoksifikasi maka racun yang ada di dalam tubuh dan juga radikal bebas dapat dikeluarkan dan pastinya akan membuat tubuh menjadi lebih sehat. pada umumnya proses ini dapat dilakukan secara alami oleh tubuh itu sendiri melalui mekanisme yang sudah ada. Namun hasil dari proses detoksifikasi antar satu orang dengan yang lainnya akan memiliki dampak yang berbeda sesuai dengan kondisi kesehatan mereka masing-masing.

Seseorang yang memiliki daya tahan tubuh lemah dan juga memiliki penyakit di dalamnya akan membuat tubuh menjadi mudah sakit dan pengeluaran racun serta radikal bebas juga tidak dapat optimal. Fungsi dari detoksifikasi ini adalah untuk membuat daya tahan tubuh menjadi lebih kuat dengan tidak mudahnya terjangkit penyakit di dalam tubuh. fungsinya antara lain adalah untuk membersihkan jerawat di wajah, memperlambat proses penuaan dini, membuat tubuh lebih bersemangat lagi dan meningkatkan tingkat fleksibilitas tubuh.

Makanan untuk Detoksifikasi Tubuh

Ada beberapa jenis makanan yang bisa digunakan untuk detoksifikasi tubuh yang bisa ditemukan dengan mudah oleh anda sehingga tubuh anda akan menjadi lebih sehat, selengkapnya simak berikut ini:

  1. Lemon

Selain memiliki rasa yang enak dan segar, rutin mengkonsumsi lemon juga dapat digunakan sebagai detoksifikasi tubuh secara alami. Di dalam lemon mengandung vitamin C yang tinggi yang sangat kuat dalam menangkal segala jenis radikal bebas serta membantu peningkatkan kinerja hati melalui adanya proses pembersihan hati. Oleh karena itu sebaiknya anda rutin mengkonsumsi lemon baik di jus atau diperas airnya hingga menjadi air lemon di waktu pagi hari. Jika anda tidak suka dengan dingin di pagi hari maka bisa membuat lemon hangat saja di pagi hari. Selain itu, lemon juga akan memberikan sensas relaks dan nyaman sehingga tubuh akan menjadi lebih nyaman lagi.

  1. Bawang Putih

Mungkin anda bertanya-tanya bagaimana rasanya memakan bawang putih secara mentah langsung dan tidak dimasak. Memang benar rasanya akan sangat aneh dan dapat membuat bau mulut menyengat. Meskipun demikian, di dalam bawang putih ini terkandung zat yang mampu memproduksi enzim yang mampu membantu pengeluaran racun dalam tubuh lebih cepat. Jadi tidak apa-apa jika anda menyertakan bawang putih ini sebagai salah satu makanan detoksifikasi baik dimakan secara langsung atau mencampurkannya di dalam makanan sebagai bumbu masakan yang lebih banyak daripada biasanya.

  1. Kecambah Brokoli

Salah satu jenis sayuran yang sedang naik daun ini memiliki kasiat yang ampuh pula sebagai bahan detoksifikasi tubuh. di dalam kecambah brokoli terdapat kandungan antioksidan yang tinggi sehingga mampu menangkal radikal bebas serta mengeluarkan racun di dalam tubuh. zat ini juga sangat baik untuk kesehatan pencernaan anda.

  1. Teh Hijau

Teh memang sangat baik jika digunakan sebagai salah satu cara untuk mengeluarkan racun di dalam tubuh terutama teh hijau. Dengan mengkonsumsi teh hijau secara rutin pada saat pagi dan sore hari ini akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan tidak mudah terserang berbagai jenis penyakit. Hal ini disebabkan karena di dalam teh hijau terdapat kandungan flavonoid dan juga cathecin yang akan meningkatkan kinerja fungsi hati dan meningkatkan proses detoksifikasi alami oleh tubuh.

  1. Minyak Omaega 3

Tubuh memerlukan minyak atau lemak sebagai sumber energi namun sebaiknya anda lebih selektif lagi jika akan mengkonsumsi bahaya makanan yang digoreng terutam cek kembali minyak yang digunakan, apakah masih bagus ataukan sudah tidak bagus lagi. Untuk mengatasinya anda bisa menggantinya dengan minyak omega 3 saja karena mampu menghisap berbagai racun dan radikal bebas dari jaringan tubuh dan kemudian membuangnya keluar melalui keringat, feses dan juga air seni.

  1. Apel

Banyak orang yang suka dengan buah yang satu ini. di dalam buah apel terdapat kandungan buah pectin yang sangat baik untuk membersihkan zat metal di dalam tubuh. apel juga memiliki khasiat lainnya seperti merawat kesehatan kulit, sariawan usus, mengobati peradangan dalam usus dan juga adanya gejala sirosis hati.

  1. Bit

Organ di dalam tubuh yang dapat melakukan kerjanya secara alami untuk mendetoksifikasi tubuh adalah organ hati. Oleh karena itu jika ingin mengoptimalkan proses detoksifikasi tubuh harus diawali dengan mengkonsumsi makanan yang sangat baik bagi hati salah satunya adalah buah bit. Jika anda ingin memakannya sebaiknya untuk memakannya dalam keadaan segar dan mentah saja karena kandungan gizi dan nutrisinya lebih terjaga.

  1. Seledri

Seledri yang sering anda temukan di dalam berbagai jenis sayuran ini memiliki kasiat yang sangat baik bagi tubuh. misalnya adalah untuk membersihkan darah, membersihkan kandungan ciri ciri asam urat yang ada di dalam persendian dan juga menstimulasi kinerja kelenjar tiroid yang letaknya ada di bawah otak. Untuk membuatnya anda bisa membuat jus seledri atau makanan dengan seledri yang cukup banyak sehingga kebutuhannya cukup di dalam tubuh.

  1. Bawang Merah

Bawang merah bukan hanya bisa dijadikan sebagai bumbu masak saja ya namun bawang merah juga menjadi salah satu hal terbaik yang bisa dilakukan untuk melakukan detoksifikasi secara alami. Bawang merah ini jika dipotong dalam keadaan mentah akan mengeluarkan zat yang bisa mengeluarkan air mata dimana air mata ini akan mengeluarkan berbagai jenis toksin dan racun di dalam tubuh. selain itu bawang merah juga bisa merawat kulit dan juga membersihkan usus sehingga pencernaan akan menjadi lebih lancar lagi.

  1. Kubis

Jenis makanan berikutnya yang mampu digunakan menjadi detoksifikasi tubuh secara alami adalah kubis. Sayuran yang satu ini tentu saja sudah menjadi tidak asing bukan bagi anda? Kubis atau yang sering juga disebut sebagai kol memiliki kandungan lacta acid yang mampu membersihkan usus dan pencernaan sehingga lebih sehat lagi. Selain itu kubis juga mampu meredakan jika terjadi peradangan serta memiliki zat sulfophane atau zat kimia yang mampu melawan berbagai jenis racun di dalam tubuh.

  1. Jahe

Salah satu jenis rempah yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi banyak orang karena sering digunakan sebagai bumbu terutama untuk membuat makanan dan minuman yang fungsinya untuk menghangatkan tubuh. jahe ini ternyata juga mengandung zat yang mampu meluruhkan racun dan radikal bebas di dalam tubuh. anda bisa menggunakannya denga dicampurkan dengan teh supaya khasiatnya menjadi dua kali lipat atau sup jahe yang mampu menghangatkan badan dan juga untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks.

  1. Nanas

Buah nanas memiliki warna daging buah yang kuning cerah dan menggugah selera apalagi rasanya yang segar dan sangat enak bila dibuat menjadi beberapa aneka hidangan baik itu minuman maupun makanan. Buah nanas termasuk ke dalam  makanan yang mengandung vitamin C paling tinggi  serta enzim bromealin yang sangat berfungsi sebagai penetralisir racun dan kotoran yang ada di dalam usus. Dengan mengkonsumsi buah nanas secara teratur anda akan mendapatkan tubuh yang sehat dan tidak mudah sakit serta mendapatkan organ pencernaan yang makin sehat.

  1. Buah Pir

Makanan lain yang dapat digunakan sebagai detoksifikasi tubuh adalah buah pir. Buah pri menagndung mineral dan gluthatione yang sangat baik untuk kesehatan organ hati dan menghilangkan racun dari hati. Dengan rutin mengkonsumsi buah pir akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan tidak mudah sakit. Selain itu buah pir juga mengandung air tinggi sehingga cocok digunakan sebagai pelepas dahaga jika dibuat menjadi jus. Paparan radikal bebas yang dimiliki oleh tubuh bisa membuat tubuh menjadi tidak sehat ya.

  1. Sayuran Hijau

Organ hati sangat rawan terkena berbagai paparan racun dan radikal bebas dan salah satu yang bisa dilakukan untuk mencegahnya adalah dengan mengkonsumsi sayuran hijau. Ada berbagai jenis sayuran hijau yang sangat ampuh dalam proses detoksifikasi yang bisa anda gunakan dengan baik.

  1. Arthechoke

Arthechoke merupakan salah satu jenis sayuran yang memang tidak terkenal di Indonesia namun sekarang ini keberadaannya sudah mulai dikenal oleh masyarakat luas karena fungsinya yang ampuh sebagai salah satu makanan untuk detoksifikasi tubuh. athechoke terutama sangat ampuh dalam menghilangkan lemak jahat dan juga bahaya alkohol dalam tubuh. di dalamnya mengandung kandungan antioksidan dan juga serat yang sangat tinggi. sayuran ini juga mampu menstimulasi organ hati sebagai organ utama detoksifikasi tubuh menjadi lebih optimal lagi.


  1. Gandum Utuh

Untuk meningkatkan proses detoksifikasi tubuh sekaligus untuk meningkatkan sistem metabolisme tubuh anda bisa mengkonsumsi gandum utuh secara rutin ya. Salah satu yang bisa anda konsumsi adalah beras merah yang lebih familiar bagi orang Indonesia dibandingkan dengan gandum utuh. Beras merah memiliki kandungan serat yang tinggi, vitamin B, fosfor, magnesium dan juga mangan yang sangat baik untuk kesehatan usus. Selain itu zat selenium yang ada di dalamnya beras merah juga sangat baik untuk kesehatan organ hati serta memperbaiki kondisi kulit tubuh.

  1. Watercress

Seperti sayuran hijau lainnya, watercress juga merupakan makanan yang mampu meningkatkan detoksifikasi tubuh dengan baik. Di dalam daun watercress terdapat berbagai kandungan yang sangat baik seperti serat. Vitamin B, potassium, zinc, vitamin E dan juga vitamin C. selain itu di dalamnya juga terdapat kandungan dierutik alami yang dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh secara alami. Lagi-lagi bahwa daun ini juga tidak cukup populer di Indonesia namun anda bisa mencarinya di swalayan karena saat ini juga telah banyak beredar di pasaran sebagai salah satu jenis sayuran sehat.

  1. Air Putih

Mengkonsumsi air putih secukupnya sangatlah penting bagi tubuh karena bisa dibilang bahwa air putih merupakan obat alami bagi semua penyakit yang ada di dalam tubuh. air putih akan efektif membersihkan tubuh dengan cepat dan optimal dan jika anda haus segeralah minum sebelum anda juga mengalami dehidrasi yang dapat menimbulkan berbagai jenis penyakit di dalam tubuh.

  1. Yogurt

Makanan enak ini ternyata juga bisa membantu proses detoksifikasi dalam tubuh lho. Hal ini disebabkan oleh di dalam yogurt terdapat serat yang sangat tinggi sehingga mampu melancarkan pencernaan. Jika pencernaan lancar maka berbagai kotoran dan racun di dalam perut juga dapat langsung keluar dari dalam tubuh. anda tentu saja bisa mengkonsumsinya dengan mengkombinasikan dengan berbagai jenis makanan lainnya supaya anda lebih tertarik untuk memakannya.

Demikian informasi mengenai makanan yang dapat digunakan sebagai detoksifikasi tubuh. anda bisa menggunakannya dengan mengkombinasikan berbagai makanan tersebut menjadi hidangan yang enak dan juga menggugah selera. Jangan lupa untuk selalu minum air putih yang cukup supaya radikal bebas dan juga racun dapat keluar dari dalam tubuh lebih cepat daripada biasanya. Sampai jumpa pada artikel lainnya, terima kasih.

sejumlah manfaat makanan lainnya:

, , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Makanan Sehat