18 Makanan Penambah Daya Ingat

6697

Sistem kerja daya ingat kita tergantung pada kesehatan otak dan susunan sel syaraf dalam tubuh. Otak merupakan mesin pengingat alami yang sangat ajaib. Kita bisa mengingat berbagai hal dan kegiatan meskipun jarak dan waktu yang terlalu jauh. Otak menyimpan semua memori dalam tempat khusus, karena itu kita bisa mengingat perkataan, teks atau sekedar gambar. Kerja otak banyak dipengaruhi oleh hormon, kadar oksigen dalam tubuh,aliran darah, aktivitas, pola istirahat dan emosi.

Bahkan ketika kita sedang tidur maka, otak bekerja untuk menyimpan semua memori yang diperlukan.  Otak akan menyimpan data yang jumlahnya sangat besar. Namun otak membutuhkan nutrisi seperti bagian tubuh lain. Kebutuhan nutrisi manusia ini berupa zat-zat tertentu yang didapatkan dari makanan. Berikut ini beberapa jenis makanan yang bisa menambah kekuatan daya ingat :

1. Alpukat

Alpukat bisa menjadi makanan yang sangat baik untuk menambah daya kerja otak. Alpukat merupakan makanan yang mengandung vitamin C dan juga vitamin E yang sangat tinggi. Vitamin C berfungsi untuk menjaga sistem kerja vitamin E, dimana vitamin ini bisa mengurangi kolesterol dalam tubuh. Kolesterol bisa menyebabkan kerusakan daya ingat karena menghambat aliran darah yang cukup untuk sel-sel otak. Alpukat juga mengandung sumber antioksidan seperti violaxanthin dan epicatechin yang bisa menangkal radikal  bebas yang mencegah kerusakan sel pada otak.

2. Stroberi

Penuaan dalam otak yang menyebabkan penurunan daya ingat memang sering terjadi dan ini sangat wajar. Namun ketika Anda sering makan buah stroberi maka kemungkinan daya kerja ingatan Anda tetap akan normal. Buah yang mengandung vitamin C dan berbagai senyawa fitokimia yang bisa membuat sistem kerja otak stabil. Bahkan vitamin ini bisa membuat sel-sel otak yang mengalami kerusakan bisa diatasi secara alami. Selain itu, kandungan bahan kalium dalam buah ini bisa menjaga sistem detak jantung yang menyebabkan otak mendapatkan jumlah oksigen yang cukup. Jadi stroberi akan membantu mengingat dan merekam semua kejadian dalam otak.

3. Blueberi

Blueberi adalah buah kecil yang bisa memberikan manfaat yang sangat besar terutama untuk otak. Buah ini diperkaya dengan bahan antioksidan yang sangat alami seperti vitamin E dan vitamin C. Bahkan dalam setiap 100 gram mengandung  vitamin C dan E yang jumlahnya lima kali lipat dari jenis buah lain. Fungsi kedua vitamin ini akan melindungi tubuh dari radikal bebas termasuk untuk bagian otak. Kemampuan bahan makanan yang mengandung antioksidan juga bisa memberikan kekuatan untuk sel syaraf dan otak, agar terus bekerja secara seimbang. Selain itu blueberi juga tidak akan menambah berat badan, jadi Anda tidak perlu khawatir saat makan blueberi.

4. Tomat

Tomat merupakan buah manis, berair dan sangat menyegarkan. buah banyak mengandung senyawa antoksidan yang disebut dengan likopen. Likopen adalah bahan antioksidan yang mampu menyerang radikal bebas termasuk untuk bagian otak. Tomat akan membantu melawan berbagai jenis kanker dan membuat sistem kekebalan tubuh tetap seimbang. Selain itu bahan likopen juga mencegah penumpukan kolesterol di dalam tubuh. Efeknya maka tomat akan membantu pembuluh darah sehat dan menjaga sistem tekanan darah tetap sehat. Jadi tomat adalah makanan sehat untuk otak dan daya ingat.

5. Ikan Salmon

Ikan salmon mengandung asam lemak omega 3 yang sangat tinggi. Fungsi asam lemak omega 3 yang mendukung sistem ingatan dan memori mendapatkan dukungan dari mineral selenium dan juga vitamin D. Ikan salmon akan membantu menurunkan berat badan dan mencegah tekanan darah tinggi. Asam lemak omega 3 juga akan membantu menjaga keseimbangan kolesterol baik di dalam tubuh sehingga membuat pembuluh darah tetap sehat. Asam lemak omega 3 juga bisa mendukung fungsi otak, meningkatkan memori dan mencegah kerusakan sel syaraf dalam otak. Jadi anak-anak hingga usia lanjut sangat disarankan untuk rajin makan ikan salmon.

6. Ikan Sarden

Ikan sarden bisa menjadi pilihan menu utama lain jika Anda tidak menemukan ikan salmon. Ikan ini biasanya banyak diolah menjadi produk makanan kaleng. Proses yang higienis dan aman ditujukan untuk mempertahankan nutrisi dalam ikan sarden. Ikan ini kecil atau sedang dan memiliki rasa yang sangat lezat. Ikan sarden juga bisa memberikan pengaruh untuk sistem daya ingat karena mengandung selenium. Selenium akan berfungsi untuk memerangi radikal bebas yang masuk ke semua bagian tubuh.

Selenium akan membantu agar sel-sel otak benar-benar berfungsi dengan baik. Selain itu, ikan sarden bisa menjadi cadangan protein dalam tubuh. Makanan yang mengandung protein sangat penting untuk otak karena bekerjasama dengan asam amino untuk menjalankan fungsi tubuh termasuk ingatan.

7. Brokoli

Brokoli memang sayuran yang sangat baik untuk menunjang sistem daya ingat. Brokoli mengandung mineral yang dibutuhkan oleh otak seperti kromium dan asam lemak omega 3. Dua jenis nutrisi ini akan membantu mengendalikan tekanan darah sehingga, tubuh tidak terancam dengan penyakit tekanan darah tinggi. Selain itu brokoli juga mengandung zat besi dan protein yang bisa membantu kerja otak.

Makanan yang mengandung zat besi mendorong pembentukan sel darah merah sehingga aliran darah dari jantung ke semua organ berjalan dengan baik. Kemudian zat besi akan menjaga otak mendapatkan pasokan darah dan oksigen yang cukup sehingga daya ingat bekerja dengan baik.

8. Bayam

Bayam diperkaya dengan berbagi jenis nutrisi yang mendukung sistem kerja otak. Bayam mengandung kalium dan folat yang bisa menjadi sumber antioksidan. Bayam akan mendukung sistem kerja syaraf yang memang penting untuk membuat daya ingat terus bekerja dengan baik. Fungsi asam folat dan kalium bisa membantu agar otak bekerja dengan baik karena mendapatkan asupan darah dan oksigen yang cukup.

Bahkan bahan ini juga bisa membantu tingkat konsentrasi dan meningkatkan aktivitas sel-sel syaraf dalam otak. Bayam juga bisa membantu menjaga tekanan darah agar selalu stabil. Hal ini bisa mencegah penyakit tekanan darah tinggi serta menjaga pembuluh darah tetap sehat.

9. Kale

Kale juga mengandung vitamin E dan folat yang sangat tinggi. Makanan yang mengandung vitamin E dan folat akan menjaga agar sistem kerja sel-sel syaraf dalam otak bisa bekerja dengan baik. Bahkan folat akan membantu menjaga daya ingat dengan cara menurunkan kadar homosistein dalam darah. Ketika memiliki kadar homosistein dalam darah yang tinggi maka bisa menyebabkan sel-sel syaraf dalam otak mengalami kematian. Ingatan  juga semakin memburuk. Makan kale lebih rutin akan membantu menjaga agar sel syaraf otak bisa bekerja dengan baik dan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

10. Kubis Ungu

Kubis ungu atau merah merupakan sayuran lezat yang bisa menambah daya ingat. Sayuran ini mengandung beberapa sumber nutrisi yang penting untuk otak seperti vitamin C dan kadar antosianin yang sangat tinggi. Makanan yang mengandung vitamin C akan membantu merangsang produksi sel darah putih sehingga mampu menjaga sistem kekebalan tubuh. Kemudian ketika Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik maka sistem peredaran darah, syaraf dan semua bagian yang terhubung ke dalam otak juga  bekerja dengan baik.

Zat antosianin yang terdapat pada kubis merah sangat baik untuk melindungi sistem ingatan dan daya kerja otak. Zat ini bisa membuat penumpukan plak pada pembuluh darah yang berada di otak dan menyebabkan gangguan memori bisa dicegah. Sehingga kubis merah sangat baik untuk mendukung fungsi otak dan daya ingat.

11. Sawi Hijau

Sawi hijau mengandung folat, zat besi dan vitamin E yang sangat tinggi. Nutrisi ini bisa menjaga kesehatan otak dan meningkatkan daya ingat dengan cara yang sangat alami. Vitamin E bisa melindungi kerusakan sel termasuk untuk sel yang bekerja pada otak. Sementara zat besi akan mendorong tubuh untuk mendapatkan produksi sel darah merah yang sesuai dengan kebutuhan. Zat besi dan vitamin E juga mampu melawan pembentukan plak akibat radikal bebas dalam otak. Jadi Anda bisa makan sawi hijau untuk mencegah penurunan memori dan membuat ingatan bekerja lebih baik.

12. Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari adalah jenis makanan yang benar-benar bisa membuat otak bekerja lebih tenang dan mengurangi tekanan pada otak. Dengan cara ini maka otak mampu menangkap daya ingat yang lebih besar. Keseimbangan emosi akan membantu agar otak bisa bekerja secara maksimal. Biji bunga matahari akan membantu tubuh melawan efek penuaan pada otak karena mengandung triptopan. Triptopan akan mendorong agar stimulasi otak bekerja maksimal karena kadar serotonin yang lebih tinggi.

Serotonin akan membantu mencegah tekanan yang berlebihan sehingga merasa lebih tenang. Selain itu, biji bunga matahari juga mengandung betain yang mampu mencegah penyakit tekanan darah tinggi dan menjaga jantung.

13. Kacang Tanah

Kacang tanah mengandung antioksidan yang memang mampu menjaga otak dari kerusakan. Kacang tanah bisa menjaga daya ingat dengan cara yang sangat alami. Kandungan beberapa jenis nutrisi seperti asam pantotenat, folat, piridoksin, thiamin, riboflavin, dan niasin yang bisa mengendalikan daya ingat. Bahkan kandungan resveratrol dalam kacang tanah mampu memberikan perlindungan untuk otak agar tidak mengalami kerusakan.

Selain itu, kacang tanah juga mengandung banyak protein yang bisa mencukupi kebutuhan nutrisi dan mengurangi kerusakan sel syaraf dalam otak. Jadi kacang tanah bisa menjadi asupan yang sangat bermanfaat.

14. Almond

Almond termasuk nutrisi yang sangat baik untuk otak terutama untuk meningkatkan daya ingat. Nutrisi yang ditemukan dalam almond seperti L carnitine dan riboflavin sangat penting untuk meningkatkan kerja otak. Nutrisi ini mampu memberikan rangsangan yang sangat baik untuk menjaga agar sel syaraf dalam otak bekerja dengan baik. Almond juga akan membantu semua saluran darah dalam otak bisa bekerja dengan baik karena tidak terhalang oleh plak kolesterol. Almond juga bisa membantu tubuh dalam menurunkan kolesterol LDL buruk sehingga bisa mencegah kerusakan otak karena beberapa penyakit seperti stroke dan tekanan darah tinggi. Almond adalah makanan super untuk semua orang.

15. Biji Chia

Mencampurkan biji chia untuk berbagai menu makanan sangat baik untuk menjaga dan meningkatkan daya kerja otak. Biji chia memang makanan yang sangat super untuk meningkatkan kerja otak. Hal ini disebabkan karena biji chia, mengandung asam lemak omega 3 yang bisa membuat sistem kerja tubuh lebih baik. Bahkan asam lemak omega 3 juga akan membantu meningkatkan kerja otak dengan mengendalikan tekanan dan mencegah pembentukan plak pada sel syaraf di otak. Biji chia juga akan membantu tubuh dalam mengendalikan infeksi dan mencegah kerusakan fungsi tubuh akibat penyakit yang bisa menyerang otak seperti tekanan bahaya darah tinggi.

16. Quinoa

Quinoa adalah jenis makanan yang  sering dikonsumsi untuk menggantikan nasi. Makanan ini sangat baik untuk menjaga fungsi tubuh secara keseluruhan termasuk otak, jantung , empedu, ginjal, hati dan organ pernafasan. Quinoa mengandung bahan-bahan antioksidan yang sangat baik seperti antosianin, fenolat dan polifenol. Ini adalah bahan yang bisa membantu melindungi otak dari kerusakan sehingga bisa bekerja lebih baik. Anda bisa mulai makan quinoa untuk menjaga agar daya ingat bekerja dengan baik.

17. Minyak Kelapa

Minyak kepala merupakan salah satu jenis minyak yang sering dikonsumsi untuk menjaga kesehatan. Minyak ini mengandung beberapa senyawa nutrisi yang sangat penting untuk otak seperti polifenol. Minyak kelapa dipercaya bisa meningkatkan fungsi otak sehingga, menambah daya ingat. Kandungan nutrisi lain seperti vitamin E yang bisa menangkal radikal bebas juga dipercaya bisa membuat otak bekerja dengan baik. Banyak orang yang mengkonsumsi minyak kelapa untuk menghindari penuaan otak yang menyebabkan terganggunya fungsi ingatan.

18. Ginko Biloba

Ginko biloba sudah dipercaya sejak lama sebagai bahan suplemen untuk meningkatkan daya ingat. Bahkan anak-anak sudah diberikan ginko biloba untuk mendukung fungsi ingatan. Ginko biloba mengandung senyawa antioksidan seperti flavonoid dan terpenoid yang bisa menjaga agar fungsi syaraf terus berkembang dan mencegah pembentukan plak pada sel syaraf di otak.

Untuk mendapatkan semua manfaat dari makanan yang bisa menambah daya ingat maka Anda juga harus menjaga pola makan yang baik. Hindari terlalu sering mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak. Selain itu, hindari bahaya alkohol dan bahaya merokok yang bisa menyebabkan kerusakan otak akibat penyakit kronis lain. Lindungi sel-sel dalam tubuh Anda termasuk dalam otak dengan cara olahraga teratur dan mengkonsumsi makanan yang bisa menambah daya ingat.