Home MinumanMinuman Berbahaya 4 Minuman Penyebab Pengerasan Otak

4 Minuman Penyebab Pengerasan Otak

by Ana Rohma

Otak merupakan salah satu bagian tubuh yang berperan utama dalam kehidupan kita. Jika terjadi masalah pada otak maka bisa menyebabkan salah satu bagian tubuh mungkin tidak bisa berfungsi dengan baik. Otak berisi ribuan syaraf-syaraf kecil yang terhubung langsung dengan sistem kerja tubuh. Selain itu, otak juga terisi dari beberapa ruang dengan fungsi yang berbeda. Ada beberapa hal yang harus dipertahankan agar otak bisa tetap berfungsi dengan baik.

Mengenal Otak Manusia

Otak memiliki bentuk fisik seperti kumpulan agar-agar yang terlindungi dalam kerangka atau tempurung otak. Semua bagian memiliki fungsi yang berbeda dan gangguan terhadap salah satu bagian akan mempengaruhi fungsi yang lain. Otak bekerja untuk menyimpan memori, memecahkan sebuah permasalahan, berpikir dan memiliki efek khusus terhadap perasaan ketika menghadapi sebuah sensasi baik berupa kesedihan maupun bahagia. Otak juga akan mempengaruhi dalam gerakan tubuh dan fungsi organ tubuh lainnya. Bagian utama otak yaitu :

  • Cerebrum adalah bagian terbesar dari otak yang berfungsi untuk mendukung ingatan, mencari solusi, pemikiran, pergerakan anggota tubuh dan mengendalikan perasaan.
  • Otak kecil, yang terletak di bagian belakang kepala berfungsi untuk menentukan koordinasi dan keseimbangan anggota tubuh.
  • Batang otak yang terletak di bagian bawah otak dan didepan otak kecil. Berfungsi untuk menghubungkan bagian otak dengan sum-sum tulang belakang, mengendalikan pernafasan, detak jantung, tekanan darah dan pencernaan.

Apa itu Pengerasan Otak?

Pengerasan otak merupakan sebuah kondisi tertentu yang terjadi pada otak, namun bukan dalam artian otak mengalami pengerasan yang sesungguhnya. Dalam dunia medis pengerasan otak identik dengan sebuah masalah yang terjadi pada bagian otak dan menyebabkan otak tidak bisa berfungsi seperti sebelumnya. Otak mengalami penurunan fungsi yang bisa berakibat pada munculnya gangguan memori, fungsi otak, gerakan tubuh dan juga merubah kondisi fisik dan mental pada penderita. Pengerasan otak biasanya terjadi pada bagian lobus frontal. Kondisi pengerasan otak hingga saat ini memang belum memiliki obat khusus. Perawatan hanya bisa dilakukan untuk mengatasi gejala dan kondisi yang lebih parah tapi tidak bisa menyembuhkan.

Penyebab pengerasan otak memang tidak bisa dideteksi sejak awal. Namun ada beberapa gaya hidup tidak sehat yang bisa merusak fungsi otak yang sebenarnya, seperti jenis minuman yang kita konsumsi. Beberapa jenis minuman bisa menyebabkan kelemahan otak dan akibat panjangnya adalah pengerasan pada otak. Akibatnya maka seseorang mengalami gangguan otak.

Berikut ini beberapa jenis minuman yang tergolong bisa merusak fungsi otak dan menyebabkan pengerasan otak :

1. Alkohol

Bahaya alkohol bisa menyebabkan gangguan memori pada otak yang bisa menjadi awal mula pengerasan pada otak. Hal ini ditandai dengan beberapa gejala seperti sulit untuk bicara, memori ingatan yang buruk, tidak bisa melihat objek dengan jelas dan sulit untuk berjalan. Dampak ini bisa muncul dalam waktu cepat atau lambat. Beberapa bahaya minuman keras ini dalam melemahkan otak antara lain dipengaruhi oleh, :

  • jumlah konsumsi alkohol yang paling sering terjadi
  • kapan mulai mengkonsumsi alkohol
  • masalah kesehatan yang muncul selama memiliki kebiasaan minum alkohol
  • bagaimana kesehatan mental penderita

2. Aspartam

Aspartam adalah sebuah nama industri untuk semua jenis zat pemanis yang biasanya banyak dipakai untuk bahan minuman. Semua jenis minuman berkarbon mengandung aspartam untuk menambahkan rasa dan sensasi pada minuman. Aspartam terbuat dari tiga bahan utama yaitu fenilalanin, metanol dan asam aspartat. Semua bahan ini ternyata memang tidak aman untuk makanan dan minuman karena bisa menjadi racun kimia yang akan merusak otak. Sejak ditemukan aspartam maka sudah ada kasus keracunan makanan dan kerusakan otak yang dilaporkan ke lembaga keamanan bahan makanan dunia.

Salah satu efek bahaya aspartam yang paling sering muncul pada keracunan aspartam adalah kejang dan kejang otak. Bahaya lain dari aspartam untuk otak adalah kejang otak, kejang otot, kerusakan jantung, gangguan pendengaran, tumor otak dan Alzheimer.

3. Minuman Pendorong Energi

Semua jenis minuman yang termasuk dalam minuman berenergi memang sering dikonsumsi untuk meningkatkan stamina. Namun konsumsi dalam jumlah yang berlebihan bisa menimbulkan masalah baru. Kandungan bahaya kafein yang terlalu tinggi dalam minuman berenergi bisa meningkatkan masalah yang serius pada otak. Sensasi dan tekanan semangat pada otak hanya berlangsung dalam waktu tertentu saja.

Tapi setelah itu ada beberapa efek bahaya minuman energi lainnya seperti gangguan memori, gelisah, tekanan pikiran dan perasaan, detak jantung yang meningkat dan dalam kondisi parah bisa menyebabkan kejang.

4. Minuman dengan Pemanis Buatan

Semua jenis minuman yang mengandung pemanis buatan mengandung zat aditif pada makanan yang bisa menimbulkan kerusakan pada otak. Hal ini terjadi ketika semua bahan menumpuk dalam bagian otak kiri yang kemudian akan menyebabkan kerusakan pada tingkat tertentu. Hal ini bisa terjadi karena gula pemanis berpotensi bisa merusak lapisan protein dalam otak. Otak yang normal akan mengalami gangguan fungsi dan kemudian menyebabkan beberapa penyakit bisa muncul. Protein yang mengalami kerusakan akan berubah menjadi masalah seperti pengerasan otak dan gangguan memori parah pada otak. (Baca juga : bahaya makanan ringan snack)

Tips Melatih Otak Setelah Diagnosa Pengerasan Otak

Bagi penderita pengerasan otak maka mereka memang tidak bisa menjalani kehidupan seperti semua. Hal ini disebabkan karena semua fungsi organ tubuh mengalami gangguan akibat sistem kerja otak yang mengalami masalah. Berikut ini adalah beberapa tips untuk melatih otak dalam kondisi tersebut :

  • Keluarga harus terbiasa melakukan interaksi dan komunikasi dengan berbagai cara seperti berbicara normal, mengajak berjalan-jalan dan membiasakan kembali ke lingkungan awal.
  • Membuat sebuah metode ingatan untuk melatih otak agar tidak mengalami gangguan ingatan yang parah. Anda bisa memasang beberapa gambar tentang angka, huruf dan berbagai poster yang berisi gambar dalam lingkungan. Cara ini persis seperti mengajarkan anak-anak kecil untuk belajar tentang lingkungan ketika akan masuk ke sekolah.
  • Mengajak penderita untuk berolahraga ringan untuk membantu otak mereka mendapatkan sistem yang normal lagi. Bahkan dari cara ini penderita bisa mendapatkan fungsi organ seperti semula meskipun dalam waktu yang lama. (Baca juga : manfaat olahraga bagi kesehatan)
  • Memulihkan perasaan penderita dengan memperlakukan penderita seperti semula dan tidak membuat diskriminasi sehingga penderita merasa mendapatkan kehidupan yang normal.

Memang tidak mudah untuk mengembalikan kondisi penderita pengerasan otak dan membutuhkan kerja keras. Gangguan ini memang akan menyebabkan kerusakan otak dalam jangka waktu tertentu. Karena itu lebih baik untuk menghindari semua jenis minuman yang bisa menyebabkan masalah kesehatan otak.

You may also like