7 Makanan Kecuali Bubur Ayam untuk Penderita Diabetes, Anda Wajib Tahu

Penyakit diabetes merupakan penyakit gangguan metabolisme glukosa yang disebabkan gangguan produksi insulin maupun retensi insulin. Akibatnya, kadar gula darah meningkat drastis. Kadar gula darah yang meningkat harus segera distabilkan agar tidak memicu penyakit lain yang dikhawatirkan akan terjadi komplikasi diabetes. Cara yang paling praktis untuk menurunkan kadar gula tersebut adalah dengan menjaga pola makan yang dikonsumsi.

Pada umunya, penderita diabetes disarankan untuk tidak mengkonsumsi nasi dan sumber karbohidrat lainnya. Bahaya sering makan nasi semakin memicu terjadinya lonjakan gula darah. Lalu banyak berita mengabarkan bahwa anda disarankan untuk memlih alternative lainnya seperti bubur atau lontong. Perlu anda ketahui bahwa semakin mudah makanan suatu makanan untuk dicerna maka hal itu akan semakin memicu terjadinya lonjakan gula darah.

Hal itu dikarenakan glukosa yang dihasilkan dari makanan tersebut cenderung masuk ke dalam darah. Inilah yang terjadi jika anda menjadikan bubur ayam untuk penderita diabetes dan lontong. Maka, anggapan masyarakat tentang bubur ayam baik untuk penderita diabetes ini perlu dibenarkan. Karena jika anda sering mengkonsumsi bubur ayam, maka gejala awal diabetes itu akan semakin parah.

Nah! 7 makanan kecuali bubur ayam untuk penderita diabetes, wajib anda tahu.

  1. Air Mineral

Air mineral adalah sumber kehidupan. Air mineral memiliki besar dalam membantu memperlancar metabolisme dalam tubuh anda. Air mineral juga akan menetralkan racun-racun dan lemak jenuh dalam tubuh anda. Anda disarankan menghilangkan haus dengan air mineral bukan air manis atau minuman bersoda.

  1. Roti Gandum

Banyak yang salah kaprah makanan yang baik untuk penderita diabetes adalah bubur ayam. Padahal makanan berikut mengandung karbohidrat yang malah dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh anda. Sebagai gantinya, kami sarankan anda untuk menggantinya dengan roti gandum. Roti gandum kaya akan serat dan nutrisi lain seperti asam lemak omega-3, chroum, folat dan magnesium. Gandung terbukti efektif dapat mengurangi resiko penyakit diabetes dan tanda sakit jantung.

  1. Ikan

Penderita diabetes sangat disarankan untuk makan ikan. Jika lemak pada daging sebaiknya dihindari, hal itu tidak berlaku untuk lemak ikan. Ikan berlemak seperti patin, tuna, salmon, mackerel, dan ikan hering mengandung lemak omega-3 yang berguna melancarkan pembuluh arteri dalam menghajar lemak jahat dan plak yang menempel. Omega-3 juga mampu mengurangi kadar trigliserida dalam darah. Jadi, ikan baik untuk penderita diabetes. Dan kami sarankan untuk tidak menggoreng ikan, melainkan dimasak dengan dikukus, atau sup.

  1. Buncis

Selain kandungan karbohidratnya yang rendah, ternyata buncis juga kaya akan nutrisi. Kandungan tersebut bermanfaat untuk memperlancar pencernaan sekaligus menjaga gula darah tetap rendah.

  1. Kacang-kacangan

Kacang mengandung omega-3, vitamin E, dan magnesium yang baik untuk penderita diabetes. Kandungan tersebut mampu mengontrol kadar gula dalam darah. Jadi bagi anda penderita diabetes ingin mengisi waktu luang dengan ngemil, maka kami sarankan memilih kacang-kacangan untuk menemani waktu ngemil anda.

  1. Cabai

Selain berfungsi sebagai anti kanker, ternyata cabai juga bermanfaat dalam membakar lemak, kalori, serta meningkatkan metabolisme tubuh. Jadi bagi penderita diabetes yang suka makan pedas tidak usah khawatir dengan cabai. Karena cabai termasuk makanan untuk penderita diabetes wajib dikonsumsi. Namun demikian, khasiat cabai akan sia-sia apabila anda menyantapnya bersama gorengan atau disajikan dalam makanan berlemak seperti masakan padang. Cobalah cabai dalam campuran pepes, sup, atau sambal.

  1. Susu Bebas Lemak dan Yogurt

Susu bebas lemak dan yogurt mengandung kalsium dan vitamin D yang membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan ketahanan insulin. Kandungan ini bagus untuk anda penderita diabetes.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan Sehat