14 Tanda Sakit Jantung Paling Umum

Sakit jantung merupakan salah satu penyakit paling mengancam jiwa di mana banyak penderitanya yang dapat meninggal akibat serangan jantung. Tanda-tanda penyakit jantung cukup banyak dan beragam di mana semuanya itu berpotensi disebabkan oleh kurang olahraga, pola hidup yang tak seimbang dan tak sehat, diet yang tak tepat serta terlalu stres.

Faktor usia dan genetik adalah hal lainnya yang kemungkinan dapat meningkatkan risiko seseorang menderita salah satu dari jenis-jenis penyakit jantung. Untuk bisa mengatasinya sedari dini, tentu sangatlah penting dalam mengenali setiap tanda-tanda sakit jantung lebih dulu. Berikut dapat Anda intip kondisi apa saja yang termasuk di dalam ciri dan tanda sakit jantung secara umum.

(Baca juga: perbedaan sakit jantung dan gerd)

1. Dada Terasa Nyeri

Bicara tentang tanda sakit jantung paling umum dan utama, tentu nyeri pada dada adalah salah satunya. Hanya saja memang tak semua rasa nyeri dada akan berujung pada penyakit jantung karena ada potensi penyakit lainnya juga. Namun tak ada salahnya bagi Anda untuk mewaspadai dada yang nyeri sebagai tanda sakit jantung.

Dada yang terasa begitu nyeri bisa menjadi satu kondisi yang diakibatkan oleh adanya arteri yang mengalami penyumbatan. Otomatis jika demikian, peredaran darah tidak dapat berjalan dengan lancar hingga sampai menyeluruh di dalam tubuh. Ketika kondisi ini disertai juga dengan tubuh yang lemah dan sering mati rasa, ini bisa positif tanda sakit jantung.

2. Kepenatan dan Kelelahan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bila dada yang nyeri disertai dengan tubuh lemah dan cepat lelah, maka potensi adanya penyakit jantung tentu lebih besar. Ketika terjadi melemahnya otot jantung, proses pemompaan darah menjadi kurang sempurna. Inilah yang menjadikan tubuh sering lelah dan lemah.

Walau tak melakukan kegiatan yang banyak dan padat, ada potensi tubuh menjadi cepat lelah dan lemas. Jika hal seperti ini terjadi pada Anda, curigailah sebagai penyakit jantung dan mulailah untuk mengubah gaya hidup. Sering-seringlah berolahraga dan beraktivitas fisik agar kerja jantung bisa dipicu supaya lebih aktif.

(Baca juga: penyakit jantung koroner)

3. Sesak Nafas

Aliran udara yang ada pada organ paru-paru dapat terganggu akibat adanya cairan yang masuk ke dalam rongga paru-paru. Itulah yang yang menjadi penyebab mengapa seseorang kemudian menjadi sesak nafas dan nafas menjadi lebih pendek-pendek. Hal ini bakal lebih terasa ketika sedang melaksanakan aktivitasnya.

Tapi apabila penderita sesak nafas juga merasakan hal ini saat sedang diam atau istirahat, maka ini artinya sakit jantung sudah berada pada level yang lebih lanjut. Kondisi sesak nafas ini biasanya lebih sering penderita alami ketika sedang berbaring. Cairan yang tertimbun di organ paru-paru ada potensi untuk kemudian mengalir ke organ jantung sehingga menyebabkan hal tersebut.

4. Sakit Kepala

Mungkin banyak orang cukup sering mengalami sakit kepala yang dirasa sebagai hal biasa, terutama ketika sedang banyak kegiatan atau merasa stres. Namun, ketika sakit kepala muncul menyertai nyeri dada, maka tentu ini bukan sakit kepala biasa. Kondisi ini dapat dianggap sebagai bagian dari tanda sakit jantung.

Bila Anda merasakan sakit kepala ketika terpapar sinar, hal ini lebih meyakinkan lagi kalau jantung Anda bermasalah. Pada wanita yang cukup sering mengalami migrain atau gangguan visual setidaknya sebulan 2 kali, Anda wajib waspada. Segera periksakan ke dokter karena ada potensi sirkulasi darah yang menyimpang sehingga sering sakit kepala kronis.

5. Palpitasi

Anda wajib mewaspadai kondisi di mana jantung terasa begitu berdebar-debar dan sebelumnya sudah ada tanda-tanda lain, seperti halnya nyeri dada, sesak nafas dan juga tubuh yang lelah dan lemah. Bila jantung berdebar terjadi meski Anda tidak melakukan olahraga, ketakutan atau gugup, segera ke dokter untuk memastikan kondisi.

6. Berkeringat secara Berlebih

Cuaca panas dan juga sehabis berolahraga atau aktivitas fisik berat lainnya menjadi alasan utama mengapa seseorang dapat berkeringat secara berlebih. Tapi apabila keluarnya keringat secara tak normal, alias tiba-tiba berkeringat secara terus-menerus tanpa alasan yang jelas, bisa jadi jantung Anda mengalami gangguan.

Waspadai keringat berlebih yang tidak disebabkan oleh aktivitas apapun di mana meski Anda diam keringat akan terus mengalir. Ini adalah salah satu dari tanda jantung yang mengalami masalah. Kalau memang ada tanda-tanda lain yang sudah disebutkan juga turut menyertai, jangan ragu lagi untuk ke dokter dan memeriksakannya.

(Baca juga: cara melatih kesehatan jantung)

7. Cemas

Diyakini oleh banyak orang bahwa seseorang bisa mengalami trauma dari kejadian serangan jantung yang pernah dialaminya. Pengalaman tersebut tentu bukanlah hal yang menyenangkan dan justru membuat penderitanya menjadi lebih takut, khawatir dan tegang. Namun rasa cemas juga bisa datang dari tubuh yang terasa kurang enak dan ini bisa menandakan adanya jantung bermasalah.

8. Ketidakteraturan Detak Jantung

Suatu hal yang fatal dapat terjadi bila detak jantung tak hanya terasa berdebar-debar tanpa alasan tapi juga mulai tak teratur denyutnya. Otot yang ada di bagian katup jantung bisa jadi mengalami penebalan otot sehingga menjadikan detak jantung tak lagi teratur. Dari kondisi tersebutlah terjadi penyempitan katup lalu juga kebocoran jantung.

9. Perut Bengkak

Seseorang yang mengalami sakit jantung, salah satu tanda yang bakal dialami adalah pembengkakan di bagian perut. Mungkin sebagian besar orang dengan masalah pembesaran di bagian perut kerap dianggap sebagai masalah pencernaan. Namun Anda patut waspada bila ada pula tanda-tanda lain yang telah disebutkan sebelumnya menyertai pembengkakan perut Anda.

(Baca juga: sayuran untuk lemah jantung)

10. Rasa Mual

Tanda adanya sakit jantung lainnya adalah rasa mual yang awalnya adalah dari perut yang membengkak. Karena hal ini, penderita gejala pun akhirnya merasakan adanya perubahan pada nafsu makan nantinya. Banyak mungkin yang akan menganggap bahwa ia terkena asam lambung atau gangguan pencernaan lainnya, maka segera periksakan demi memastikan.

11. Hilang Nafsu Makan

Bila perut membesar dan rasa mual terjadi begitu saja tanpa ada kondisi lain, hilangnya nafsu makan pun bisa dianggap sebagai masalah lambung. Tapi bila dada terasa sakit, belum lagi cepat lelah dan sesak nafas, kemungkinan besar ada gangguan pada jantung Anda. Pastikanlah penyebabnya dengan pergi ke dokter.


12. Nyeri pada Tubuh

Rasa nyeri di tubuh juga turut dialami oleh penderita sakit jantung sebagai tandanya. Pada umumnya, tangan bagian kanan dan lengan sebelah kiri adalah area tubuh wanita yang terserang nyeri. Sedangkan untuk pria, rasa sakit atau nyerinya hanya dialami di lengan kiri secara umum.

Namun bukan berarti tak ada kemungkinan rasa nyeri datang di bagian tubuh lainnya. Rasa nyeri pun dapat dialami di bagian-bagian tubuh lain, termasuk punggung, leher, pundak, dan juga siku. Nyeri tersebut tak akan bertahan lama, tapi akan terus-menerus datang dan pergi di mana pemicunya diketahui adalah tersumbatnya arteri.

(Baca juga: gejala jantung tidak sehat)

13. Kehilangan Kesadaran

Pada beberapa kasus, seringnya sakit kepala kronis pada penderita bisa disertai pula dengan secara mendadak kehilangan kesadaran. Hal ini mungkin tak melulu disebabkan adanya jantung bermasalah karena penderita anemia pun juga banyak yang mengalami pingsan. Tapi, lihat juga ada tidaknya gejala lain yang menyertai tanda satu ini.

Bila sebelumnya Anda sudah sering merasa lemah, cepat lelah, belum lagi nafas yang pendek-pendek tanpa sebab dan dada terasa nyeri, tentu pingsan ini tak boleh disepelekan. Segera cek kondisi tubuh Anda, terutama bagian organ jantung apabila memang ada juga gejala lainnya yang cukup mengkhawatirkan.

14. Sakit Punggung

Tanda lainnya yang tak boleh disepelekan adalah sakit punggung di mana bagian punggung bakal terasa begitu sakit. Memang sakit punggung dapat dipicu oleh banyak hal, namun bila gejala-gejala lain dialami oleh Anda, kemungkinan besar memang ini ada hubungannya dengan jantung. Sakit punggung yang menyerang tanpa ada alasan yang jelas bisa dimasukkan ke dalam tanda serangan jantung.

Bila terjadi hal seperti ini, cobalah untuk beristirahat dan juga imbangi dengan sedikit gerakan tubuh yang bermanfaat. Fungsi utama tulang adalah sebagai penopang tubuh, jadi untuk mencegah sakit punggung, Anda bisa melakukan peregangan setiap harinya tanpa harus lama-lama. Olahraga dan menggerakkan tubuh paling tidak 15 menit setiap hari juga sudah cukup.

(Baca juga: perbedaan sakit jantung dan nyeri dada biasa)

Itulah serangkaian tanda-tanda sakit jantung yang wajib untuk Anda kenali dengan benar karena dengan mengenalinya Anda akan mampu mengatasinya sedari dini. Penyakit jantung apapun sebetulnya dapat diminimalisir risikonya, yakni dengan melakukan perubahan pada pola hidup Anda. Gaya hidup yang kurang baik, kurang sehat dan kurang seimbang sebiaknya mulai diubah.

Makanan-makanan zaman sekarang begitu tak sehat karena saking instannya, maka Anda perlu mulai mempertimbangkan tips diet sehat supaya vitamin dan mineral yang tubuh perlukan dapat dipenuhi dengan baik. Banyak makanan mengandung serat rendah tapi berkadar lemak tinggi. Mengonsumsi jenis makanan seperti ini setiap hari, terlalu sering atau terlalu berlebihan dapat meningkatkan potensi penyakit jantung.

Tak hanya perubahan pola makan, berolahragalah secara rutin walau hanya sebentar-sebentar setiap hari supaya jantung tetap sehat. Tak lupa pula, periksalah kadar kolesterol secara rutin agar segala kondisi tubuh yang kurang baik bisa diatasi dari awal.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 03rd, January 2017 / 17:56 Oleh :
Kategori : Penyakit Jantung