7 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami

kolesterol merupakan lilin menyerupai lemak yang dapat ditemukan pada semua sel dalam tubuh. Zat ini mungkin sering dipandang negative selama ini. Hampir semua orang beranggapan bahwa makanan yang mengandung kolesterol tinggi harus dihindari. Namun, tahukah anda bahwa kolesterol dibutuhkan oleh tubuh?

Tubuh memerlukan zat ini untuk membuat hormone seperti hormone testoteron, kortisol, dan esterogen, vitamin D dan asam empedu untuk membantu mencerna lemak dari makanan. Nah, sebenarnnya anda membutuhkan kolesterol sesuai kebutuhan, namun ini mungkin hanya dalam jumlah kecil. Kadar kolesterol normal tubuh dan tips menjaganya dalam tubuh anda tetap, jika anda tidak terlalu berlebih mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol.

Lalu bagaimana jika anda sudah memiliki kolesterol yang tinggi? Kolesterol tinggi dapat menyebabkan datangnya beberapa penyakit. Diabetes mudah sekali menyerang orang-orang yang memiliki kolesterol tinggi. Kebanyakan kolesterol karena mengkonsumsi makanan yang mengandung lemah jenuh dan lemak trans. Hal inilah yang kemudian menyebabkan kolesterol dalam darah anda menjadi tinggi.

Nah! Bagi anda yang memiliki kolesterol tinggi tidak usah khawatir. Artikel berikut akan membahas tentang 7 cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami. Namun demikian anda juga harus tetap memperhatikan pantangan kolesterol tinggi agar tidak semakin tinggi. Berikut 7 cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami.

  1. Oatmeal

Oatmeal mengandung serat alami yang berfungsi untuk membuang kolesterol dalam darah anda. Jadi dengan mengkonsumsi oatmeal akan mengurangi lemak dan kolesterol yang akan masuk ke tubuh anda.

  1. Anggur Merah

Anggur merah memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh anda. Hal itulah yang menyebabkan buah ini memiliki harga yang cukup mahal. Sebuah penelitian menunjukkan fakta bahwa mengkonsumsi anggur merah dapat menurunkan LDL sebesar 9-12%. Tidak salah jika anda membeli dengan harga yang sebanding dengan manfaat yang dibawa anggur merah. Anggur merah termasuk makanan yang disarankan untuk gaya hidup sehat untuk awet muda bebas dari penyakit dan cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami.

  1. Omega 3 pada Ikan

Kandungan omega 3 pada ikan sangat baik untuk menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh anda. Selain itu, omega 3 juga baik untuk pertumbuhan anak. Jika anda memiliki kadar kolesterol tinggi konsumsilah ikan seperti tina, salmon, dan lain-lain.

  1. Kacang-kacangan

Kacang mengandung serat dan sebagai sumber protein nabati paling besar. Hal itulah yang akan bermanfaat menurunkan tingkat kolesterol tinggi. Maka jangan lewatkan untuk mengkonsumsi beberapa makanan yang berasal dari kacang-kacangan seperti tempe, tahu, susu kedelai dan sejenisnya.

  1. Alpukat

Alpukat mengandung karbohidrat yang membantu mengeyangkan kita. Buah daging hijau dan manis rasanya dapat anda gunakan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah anda. Manfaat alami lain seperti makanan untuk diet, melancarkan buang air besar dan lain-lain, akan anda dapatkan dengan mengkonsumsi alpukat.

  1. Teh Hitam

Berdasarkan penelitian minum teh hitam setiap ternyata dapat menurunkan kolesterol pada tubuh anda sebesar 10% dalam 3 minggu. Jadi disarankan anda untuk rutin mengkonsumsi teh hitam setiap hari.

  1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun terbukti ampuh sebagai cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami. Selain itu manfaat lain seperti menurunkan nyeri sendi dan juga menambah stamina kita dapat anda rasakan jika mengkonsumi minyak zaitun.

Demikian 7 cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami untuk anda. Selain itu, disarankan bagi anda yang sedang menderita kolesterol tinggi sebaiknya juga menghindari bahaya merokok bagi kesehatan tubuh yang mematikan.

, , ,