Kadar Kolesterol Normal Tubuh Dan Tips Menjaganya

Kolesterol normal orang dewasa memiliki batas tertentu, jika melebihi batas normal tersebut kolesterol bisa dikatakan tinggi dan tidak normal. Kolesterol merupakan pembunuh diam-diam yang harus diwaspadai. Kolesterol identik dengan penyakit komplikasi. Orang yang memiliki kolesterol tinggi menyebabkan komplikasi misalnya saja asam urat, jantung, stroke dan penyakit kronis lainnya.

Kadar kolesterol di dalam tubuh tidak bisa dilihat dengan kasat mata namun harus menggunakan tes laboratorium.

Kolesterol Dibutuhkan Oleh Tubuh

kadar kolesterol normalNamun tidak semua kolesterol bersifat jahat, pada dasarnya kolesterol sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kolesterol memiliki peran penting untuk tubuh. Peran kolesterol bagi tubuh adalah berikut ini :

  • Menyusun struktur di membran sel.
  • Kolesterol membantu tubuh dalam melindungi kulit dan juga dari racun radikal bebas.
  • Kolesterol menghindarkan tubuh dari kekeringan kulit.
  • Membantu tubuh untuk memproduksi vitamin D.
  • Kolesterol berfungsi sebagai prekursor hormon steroid dan juga prekursor asam empedu.

Banyak dampak yang diakibakan oleh kolesterol tinggi. Kolesterol tinggi diakibatkan oleh kolesterol jahat di dalam tubuh. Sebelum dibahas lebih jauh tentang kadar normal kolesterol ada baiknya kita mengetahui apa itu penyakit kolesterol.

Penyakit Kolesterol

Penyakit kolesterol merupakan penyakit yang diakibatkan oleh metabolit mengandung lemak sterol. Lemak sterol sering ditemukan dalam membran sel dan disirkulasikan di dalam plasma darah. Kolesterol sejenis lipid tergabung dalam molekul lemak. Kolesterol termasuk dalam lipid dengan jenis steroid. Steroid sendiri merupakan sejenis lipid yang mengandung struktur kimia. Kolesterol tinggi dalam tubuh disebut dengan hiperkolesterolemia. Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh membuat penyakit kronis bermunculan.

Fakta Tentang Penyakit Kolesterol

Fakta menunjukkan bahwa penyakit kolesterol tidak boleh dianggap main-main. Banyak kasus kematian yang diakibatkan oleh kolesterol. Kasus kematian akibat kolesterol meningkat sebanyak 2,6 juta pertahunnya. Kolesterol ini tidak hanya dialami oleh wanita saja namun juga pria. Sedikitnya 37 persen kolesterol dialami oleh wanita sedangkan sebanyak 40 persen dialami oleh pria.

Pria memang memiliki kecenderungan untuk terkena kolesterol dikarenakan banyak pria yang hobi makan tanpa tahu apakah makanan  yang dimakannya tersebut mengandung kolesterol jahat ataukah tidak. Jumlah kolesterol dalam batas normal sangat membantu tubuh untuk melakukan hal-hal tersebut. Namun jika jumlahnya melebihi batas kolesterol bisa menyebabkan beberapa gangguan di bidang kesehatan.

Batas Normal Kolesterol

Sama halnya dengan kadar gula, tekanan darah dan juga asam urat. Kolesterol memiliki batas normal. Jika Anda melakukan cek kadar kolesterol dan melebihi dari batas normal bisa dikatakan bahwa Anda memiliki kolesterol tinggi. Berikut ini batas kolesterol normal orang dewasa :

  • Kadar kolesterol normal sebanyak 160 mg dan tidak lebih dari 200 mg.
  • Kadar trigiserida harus kurang dari 150 mg/dL.
  • Kadar HDL di dalam tubuh haruslah di atas 160 mg/ dL. Kadar kolesterol baik di dalam tubuh jika kadarnya tinggi tidak akan menimbulkan masalah.
  • Kadar LDL atau kolesterol jahat haruslah kurang dari 130 mg/ dL. Jika sampai kadar kolesterol jahatnya di atas 130 mg akan menimbulkan beberpaa gangguan kesehatan yang mengganggu tubuh.

Cara Mengecek Kadar Kolesterol Normal dalam Tubuh

Kita tidak bisa melihat secara kasat mata, ciri-ciri kolesterol tinggi atau dalam batas normal. Diperlukan beberapa tindakan medis untuk memastikan apakah kadar kolesterol dalam batas normal atau tinggi. Tindakan medis yang diperlukan adalah berikut ini :

1. Tes darah di Laboratorium

Tes darah merupakan cara yang sering dilakukan oleh para dokter untuk mengetahui kadar kolesterol di dalam tubuh. Tes darah merupakan tes dengan mengambil sampel darah di pembuluh darah yang ada di lengan. Sampel darah yang diambil sebanyak satu tempat suntikan penuh.

2. Syarat Sebelum Melakukan Tes Darah

Untuk melakukan tes darah, tidak boleh dilakukan sembarangan. Syarat-syarat sebelum melakukan tes darah adalah berikut ini :

  • Sebelum dilakukan tes darah pasien harus melakukan puasa terlebih dahulu. Puasa yang dianjurkan adalah sepanjang malam atau sekitar 9-12 jam. Puasa bertujuan untuk mengakuratkan pengukuran kadar kolesterol di dalam tubuh tanpa adanya pengaruh lemak di dalam tubuh.
  • Sebelum tes darah sebaiknya pasien tidak melakukan aktivitas yang berat dan mengeluarkan banyak tenaga. Kelelahan juga akan berpengaruh dalam hasil tes.

3. Menggunakan Alat Yang Dijual Bebas Di Apotik

Alat untuk mengukur kolesterol kini dijual bebas di apotik. Namun untuk mengetahui kadar yang akurat tetaplah mengikuti aturan pemeriksaan di rumah sakit. Misalnya saja berpuasa dan tidak mengalami kelelahan.

4. Mengetahui Hasil Pemeriksaan Tes Darah

Untuk mengetahui kadar kolesterol LDL dan HDL di dalam pasien. Dokter biasanya akan mengecek darah yang telah dijadikan sampel. Berikut ini cara membaca kolesterol di dalam darah :

  • Kolesterol bisa dihitung mulai dari satuan miligram per desiliter dalam darah. Singkatannya adalah mg/dL.
  • Kolesterol bisa juga dihitung dari milimol per liter dalam darah dan biasa disingkat dengan mmol/L.
  • Hasil laboratorium dalam memeriksa kadar kolesterol akan mencantumkan sebanyak 4 komponen. 4 komponen tersebut diteliti dalam lemak darah. Yang akan dihitung adalah total kolesterol, kolesterol baik, kolesterol jahat dan juga kadar trigliserida.

5. Kapan Melakukan Pengecekan Kolesterol?

Tubuh akan memberikan sinyal ketika dalam kondisi yang tidak baik. Begitu pula dengan tubuh yang terdapat kadar kolesterol tinggi di dalam tubuhnya. Jika Anda peka, Anda akan merasakan beberapa gejala dimana tubuh mulai bereaksi dengan hadirnya kolesterol tinggi di dalam tubuh. Ketika Anda merasakan hal-hal di bawah ini segeralah melakukan pengecekan kadar kolesterol :

  • Tangan Dan Kaki Sering Pegal-Pegal – Gejala ini merupakan gejala yang paling banyak muncul.  Penderita kolesterol biasanya akan mengalami pegal-pegal pada tangan dan kakinya. Jika Anda sering mengalami hal tersebut segera periksakan diri ke dokter.
  • Kaki Kesemutan – Kaki kesemutan merupakan tanda dari kolesterol yang tinggi. Pernah saat malam hari atau menjelang pagi hari kaki merasakan kesemutan. Kesemutan merupakan tanda dari naiknya kadar kolesterol di dalam tubuh. Bisa juga kadar kolesterol yang tinggi diikuti dengan tekanan darah yang tinggi. Kesemutan diakibatkan oleh tidak lancarnya aliran darah ke kaki.
  • Dada Kiri Nyeri – Berhati-hatilah ketika Anda mengalami gejala tersebut. Dada kiri nyeri bisa diidentikkan dengan kolesterol tinggi sudah mengakibatkan penyakit jantung koroner. Sebaiknya Anda melakukan tes darah dan juga pemeriksaan jantung.
  • Bagian Kepala Belakang Nyeri – Ketika merasakan hal ini sebaiknya Anda memeriksakan kepala Anda. Hal itu dikarenakan kadar kolesterol jahat telah menyumbat aliran darah ke otak sehingga menimbulkan rasa nyeri di kepala belakang.

Tips Menjaga Kolesterol Tetap Normal

Untuk menjaga kolesterol tetap normal dibutuhkan berbagai tips untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal. Cara yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut :

1. Menjaga Pola Makan

Agar terhindar darin kolesterol tinggi sebaiknya menghindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Makanan Yang Harus Dihindari

  • Makanan dengan lemak jenuh seperti mentega, biskuit dan juga makanan cepat saji.
  • Makanan jeroan seperti ati ampela, ati sapi dan masih banyak lagi lainnya.
  • Santan dan coklat.

2. Diet

Orang dengan obesitas memiliki kecenderungan memiliki kolesterol tinggi. Oleh sebab itu kontrol berat badan  agar kadar kolesterol tetap normal. Untuk menghindari obesitas bisa melakukan diet ketat dengan mengkonsumsi makanan untuk diet yang sehat dan tepat,yaitu :

  • Mengkonsumsi gandum dan olahannya.
  • Mengkonsumsi kacang-kacangan.
  • Memasak dengan minyak nabati
  • Mengkonsumsi buah-buahan seperti apel, anggur dan juga strawberry.
  • Konsumsi kedelai secara cukup.

2. Pola Hidup Sehat

Menerapkan gaya hidup sehat sangat membantu seseorang dalam menjaga kadar kolesterol tetap normal.

  • Melakukan olahraga secara rutin. Olahraga bisa membakar lemak jenuh serta kolesterol jahat di dalam tubuh. Caranya adalah dengan meluangkan waktu sedikitnya 30 menit untuk membakar kalori di dalam tubuh.
  • Menjauhi rokok. Di dalam rokok mengandung banyak zat nikotin yang berbahaya bagi tubuh.
  • Stress bisa memacu kadar kolesterol di dalam tubuh naik. Untuk memiliki kadar kolesterol yang normal sebaiknya dapat mengelola stress dengan baik.
  • Melakukan diet dan mengontrol berat badan merupakan salah satu cara untuk menjaga kolesterol normal orang dewasa.

, ,
Post Date: Saturday 14th, March 2015 / 04:48 Oleh :
Kategori : Kolesterol Tinggi