20 Makanan Berbuka Puasa Untuk Orang Diet Bikin Badan Langsing

233

Makanan untuk yang sedang diet dan untuk umum walaupun sama sama sedang menjalankan ibadah puasa ternyata berbeda. Makanan yang bagi sedang mebjalani program diet lebih ditekankan pada makanan yang rendah kalori, Rendah lemak dabn banyak mengandung vitamin c Dan protein.

Jenis makanan

1.Sayuran

Makanan berbuka puasa untuk orang diet adalah sayuran segar yang bisa dibuat berbagai macam menu masakan lezat. Sayuran kaya serat, Vitamin dan mineral lengkap sehingga dapat menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa.

2,Buah

Buah adalah pilihan terbaik sebagai makanan berbuka puasa untuk orang diet karena buah mengandung banyak serat, Mineral, vitamin terutama vitamin C yang dapat mempercepat pembakaran lemak dalam tubuh.

3, Daging

Daging tanpa lemak dan kulit bisa dicoba sebagai makan berbuka puasa untuk orang diet yang bisa digabungkan dengan beras merah agar didapat asupan zat protein yang memadai saat berbuka puasa hingga menjelang sahur.

4, Ikan

Ikan jenis apapun air tawar atau laut sama sama mengandung omega 3, Minyak essensial, Protein hewani yang tunggi dan beberapa mineral penting dimana semua itu baik untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak menurun, Melindungi jantung, Kulit, Jaringan otak, Sistem pencernaan dan lain lain.

5, Makanan direbus

Makanan berbuka puasa untuk orang diet  paling aman adalah yang direbus mosalnya kentang rebus, Ubi rebus, Singkong rebus, Sukun rebus dan lain lain. Makanan yang direbus dapat meningkatakan nutrisi didalamnya dan tidak terkontiminasi olek kolesterol atau lemak jahat.

6.Jagung

kandungan gizi jagung sama kuatnya dengan nutrisi yang ada pada kacang hijau atau kedelai. Jagung merupakan salah satu makanan yang dapat mengantikan beras putih, Karena jagung dinilai lebih aman karena tidak mengandung glukosa berbahaya pemicu penyakit gula . Jagung dapat diojadikan sebagai makanan berbuka puasa untuk orang diet karena jagung banyak mengandung vitamin dan mineral tetapi tetap rendah kalori.

7. Beras merah

Beras merah adalah pilihan terbaik sebagai pengganti nasi putih karena tidak mengandung gula berbahaya seperti yang ada pada beras putih.  Beras merah terkenal sebagai  beras yang rendah kalori dan aman bagi jantung serta penderita diabetes sekalipun, Sehingga beras merah bisa di konsumsi semua umur,  Beras merah sangat cocok jika di daulat menjadi makanan berbuka puasa untuk orang diet. Namun bagaimanapun juga tetaplah mengkonsumsi pada batas kewajaran,  Karena efek samping beras merah, Dibalik segudang manfaatnya tetaplah ada jika dikonsumsi secara berlebihan.

8. Tempe dan tahu

Tempe dan tahu terbuat dari kacang kedelai yang memiliki protein tinggi dan mineral penting yang baik untuk menjaga metabolisme tubuh dan jaringan lain  selama berpuasa.  Tempe dan tahu bisa dijadikan sebagai makanan untuk berdiet sehat, Karena didalam tempe dan tahu banyak terkandung senyawa senyawa kuat yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh  yang juga berkaitan dengan proses pembakaran lemak.

9, Telur

telur mengandung protein tinggi yang dibutuhkan seseorang yang sedang menjalankan puasa tetapi sedang berdiet. Kekurangan protein dalam tubuh menyebabkan metabolisme tubuh terganggu sehingga tubuh akan mudah sakit . Mengkonsumsi telur utuh 3 hari sekali masing masing 2 butir adalah cara yang  paling aman untuk diet sehat berpuasa,  Jika tidak mengambil cara tersebut maka bahaya makan telur setiap hari bagi tubuh akan muncul yang akhirnya dapat mengagalkan program diet anda.

10.Kacang kacangan

Makanan dari jenis kacang kacangan misalnya kacang polong, Kacang mete, Kacang almond, Kacang ijo  dan sebagaianya dapat dikonsumsi untuk berbuka puasa yang nantinya digabungkan dengan menu masakaan lain. Jenis kacang kacangan bisa dijadikan rekomendasi sebagai makanan berbuka puasa untuk orang diet. Kacng kacangan memilikimkandungan vitamin, Mineral, Serat dan protein yang tinggi sehingga bisa mendukung program diet ketika sedang berpuasa.

11.Lalapan

Lalapan adalah makanan tradisional  yang terdiri dari beberapa sayuran dan beberapa buah segar yang sebelumnya menjalani proses perebusan terlebih agar sayuran dan buah benar benar terhindar dari bakteri, parasit atau lainnya. Sayuran dapat berupa sayur kangkung,  Daun pepaya, Daun selada, Daun bayama, Daun kenikir dan lain lain sedang kan buah adalah buah dari golongan sayuran misalnya tomat , Labu hijau, Terung hijau kecil dan Wortel,

12.Oatmeal

Makanan berbuka puasa untuk orang diet dapat juga dari jenis sereal yang di dalamnya terdapat gabunga dari gandum, Buah , Sayur, Yogurt atau jagung manis. Oatmeal merupakan makanan sehat yang tidak membuat tubuh menjadi gemuk karena oatmeal rendah kalori dan tidak mengandung gula berbahaya  namun banyak mengandung protein, Vitamin serta mineral.Tetapi bagaimanpun juga oatmeal tidak bisa dikonsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak karena bahaya oatmeal instant bagi kesehatan dapat merugikan program diet itu sendiri.

13. Gandum

Gandum merupakan  salah satu makana berbuka puasa untuk oerang diet yang sama amannya dengan beras merah. Gandum mempunyai sifat cepat mengenyangkan tanpa menyebabkaan lambung nyeri atau tidak nyaman. Gandum dapat dijumpai dalam bentuk roti tawar atau roti rendah kalori.

Pendukung program diet bagi yang berpuasa

  • Suplemen – Agar diet berhasil meskipun sedang menunaikan ibadah puasa maka harus di dukung dengan sumber vitamin dan mineral tambahan dari suplemen makanan, Misalnya suplemen omega 3.
  • Hindari kafein & karbonasi – Untuk diet seimbang pada waktu puasa disarankan untuk untuk menghindari minuman yang berkafein atau berkarbonasi, Karena dua jenis minuman ini dapat menghambat proses pembakaran lemak dalam tubuh ,
  • Waspada jenis makanan – Diet yang sehat dan seimbang tidak akan pernah mengenal pada makanan  jenis fast food, Junk foos, Makanan siap saji, Makanan dipanggang atau jenis jeroan. Semua golongan makanan tersebut dapat mempersulit tubuh menyearp nutrisi makanan dan memperlambat proses pemabakaran lemak dari aktivitas vitamain C di dalam tubuh.
  • Olahraga ringan – Tetap menjalankan olahraga ringan secara teratur yang tetapi bukan olahraga yang  menguras tenaga. Olahraga ringan saat menjelang imsak tiba adalah pilahan tepat untuk program diet seimbang
  • Minum air putih – Memperbanyak minum air putih saat sahur dan berbuka puasa agar tubuh terhindar dari dehidrasi. Dehidrasi adalah salah satu penghambat terjadinya pembakaran lemak berlebih di dalam tubuh.