4 Cara Mengkonsumsi Bawang Putih Lanang Paling Berkhasiat

Bawang putih lanang atau lanang merupakan tanaman sekaligus umbi dari tanaman itu sendiri. Bawang putih tentu sangat familer bagi kaum hawa atau para ibu-ibu. Sebab keberadaannya begitu berperan membuat masakan menjadi jauh lebih berkesan. Bahkan bawang putih merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang memiliki nilai jual yang tinggi. Tidak mengherankan ketika harga bawang naik banyak orang yang begitu menjerit.

Tahukan Anda bahwa bawang putih lanang memiliki manfaat tidak saja sekedar sebagai penambah kelezatan makanan. Tetapi lebih dari itu memiliki kandungan yang tinggi untuk tubuh. Adapun kandungan itu berupa nutrisi, vitamin, dan mineral yang sangat dibutuhkan untuk tubuh. Selain itu, ada beberapa manfaat lain untuk kesehatan. Adapun manfaat itu sebagai berikut.

  1. Obat Influenza

Bawang putih lanang yang memiliki bau menyegat ternyata memiliki manfaat untuk ksehatan. Salah satu manfaat itu sebagai obat influenza, karena akan membantu kinerja dari membran mocus. Hal ini berguna untuk memperlancar saluran pernafasan yang tersumbat oleh lendir. Kandungan sulfur juga berguna untuk meringankan bantuk yang disebabkan oleh virus atau penyakit.

  1. Menurunkan Kolesterol Dalam Darah

Kolestrol merupakan salah satu jenis penyakit yang berbahaya.  Penyebab Kolesetrol bagi penderita dapat menimbulkan kematian. Bawang putih lanang memiliki khasiat utnuk penderita kolesterol. Karena akan melindungan kesehatan jantung pada penderita penyakit ini. Sehingga, sangat jelas bagus untuk kesehatan tubuh.

  1. Bagus untuk Ibu Hamil

Ibu hamil sangat sensitif terhadap sesuatu yang masuk ke dalam tubuh. Berbeda dengan bawang putih lanang yang baik untuk ibu hamil. Hal ini dikarenakan bawang putih jenis ini akan membantu meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Tentu sangat baik untuk ibu hamil karena akan menguatkan janin dalam kandungan.


  1. Meningkatkan Daya Ingat

Daya ingat Anda lemah atau menurun. Salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh dan daya ingat itu adalah dengan bawang putih lanang. Berbagai penelitian menyebutkan bawang putih jenis ini mampu menekankan beragam potensi kerusakan sel neuron pada otak. Hebatnya lagi bawang putih lanang ini juga mampu menumbuhkan sel baru neuron.

Bawang putih lanang meskipun memiliki manfaat yang tinggi untuk tubuh. Kebanyakan masyarakat kita masih begitu awam untuk memanfaatkannya. Untuk itu penting mengetahui cara mengkonsumsi sehingga lebih cepat dan tepat mendapatkan manfaat tersebut. Adapun cara untuk mengkonsumsi bawang putih lanang tersebut sebagai berikut.

  1. Langsung Di Kunyah

Cara mengkonsumsi pertama ini terbilang sederhana dan tradisional. Karena memang tidak membutuhkan sentuhan yang sedikit rumit dan juga membutuhkan tenaga yang banyak. Cara yang dilakukan juga cukup mudah tinggal mengunyahnya saja. Meskipun demikian dengan cara ini tidak efektif. Ketika mengunyah bawang putih lanang dan air liur bercampur sehingga terjadi rekasi kimia. Reaksi kimia inilah yang akan membantu menemukan khasiat untuk tubuh. Meskipun demikian, cara yang tradisional ini memiliki kelemahan. Ketika mengunyah lidah akan teras getir dan pedas. Sehingga, sangat menyiksa mulut Anda. Selain itu, juga mengakibatkan bau mulut yang sulit untuk dihilangkan meskipun dengan sikat gigi.

  1. Langsung Ditelan

Ingin menikmati manfaat dari bawang putih lanang tapi tidak suka dengan ras getir san pedas. Dengan cara menelan langsung merupakan cara yang efektif untuk dilakukan. Bawang jenis ini memang relatif kecil-kecil sehingga sangat cocok ketika ditelan langsung. Karena tidak akan membuat tersendat atau tersangkut di tenggorokan. Kelebihan dari cara ini memang akan membuat mulut terhindar dari bau bawang itu sendiri. Selain itu, kandungan yang terdapat dalam bawang akan diresap oleh tubuh secara sempurna.

  1. Acar Bawang Putih Lanang

Untuk mendapatkan rasa yang lebih mentab sekaligus manfaatnya antioksidan juga. Bawang putih lanang dapat dijadikan acar. Cara membuatnya sama seperti membuat acar pada umumnya. Cukup dengan menyiapkan bawang putih lanang secukupnya, garam, gula pasir, cuka dan air secukupnya. Langkah pertama masukkan bawang putih yang telah di kupas dalam toples dengan garam. Meracik bumbu-bumbu pelengkap dalam membuat acar. Merebus air dengan gula pasir dan cuka yang diaduk hingga merata. Setelah dingin campurkan rebusan air itu dalam bawang putih yang berada di toples. Tunggu selama tiga hari untuk mendapatkan kenikmatan dan juga menfaat dari bawang putih lanang ini.

  1. Membuat Ramuan

Cara lain untuk mengkonsumsi bawang putih lanang adalah dengan membuat ramuan. Dalam membuat ramuan ini Anda dapat mencampurkan dengan jahe. Jahe yang banyak memiliki khasiat dan menghangatkan tubuh, yang dipadukan dengan bawang putih lanang akan begitu dasyat manfaatnya. Cara untuk membuatnya cukup mudah. Menyiapkan 1 kg jahe, menyiapkan 1 kg bawang putih lanang, menumbuh kedua bahan hingga halus dan diambil sarinya, sediakan 1 gelas sari lemon, sediakan juga 1 gelas air cuka. Memasak ramuan tersebur selama 10 menit dan menyaring untuk membuang ampas. Tuangkan air saringan tersebut ke dalam gelas. Tunggu dingin dan siap untuk di konsumsi.

, , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Herbal