Intip 10 Sayuran dengan Vitamin K Tinggi yang Bagus untuk Tulang

185

Banyak orang ketika ingin menjaga kesehatan tulang akan lebih sering mengonsumsi susu dan produk olahannya. Namun sebenarnya, nutrisi yang dibutuhkan bagi tulang tak hanya bisa didapat dari produk olahan susu kok. Vitamin K yang penting untuk kesehatan tulang bahkan bisa dijumpai pada jenis sayur-sayuran ini.

  1. Wortel

Sebagian besar dari kita pastinya mengira bahwa wortel paling besar kandungan baiknya adalah vitamin A dan beta karoten yang bila dikonsumsi rutin dapat menjadi cara menjaga kesehatan mata yang efektif. Padahal wortel juga adalah salah satu makanan bervitamin K tinggi yang baik untuk kesehatan sekaligus kekuatan tulang.

  1. Bayam

Bayam adalah jenis sayur yang bukan hanya baik dalam meningkatkan kekuatan otot, melainkan juga sanggup menjaga kesehatan tulang karena kandungan vitamin K di dalamnya cukup besar. Super food satu ini dapat kita konsumsi dengan cara mengukusnya agar nutrisi tak hilang, bahkan dimakan mentah pun boleh asal sudah dicuci bersih ya.

  1. Mentimun

Sumber vitamin K lainnya yang juga termasuk sayuran adalah mentimun; bagi para vegetarian yang ingin memenuhi kebutuhan vitamin K sekaligus mencari makanan penguat tulang serta gigi, mentimun bisa jadi pilihan. Sayur kaya air ini dapat dijadikan lalapan atau jus dengan memblendernya tanpa harus repot-repot memasaknya.

  1. Kale

Kale adalah jenis sayur yang juga kaya gizi namun rendah kalori sehingga dapat dikonsumsi karena sangat menyehatkan, termasuk untuk tulang. Namun bagi yang suka dan ingin konsumsi kale, sayur ini jangan dimakan mentah ya. Sayur yang masih termasuk golongan brokoli, kubis dan kembang kol ini mampu menjadi penekan hormon tiroid kalau mengonsumsinya mentah lho.

  1. Brokoli

Sayur hijau yang masih sejenis kale ini pun diketahui adalah sumber makanan yang mengandung vitamin K tinggi. Kita bisa coba menumisnya atau menyajikan dalam bentuk sup brokoli yang hangat dan nikmat untuk mendapatkan manfaatnya bagi tulang.

  1. Kubis

Bagi yang tak punya masalah gangguan pencernaan pada lambung seperti penyakit maag atau asam lambung, kubis bisa dikonsumsi rutin untuk memperoleh nutrisi vitamin K dalam meningkatkan kesehatan tulang. Kubis boleh dikonsumsi mentah karena lebih bermanfaat ketimbang merebus atau menggorengnya. Namun bagi penderita masalah lambung sebaiknya cari sayur lain yang aman agar tak menimbulkan kekambuhan sakit maag ya.

  1. Asparagus

Sumber vitamin K tinggi lainnya adalah sayur asparagus dan untuk mengonsumsinya pun kita cukup mengukusnya sebentar. Bila ingin, jus lemon sedikit dapat ditambahkan pada asparagus tersebut, begitu juga dengan merica dan garam supaya ada rasanya. Asparagus dapat kita nikmati bersama menu lain saat makan siang atau malam.

  1. Sawi Hijau

Selain vitamin K yang tinggi, sawi hijau dikenal sebagai salah satu makanan yang mengandung vitamin A tinggi. Vitamin K di dalamnya siap menjadi pencegah penyakit yang berhubungan dengan tulang, seperti osteoporosis. Kandungan antioksidan, flavonoid, dan beta karotennya pun sama besarnya sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

  1. Daun Bawang

Sayuran yang biasanya digunakan sebagai pelengkap mie atau sup ini pun kaya vitamin K sehingga baik bagi tulang, melawan efek radikal bebas, mencegah infeksi, hingga berdampak baik bagi proses pembekuan darah. Kandungan lainnya yang juga bermanfaat adalah alisin untuk menormalkan tekanan darah tinggi serta flavonoid yang meminimalisir risiko serangan kanker.

  1. Peterseli

Jenis sayur ini bukan hanya menawarkan nutrisi vitamin K, melainkan juga vitamin C, vitamin B12, serta vitamin A yang tinggi. Mengonsumsinya rutin tak hanya menjadikan tulang sehat, tapi juga mampu menjadi pengendali tekanan darah, menghindarkan dari gangguan pencernaan, pertumbuhan tumor, serta jadi cara meningkatkan daya tahan tubuh ampuh.

Bagi orang-orang yang vegetarian atau yang tak mampu mengonsumsi produk olahan susu, kesehatan tulang masih bisa dijaga dengan baik melalui asupan cukup vitamin K dari sayur-sayuran tersebut. Namun untuk sayuran yang tak dianjurkan dimakan mentah, kita perlu memasaknya dulu agar aman dikonsumsi.