Cataro – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

Cataro merupakan sebuah supplemen penunjang kesehatan, Obat yang berbentuk tablet ini diproduksi oleh Pyridam. Kandungan yang terdapat di dalam obat Cataro ini adalah Microencapsulated tricalcium phosphate 546 mg yang setara dengan Ca 200 mg, vit C 25 mg, vit D3 100 IU, dan vitamin B6 20 mg. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai kandungan yang terdapat di dalam obat Cataro ini :

  1. Kalsium : Merupakan salah satu mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dan termasuk ke dalam makro mineral. Keberadaan mineral ini sangat penting, setidaknya tubuh membutuhkan 100 mg kalsium setiap harinya. Fungsi kalsium ini adalah untuk membantu proses pembentukan tulang dan gigi.
  2. Vitamin C : Adalah satu dari banyaknya vitamin yang ada dan mempunyai fungsi untuk menghasilkan kolagen di dalam tubuh. Zatkolagen sangat penting bagi tubuh karena zat ini dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan sel di dalam tulang rawan, gigi, tulang dan juga kulit.
  3. Vitamin D3 : Vitamin D3 disebut juga dengan istilah kolekalsiferol yang asalnya dari turunan senyawa 7-dehidrokolesterol. Vitamin D3 ini merupakan turunan aktif dari Vitamin D selain Vitamin D2.
  4. Vitamin B6 : Vitamin B6 atau dikenal juga sebagai pyridoxamine, prydoxine dan prydoxal adalah salah satu jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Fungsi dari vitamin B6 ini cukup banyak diantaranya adalah memelihara kesehatan sistem saraf, menjaga kestabilan sel darah merah, dan juga menjaga sistem kekebalan tubuh.

Fungsi Cataro

Setelah melihat penjelasan mengenai kandungan yang terdapat di dalam obat Cataro ini, tentu dapat disimpulkan bahwa manfaat atau fungsi yang didapatkan dari obat supplemen ini sangat banyak, berikut adalah beberapa fungsi dari obat supplemen Cataro ini :

  1. Untuk memenuhi kebutuhan kalsium, vit C, D3, dan juga B6 terutama pada ibu hamil dan menyusui, menopause, dan lanjut usia.
  2. Untuk perkembangan tulang dan gigi yang sehat.

Dosis Cataro

Dosis umum Cataro ini sebaiknya digunakan 1 tablet per harinya, dengan cara penggunaannya yaitu, tablet Cataro dilarutkan ke dalam air, sebaiknya digunakan setelah makan. Apabila ragu dengan dosis Cataro ini, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk menghindari penggunaan yang over dan dapat menghindari efek negatif lainnya. Selalu perbanyak minum ketika mengkonsumsi obat supplemen.

Efek Samping Cataro

Sebelum masuk mengenai efek samping yang dapat ditimbulkan oleh obat supplemen Cataro ini, perlu diketahui bahwa produk supplemen ini mengandung pemanis buatan aspartame & neotame serta mengandung fenilalanin, jadi tidak boleh digunakan pada penderita penyakit phenyl ketonuria, anak-anak, dan ibu hamil karena bahaya zat fenilanin bagi ibu hamil.

Untuk efek samping sendiri hingga saat ini belum ada gejala atau kasus bahwa obat Cataro ini dapat menyebabkan efek samping, namun melihat dari kandungan yang terdapat di dalamnya sebaiknya penderita hypersensitif terhadap salah satu kandungan obat ini tidak mengkonsumsi obat Cataro ini. Berikut adalah beberapa efek samping atau akibat kelebihan vitamin maupun mineral yang terdapat dalam kandungan obat ini :


  • Kelebihan Vitamin B6 : Sering kesemutan dan mati rasa, Koordinasi otot tidak bekerja dengan baik hingga kelumpuhan, Susah nafas, Alergi kulit, dan juga perubahan psikis.
  • Kelebihan Kalsium : Serangan jantung, Menghambat regenerasi sel, dan anemia.
  • Kelebihan Vitamin D3 : Sakit tulang atau otot, sembelit, mual, dan muntah.
  • Kelebihan Vitamin C : Asam lambung naik, kram usus, imunitas menurun, insomnia dan juga lainnya.

Itulah mengapa, penggunaan supplemen multivitamin juga harus dibarengi dengan olahraga dan gaya hidup sehat, penggunaan yang berlebihan tentu dapat mengakibatkan efek yang tidak baik juga.

, , , , , , , , , , , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Merk Obat C