5 Cara Konsumsi Kurma Muda Harus Diketahui

Pada umumnya kurma dikonsumsi saat buah telah matang karena dapat diolah dengan mudah menjadi maknan camilan yang renyah dan manis serta dapat mudah dicerna oleh sistem pencernaan. Tetapi kurma yang masih muda juga memiliki manfaat positif bagi kesehatan tubuh walaupun kondisi buahnya masih keras dan rasanya sangat getir atau pahit.

Kandungan pada kurma muda

Kurma muda memiliki kandungan nutrisi yang sama baiknya seperti kurma matang yang rasanya manis, Diantarnya:

  • Mineral – zat mineral pada kurma muda meliputi zat besi, Klorida, Tembaga, Asam nicotenic, Belerang, Kalsium dan  Protein .
  • Vitamin – Kurma muda mengandung 3 vitamin yang cukup tinggi yang dapat membantu kesehatan jaringan mata, Rahim , Pembuluh darah dan kulit  seperti vitamin A yang didalamnya terdapat betakaroten, Vitamin C yang sama tingginya dengan jeruk dan vitamin K.
  • Antioksidan – Kurma muda mengandung senyawa yang dapat bertindak sebagai antioksidan kuat dan aktif dalam melindungi sel sel tubuh seperti zat hormon biostin, Zat beta D-glucan  dan zat neurohipofisa.

Manfaat dari nutrisi yang terkandung didalamnya :

  • Dapat meningkatkan kesehatan rahim dan organ kewanitaan wanita sehingga mencegah pendarahan dan keguguran sehingga cocok sebagai salah satu makanan penyubur kandungan alami dan tanpa efek samping.
  • Melancarkan proses persalinan  pada ibu hamil dan mengurangi rasa sakit pada rahim sehingga dapat menghemat waktu dan kondisi ibu cepat pulih kembali.
  • Meningkatkan kualitas terbaik dari ASI bagi ibu yang sedang menyusui sehingga bayi tetap dalam kondisi terbaiknya dan terhindar dari kekurangan gizi.
  • Menyehatkan jaringan pencernaan misalnya melancarkan saluran pembuangan terakhir (usus) sehingga melancarkan buang air besar. Kurma muda merupakan salah satu makanan untuk mengatasi sembelit paling ampuh.
  • Melindungi jaringan mata misalnya kornea dan retina sehingga menjaga kualitas penglihatan tetap dalam kondisi normal terhindar dari rabun senja, Rabun jauh atau pandangan berkabut.
  • Mencegah munculnya sel kanker dan mampu mencegah penyebaran sel kanker yang telah ada dalam tubuh agar tidak terus menyebar kebagian tubuh lain, Sehingga kanker bisa dilumpuhkan dengan pengobatan terapi atau kemoterapi relatif lebih cepat.  Perlu diketahui bahwa nanfaat dari buah kurma masih banyak dan baik bagi kesehatan dari hari kehari.

Cara konsumsi kurma muda

Tips cara mengkonsumsi kurma muda yang sederhana dan dapat dilakukan sendiri dirumah.

1.Ditumbuk halus

Kurma muda bisa ditumbuk hingga benar benar halus lalu tambahkan kuning ayam kampung, Susu untuk kemudian diminum secara rutin 2 kali sehari pagi dan sore.

2. Seduh

Cara mengkonsumsi kurma bisa juga dengan jalan diseduh setelah ditumbuk halus dan disaring. Tambahkan madu murni secukupnya serta susu dan air lemon. Minuman lezat dan kaya manfaat ini dapat dikonsumsi pagi dan malam hari sebelum tidur secara rutin.


3. Jus kurma, Tomat, Apel dan Wortel.

Buah kurma muda yang baru diambil dari pohonnya cenderung basah dan mudah untuk dihaluskan dengan cara diblender. Jangan lupa tambahkan dengan potongan tomat, Apel dan wortel tetapi tanpa penambahan gula atau madu. Jus sehat ini bisa diminum 2 kali sehari secara teratur.

4. Bubur

Kurma muda kering yang telah dibuat menjadi bubuk kurma bermanfaat untuk pembuaran bubur. Buatlah bubur nasi seperti biasa yang didalamnya ditambahkan bubuk kurma muda dan masukkan 2 sendok teh madu murni untuk meningkatkan citarasanya. Bubur kurma ini baik diberikan pada orang tua atau lanjut usia yang menderita stroke dan tekanan darah tinggi.

5.Jus  Kurma dan semangka

Menggabungkan buah kurma muda dengan semangka untuk dibuat jus adalah cara mengkonsumsi kurma muda yang benar dan sehat yang bisa diminum oleh usia muda, Dewasa dan orangtua guna melancarkan buang air besar, Kesehatan pencernaan dan melindungi kesehatan jaringan kulit yang berhubungan dengan perlindungan kolagen.

Demikian artikel mengenai cara konsumsi kurma muda, semoga informasi yang ada pada artikel ini dapt bermanfaat.

, ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Buah Sehat