45 Makanan Penyubur Kandungan Alami

Bagi pasangan yang baru saja menikah, tentunya sangat mengidamkan memiliki keturunan secepatnya, akan tetapi pada kenyataannya ada beberapa pasangan yang sudah menikah selama bertahun-tahun dan belum dikaruniai keturunan. Ini bisa saja terjadi karena asupan makanan yang kurang bergizi ke dalam tubuh calon ibu.

Para ahli juga masih berdebat tentang hubungan antara makanan dengan kehamilan, sebab pada kenyataannya wanita juga masih bisa hamil tanpa mengkonsumsi makanan untuk menyuburkan kandungan. Namun bagi wanita yang mengalami kesulitan hamil, asupan gizi yang diperbaiki bisa membantu dalam menyuburkan kandungan dan ini sejalan dengan beberapa peneliti yang pro terhadap hubungan makanan penyubur kandungan ini.

Berikut ini adalah kumpulan daftar makanan penyubur kandungan yang bisa kamu konsumsi serta bisa didapatkan dengan mudah.

Artikel terkait:

1. Kubis

Kubis atau kol yang sering diabaikan ini ternyata sangat baik untuk menyuburkan kandungan wanita karena dalam kubi mengandung diindolymethane yang merupakan salah satu zat kimia penting dalam metabolisme hormon estrogen sehingga akan ,mencegah terbentuknya endometriosis serta fibroid.

Fibroid merupakan keadaan dimana terjadi pertumbuhan benjolan pada rahim atau dikenal dengan istilah miom. Sementara endometriosis merupakan keadaan jaringan rahim atau endometrium yang posisinya berada di luar rahim.

2. Sayuran Hijau

Sayuran hijau sangat baik sebagai penyubur kandungan yang juga disarankan para ahli gizi dan menjadi sumber asam folat tinggi serta zat besi. Beberapa zat ini sangat penting untuk menyuburkan kandungan dan membantu perkembangan dari lapisan endometrium atau lapisan permukaan rahim tempat menempelnya embrio calon janin dan juga membantu menempel zigot ke rahim.

3. Brokoli

Brokoli terkenal sebagai sayuran yang sangat bermanfaat dan dipercaya sejak lama bisa membuat wanita lebih cepat hamil. Kandungan asam folat, zat besi dan berbagai nutrisi penting yang ada di dalam brokoli inilah yang menjadi penyubur kandungan secara alami. Sedangkan kandungan vitamin C akan berfungsi untuk ovarium agar sel telur bisa dimatangkan serta dibutuhkan dalam proses ovulasi.

4. Kentang

Dalam kentang mengandung vitamin B dan vitamin E yang sangat tinggi sehingga akan meningkatkan pembelahan sel serta membuat sel telur menjadi lebih sehat sehingga wanita bisa lebih cepat hamil. Sangat dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi kentang jika kamu sedang merencanakan untuk memiliki momongan.

5. Jeruk

Bukan rahasia lagi jika dalam buah jeruk mengandung vitamin C tinggi yang sangat baik untuk pelepasan sel telur dari ovarium. Beberapa buah jeruk yang baik untuk dikonsumsi adalah jeruk lemon dan jeruk nipis.

6. Nanas

Nanas mengandung mangan serta mineral yang berfungsi untuk produksi berbagai hormon reproduksi. Apabila kadar mangan rendah dalam seorang wanita, maka bisa terjadi infertilitas yang tentunya akan menghambat kehamilan.

7. Pisang

Buah pisang juga sangat disarankan untuk dikonsumsi sebagai cara menyuburkan kandungan. Dalam buah pisang sangat kaya akan vitamin B6 yang penting untuk melancarkan siklus menstruasi sekaligus meningkatkan kesuburan. Dengan teraturnya siklus menstruasi, maka akan terhindar dari infertilitas atau tidak subur dan juga komplikasi saat kehamilan.

8. Telur

Telur juga bisa dikonsumsi supaya kandungan bisa subur sebab mengandung banyak nutrisi seperti asam lemak omega 3, asam folat, kolin dan vitamin D. Kandungan nutrisi ini sangat dibutuhkan agar bisa lebih cepat hamil.

9. Tiram

Tidak hanya menjadi makanan yang lezat, tiram juga menjadi pilihan makanan tepat untuk menyuburkan kandungan sebab mengandung seng yang tinggi sehingga membantu pembentukan telur dan meningkatkan kesuburan.

10. Ikan Salmon

Untuk kamu yang senang makan ikan, ikan salmon bisa lebih banyak kamu konsumsi jika ingin hamil lebih cepat. Dalam ikan salmon mengandung asam lemak omega 3 serta berbagai nutrisi penting untuk meningkatkan kesuburan wanita.

Artikel terkait:

11. Jenis Kerang

Salah satu makanan laut nikmat yakni kerang juga sangat baik untuk di konsumsi sebagai penyubur kandungan karena mengandung vitamin B12 yang akan berguna untuk menjaga hormon estrogen supaya tetap dalam keadaan stabil dan berguna untuk implantasi atau pelekatan sel telur yang sudah dibuahi.

12. Kunyit

Salah satu jenis rempah yakni kunyit juga sangat baik dikonsumsi jika seorang wanita ingin menyuburkan kandungan. Dalam kunyit mengandung antioksidan yang tinggi sehingga sangat baik untuk meningkatkan kesuburan. Kamu bisa menambahkan kunyit ke dalam masakan atau membuatnya menjadi minuman lezat untuk di konsumsi.

13. Cabai

Cabai yang memiliki rasa pedas ini ternyata juga bermanfaat untuk menyuburkan kandungan. Cabai berguna untuk meningkatkan aliran darah sehingga pasokan darah ke dalam kandungan juga lebih lancar. Selain itu, cabai juga berguna untuk meningkatkan produksi endorfin atau hormon penghilang stress sehingga tubuh bisa lebih tenang dan secara otomatis kesuburan juga bisa lebih ditingkatkan.


14. Bawang Putih

Dalam bawang putih mengandung selenium yakni mineral yang akan melindungi tubuh wanita dari keguguran dini sehingga kesempatan untuk hamil bisa lebih ditingkatkan.

15. Biji Labu

Biji labu juga merupakan makanan untuk menyuburkan kandungan karena banyak mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan untuk kesuburan. Kandungan zinc yang ada pada biji labu akan berfungsi untuk pembelahan sel selama berada dalam tahap embrio.

16. Biji Rami

Dalam biji rami banyak mengandung asam lemak omega 3 serta lignin yang juga penting untuk meningkatkan kesuburan wanita. Lignin juga berperan untuk mengurangi ukuran fibroid.

17. Minyak Zaitun

Selain berguna untuk menjaga kesehatan jantung, minyak zaitun juga sangat baik untuk menyuburkan kandungan wanita. Kandungan lemak monounsaturated yang ada dalam minyak zaitun ini akan mengurangi radang pada tubuh sekaligus menjaga kehamilan serta mencegah timbulnya komplikasi.

18. Minyak Hati Ikan Cod

Minyak hati ikan cod mempunyai kandungan asam lemak omega 3 tinggi yang merupakan lemak sehat untuk pertumbuhan serta perkembangan masa kehamilan dan juga mencegah terjadinya komplikasi pada kehamilan. Jenis minyak sehat ini juga akan membuat hormon reproduksi tetap dalam keadaan stabil sehingga kesuburan wanita bisa lebih ditingkatkan.

19. Susu Murni

Susu murni memang memiliki banyak manfaat penting untuk tubuh termasuk menyehatkan kandungan wanita. Dalam susu murni mengandung lemak serta kalsium sehat yang berguna untuk meningkatkan kesuburan dan penting untuk proses kehamilan.

20. Kacang Almond

Salah satu jenis kacang yang bagus di konsumsi wanita untuk cepat hamil adalah kacang almond dan juga sangat direkomendasikan para ahli gizi. Kandungan vitamin E tinggi serta asam lemak omega 3 yang ada pada kacang almond juga sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kesuburan kandungan.

Artikel terkait:

21. Kecambah atau Tauge

Kecambah atau sering disebut dengan tauge juga sangat efektif untuk meningkatkan kesuburan kandungan karena memiliki kandungan vitamin E yang tinggi. Mengkonsumsi tauge secara rutin akan memperkuat kandungan wanita dan bisa memperbesar peluang untuk memiliki keturunan.

22. Selada Air dan Bayam

Dua jenis sayuran yakni selada air dan bayam tidak hanya murah dan sangat mudah untuk ditemukan, namun juga berkhasiat untuk menyuburkan kandungan. Kedua jenis sayuran ini sangat tinggi akan zat besi sehingga produksi sel darah merah bisa ditingkatkan dan sehingga proses kehamilan bisa dipercepat.

23. Wortel

Wortel adalah sayuran yang memiliki pigmen dan kaya akan kandungan beta karoten serta vitamin A. Dengan mengkonsumsi wortel secara rutin, maka kesuburan wanita akan lebih ditingkatkan dengan signifikan.

24. Labu

Selain wortel, labu juga merupakan sayuran yang menghasilkan pigmen yakni pigmen kuning. Dalam pigmen ini sangat tinggi akan vitamin A yang sangat penting untuk kesuburan kandungan wanita dan juga pria.

25. Tomat

Tomat yang adalah salah satu jenis sayuran serta buah ini memiliki kandungan vitamin C tinggi yang baik untuk mencegah kerusakan sel telur dan juga sel sperma karena radikal bebas sehingga baik untuk di konsumsi pria serta wanita. Sel sperma dan sel telur yang sehat akan memberikan peluang hamil yang lebih besar dan lebih cepat.

26. Asparagus

Asparagus akan terasa sangat nikmat apabila diolah menjadi sup. Tidak hanya enak, namun asparagus juga bisa meningkatkan kesuburan kandungan wanita dan juga kesuburan sel sperma pria. Vitamin serta asam amino yang terkandung dalam asparagus sangat baik untuk memperbaiki mood seseorang dan dengan keadaan pikiran yang tenang maka proses kehamilan juga bisa lebih ditingkatkan.

27. Daun Kemangi

Daun kemangi yang biasa dikonsumsi sebagai lalapan ini tidak hanya berguna untuk mencegah bau mulut dan bau badan saja, namun juga berguna untuk meningkatkan kesuburan kandungan wanita sebab kaya akan arginin yang menjadi zat penting untuk menguatkan sperma pada laki-laki. Sedangkan zat boron yang juga ada dalam kemangi akan meningkatkan hormon estrogen pada wanita dan menyehatkan organ reproduksi wanita.

28. Antanan

Dalam antanan sangat kaya dengan zat masdecassosside yang bermanfaat untuk membantu wanita dalam produksi kolagen dan regenerasi sel telur. Sedangkan kandungan karoten pada antanan sangat baik sebagai antioksidan untuk melindungi sel telur serta sperma dari radikal bebas sehingga sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan kesuburan kandungan wanita.

29. Jintan Putih

Jintan putih baik untuk menyuburkan wanita dan juga pria. Untuk mengolah jintan putih ini bisa dilakukan dengan cara di rebus dan airnya diminum sebanyak 2 kali dalam sehari.

30. Madu

Madu memiliki berjuta manfaat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan serta mengatasi berbagai penyakit. Madu yang tinggi akan asam amino juga akan meningkatkan reproduksi wanita serta pria. Sedangkan zat arginine berkhasiat untuk menyehatkan kandungan serta mempercepat laju dari sperma pada pria.

Artikel terkait:

31. Bawang Merah

Salah satu bumbu dapur yakni bawang merah juga sangat baik untuk menyuburkan kandungan karena mengandung antioksidan yang tinggi untuk menghalau radikal bebas pada sel telur dan sperma.

32. Alpukat

Alpukat tidak hanya berguna untuk perawatan kecantikan kulit serta rambut, namun juga berguna untuk menyuburkan kandungan. Agar bisa hamil, wanita memerlukan lemak nabati yang tinggi dan ini bisa didapat dalam buah alpukat. Selain itu, alpukat juga akan melancarkan menstruasi wanita sehingga menjadikan buah ini sangat baik untuk menyuburkan kandungan.

33. Kurma Kering

Kurma muda yang sudah dikeringkan juga sangat baik untuk membuat kandungan wanita menjadi lebih subur. Caranya, buang biji 60 gram kurma muda kering dan haluskan lalu campur dengan 1 gelas air dan minum sebanyak 3 gelas sehari.

34. Strawberry

Strawberry memiliki kandungan vitamin C tinggi seperti pada buah jeruk yang akan meningkatkan kualitas sel telur serta sperma sehingga terhindar dari penggumpalan sel telur serta sperma dan juga menyehatkan kandungan.

35. Kacang Tanah

Kandungan protein yang tinggi terdapat dalam kacang tanah dan juga mengandung antioksidan tinggi serta vitamin E yang akan melindungi sel telur dan sel sperma dari radikal bebas. Kamu bisa mengkonsumsi 100 gram kacang tanah setiap hari supaya kandungan bisa lebih subur.

36. Kacang Polong

Kesuburan kandungan juga bisa didapat dengan mengkonsumsi kacang polong secara rutin sebab mengandung antioksidan tinggi, protein dan juga vitamin E yang sangat baik untuk memperkuat kandungan dan juga membentuk kehamilan lebih cepat.

37. Kacang Mete

Vitamin E, zinc, protein serta antioksidan tinggi yang dibutuhkan untuk kesuburan kandungan bisa didapat dengan mengkonsumsi kacang mete secara rutin. Kandungan lemak serta protein yang ada dalam kacang mete akan menyuburkan kandungan, sementara zinc akan berperan untuk meningkatkan hormon testoterone untuk pria.


38. Biji Bunga Matahari

Dalam biji bunga matahari mengandung vitamin E yang bermanfaat untuk menyuburkan kandungan. Kamu bisa mengkonsumsi sebanyak 100 gram biji bunga matahari setiap hari untuk meningkatkan peluang kehamilan lebih cepat.

39. Gandum

Gandum adalah sumber karbohidrat dan serat tinggi yang tidak hanya berguna untuk program diet namun juga berguna untuk menyuburkan kandungan. Gandum utuh bisa kamu peroleh dari roti gandum, beras merah dan beberapa jenis lainnya.

40. Susu Kedelai

Protein tinggi terkandung di dalam susu kedelai yang sangat penting untuk menyuburkan kandungan wanita. Selain itu, susu kedelai murni juga mengandung lemak nabati, kalsium serta omega 3 yang juga sangat dibutuhkan tubuh supaya kandungan semakin sehat.

Artikel terkait:

41. Daging Ayam Tanpa Lemak

Daging ayam tanpa lemak memiliki kandungan protein yang sangat banyak dan ini dibutuhkan untuk kesuburan kandungan. Sedangkan lemak jahat banyak terdapat pada bagian kulit ayam sehingga harus dihindari untuk dikonsumsi wanita yang ingin memiliki momongan lebih cepat.

42. Yogurt

Yogurt yang merupakan salah satu produk dari susu ini juga sangat baik untuk melancarkan pencernaan serta menyuburkan kandungan. Kalsium tinggi serta lemak baik yang ada pada yogurt sangat penting untuk menyuburkan kandungan dan juga baik untuk di konsumsi ibu hamil.

43. Es Krim

Semua orang tentunya sangat menyukai makanan bercitarasa manis dan dingin ini. Ternyata, es krim juga sangat baik dikonsumsi supaya kandungan bisa lebih subur dan menghindari wanita dari stress berlebihan. Kandungan kalsium yang ada pada es krim akan membuat wanita juga lebih cepat hamil.

44. Coklat Hitam atau Dark Chocolate

Coklat hitam murni yang terasa pahit ini sangat baik untuk menyuburkan kandungan karena tinggi akan kandungan asam amino yang akan melindungi sel telur dari kerusakan. Sementara antioksidan akan berguna untuk mencegah gangguan kesuburan wanita.

45. Keju

Produk olahan susu selanjutnya yakni keju juga baik dikonsumsi wanita untuk meningkatkan kesuburan karena tinggi akan kalsium. Namun, keju yang harus dikonsumsi juga harus diperhatikan, yakni keju yang sudah mengalami proses pasteurisasi untuk menghilangkan bakteri yang terkandung dalam susu.

Demikian ulasan lengkap kali ini tentang nama makanan yang baik untuk dikonsumsi supaya kandungan bisa lebih subur. Beberapa makanan penyubur kandungan ini merupakan bahan alami yang tentunya sangat aman untuk dikonsumsi dan tidak akan menimbulkan efek samping.

, ,
Oleh :
Kategori : Makanan Sehat