Home Tips KesehatanKesehatan Wanita 8 Penyebab HCG Meningkat Pada Wanita Tidak Hamil

8 Penyebab HCG Meningkat Pada Wanita Tidak Hamil

by Gin Aini

Human Chorionic Gonadotrophin (HCG) merupakan hormon glikoprotein yang diproduksi oleh sel-sel yang membentuk plasenta. Pembentukan plasenta tersebut terjadi pada wanita hamil sehingga wanita hamil akan mengalami peningkatan HCG dalam tubuh mereka. Hormon HCG ini akan terus meningkat pada tubuh ibu hamil sampai usia kehamilan 70 hari, kemudian akan menurun sampai masa kehamilan selesai. Meningkatnya hormon HCG pada ibu hamil merupakan suatu kondisi yang normal.

Kondisi meningkatnya hormon HCG ini yang memberikan efek morning sickness pada ibu hamil yang sering ditandai dengan timbulnya rasa mual dan muntah. Setelah melahirkan kondisi hormon HCG ini akan kembali normal. Selain pada ibu hamil, ternyata wanita yang tidak sedang hamil pun dapat mengalami peningkatan hormon HCG. Untuk lebih jelasnya akan diuraikan beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya peningkatan hormon HCG dalam tubuh selain pada wanita hamil.

Berikut ini akan dijelaskan beberapa faktor penyebab HCG meningkat pada wanita tidak hamil :

1. Penggunaan Obat Kesuburan

Obat kesuburan memang dapat dikonsumsi oleh wanita yang mengalami masalah pada kesuburannya dengan tujuan untuk mengatasi masalah tersebut dan mendapatkan keturunan. Akan tetapi, obat kesuburan dapat meningkatkan kadar HCG dalam tubuh. Jika ingin meningkatkan kesuburan maka lebih baik menggunakan bahan alami yang aman dan justru akan menyehatkan. Bahan-bahan alami seperti bahan yang digunakan untuk membuat jamu atau sayuran yang mengandung vitamin E dapat meningkatkan kesuburan tanpa menyebabkan efek samping pada kesehatan tubuh. Sayuran yang mengandung vitamin E seperti kacang panjang dan taoge.

artikel terkait: makanan untuk kesuburanmakanan yang mengandung vitamin E dan manfaatnyabuah yang mengandung vitamin E tinggi

2. Penggunaan Obat Parkinson

Penggunaan obat parkinson ternyata dapat menimbulkan efek samping berupa peningkatan kadar HCG dalam tubuh. Oleh karena itu, jika masih ada obat atau alternatif lain sebaiknya lebih diutamakan dibandingkan dengan langsung mengonsumsi obat parkinson. Penyakit parkinson merupakan penyakit yang menyerang daerah saraf dan dapat menimbulkan beberapa gejala seperti tangan gemetar saat istirahat, kesulitan saat akan mulai bergerak, mata sulit berkedip, langkah kaki menjadi kaku, serta otot menjadi kaku. Obat parkinson ada yang alami, jadi untuk menjaga keamanan lebih baik memilih obat parkinson yang alami.

artikel terkait: penyebab parkinsoncara mencegah parkinson

3. Penggunaan Obat Diuretik

Penggunaan obat diuretik juga dapat menyebabkan efek samping tingkat HCG dalam tubuh menjadi meningkat. Obat diuretik merupakan golongan obat-obatan yang dapat meningkatkan laju aliran urine pada tubuh. Obat ini akan bekerja dengan mempercepat pembentukan urine di dalam tubuh. Ada lima golongan diuretik yaitu diuretik tiazid, diuretik loop, diuretik hemat kalium, diuretik penghambat karbonik anhidrase, dan diuretik osmotik.

artikel terkait: efek samping obat jangka panjangsering buang air kecilpenyebab sering buang air kecil dan diagnosisnya

4. Konsumsi Vitamin C Dosis Tinggi

Vitamin C sangat baik untuk kesehatan tubuh. Akan tetapi vitamin C dengan dosis tinggi sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh karena dapat meningkatkan kadar hormon HCG dalam tubuh. Vitamin C dengan dosis tinggi banyak didapatkan dari suplemen vitamin C. Kandungan vitamin C pada obat atau vitamin memang dapat dengan cepat meningkatkan kebutuhan vitamin tubuh, tetapi hal ini kurang baik untuk kesehatan karena dosis vitamin C tersebut terlalu tinggi.

Segala sesuatu yang terlalu berlebihan tidak baik, begitu pula dengan dosis vitamin C yang terlalu berlebihan. Untuk mendapatkan vitamin C guna memenuhi kebutuhan tubuh, maka konsumsilah vitamin C yang berasal dari buah asli selain rasanya yang lebih nikmat, kandungan vitamin C pada buah merupakan kandungan vitamin C yang baik dan dosisnya cukup. Beberapa buah dengan kandungan vitamin C antara lain tomat, jambu biji, jeruk, belimbing, pepaya, serta jambu.

artikel terkait: makanan yang mengandung vitamin C paling tinggibuah yang mengandung vitamin C super tinggi dan manfaatnyapenyakit akibat kekurangan vitamin C

5. Efek Samping Bahan-bahan Kimia

Makanan atau minuman yang kita konsumsi dari produk pabrik harus benar-benar diperhatikan dan diteliti komposisinya. Makanan produksi pabrik banyak yang mengandung bahan kimia baik itu pengawet, pewarna, atau penguat rasa. Efek samping bahan-bahan kimia tersebut dapat menyebabkan kadar HCG dalam tubuh tinggi yang akan berakibat pada gangguan kesehatan tubuh. Seiring dengan perkembangan zaman, bahan kimia juga tidak hanya terdapat pada makanan atau minuman tetapi juga pada berbagai produk yang dibutuhkan sehari-hari seperti perlengkapan mandi.

artikel terkait:

6. Pertumbuhan Sel yang Tidak Normal di Uterus

Pertumbuhan sel yang tidak normal yang ada pada uterus ini akan dapat menyebabkan tingkat HCG dalam tubuh menjadi tinggi. Oleh karena itu, jika terjadi pertumbuhan sel yang tidak normal maka perlu adanya perawatan yang lebih serius agar tidak mengganggu kesehatan tubuh.

artikel terkait: cara menghilangkan nyeri saat haidpenyebab darah beku saat haid

7. Kanker Uterus

Adanya kanker uterus dalam tubuh dapat menyebabkan kadar HCG tubuh meningkat. Kanker uterus merupakan kanker yang terdapat pada lapisan dalam rahim. Hal ini sangat membahayakan kesehatan rahim serta kesehatan tubuh khususnya kesehatan wanita. Kanker uterus mempunyai risiko tinggi bagi kesehatan yaitu mempengaruhi reproduksi wanita bahkan dapat menyebabkan risiko kematian.

artikel terkait: penyakit yang menyerang tuba fallopicara menjaga kesehatan organ reproduksi

8. Mola Hidatidosa

Mola hidatidosa merupakan salah satu penyebab meningkatnya kadar HCG dalam tubuh. Mola hidatidosa adalah kondisi dimasa awal pertumbuhan pada kehamilan. Penyakit ini terjadi bersumber dari plasenta atau jaringan janin. Penyebabnya bisa terjadi karena kelainan pada sel telur atau bisa juga terjadi karena ibu yang mengandung kekurangan asupan gizi.

artikel terkait: daftar penyakit kelainan medis A-Z

Demikian beberapa faktor yang dapat menjadikan kadar HCG dalam tubuh menjadi tinggi selain karena faktor atau kondisi sedang mengandung janin atau hamil. Kadar hormon HCG pada orang yang sedang tidak sedang hamil akan mengganggu kesehatan tubuh. Untuk itu, perlu dilakukan cara untuk mengatasi kadar hormon HCG tinggi dalam tubuh.

Cara Mengatasi Kadar HCG Tinggi

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan hormon HCG dalam tubuh sebagai berikut:

  • Konsumsi makanan yang mengandung vitamin A
    Makanan yang mengandung vitamin A dapat menurunkan kadar HCG pada orang yang mengalami tingkat HCG tinggi jika dikonsumsi secara rutin. Banyak makanan yang mengandung vitamin A dari jenis sayuran seperti wortel, ubi, labu kuning, dan paprika. Sedangkan dari jenis buah-buahan yang mengandung vitamin A seperti pepaya, buah naga, apel, anggur, dan mangga. [artikel terkait: makanan yang mengandung vitamin A super tinggi]
  • Kemoterapi
    Jika telah berusaha menggunakan bahan-bahan alami seperti makanan yang mengandung vitamin A untuk menurunkan kadar HCG tubuh tetapi belum memberikan hasil, maka altenatif lain yang dapat dilakukan adalah cara kedua, yaitu dengan kemoterapi. Kemoterapi memang lebih banyak digunakan untuk menyembuhkan penyakit kanker, tetapi tingginya HCG dalam tubuh juga dapat diturunkan dengan menggunakan kemoterapi. Ada banyak macam jenis kemoterapi dalam usaha menyembuhkan. Untuk menyembuhkan HCG yang meningkat dapat dikonsultasikan ke dokter dan dokter akan melakukan pemeriksaan fisik lalu memutuskan kemoterapi yang paling tepat untuk dilakukan.

You may also like