Home Tips KesehatanKesehatan Otak 42 Makanan yang Baik untuk Otak Anak dan Dewasa

42 Makanan yang Baik untuk Otak Anak dan Dewasa

by Erlita

Makanan bernutrisi sangatlah menguntungkan di mana makanan yang tepat juga bisa meningkatkan daya ingat sekaligus kecerdasan seseorang. Ada banyak makanan bergizi yang dapat Anda konsumsi memang, tapi makanan yang baik untuk otak adalah yang akan dibagikan kali ini daftarnya. Makanan-makanan di bawah ini adalah makanan yang bisa menjadi prioritas Anda ketika hendak meningkatkan kesehatan dan fungsi otak.

(Baca juga: makanan untuk otak anak)

1. Almond

Jenis kacang ini mungkin hanya diketahui sebagai bahan makanan yang baik untuk dimasukkan ke dalam menu diet Anda. Padahal kacang almond memiliki segudang kebaikan, tak terkecuali membuat otak berfungsi jauh lebih baik. Ini karena adanya kandungan asam lemak omega-3 yang cukup tinggi di dalamnya.

Tak hanya itu, almond pun menawarkan vitamin E yang termasuk tinggi di mana fungsinya bukan hanya bagus untuk kulit. Vitamin E pada almond memiliki fungsi melindungi otak sehingga otomatis otak akan terus terjaga kesehatannya. Untuk fungsi otak yang lebih baik, almond bisa Anda jadikan cemilan sehat secara rutin.

2. Kedelai

Sudah pasti kita tahu bahwa kedelai merupaka bahan dasar untuk membuat tahu dan juga tempe yang sangat menyehatkan tubuh. Perlu diketahui bahwa kedelai adalah bahan yang turut mampu meningkatkan kecerdasan otak seseorang. Maka dari itu, Anda bisa mengonsumsi tahu serta tempe secara sering dan rutin untuk fungsi otak jauh lebih baik.

Kedelai jugalah bahan yang diketahui menawarkan sifat anti-aging alias anti penuaan dini, maka sangat cocok juga dikonsumsi oleh para wanita yang usianya sudah di atas 30 tahun. Lemak nabati di dalam kedelai serta beragam jenis vitamin pun mampu menjadikan tubuh seluruhnya menjadi sehat.

(Baca juga: makanan dan minuman yang berbahaya untuk otak)

3. Bawang Putih

Walau dikenal sebagai bumbu dapur atau makanan yang menyehatkan di mana dapat menjauhkan kita dari penyakit tekanan darah tinggi dan penyumbatan pembuluh darah, banyak orang menghindari bawang putih. Aromanya yang begitu khas dan kurang menjadi favorit adalah salah satu alasannya.

Walau ada efek samping bawang putih yang harus Anda ketahui, penting juga untuk mengenal manfaat bumbu dapur ini sebagai salah satu makanan yang sangat baik dalam merangsang peredaran darah di organ otak manusia. Makanlah bawang putih setengah siung saja per harinya supaya persentase oksigen pada sel otak dapat meningkat dengan baik.

4. Bit

Bit merupakan salah satu jenis sayuran umbi yang sangat bagus untuk kesehatan otak. Otak akan menjadi lebih kuat dan sehat dengan mengonsumsi bit secara teratur karena di dalam bit terkandung nitrit yang bakal diubah oleh tubuh menjadi nitrat. Nitrat inilah yang diketahui dapat membantu menaikkan suplai oksigen dan darah menuju otak. Sebuah hasil studi menunjukkan bahwa ada peningkatan performa otak pada orang berusia 70 tahun ke atas sesudah mengonsumsi jus bit setiap hari.

5. Nanas

Buah satu ini memang tak banyak yang menggemari karena rasanya yang agak asam, tapi nanas adalah buah yang baik untuk otak. Penting untuk diketahui bahwa di dalam nanas ada zat baik, yakni triptofan di mana salah satu fungsinya adalah untuk merileksasi otak.

Jenis asam amino ini mampu memberikan ketenangan pada seseorang di mana juga menginduksi relaksasi pada otak. Hanya saja, mengonsumsi nanas secara berlebihan tidak dianjurkan sama sekali. Bila pun ingin mengonsumsi setiap hari, pastikan Anda makan 250 gram, entah itu yang sudah diolah atau yang masih segar.

(Baca juga: jenis penyakit yang menyerang otak)

6. Kemangi

Untuk kebaikan otak, kemangi juga merupakan salah satu makanan yang tepat untuk dikonsumsi. Jika Anda suka lalapan, maka kemangi merupakan sebuah keuntungan bagi Anda. Selain dapat mengatasi bau mulut, kemangi akan meningkatkan daya konsentrasi, menghilangkan kecemasan atau suasana hati yang buruk serta memberikan ketenangan pada pengonsumsinya.

7. Pala

Banyak pikiran dan akhirnya membuat hati tak tenang juga segalanya berasal dari otak. Pala dengan kandungan minyak esensialnya sangat membantu dalam meningkatkan suasana hati yang baik. Tak hanya itu, pala baik bagi otak karena mampu membuat seseorang lebih berkonsentrasi selain memberikan kesegaran bagi hati pengonsumsinya.

Untuk mengonsumsinya dengan benar, Anda bisa memasukkan beberapa jumput pala tersebut ke dalam air yang sudah dicampur gula. Atau secara alternatif, Anda bisa juga menggunakan pala sebagai bumbu ketika memasak seperti biasa. Kedua cara tersebut akan terbukti efektivitasnya untuk membuat kinerja otak meningkat dengan baik.

8. Alpukat

Buah alpukat adalah buah yang kaya akan vitamin dan mineral, maka tak heran kalau di dalamnya terdapat kalium, zat besi, hingga vitamin B6 yang efektif dalam mencegah rusaknya saraf. Untuk kesehatan sistam saraf otak, mengonsumsi setidaknya 1 ½ buah alpukat per hari adalah ide yang baik dan bahkan lebih dianjurkan.

(Baca juga: minuman penyebab pengerasan otak)

9. Pisang

Makanan berupa buah selanjutnya yang sangat bermanfaat bagi otak adalah pisang. Pisang tak hanya baik untuk diet saja, tapi ada 1,7 mg serotonin yang dipasok dengan mengonsumsi pisang 100 gram setiap harinya. Dengan pasokan serotonin ke dalam tubuh itulah, otak akan jauh lebih mampu untuk berkonsentrasi.

Ingat juga bahwa serotonin merupakan salah satu hormon yang dapat memunculkan suasana hati yang baik. Seseorang bisa merasa bahagia tak lepas dari peran serotonin ini, jadi Anda sebaiknya memakan pisang setiap hari 1-2 buah untuk otak yang sehat dan hati yang bersuasana baik. Kinerja otak dijamin mengalami peningkatan juga jika memakannya rutin.

10. Seledri

Jenis sayur satu ini tak banyak yang suka, tapi paling sering digunakan, apalagi saat Anda membeli bakso, sup dan soto. Sayuran ini sebaiknya tidaklah diremehkan karena selain bagus sebagai obat herbal darah tinggi, fungsi otak juga dapat ditingkatkan dengan mengonsumsinya. Jika Anda sering migrain pun, konsumsilah seledri untuk mengobatinya.

Seledri juga adalah sayur yang baik karena terbukti mampu membantu konsentrasi dan proses berpikir ditambah juga mampu menghilangkan rasa khawatir dan cemas. Anda bisa mengonsumsinya dengan mencampurkan ke dalam masakan sayuran Anda, membuatnya menjadi salad, atau dibuat sebagai minuman jus. Jus seledri setiap hari 2 gelas sudah cukup untuk membuat Anda memperoleh manfaatnya.

(Baca juga: akibat kekurangan cairan otak)

11. Madu

Untuk otak, madu juga adalah jenis makanan yang baik karena memang di dalamnya kaya akan nutrisi. Pilih madu yang murni karena pada madu yang organik selalu terdapat vitamin dan mineral lebih tinggi, berikut juga enzim perangsang kinerja otak. Bio-hormon juga ada di dalam madu sehingga akan membantu menghilangkan stres serta meningkatkan konsentrasi.

Yang perlu dilakukan adalah mengonsumsi madu murni sebanyak 2 sendok makan setiap harinya sesudah sarapan. Hal ini pasti akan memberikan Anda keajaiban yang luar biasa jika dilakukan secara rutin tanpa bosan. Bahkan madu akan sangat berguna dalam meningkatkan selera makan serta meningkatkan daya tahan tubuh.

12. Kunyit

Di dalam kunyit ada kandungan kurkumin tinggi yang mempunyai sifat anti-inflamasi di mana penelitian pun menunjukkan bahwa kurkumin sangatlah baik untuk otak. Tugas dari senyawa tersebut adalah sebagai pencegah penimbunan beta amiloid pengganggu kinerja otak pada pengidap alzheimer. Kurkumin sendiri adalah zat yang juga baik untuk meningkatkan daya ingat serta menjadi stimulator terbentuknya sel baru otak.

13. Brokoli

Sebagai salah satu makanan yang mengandung vitamin K, brokoli adalah sayuran ajaib yang bisa membuat fungsi kognitif otak meningkat. Vitamin K adalah jenis vitamin yang mampu meningkatkan kemampuan penyerapan instruksi verbal pada seseorang. Kolin yang tinggi di dalam brokoli juga penting untuk membentuk sel baru otak.

Sebuah hasil studi mengemukakan bahwa kolin yang dikonsumsi sewaktu hamil akan memengaruhi anak yang lahir nantinya memiliki fungsi kognitif, kemampuan daya ingat dan kemampuan belajar yang baik. Kolin jugalah yang akan menjadi pencegah penurunan daya ingat pada orang yang sudah lansia. Sedangkan untuk sifat antioksidannya, ini akan memberikan perlindungan pada otak dari kerusakan.

(Baca juga: akibat kelebihan cairan otak)

14. Gandum Murni

Yang paling baik adalah karbohidrat kompleks dan salah satu sumber terbaiknya adalah gandum murni. Oatmeal, beras merah, serta roti yang terbuat dari gandum utuh adalah yang terbaik karena menawarkan indeks glikemik rendah. Dengan demikian, itu artinya kadar gula darah dapat senantiasa terkendali.

Pentingnya untuk otak adalah, gandum utuh atau murni mampu meningkatkan kekuatan otak. Telah dibuktikan melalui penelitian dari Chinen dan Cueto, anak-anak sekolah yang sarapan dengan gandum murni ternyata memperoleh nilai yang tinggi. Mereka terbukti memiliki memori yang sangat baik dan kemampuan kognitif yang tinggi.

15. Tomat

Untuk ingatan jangka panjang dan fungsi kognitif yang baik, zat pemberi warna merah pada tomat adalah salah satu yang terbaik. Karotenoid adalah namanya dan diketahui pula memiliki kandungan antioksidan yang memberikan perlindungan bagi sel otak dari kerusakan. Mengonsumsi tomat juga mampu mencegah risiko alzhemer dan demensia.

16. Blueberry

Sebuah hasil studi, tepatnya berasal dari Reading University, Inggris, menyatakan bahwa blueberry merupakan jenis buah yang memiliki sifat antioksidan yang menjadi stimulator sirkulasi darah serta oksigen menuju otak. Bila mengonsumsi jus blueberry atau buahnya secara langsung, konsentrasi tetap terjaga dan otak pun tetap selalu dalam kondisi yang segar.

(Baca juga: bahaya alzheimer)

17. Bayam

Sudah diteliti bahwa asupan zat besi yang kurang pada tubuh mampu menjadikan seseorang sulit berkonsentrasi, mengingat dan berpikir. Itulah mengapa penting adanya untuk mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi tinggi. Salah satu sumber zat besi di sini tentunya adalah bayam yang juga diketahui kaya akan asam folat di mana bagus untuk meningkatkan kesehatan fungsi otak.

18. Blackcurrant

Di Selandia Baru telah ada hasil studi yang menyatakan bahwa untuk mengurangi lelah mental dan meningkatkan konsentrasi, blackcurrant adalah makanan yang baik. Ada pula penelitian lain yang sudah membuktikan bahwa blackcurrant mampu menjadi penangkal kerusakan sel otak yang mampu menjadi faktor pemicu alzheimer. Mengonsumsi blackcurrant dijamin baik dan akan menekan potensi tekanan oksidatif perusak sel otak manusia.

19. Yogurt

Sebagai sumber makanan berprobiotik tinggi, tubuh memang akan menjadi lebih sehat setelah mengonsumsi yogurt berkat bakteri baiknya. Meski dikenal baik untuk gangguan pencernaan, yogurt juga mampu menjadi peningkat kesehatan serta fungsi otak.

Pada dasarnya, yogurt mengandung vitamin B yang termasuk tinggi dan juga probiotik dalam jumlah besar. Tak hanya baik bagi pencernaan, kandungan-kandungan tersebut juga penting dalam mendukung pertumbuhan sempurna jaringan otak, enzim serta neurotransmitter. Jadi, tak ada salahnya kalau Anda mulai mengonsumsi yogurt secara rutin.

20. Ikan Salmon

Seperti kita tahu, sumber omega-3 yang terbilang besar adalah dari ikan salmon. Untuk menutrisi otak, omega-3 sangatlah bermanfaat dan ikan salmon akan memberikannya bagi tubuh dan otak Anda. Tumbuh kembang otak pada anak akan lebih sempurna jika sering mengonsumsi ikan salmon sehingga nantinya sang buah hati berpikir secara cepat dan tajam serta cerdas.

(Baca juga: pembuluh darah pecah di otak)

Makanan Lainnya yang Baik untuk Otak

Masih ada daftar makanan dan minuman lainnya yang baik untuk otak. Di bawah ini merupakan daftar makanan yang bisa juga Anda masukkan ke dalam daftar menu diet supaya otak senantiasa segar dan berfungsi secara optimal.

  1. Susu
  2. Selai kacang.
  3. Coklat hitam.
  4. Telur
  5. Buah ceri.
  6. Blackberry
  7. Stroberi
  8. Wortel
  9. Cabe
  10. Asparagus
  11. Teh hijau.
  12. Minyak zaitun.
  13. Ikan herring.
  14. Kale
  15. Makarel
  16. Kimchi
  17. Tuna
  18. Kacang kenari.
  19. Sarden
  20. Ikan kembung.
  21. Minyak kelapa.
  22. Biji labu.

(Baca juga: bahaya menelpon terlalu lama)

Demikianlah daftar makanan yang baik untuk otak yang bisa Anda pertimbangkan sekaligus coba untuk mengonsumsinya rutin. Untuk daya ingat kuat, kecerdasan anak, serta pencegahan kerusakan fungsi dan sel otak, makanan-makanan inilah yang bisa menyelamatkan Anda.

You may also like