16 Jenis Penyakit Yang Menyerang Otak dan Sangat Mematikan

9322

Jenis penyakit yang menyerang otak banyak macamnya tetapi memiliki pengaruh buruk yang sama pada kesehatan jaringan kepala terutama otak.
Otak merupakan organ penting dan harus dilindungi dari kerusakan, Karena didalam otak terdapat pembuluh darah sebagai pusat pengendalian pergerakan tubuh. Jika otak dalam kondisi rusak maka akan mempengaruhi kualitas fungsi jaringan tubuh lain yang menyebabkan munculnya keluhan kesehatan. (Baca juga : Tips mudah menjaga kesehatan otak super cepat )

Jenis Penyakit
Ada 16 Jenis penyakit yang menyerang otak

1. Alzheimer
Alzheimer merupakan penyakit yang awalnya berupa menurunnya daya ingat seseorang,Hilangnya intelektual secara dratis, Kesulitan untuk bicara dan tidak mampu menganalisa suatu peritiwa yang sedang dialaminya.
Baca juga :7 bahaya alzheimer bagi otak dan kesehatan

2. Parkinson
Parkinson yang awalnya ditandai dengan tubuh yang mulai limbung dan tak mampu berdiri atau berjalan dengan normal, Tubuh gemetaran dan tangan terus bergerak, Kondisi tersebut adalah indikasi bahwa otak telah mengalami penurunan dopamine sebanyak 80 persen lebih.
Baca juga :cara mencegah Parkinson

3. Meningitis
Otak yang mengalami peradangan parah karena iritasi dapat menyebabkan kerusakan membran pelindung dari sistem saraf saraf pusat atau pada otak bagian dalam. Meningitis merupakan selaput halus yang merlapisi otak dan saraf tulang belakang yang fungsinya agar otak tetap sehat. Jika selaput terserang bakteri dan virus maka akan timbul peradangan yang menyebabkan munculnya penyakit meningitis. Meningitis adalah termasuk jenis penyakit yang menyerang otak paling banyak menyerang manusia.
Baca juga : penyebab Meningitis pada anak dan orang dewasa

4. Kanker otak
Adanya aktifitas sel sel dalam otak yang mengalami pertumbuhan yang abnormal akibat serangan radikal bebas diman sel tersebut menjadi sel kanker yang memicu penyakit kanker otak

5. Tumor otak
Tumor adalah segumpal daging lunak yang bersifta jinak namun jika mengalami pertumbuhan akan menghasilkan ukuran yang besar. Tumor yang tumbuh pada jaringan otak berpotensi menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah dan jika tidak segera mendapat penanganan secar medis maka seseorang menderita tumor otak yang bisa berubah menjadi ganas.

6. Dimensia
Dimensia atau penurunan fungsi otak yang diawali dengan gejala unik yaitu menyebabkan seseorang sering berkhayal, Sering melamun, tersesat atau menderita kepanikan secara tiba tiba. Kondisi tersebut disebabkan adanya kerusakan saraf otak yang terjadi pada beberapa bagian otak misalnya otak besar, Otak tengah dan otak kecil.

7. Stess berat
Stres adalah penyakit perubahan suasana hati yang mempengaruhi saraf pada kepala menjadi tegang, kaku dan mengerut. Kondisi ini dapat menyebabkan seseorang terserang penyakit kepala yang luar biasa yang datang dan timbul secara tiba tiba.
Baca juga : cara menghilangkan stres berat dengan cepat

8. Otak lumpuh sementara
Jenis penyakit yang menyerang otak paling sering dan umum dialami manusia adalah kelumpuhan otak sementara yang menyebabkan seseorang kehilangan kemampuannya dalam mengontrol gerakan tubuhnya. Kondisi ini disebabkan karena saraf saraf pada otak besar mengalami cedera, Luka dan peradangan akibat benturan keras.

9. Skizofenia
Skizofenia adalah penyakit yang disebabkan karena ketidakseimbangan sel sel kimia dalam otak dimana seseorang menderita kesulitan untuk membedakan sesuatu yang nyata dan tidak nyata dan Selalu berhalusinasi.

10 Eilepsi
Epilepsi merupakan penyakit yang berhubungan dengan ketidakseimbangan sinyal elektrik otak dan lambatnya respon sehingga memicu kejang kejang dan penurunan kesadarn diri. Hal ini karen asaraf saraf otak ikut terganggu.
Baca juga : penyebab Epilepsi pada anakj, Bayi dan orang dewasa

11.Vertigo
Vertigo adalah penyakit kepala yang dirasakan seseorang seperti sedang berputar putar. Kondisi tersebut menyebabkan keseimbangan tubuh menjadi terganggu sehingga membuat seseorang menjadi sulit untuk berkonsentrasi dalam beraktifitas dan mengalami kesulitan ketika berjalan.


Baca juga : cara menyembuhkan Vertigo secara alami

12.Ataxia
Kerusakan otak kecil akibat benturan hebat yang menyebabkan seseorang tidak mampu mengenali dirinya sendiri atau orang lain. Nmaun jika ditangani secara medis maka ketidakseimbangn otak kecilnya akan berangsur pulih kembali.

13. stroke
Stroke yang tak kunjung sembuh dapat menyumbat pembuluh darah menuju otak yang menyebabkan iritasi , Peradangan dan pembengkakn kronis hingga menyebabkan seseorang kehilangan kemampuan motorik dan menurun kecerdasan. Stroke adalah salah satu jenis penyakit yang menyerang otak pada anak anak dan orang dewasa.

14.Migrain
Sakit kepala sebelah atau migrain yang terus menerus datang setiap hari harus segera diobatio pada dokter yang terkait agar tidak menimbulkan mual, Muntah muntah, Penglihatan berkurang dan mengalami stres berat. Migrain biasaanya dialami oleh orang orang yang sering begadang, Alkoholik atau pecandu rokok.

15.Hidrosefalus
Hidrosefalus adalah pengendapan cairan yang berdaa dalam tengkorak kepala yang mengalami reaksi peradangan dan pendarahan. Aliran cairan serebrospinal membasahi sumsum tulang belakang dan jaringan otak yang sebenarnya berfungsi menyebarkan nutrisi makanan menuju otak. Jika aliran tersebut tersumbat karena adanya peradangan maka otak akan akan merasa tertekan .

16.Hipertensi berat
Penyakit darah tinggi yang tidak mendapat penanganan medis dapat menyebabkan aliran darah tersumbat dan mengalami ketegangan otot seputar kepala. Teakana darh yang terlalu tinggi mempengaruhi kelancaran oksigen untuk masuk okepembukluh darah otak. Kondisi tersebut dapat memicu muncuknya stroke ringan.

Resiko

Ada 5 kebiasaan buruk pemicu munculnya gangguan otak

1. Tidak sarapan pagi
Sarapan pagi selain memberikan energi agar tubuh siap melakukan aktifitas dapat juga menutrisi otak untuk berfikir. Membiasakan tidak sarapan pada pagi hari dapat menyebabkan kadar gula dalam darah menurun dratis. Tanpa adanya gula yang cukup dalam darah maka tudak ada nutrisi yang akan disebarkan kealiran darah menuju otak, Akibatnya otak akan mengalami ketegangan ketika dipaksa untuk berfikir.

2. Kebiasaan merokok
Asap rokok dapat menyebabkan iritasi pada pembuluh darah menuju otak dan menyumbat peredaran darah seputar kepala. Otak yang tercemar zat nikotin dapat timbul peradngan dan pendarahan yang memicu kerusakan saraf saraf diotak.

3. Kebiasaan minum alkohol
Alkohol bersifat tajam, panas dan mampu membuat lubang dan luka serta radang pada selaput otak. Mengkonsumsi alkohol setiap hari dapat mengganngu keseimbangan saraf saraf dan menyumbat aliran darah menuju otak, Kondisi ini menyebabkan seseorang kehilangan berfikir jernih dan sulit mengendalikan emosi. Jika seseorang terus menerus minum minuman yang mengandung alkohol maka fungsi otak akan mengalami kemunduran yaitu otak kehilangan kecerdasannya.

4. Begadang
Orang dewasa yang terbiasa begadang dan tidak pernnah tidur selama 6 sampai 8 jalan perharinya menyebabkan aliran darah menuju otak jadi tidak lancar dan mempersulit oksigen masuk dengan jumlah yang memadai kepembuluh darah otak, Akibatnya seseorang akan seriung terserang sakit kepala yang berulang.

5. Terlalu banyak gula
Hentikan pemakaian banyak gula pada makana dan minuman untuk mencegah meningkatnya kadar gula dalam darah yang memicu seseorang terserang diabetes. Gula berlebih yang tidak bisa dipecah dalam tubuh beresiko akan menumpuk dan mengendap pada jaringan otak yang nantinya dapat menyumbat aliran darah dan menyebabkan otak tidak mendapat cukup darah yang berisi oksigen. Akibatnya fungsi otak akan terganggu termasuk kemunduran motorik seseorang. Jenis penyakit yang menyerang otak dapat muncul karena tingginya kadar gula daalm darah.

Faktor
Ada 5 Faktor penyakit tertentu yang berpotensi merusak jaringan otak

1. Penderita hipertensi berat
Penyakit darah tinggi yang tidak kunjung sembuh dan selalu mengalami peningkatan dapat memicu kerusakan pembuluh darah pada otak, Karena pada dasarnya tekanan darah yang terlalu tinggi mempengaruhi langsung terhadap kelancaran aliran darah menuju otak.

2. Stres berat
Stres yang berkepanjangan dapat memicu ketegangan dan kaku otot serta saraf saraf seputar kepala. Pembuluh darah menuju kepala akan mengalami tekanan jika saraf saraf kepala mengalami gangguan, Kondisi tersebut dapat menyebabkan seseorang terserang sakit kepala berulang.

3. Kolesterol terlalu tinggi
Seseorang yang mempunyai kadar kolesterol tinggi yang tidak berusaha untuk menurunkannya maka secara bertahap dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah dan aliran darah pada otak .

4. Luka dalam pada kepala
Seseorang yang pernah mengalami kecelakaan dan mengalami cedera pada kepalnya awalnya tidak akan meras ada kelain pada kepalnya. Nmaun jika diperiksa lebih lanjut pada tim kesehatan yang terkait maka akan terlihat lewat rontgen bahwa kepala bagian dalam telah menderita memar dan luka yang dapat mempengaruhi fungsi otak.

5. Faktor genetik
Jika salah satu orangtua menghidap penyakit kanker maka 60 persen keturunannya akan berpotensi memiliki resiko nuntuk mengidap penyakit yang sama termasuk kanker yang menyerang otak.

Penanganan 1
Ada 5 buah buahan terbaik yang dapat mencegah gangguan otak

1. Apel
Dalan satu buah apel terdapat vitamin, Mineral serat dan zat quercetin yang memiliki kemampuan melindungio sel sel otak dari kerusakan yang diakibatkan serangan radikal bebas dan mampu pula memperkecil resiko terserang alzheimer.

2. Jeruk
Apapun buah jeruk memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan senyawa flavonoids yang bertindak sebagai antioksidan aktif yang mampu melindungi saraf saraf otak dari serangan bakteri atau virus yang terbawa lewat udara maupun makanan.

3. Alpukat
Buah alpukat mengandung serat, Vitamin E dan lemak tak jenuh yang mampu melancarkan aliran darah menuju otak dan dapat mempercepat oksigen masuk kepembuluh darah otak dan mampu pula menurunkan tekanan darah sehingga saraf saraf otak tidak mengalami ketegangan.

4. Tomat
Tomat mengandung Lycopene yang sangat tinggi dan bertindak sebagai aktioksidan aktif untuk memblokir penumpukan radikal bebas pada jaringan otak yang dapat menyebabkan munculnya gejala penyakit parkinson, Alzheimer dan migrain yang beruklang.

5. Delima
Buah delima tua mengandung vitamin B komplek, Vitamin C, Zat besi, Kalsium, Magnesium dan Fosfor yang dapat melancarkan aliran darah menuju otak.

Penanganan 2
Ada 5 bumbu dapur terbaik yang dapat mencegah gangguan otak

1. Kunyit
Kunyit dapat dibersihkan lalu diparut dan diambil airnya lalu tambahkan air secukupnya dan gula aren aatau madu serta air lemon. Minuman nikmat tersebut dapat dikonsumsi setiap hari karena kunyit dapat mengatur kadar gula dalam darah agar tetap stabil dan mencegah penyumbatan gula berlebih pada pembuluh darah menuju otak

2. Bawang putih
Bawang putih memiliki kandungan anti bakteri, Anti inflamasi dan anti kanker yang dapat meningkatkann fungsi otak menjadi lebih baik. Bawang putih bisa ditambahakan pada menu masakan kesukaan untuk pencegahan kerusakan otak akibat penyumbatan pembuluh darah menuju otak karena gumpalan kolesterol. Bawang putih mampu menghancurkan penumpukan kolesterol pada pembuluh darah menuju otak. Bawang putih terbukti dapat mengatasi jenis penyakit yang menyerang otak, Misalnya migrain dan Vertigo.

3. Jahe
Jahe dapat diibuat menjadi minuman segar yang ditambahkan dengan madu dan air lemon. Minuman tersebut dapat dikonsumsi setiap hari guna pencegahan kerusakan otak akibat penumpukan kolesterol dan gula berlebih pada aliran darah atau pembuluh darah menuju otak

4. Kayu manis
Kayu manis bubuk dapat ditambahkan secukupnya pada menu masakan sedangkan kayu manis batangan dapat dimasukan pada minuman kesukaan anda misalnya teh hangat atau minuman jahe. Kayu manis dapat meningkatkan daya ingat dan Meningkatkan kecepatan dalam berfikir . Kayu manis termasuk bumbu masakan yang paling cepat menyembuhkan jaringan otak yang terkena radang dan dapat mengatasi jenis penyakit yang menyerang otak misalnya Vertigo dan dimensia.

5.Cabai
Cabai selain dapat meningkatkan kelezatan pada masakan, Ternyata cabai juga berguna untuk meningkatkan ketajaman memori dan meningkatkan intelektual seseorang dalam mengolah pikiranya menjadi lebih kreatif.

Pentingnya olahraga untuk kesehatan otak
Jenis penyakit yang menyerang otak apapun namanya dapat pula dicegah sedini mungkin dengan cara rajin melakukan olahraga. Olahraga yang teratur dapat melancarkan saraf saraf dan pembuluh darah seluruh tubuh termasuk otak. Olahraga dapat menyebabkan tubuh melepaskan racun melalui kerungat dan melepaskan ketegangan otot seputar kepala sehingga otak dapat menjadi lebih rileks dan ringan.
Baca juga : akibat kurang Olahraga pada tubuh dan kesehatan

Olahraga yang aman bagi kepala
Olahraga adalah salah satu cara paling ampuh untuk mengatasi jenis penyakit yang menyerang otak. Selama olahraga tersebut masih masuk dalam kategori olahraga aman dan tidak mengandalkan pukulan misalnya tinju, Adu balap sepeda atau panjat tebing maka bisa dipastikan cedera otak yang memicu gangguan pada otak dapat dihindari.

Pilihlan olahraga sederhana yang tidak mengandalkan gerakan gerakan yang berpotensi mencederai bagian kepala, Tetapi tubuh tetap mampu mengeluarkan energi dan mempercepat proses pembakaran lemak, Diantaranya: Lari atau jogging, jalan cepat, Yoga, Fitness, sit up dan Push up.

Pentingnya infomasi tentang jenis penyakit yang menyerang otak
Penting untuk memberikan pengertian dan pemahaman yang benar pada kawula muda tentang Jenis penyakit yang menyerang otak agar penyebab munculnya gangguan otak dapat dicegah sedini mungkin pada usia muda. Munculnya gangguan otak cenderung diakibatkan karena gaya hidup dan kebiasaan buruk yang dilakukan selama bertahun tahun misalnya merokok, Minum minuman keras dan lain lain.