Home MakananMakanan Sehat 9 Makanan Untuk Otak Anak Pintar

9 Makanan Untuk Otak Anak Pintar

by Ana Rohma

Masa kanak-kanak merupakan fase yang paling menentukan apakah mereka bisa sukses pada masa yang akan datang, yaitu masa remaja hingga masa tuanya kelak. Masa kanak-kanak dimulai sejak usia 4 atau 5 tahun ini membutuhkan banyak sekali nutrisi penting untuk perkembangan otaknya. Perlu anda ketahui, pada usia tersebut yang diawali empat atau lima tahun, hingga menginjak ke masa remaja, perkembangan yang terjadi yang paling signifikan adalah perkembangan otak dan juga kognitif mereka.

Untuk dapat mencukup kebutuhan otak anak tersebut, maka ada beberapa jenis makanan yang bisa anda berikan kepada anak anda, agar dapat membantu perkembangan otak dan juga kemampuan kognitif anak anda. apa saja makanan yang baik untuk otak anak? Berikut ini adalah beberapa jenis makanan dan juga bahan makanan yang baik untuk otak anak :

1. Salmon

Salmon merupakan salah satu jenis ikan yang paling baik untuk membantu mencukupi kebutuhan nutrisi bagi otak anak. Selain salmon, beberapa ikan lainnya seperti ikan bandeng dan juga beberapa ikan laut juga merupakan salah satu bahan makanan yang sangat penting untuk membantu perkembangan otak dari si anak. Hal yang dapat membantu perkembangan otak anak-anak dari jenis ikan salmon dan ikan laut lainnya, tidak lain dan tidak bukan adalah kandungan omega 3 nya.

Ya, omega 3 merupakan zat yang penting bagi perkembangan otak anak yang banyak terkandung di dalam ikan laut, seperti salmon dan juga bandeng. Beberapa penelitian memastikan bahwa omega 3 merupakan faktor penting yang membantu menstimulus otak dalam meningkatkan kemampuan kognitif. Ikan salmon juga sangat mudah diolah dan dibuat menjadi sup ikan, ikan bakar, tim ikan dan olahan ikan lain, yang tidak digoreng.

Tidak hanya baik untuk otak, namun salmon juga menjadi makanan yang sehat untuk :

2. Telur

Bahan makanan kedua yang memiliki manfaat penting untuk perkembangan otak anak adalah telur. Banyak jenis telur yang mengandung kolin. Antara lain adalah telur ayam, telur puyuh dan jenis telur lainnya. Kolin merupakan salah satu zat lainnya yang penting bagi perkembangan otak, terutama pada masa anak-anak. Hal ini berhubungan dengan kapasitas berpikir dan juga kapasitas memori.

Saat ini juga sudah dikembangkan telur yang memiliki kandungan omega 3 yang tinggi dan juga rendah kolesterol, sehingga sangat baik untuk kesehatan anak-anak anda. Yang terpenting adalah, olahan telur ini jangan terlalu sering digoreng. Ada baiknya telur ini direbus dan juga dikukus.

Telur ini juga sangat baik untuk kesehatan, termasuk untuk :

3. Kacang-Kacangan dan selai kacang

Makanan lainnya yang bisa diberikan pada anak-anak untuk membantu perkembangan otaknya adalah jenis kacang-kacangan dan juga biji-bijian. Berbagai macam makanan olahan dari kacang dan biji-bijian, seperti selai kacang. Kacang-kacangan merupakan makanan yang mengandung protein dan antioksidan yang tinggi. Manfaatnya yakni dapat membantu mengoptimalkan perkembangan sel-sel otak anak, sehingga baik untuk perkembangan kognitif anak.

Kacang-kacangan ini juga mengandung banyak manfaat yakni sebagai :

Namun demikian beberapa anak mungkin mengalami alergi terhadap kacang. Apabila anak anda diketahui menderita alergi terhadap kacang, jangan memberikan jenis kacang-kacangan dan biji-bijian pada anak anda.

4. Gandum

Ternyata, otak adari anak-anak ketika berkembang membutuhkan pelepasan asupan glukosa yang stabil dan juga konstan. Salah satu zat yang dapat membantu pelepasan glukosa secara stabil dan juga konstan ini adalah serat. Ya, gandum murni dan juga berbagai macam makanan olahan yang terbuat dari gandum murni memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga sangat baik untuk menjaga kestabilan dari pelepasan glukosa.

Jadi, secara tidak langsung, semua jenis makanan kaya serat yang berasal dari gandum murni memiliki andil yang sangat besar dalam membantu meningkatkan perkembangan otak pada anak-anak dengan baik. Selain itu, gandung juga merupakan makanan penambah berat badan yang aman.

5. Sereal Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu jenis sereal penting bagi asupan nutrisi anak-anak. Kandungan serat tinggi, serta berbagai macam vitamin dan juga mineral yang terkandung di dalam oatmeal ini memberikan manfaat yang sangat baik untuk menutrisi otak. Hal ini dapat membantu otak agar dapat berkembang lebih baik lagi.

6. Jenis Buah Berry

Bahan makanan lainnya yang baik untuk otak anak-anak adalah buah berry. Ya, berbagai macam jenis buah berry memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga buah jenis berry ini sangat baik untuk kesehatan dan juga perkembangan otak anak anda.

Buah berry-berryaan ini juga sangat baik digunakan sebagai :

7. Sayur hijau dan sayuran berwarna

Selain buah dan juga kacang-kacangan, sayuran juga sangat penting untuk perkembangan otak anak anda. Sayuran yang berwarna warni, seperti sayuran berdaun hijau, wortel yang berwarna oranye, tomat, ubi, dan juga berbagai macam sayuran lainnya memiliki kandungan serat. Vitamin dan mineral lainnya juga sangat baik untuk membantu perkembangan otak anak anda. Sayur-mayur merupakan salah satu asupan yang penting sebagai makanan untuk otak anak.

Sayuran hijau ini juga merupakan makanan yang bernutrisi, seperti :

8. Daging

Daging merah, seperti daging sapi dan juga daging ayam merupakan makanan yang mengandung zat besi yang tinggi. Zat besi ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu anak-anak dalam mencapai konsentrasinya dalam belajar. Apabila anak – anak memilki konsentrasi yang tinggi dan baik, maka hal ini akan berpengaruh pada kondisi perkembangan otak dari si anak itu sendiri, sehingga dapat berkembang dengan lebih baik.

9. Susu

Bahan makanan terakhri yang penting untuk perkembangan otak dari anak-anak adalah susu. Ya, selain baik untuk membantu memperkuat struktur tulang, protein tinggi yang dimiliki oleh susu juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk membentuk jaringan dan juga struktur otak. Hal ini pun akan berpengaruh kepada semakin optimalnya perkembangan otak dari si anak tersebut.

Kebutuhan makanan yang baik untuk otak ini memang sangat penting. Hal ini ditunjukkan dengan adanya pemberian materi pendidikan, berupa sekolah, pendidikan moral, dan juga berkembangnya rasa ingin tahu yang dimiliki seorang anak. Sehingga hal ini membuat nutrisi utama yang harus dipenuhi pada masa anak-anak adalah nutrisi yang mampu membantu meningkatkan perkembangan kognitif dan juga otak dari seorang anak, meskipun nutrisi untuk perkembangan yang lainnya juga harus dicukupi.

Itulah bahan makanan untuk otak anak yang penting dan perlu diperhatikan asupannya. 9 bahan makanan tersebut, maka otak anak akan berkembang secara optimal. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.

You may also like