30 Makanan Penyebab LDL Tinggi untuk Dihindari

LDL tinggi menandakan bahwa HDL rendah di dalam tubuh Anda. LDL tinggi juga sebenarnya adalah pertanda bahwa kolesterol jahat di dalam tubuh berkadar tinggi di mana hal ini bisa berlanjut buruk. Ada banyak penyakit kronis yang mengancam kesehatan dikarenakan LDL yang tinggi, terutama jenis-jenis penyakit jantung.

Ketika kolesterol berkadar tinggi, otomatis ini akan menempel dan terakumulasi di bagian dinding pembuluh darah. Bila tak diatasi secepatnya, penumpukan kolesterol akan mampu menyumbat pembuluh darah sehingga tak hanya tekanan darah tinggi saja yang akan terjadi. Penyakit jantung koroner, stroke dan serangan jantung dapat menjadi ancaman terbesar bagi penderitanya sehingga makanan penyebab LDL tinggi di bawah ini perlu menjadi pantangan.

(Baca juga: kolesterol ldl dan hdl)

1. Pizza

Tak dapat dipungkiri bahwa pizza merupakan salah satu makanan yang menjadi favorit kebanyakan orang. Memang sangat lezat karena juga tersedia dalam banyak pilihan topping yang bisa disesuaikan dengan selera kita. Namun sadarkah Anda bahwa pizza sangat kaya akan keju dan daging sehingga menjadikannya makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi?

Sesekali mengonsumsi pizza tak akan menjadi masalah, tapi jika berlebihan apalagi bisa menghabiskan 1 porsi ukuran medium hingga besar. Cukup menikmati 1 potong saja sebetulnya sangat aman, atau Anda bisa membuat sendiri dengan menambahkan topping sayuran yang kaya akan serat ketimbang lemak trans dan lemak jenuh.

2. Minyak Kelapa

Mungkin sepintas Anda pernah mendengar bahwa minyak kelapa termasuk baik untuk menurunkan kolesterol atau darah tinggi. Kenyataannya, minyak kelapa adalah produk berlemak jenuh, jadi pastikan Anda membaca labelnya secara teliti untuk menemukan komposisinya. Kalaupun hendak mengonsumsi, batasilah dan jangan sampai terlalu banyak atau dapat menaikkan kadar kolesterol jahat secara drastis.

3. Kuning Telur Ayam

Banyak orang yang lebih menyukai bagian kuning telur ketimbang putihnya saat mengonsumsi. Ada sebagian orang yang mengonsumsi kuning telur terakhir setelah menghabiskan bagian putihnya. Bagi Anda yang memiliki kebiasaan ini perlu diketahui bahwa kuning telur ayam adalah makanan penyebab LDL atau kolesterol jahat tinggi.

(Baca juga: bahaya kolesterol ldl tinggi)

4. Cumi-cumi

Makanan laut seperti cumi-cumi perlu diperhatikan konsumsinya. Alasan mengapa makanan ini bisa termasuk di dalam makanan penyebab LDL tinggi adalah karena memang kandungan kolesterolnya sangatlah tinggi. Bukan lagi harus dibatasi, melainkan cumi-cumi sudah perlu dihindari ketika Anda sudah mulai merasakan gejala-gejala kolesterol tinggi atau darah tinggi.

5. Otak Sapi

Mungkin Anda adalah salah satu penggemar otak sapi, tapi perlu diketahui bahwa ada kandungan kolesterol mencapai 2500 mg pada 10 gram otak sapi saja. Makanan hewani sebetulnya bisa dinikmati, tapi memang sangat perlu memerhatikan porsinya. Kandungan lemak jenuh tinggi hanya akan membahayakan kesehatan kalau dikonsumsi secara berlebihan.

6. Es Krim

Sama seperti pizza, banyak orang menggemari es krim di mana es krim juga sebetulnya menjadi salah satu makanan yang menyebabkan kadar LDL tinggi. Kadar kolesterol jahat pada es krim termasuk besar dan bahkan termasuk jauh lebih tinggi daripada 10 donat. Kalaupun hendak mengonsumsi es krim, pastikan bahwa Anda menjauhi makanan-makanan yang mengandung kolesterol tinggi lainnya.

(Baca juga: hdl tinggi)

7. Keju

Keju memang merupakan salah satu produk susu yang mengandung kalsium serta protein tinggi di mana sangat baik bagi tubuh. Tapi keju juga mengandung 123 mg kolesterol per 100 mg sehingga ketika mengonsumsinya terlalu sering dan banyak hanya akan menyebabkan LDL Anda naik.


Makanan lezat ini memang cocok untuk berbagai sajian, baik itu untuk minuman atau kue, tapi ada 21 mg kolesterol yang terdapat pada satu inci keju saja. Maka dari itu, Anda bisa membatasi konsumsi keju atau memasukkannya ke dalam daftar pantangan. Jika memang sudah mengidap darah tinggi, sebaiknya mulai waspada terhadap keju.

8. Daging Ayam

Sebetulnya bagian dada ayam adalah yang paling aman dan sering dikonsumsi oleh orang-orang yang melakukan diet, tapi bagian pahanya adalah yang paling harus diwaspadai. Ingat bahwa 1 paha ayam saja dengan kulitnya diketahui berlemak tinggi dan bahkan lebih banyak dibandingkan daging paha ayam saja. Lebih-lebih jika Anda mengonsumsi daging ayam yang sudah digoreng.

9. Udang

Sama seperti cumi-cumi, makanan laut ini memang lezat, tapi perhatikan kandungan kolesterolnya. Udang tak hanya bisa menyebabkan reaksi alergi pada sebagian orang, namun per 100 mg udang menawarkan 195 mg kolesterol sehingga mampu menaikkan kadar LDL dalam tubuh. Lebih disarankan untuk mengolah udang dan makanan laut lainnya dengan merebus daripada menggorengnya.

(Baca juga: penyebab kolesterol tinggi)

10. Mentega/Margarin

Cukup banyak juga orang yang senang dengan mentega dan margarin, tapi mengonsumsinya terlalu banyak juga bakal memicu LDL menjadi naik. Kandungan kolesterol di dalam 100 mg mentega/margarin bisa sampai 215 mg di mana 20 mg kolesterol ada pada per sendok makan. Batasilah makanan-makanan bermentega/bermargarin agar tidak meningkatkan kadar kolesterol dalam darah terlalu drastis.

11. Hati

Selain dari otak sapi, hati juga adalah makanan yang mampu memicu kenaikan LDL menjadi lebih tinggi. Ada 564 mg kolesterol yang dapat dijumpai pada per 100 gramnya. Sedangan ada kandungan sekitar 311 mg kolesterol pada hati yang sudah melalui proses pengolahan menjadi masakan. Sesekali mengonsumsinya tak akan menjadi masalah, namun para orang dewasa telah dianjurkan oleh American Heart Association untuk tak setiap hari mengonsumsi makanan-makanan di mana kandungan kolesterolnya 300 mg.

12. Coklat

Banyak orang sangat menyukai coklat karena selain rasanya yang enak, coklat diyakini mampu menjadi makanan penghilang rasa stres. Coklat adalah makanan yang dapat mengubah suasana hati yang tadinya kurang baik menjadi lebih bahagia. Tapi pada coklat ada terkandung 290 mg kolesterol yang harus diwaspadai, apalagi kalau dikonsumsi berlebihan dan terlalu sering setiap hari.

(Baca juga: perbedaan kolesterol dan trigliserida)


13. Susu Sapi

Sudah tak diragukan lagi bahwa khasiat susu sapi murni memang sangat baik untuk kesehatan. Kandungan kalsiumnya memang tinggi, tapi lemak dan kolesterolnya juga perlu dipertimbangkan. Susu sapi mengandung 250 mg kolesterol yang cukup jahat dan mampu menyebabkan kenaikan LDL bila dikonsumsi secara berlebihan atau sering.

14. Santan

Makanan bersantan adalah penyebab utama kenaikan kadar kolesterol di dalam darah yang otomatis juga mampu menaikkan kadar LDL menjadi lebih tinggi. Makanan yang mengandung santan jugalah yang paling kerap menjadi pemicu kolesterol tinggi, darah tinggi, hingga asam urat. Itulah mengapa orang dewasa perlu membatasi asupan santan secara lebih ketat.

15. Kerang Putih/Tiram

Per 100 gramnya ada kandungan kolesterol sebanyak 450 mg yang menjadikan pengonsumsinya menderita kolesterol tinggi. LDL berpotensi naik secara drastis apabila Anda terlalu sering mengonsumsi kerang putih tanpa mengimbanginya dengan makanan bernutrisi dan rendah lemak/kolesterol lainnya.

(Baca juga: pantangan kolesterol tinggi)

Makanan Lainnya Penyebab LDL Tinggi

Di atas barulah sebagian daftar makanan penyebab LDL naik dan menjadi tinggi, di bawah ini merupakan makanan-makanan lainnya yang harus Anda betul-betul waspadai karena bisa meningkatkan LDL secara drastis.

  1. Sosis daging.
  2. Gajih kambing.
  3. Gajih sapi.
  4. Belut
  5. Siput
  6. Kerang
  7. Kepiting
  8. Burger keju.
  9. Kalkun
  10. Minuman beralkohol.
  11. Telur burung puyuh.
  12. Daging bebek dengan kulit.
  13. Daging kambung.
  14. Gorengan
  15. Pai

(Baca juga: makanan penurun kolesterol tinggi)

Itulah sejumlah daftar makanan penyebab LDL tinggi yang bisa Anda batasi maupun hindari agar kolesterol tinggi tak kemudian membawa Anda pada penyakit yang kronis dan mengancam jiwa.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Tuesday 31st, January 2017 / 07:16 Oleh :
Kategori : Kolesterol Tinggi