32 Cara Menurunkan Trigliserida Tinggi secara Alami

Kadar trigliserida tinggi pada seseorang seringkali dijadikan kriteria kolesterol tinggi serta rentan terhadap penyakit kardiovaskular serta stroke. Agar tingkat trigliserida dalam aliran darah, maka biasanya kita harus mengkonsumsi beberapa jenis obat-obatan farmasi yang tentu saja memberikan efek samping dan bisa membahayakan tubuh. Namun, ada beberapa cara menurunkan trigliserida lainnya yang lebih alami, termasuk dengan menjaga pola makan sehat dan merubah gaya hidup buruk menjadi lebih baik.

  1. Menurunkan Berat Badan

Kelebihan berat badan membuat seseorang bisa memiliki kadar trigliserida yang sangat tinggi dan berbahaya untuk tubuh. Oleh karena itu, menurunkan berat badan sehingga kadar trigliserida anda bisa tetap stabil.

  1. Membatasi Fruktosa

Dalam studi yang dilakukan membuktikan jika terlalu banyak mengkonsumsi fruktosa akan membuat kadar trigliserida semakin tinggi. Akan lebih baik jika anda mengurangi asupan fruktosa dari berbagai jenis buah kering seperti kismis dan kurma serta buah yang tinggi fruktosa seperti anggur, apel, pir, blackberry serta semangkan dan perbanyak konsumsi jenis buah seperti blewah, grapefruit, melon oranye, jeruk, alpukat, strawberry dan pisang.

  1. Melakukan Diet Rendah Lemak

Diet rendah lemak juga penting untuk dilakukan agar kadar trigliserida bisa diturunkan. Anda bisa mempelajari jumlah gram dalam satu porsi makanan dengan membaca label nutrition facts yang terdapat dalam makanan kemasan sehingga bisa mengontrol asupan lemak yang anda makan setiap hari.

  1. Menggunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga memiliki peran penting karena bisa menurunkan kadar trigliserida serta lemak jenuh di dalam tubuh sehingga kolesterol jahat atau LDL bisa diturunkan, sementara HDL bisa lebih ditingkatkan.

  1. Hindari Makanan Manis

Gula tambahan dan juga gula rafinasi bisa meningkatkan kadar trigliserida di dalam tubuh dan cara tepat untuk menurunkan kadar trigliserida tersebut adalah dengan membatasi asupan gula. Kandungan kalori tidak baik dalam gula akan diubah menjadi trigliserida berupa lemak yang kemudian akan tersimpan di dalam tubuh.

Artikel terkait:

  1. Kurangi Asupan Karbohidrat

Beberapa jenis makanan karbohidrat seperti roti yang terbuat dari tepung terigu dan nasi putih akan meningkatkan trigliserida. Sehingga sangat baik untuk mengurangi asupan karbohidrat sederhana yang bisa membantu menurunkan kadar trigliserida tersebut. Anda bisa mengganti nasi dan roti dari tepung terigu dengan mengkonsumsi pasta dan roti yang terbuat dari gandum utuh.

  1. Hindari Mengkonsumsi Alkohol

Jangan anggap enteng alkohol karena ini juga menjadi faktor trigliserida naik, khususnya dialami oleh orang yang mempunyai sensitivitas tinggi terhadap alkohol tersebut. Sangat dianjurkan untuk berhenti mengkonsumsi alkohol jika anda ingin menurunkan kadar trigliserida.

  1. Perbanyak Asupan Omega 3

Asam lemak omega 3 menjadi lemak baik yang akan membantu menurunkan kadar trigliserida apabila di konsumsi secara rutin. Anda bisa mengkonsumsi sekitar 2 porsi ikan berlemak setiap minggunya dan beberapa jenis ikan yang bisa anda konsumsi diantaranya adalah makerel, salmon, ikan forel dan juga tuna.

Sedangkan sumber asam lemak omega 3 lain yang bisa anda konsumsi adalah kedelai, minyak flaxseed, polong-polongan, sayuran berwarna hijau gelap dan juga kacang kenari. Selain itu, anda juga bisa mengkonsumsi suplemen asam lemak omega 3 yang berkualitas baik.

  1. Perbanyak Konsumsi Protein Nabati

Kadat trigliserida juga bisa diturunkan dengan mengkonsumsi sumber protein tinggi dari tanaman dan bukan dari daging merah. Berbagai jenis kacang kering, kacang polong dan kacang kedelai menjadi sumber makanan yang tinggi akan protein nabati.

  1. Meningkatkan Asupan Serat

Serat juga membantu penyerapan dan pencernaan makanan. Makanan yang tinggi akan serat akan menurunkan kadar trigliserida serta kolesterol dengan signifikan. Serat yang bercampur dengan air di dalam usus akan membentuk matriks gel sehingga bisa mengikat lemak sehingga bisa mengurangi presentase lemak termasuk trigliserida di dalam tubuh.

Untuk meningkatkan asupan serat ini, anda bisa menambah asupan makanan dengan sereal utuh ke dalam diet anda sekaligus menambah asupan kacang, sayuran dan juga buah. Selain itu, serat juga akan membuat anda kenyang lebih lama sehingga terhindar dari makan berlebihan.


  1. Perhatikan Asupan Lemak

Lemak jenuh dan juga lemak trans sangat berbahaya untuk tubuh, sehingga dengan mengurangi asupan sebanyak mungkin maka kadar trigliserida bisa tetap stabil. Makanan kemasan serta cepat saji menjadi sumber utama dari lemak jahat dan produk hewani serta makanan yang dibuat dari minyak sayur terhidrogenasi seperti mentega, lemak bagi serta margarin juga akan membuat kadar trigliserida dalam tubuh semakin meningkat.

Kurangi asupan lemak jahat dalam tubuh dan menggantinya dengan sumber lemak tak jenuh yang tidak akan meningkatkan kadar trigliserida seperti minyak kenari, minyak zaitun, minyak canola dan juga minyak flaxseed.

  1. Atur Asupan Kalori

Perhatikan juga seberapa banyak kalori yang anda konsumsi setiap harinya dan pertimbangkan untuk mengurangi asupan kalori tersebut. Cara ini baik untuk dilakukan khususnya untuk anda yang mengalami obesitas yang bisa menjadi penyebab meningkatnya kadar trigliserida di dalam tubuh anda. Selain itu, hindari juga untuk mengkonsumsi camilan di malam hari sebelum anda pergi tidur.

  1. Konsumsi Makanan Dalam Porsi Kecil

Makan dengan porsi yang lebih kecil namun sering lebih baik untuk dilakukan dibandingkan jika anda makan hanya 2 atau 3 kali namun dengan porsi yang besar. Oleh karena itu, biasakan untuk makan lebih sering namun dengan porsi yang kecil agar kadar trigliserida bisa diturunkan.

Artikel terkait:

  1. Olahraga

Olahraga menjadi bagian penting untuk menurunkan kadar trigliserida dan juga kolesterol di dalam tubuh anda. Jangan langsung melakukan olahraga yang berat, sebab olahraga berat yang dilakukan secara langsung akan berdampak buruk untuk jangka panjang. Awali dengan berolahraga selama 10 menit setiap hari dan tambahkan durasi menjadi 1 sampai 2 menit setiap minggunya sampai nantinya anda bisa berolahraga selama 30 sampai 40 menit.

  1. Hentikan Merokok

Berhenti merokok juga langkah paling tepat agar kadar trigliserida tidak semakin meningkat. Merokok akan sangat berpengaruh terhadap resiko kardiovaskular mencakup pembekuan darah, kerusakan pada arteri dan kadar lemak yang semakin tidak terkendali. Hentikan merokok sehingga anda bisa memperoleh dampak positif untuk kesehatan.

  1. Konsumsi Obat Golongan Fibrat

Obat yang termasuk ke dalam golongan fibrat sudah sangat sering digunakan adalah fenofibrat dan juga gemfibrozil. Fibrat sendiri merupakan senyawa asam karboksilat yang merupakan asam organik dari karbon dan hidrogen yang memiliki sifat amfifatik yakni larut dalam lemak serta air.

Obat ini bisa anda gunakan untuk menurunkan tingkat LDL sekaligus menurunkan kadar trigliserida dan cara kerjanya adalah dengan menurunkan produksi partikel pembawa trigliserida dari hati.

  1. Konsumsi Asam Nikotinat

Asam nikotinat yang biasa digunakan adalah niasin. Asam nikotinat merupakan senyawa asam karboksilat seperti fibrat yang bisa menurunkan kemampuan hati dalam menghasilkan partikel pembawa trigliserida yang disebut dengan VLDL [Very Low Density Lipoprotein]. Asam nikotinat ini akan meningkatkan kadar kolesterol baik lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis obat lainnya.

  1. Konsumsi Minyak Esensial dan Herbal

Pilihan lainnya untuk menurunkan kadar trigliserida di dalam tubuh adalah dengan cara alami. Minyak kayu manis sangat baik dikonsumsi untuk menurunkan kadar glukosa yang sekaligus juga akan menurunkan kadar trigliserida di dalam tubuh. Konsumsi 1/2 sendok minyak kayu manis per hari sehingga gula darah, trigliserida dan kolesterol bisa turun secara signifikan. Sementara sifat antioksidan, anti inflamasi dan anti bakteri di dalamnya juga sangat baik agar terhindar dari berbagai jenis penyakit.

  1. Konsumsi Alpukat

Dalam buah alpukat mengandung niasin, asam pantotenat, magnesium, fosfor, vitamin B6, vitamin C, Vitamin B1, vitamin E, kalium, zat besi dan juga glutation serta tinggi akan serat. Semua kandungan ini sangat baik untuk dikonsumsi sehingga kadar trigliserida di dalam tubuh bisa diturunkan sekaligus menurunkan kolesterol dalam darah.

Artikel terkait:

  1. Konsumsi Kubis

Kubis atau brassica olera var capitate atau sering juga disebut dengan kol memiliki kandungan protein, air, karbohidrat, lemak, kalsium, lemak, fosfor, betakaroten dan juga tinamide yang sangat baik untuk menurunkan kadar trigliserida. Selain itu, dalam kubis juga mengandung senyawa sianohidroksibutena [CHB], iberin dan sulforafan yang akan merangsang pembentukan glutation.

  1. Konsumsi Bawang Merah dan Bawang Putih

Bawang merah atau Cepae bulbus memiliki senyawa flavonoid yang akan bekerja sebagai antioksidan sekaligus menurunkan kadar kolesterol, trigliserida dan juga gula darah di dalam tubuh. Sementara dalam bawang putih mengandung s-allyl cysteine yakni sebuah komponen thioallyl yang berkhasiat hipolipidemik dan juga antitrombotik.

  1. Jati Belanda

Jati Belanda atau Guezuma ulmifolia lamk sangat baik untuk menurunkan kadar lemak dan juga kolesterol di dalam darah karena memiliki kandungan lendir, tanin serta alkaloid. 3 jenis zat ini mempunyai mekanisme kerja yang berbeda dan akan saling menunjang untuk menurunkan kadar kolesterol, trigliserida dan gula darah.

  1. Konsumsi Kunyit

Kunyit atau Curcumae domesticae rhizoma sangat ampuh untuk membuat peredaran darah menjadi lancar, sumber energi vital, menghilangkan sumbatan, pelancar haid, anti bakteri, anti inflamasi, memperlancar pengeluaran empedu ke usus sekaligus menurunkan kadar trigliserida dalam tubuh secara alami dan aman.

  1. Konsumsi Seledri

Seledri atau Apii graveolentis radix memiliki kandungan asparagin, glutamin, pentosan, tirosin, manit dan zat pati pada bagian akarnya. Sehingga juga sangat baik di konsumsi untuk menurunkan kadar trigliserida di dalam tubuh anda.

  1. Tambahkan Protein Kedelai Dalam Diet

Kedelai sangat tinggi akan kandungan isoflavon yang sangat baik untuk kesehatan khususnya untuk menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida. Protein kedelai yang sangat baik untuk anda konsumsi diantaranya adalah tahu, edamame, susu kedelai dan tempe. Jadikanlah sebagai pengganti protein hewani, maka kadar trigliserida di dalam darah akan turun secara signifikan.


  1. Perbanyak Asupan Kacang

Segala jenis kacang mengandung serat konsentrat, asam lemak omega 3 dan juga lemak tak jenuh yang sangat baik untuk menurunkan kadar trigliserida dalam darah. Beberapa jenis kacang yang harus anda perbanyak untuk dikonsumsi diantaranya adalah kacang almond, kacang mete, kenari, kacang macadamia dan juga pecans.

Artikel terkait:

  1. Mengkonsumsi Minyak Ikan

And juga bisa mengkonsumsi suplemen minyak ikan yang sangat ampuh untuk menjaga kesehatan jantung sekaligus menurunkan kadar trigliserida sampai dengan 48 persen.

  1. Konsumsi Fenugreek

Fenugreek yang sering digunakan sejak lama untuk memperlancar ASI ini ternyata juga sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar trigliserida karena kandungan sifat anti inflamasi yang terdapat dalam fenugreek tersebut.

  1. Konsumsi Suplemen Asam Lipoat

Dari penelitian membuktikan jika suplemen asam lipoat akan menurunkan kadar trigliserida secara optimal di dalam aliran darah sesudah anda selesai makan. Dari sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2009 yang lalu membuktikan jika karbohidrat yang disimpan sebagai glukosa lebih sedikit jika dibandingkan dengan asam lemak sehingga sangat baik untuk menurunkan kadar trigliserida di dalam darah.

  1. Menggunakan Minyak Lavender

Minyak lavender bisa memberikan efek antioksidan dan juga hipolipidemia sehingga sangat baik digunakan untuk menurunkan kadar trigliserida. Minyak lavender ini juga akan mengurangi tingkat stre dan menurunkan risiko kariovaskular. Gunakan minyak lavender ini di berbagai sudut rumah dan juga pergelangan tangan anda secara teratur.

  1. Memanfaatkan Minyak Serai

Minyak serai juga terbukti efektif untuk menurunkan kadar kolesterol dan juga trigliserida di dalam tubuh. Minyak serai ini bisa anda gunakan sebagai terapi alternatif alami sekaligus aman yang bisa anda oleskan di bagian tubuh atau beberapa ruangan di rumah anda.

Artikel terkait:

Beberapa cara menurunkan trigliserida ini sudah terbukti keampuhannya dan dapat anda terapkan sehari-hari agar anda terhindar dari berbagai penyakit berbahaya yang diakibatkan dari tingginya kadar trigliserida dalam tubuh dan darah anda.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 02nd, August 2017 / 17:14 Oleh :
Kategori : Kolesterol Tinggi