30 Cara Menurunkan Asam Lambung Secara Alami Dengan Cepat

9671

Masalah asam lambung bisa menyebabkan dua kondisi yaitu penyakit maag dan tukak lambung. Tukak lambung lebih berbahaya karena menyebabkan adanya luka pada bagian lambung. Kondisi ini juga dipicu dengan adanya asam lambung yang sangat tinggi. Ketika asam lambung naik maka bagian asam bisa mencapai kerongkongan dan ini bisa membuat kesehatan menjadi lebih buruk. Penyebab adanya asam lambung bisa disebabkan oleh berbagai kondisi seperti kebiasaan makan yang tidak teratur, pola makan yang buruk, tingkat asam alami yang sangat tinggi, riwayat dalam keluarga dan beberapa penyakit termasuk penyakit imunitas. Namun apapun penyebabnya maka Anda bisa mencoba cara menurunkan asam lambung tanpa obat. Seperti dengan beberapa cara dibawah ini:

Informasi asam lambung dan maag:

  1. Minum susu rendah lemak

Anda bisa mencoba untuk minum susu rendah lemak jika kadar asam sudah naik tapi tidak terlalu tinggi. Sebenarnya salah satu bahan untuk membuat obat maag seperti antasida adalah kalsium dan mineral ini ditemukan secara alami pada susu. Namun Anda harus memilih susu rendah lemak karena dikhawatirkan lemak bisa membuat kandungan asam semakin memburuk. Selain itu susu juga termasuk minuman alkali yang bisa membuat perut menjadi lebih nyaman dan membantu pH tubuh alami sehingga bisa membuat penyebaran asam dalam perut menjadi lebih rendah. (baca: bahaya minum teh campur susu)

  1. Manisan jahe

Manisan jahe juga bisa menjadi makanan yang akan membantu menurunkan asam lemak dengan cara yang sangat alami. Selama ini jahe sering digunakan sebagai herbal atau obat alami untuk mengatasi mual dan muntah. Jahe mengandung senyawa seperti gingerol yang akan bekerja untuk membuat lambung dan perut menjadi lebih nyaman. Anda bisa mencoba untuk makan manisan jahe secara langsung atau merendam manisan jahe dengan air panas lalu meminum airnya saat masih hangat. Meskipun manisan jahe memiliki rasa yang sedikit pedas tapi ini sangat aman untuk lambung.

Baca: efek samping jahe – sering mual setelah makan

  1. Minum teh chamomile

Teh chamomile sangat baik untuk orang yang menderita gangguan asam lambung. Teh ini dipercaya bisa menurunkan asam dan membuat lambung bisa bekerja secara normal. Bahkan teh chamomile bisa membantu membuang gas dalam perut akibat asam yang terlalu tinggi. Cara membuat teh chamomile untuk menurunkan asam lambung adalah dengan merendam teh chamomile dengan air mendidih yang sudah matang. Kemudian tunggu beberapa saat hingga lebih dingin dan baru diminum. Jika Anda minum teh chamomile yang panas maka justru bisa membuat asam lambung naik dengan cepat.

Manfaat lain teh chamomile:

  1. Manisan apel organik

Jika Anda memiliki beberapa jenis apel organik maka Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsinya langsung atau mengolahnya menjadi manisan apel. Semua jenis makanan yang diolah dari produk apel organik bisa menyembuhkan asam lambung. Apel memang memiliki rasa asam yang kuat tapi justru rasa asam inilah yang akan membantu produk asam lambung bisa terkendali. Namun ketika asam lambung sudah stabil atau tidak terasa sakit maka jangan terlalu banyak mengkonsumsi apel organik. Dan hindari makan bagian biji apel karena mengandung racun sianida yang menyebabkan keracunan.

Baca: bahaya kulit apel merah – buah penurun panas

  1. Makan buah yang menenangkan lambung

Mengkonsumsi buah biasanya banyak dihindari oleh orang yang menderita asam lambung tinggi. Namun ketika Anda  bisa memilih buah yang memang sangat baik untuk lambung maka asam lambung akan turun. Beberapa jenis buah ini seperti apel, anggur, pisang, pir, melon, semangka dan cranberry. Semua buah ini mengandung nutrisi termasuk cairan yang banyak dan serat. Selain bisa menurunkan asam lambung maka buah ini juga bisa membuat perut Anda tidak terlalu sakit.

Baca: makanan untuk penderita asam lambung – makanan untuk penderita maag

  1. Hindari buah asam dan panas

Buah yang tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang sedang mengalami asam lambung adalah seperti buah jeruk, lemon, nanas, limau dan stroberi asam. Semua buah yang mengandung asam bisa menyebabkan asam lambung menjadi lebih buruk. Termasuk untuk semua jenis buah asam yang diolah dalam bentuk buah beku, buah kering dan buah kaleng. Pertimbangkan untuk menghindari semua buah ini dan pilih buah yang disarankan untuk menurunkan asam lambung.

  1. Makan sayuran terbaik untuk asam lambung

Banyak orang yang menderita asam lambung tidak bisa makan dengan baik. Mereka membatasi sayuran dan buah yang bisa menyebabkan kondisi penyakit asam lambung menjadi lebih parah. Sayuran sangat baik untuk lambung karena ini bisa membuat lambung menerima makanan lebih lembut dan menjadi nyaman. Beberapa jenis sayuran yang disarankan seperti brokoli, kentang, wortel, kubis, kacang hijau, kacang panjang dan jenis kacang kacangan lain. Kemudian Anda juga harus menghindari sayuran yang mengandung gas tinggi pemicu asam seperti paprika, bawang putih, cabe, dan tomat. Cara memasak sayuran harud direbus atau dikukus sehingga bisa diterima lambung dengan baik. (baca: makanan yang mengandung gas tinggi)

  1. Semua produk susu rendah lemak

Susu terkenal bisa menjadi obat asam lambung yang alami karena mengandung kalsium. Jika Anda tidak suka minum susu maka bisa mencoba untuk mengkonsumsi produk susu. Beberapa jenis produk susu seperti keju, krim keju dan keju kambing sangat baik untuk orang yang menderita asam lambung tinggi. Yogurt juga bisa dikonsumsi asalkan diolah dari jenis susu rendah lemak. Namun jika Anda merasa mual atau tidak nyaman maka konsumsi produk susu bisa dalam jumlah yang terbatas. 

  1. Coba makan produk gandum

Semua jenis makanan yang diolah dari gandum dan dedak gandum sangat baik untuk menurunkan asam lemak. Anda bisa mencoba beberapa jenis produk seperti sereal, oatmeal, bubur gandum, pasta gandum dan roti gandum. Kemudian jika Anda tidak suka gandum maka cobalah untuk makan beras merah. Semua jenis makanan padat ini mengandung serat yang bisa dicerna oleh usus dengan baik sehingga bisa membatasi produk asam lambung. Namun semua makanan ini sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan atau lebih sering makan dalam jumlah yang sedikit. Hindari menambahkan rasa manis  atau makanan manis saat makan produk gandum. (baca: bahaya oatmeal instant)

  1. Hindari produk daging berlemak

Semua jenis makanan yang mengandung lemak tinggi harus dihindari ketika terkena asam lambung. Makanan yang mengandung lemak bisa membuat usus bekerja lebih berat dan sulit untuk diterima lambung. Lemak juga bisa menyebabkan perut melilit, gas dalam perut dan perut kembung. Beberapa jenis daging yang mengandung lemak rendah seperti daging ikan, putih telur, daging kambing tanpa lemak dan dada ayam tanpa lemak. Semua daging ini bisa dimasak dengan cara dibakar atau dipanggang, namun hindari menggoreng produk daging ini.

Baca: daftar daging berbahaya – bahaya daging sapi – bahaya daging merah

  1. Cobalah minun air mineral yang cukup

Minuman juga harus diterima oleh tubuh dalam jumlah yang cukup ketika terkena gangguan asam lambung. Asam lambung sangat peka dengan cairan sehingga terkadang banyak orang tidak mau minum. Tapi ketika tubuh terkena dehidrasi maka kondisi asam lambung justru bisa naik dengan lebih cepat. Air mineral setidaknya harus masuk ke tubuh sebanyak enam sampai delapan gelas per hari. Minuman terbaik adalah minuman yang tidak mengandung rasa manis atau perasa buatan.

Baca: gejala dehidrasi – akibat dehidrasi – bahaya dehidrasi – cara mengatasi kekurangan cairan tubuh

  1. Hindari semua produk kafein

Apakah Anda suka mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein? Kafein harus dihindari karena kafein yang masuk ke tubuh bisa menyebabkan efek berat untuk asam lambung. Kafein justru bisa meningkatkan produksi asam lambung sehingga Anda bisa merasa lebih sakit. Bahkan kafein juga bisa menyebabkan detak jantung yang lebih cepat sehingga menyebabkan perasaan terbakar pada bagian diafragma. Kondisi ini bisa lebih berat untuk orang yang memang menderita penyakit maag atau tukak lambung. Beberapa jenis produk kafein yang harus dihindari seperti kopi, teh, coklat dan teh herbal dari daun mint. (baca: makanan dan minuman yang mengandung kafein tinggi)

  1. Hindari kebiasaan makan terlalu cepat

Apakah Anda terbiasa makan terlalu cepat? Kebiasaan makan terlalu cepat sangat buruk untuk kesehatan. Makanan yang masuk ke saluran pencernaan Anda belum terlalu halus sehingga usus harus bekerja lebih keras untuk mengolah makanan. Hal ini bisa membuat produksi asam lambung menjadi sangat tinggi. Namun jika Anda makan dengan baik, pelan dan dikunyah hingga lembut maka semua organ pencernaan bisa menerima makanan dengan baik. kebiasaan makan yang terlalu cepat juga bisa menyebabkan banyak udara yang masuk ke perut. Ini bisa menyebabkan gas perut dalam lambung. Jadi perhatikan untuk makan dengan baik dan dikunyah hingga lembut.

Baca: cara menjaga kesehatan lambung dan usus – gangguan pencernaan

  1. Biasakan duduk dan postur benar saat makan

Apakah Anda terbiasa makan saat banyak bergerak? Beberapa orang memang tidak memiliki banyak waktu untuk makan sehingga mereka makan saat di mobil, berjalan atau sedikit berlari. Kebiasaan ini sangat  buruk untuk lambung dan bisa menyebabkan asam lambung naik ke saluran kerongkongan. Makan sambil bergerak berarti Anda makan ketika beberapa bagian otot tubuh juga banyak bergerak. Jika Anda sudah menderita asam lambung maka penyakit ini bisa menjadi lebih parah. pertimbangkan untuk makan di tempat duduk dengan postur tubuh yang baik. Biasakan untuk tidak terlalu membungkuk atau terlalu tegak saat makan.

  1. Hindari kebiasaan makan protein dan lemak bersamaan

Beberapa orang yang diet sering mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak dan protein. Namun kedua nutrisi ini tidak boleh dikonsumsi bersamaan karena bisa memicu asam lambung yang tinggi. Anda perlu memutuskan apakah akan makan protein atau lemak terlebih dahulu. Kemudian berikan jarak waktu setidaknya selama 30 menit hingga salah satu nutrisi ini masuk ke pencernaan. Cara ini akan membuat lambung lebih nyaman dan Anda tidak akan merasa sakit karena asam lambung yang tinggi.

  1. Hindari kebiasaan mengkonsumsi minuman asam setelah makan

Banyak orang yang terbiasa mengkonsumsi makanan tertentu seperti bakso atau makanan lain yang berat lalu setelah itu minum es jeruk. Pada dasarnya kebiasaan ini bisa menyebabkan asam lambung diproduksi dengan cepat. Minuman asam yang bercampur dengan protein, lemak dan karbohidrat akan menyebabkan proses pencernaan menjadi lebih lambat. Bahkan bisa memicu terbentuknya kanker di saluran pencernaan atau lambung. Zat asam menghambat proses pemecahan nutrisi lain termasuk karbohidrat, lemak dan protein. Jadi hindari kebiasaan ini sebagai cara menurunkan asam lambung.

  1. Hindari mengkonsumsi makanan dengan pemanis buatan

Secara tidak disadari banyak orang yang sudah terbiasa mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung bahan pemanis. Semua jenis makanan yang mengandung bahan pemanis akan membuat perut terasa kenyang sesaat lalu bisa menekan rasa lapar dalam waktu yang lama. Kebiasaan ini kemudian akan membuat produksi asam lambung naik sehingga Anda tidak bisa makan dengan baik. jadi hindari makanan ini untuk menurunkan asam lambung secara alami.

Baca: bahaya aspartam – bahaya zat pewarna makanan

  1. Hindari makanan yang digoreng

Apakah Anda memiliki kebiasaan mengkonsumsi makanan yang digoreng? Bagi orang yang menderita asam lambung sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan yang digoreng. Semua makanan ini mengandung lemak tinggi yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Lemak juga bisa membuat bagian pencernaan mengandung banyak minyak sehingga asam lambung akan naik dengan cepat. Jadi hindari semua jenis makanan ini sehingga asam lambung bisa turun.

  1. Hindari konsumsi makanan cepat saji

Makanan cepat saji sering dimasak dengan cara digoreng, mengandung MSG, dan garam yang lebih tinggi. Inilah mengapa orang yang menderita asam lambung tinggi sebaiknya menghindari makanan cepat saji. Garam yang berlebihan akan menyebabkan tubuh membutuhkan banyak cairan dan ini bisa menyebabkan mual dan muntah. Kemudian makanan yang mengandung MSG akan merusak rasa lapar sehingga membuat perut tidak bisa  merasa lapar. Semua dampak ini akan membuat kadar asam naik dengan cepat.

Baca: dampak bahaya makanan cepat saji – bahaya junk food bagi kesehatan – bahaya penyedap rasa makanan

  1. Minum jus sayuran sebelum makan

Banyak jenis sayuran hijau yang bisa merusak keseimbangan cairan lambung atau asam lambung. Untuk mengatasi masalah ini maka Anda bisa mencoba untuk minum jus sayuran hijau setidaknya 30 menit sebelum makan. Sayuran hijau yang digunakan juga harus jenis organik sehingga tubuh aman dari ancaman pestisida. Setelah minum jus sayuran hijau maka beberapa jam  atau setidaknya satu jam kemudian maka bisa minum.  Cara ini sangat baik untuk membantu asam lambung bisa dikendalikan.

  1. Minum madu dan air hangat

Jika Anda tidak ingin melakukan cara yang lebih rumit maka Anda bisa mencoba untuk minum madu dan air hangat. Campurkan beberapa sendok madu ke dalam satu gelas air hangat lalu aduk dan minum saat masih hangat. Madu mengandung beberapa mineral yang sangat penting untuk menyembuhkan asam lambung yang tinggi seperti magnesium, kalsium dan seng. Madu juga bersifat untuk menyembuhkan peradangan sehingga beberapa kondisi peradangan pada saluran pencernaan bisa disembuhkan.

Baca: madu bagi penderita asam lambung – madu bagi penderita penyakit lambung

  1. Hindari stres

Stres menjadi salah satu pemicu asam lambung naik dengan cepat. Stres mempengaruhi hormon dalam tubuh yang bisa membuat Anda merasa cemas, mulas, dan gangguan perut. Bahkan dalam waktu singkat stres bisa menyebabkan Anda seperti ingin mual atau muntah. Dan ini dipicu oleh asam lambung yang naik dengan cepat. Ada berbagai cara untuk menurunkan stres dan cemas seperti olahraga, berjalan-jalan keluar rumah, bertemu dengan teman, bersama keluarga dan bepergian. Anda bisa mencoba cara yang paling nyaman untuk diri Anda sendiri.

Baca: cara menghindari stres –  cara menghilangkan stres – cara mengatasi stress super ampuh

  1. Minum jus lidah buaya

Lidah buaya mengandung gel yang bisa berfungsi untuk mengatasi kondisi peradangan dalam perut. Peradangan pada lambung bisa menyebabkan asam lambung yang terlalu tinggi. Untuk mengatasi ini maka Anda bisa mencoba untuk minum jus lidah buaya yang akan membuat lambung Anda menjadi lebih nyaman. Jus lidah buaya juga sangat baik untuk membantu menyembuhkan tukak lambung yang sering menyebabkan asam lambung naik dengan cepat. Bahkan jus lidah buaya sangat baik untuk meredakan peradangan pada kerongkongan akibat terlalu sering terkena asam lambung. Anda bisa memilih gel lidah buaya yang masih segar dan buat jus dengan air mineral atau air kelapa. Tapi jangan terlalu banyak minum jus ini karena bisa menjadi obat pencahar sehingga bisa menyebabkan diare dan mulas. (Baca: khasiat lidah buaya untuk kulit)

  1. Hindari tidur telentang atau berbaring

Ketika asam lambung naik maka ini membuat semua posisi tidur menjadi tidak nyaman. Karena itu banyak orang yang kurang tidur akibat posisi tidur yang tidak tepat saat terkena asam lambung. Tidur dengan posisi terlentang atau berbaring bisa menyebabkan asam naik ke kerongkongan dan menyebabkan mual atau muntah. Untuk mengatasi ini maka tempatkan bantal yang lebih tinggi pada kepala atau tidur sambil duduk sebentar hingga perut lebih nyaman. Kemudian Anda juga bisa mencoba untuk menghindari tidur setelah makan.

  1. Makan sedikit tapi lebih sering

Orang yang sudah memiliki asam lambung tinggi bisa membuat mereka tidak makan dengan baik. Terlalu banyak makan bisa menyebabkan sakit perut dan perut tidak nyaman. Kemudian jika tidak makan maka asam akan naik dengan cepat sehingga lebih tidak nyaman. Untuk mengatasi ini maka cobalah makan lebih sedikit namun lebih sering. Selain itu perhatikan apa yang Anda makan, hindari semua jenis makanan asam dan makanan yang pedas. Makanan ini bisa memicu asam lambung yang berlebihan.

  1. Hindari menggunakan celana ketat

Ketika Anda sudah memiliki gangguan asam lambung dan sering menggunakan celana ketat, maka ini bisa memberikan dampak yang buruk. Celana yang terlalu ketat akan menekan area perut berlebihan sehingga juga bisa membuat rasa mulas. Bahkan ini akan membuat saluran pencernaan mengalami tekanan yang berlebihan. Jika sering digunakan maka celana ketat juga bisa berbahaya karena cairan perut akan naik melewati kerongkongan dan Anda bisa muntah. Jadi gunakan celana yang  berbahan nyaman seperti katun atau jeans yang longgar.

Baca: bahaya memakai celana ketat bagi kesehatan – bahaya celana skinny 

  1. Hindari kebiasaan merokok

Rokok juga menjadi salah satu pemicu asam lambung. Kebiasaaan merokok sangat mengerikan untuk penderita asam lambung. Rokok mengandung nikotin yang akan membuat perut Anda merasa selalu kenyang dan tidak bisa makan dengan baik. Nikotin pada rokok juga bisa menyebabkan masalah untuk perut seperti tukak lambung dan luka pada usus. Jadi ketika Anda sering mengalami masalah asam lambung maka lebih baik untuk berhenti merokok. Ada banyak resiko kesehatan yang bisa terjadi termasuk penyakit paru-paru dan jantung.

  1. Makan almond saat lapar

Ketika Anda merasa lapar maka perut Anda harus segera menerima makanan. Menahan rasa lapar sangat buruk untuk pencernaan karena bisa menyebabkan asam lambung naik dengan cepat. Makan almnond ketika lapar sebagai makanan sementara sangat baik untuk menurunkan asam lambung. Kebiasan ini juga sangat baik untuk membantu agar perut lebih netral karena asam lambung yang bisa dikendalikan dengan baik.

  1. Makan pisang secara teratur

Pisang menjadi buah yang sangat baik untuk membantu mengatasi asam lambung yang tinggi. Pisang sangat lembut dan bisa diterima dengan baik oleh lambung. Selain itu kandungan kalium dalam pisang bisa membuat detak jantung lebih stabil sehingga juga bisa menghilangkan cemas dan stres. Kebiasan ini juga sangat baik untuk membantu melindungi lapisan perut, menenangkan perut dan membuat luka lambung bisa diatasi dengan baik. (baca: khasiat buah pisang untuk kesehatan)

  1. Makan oatmeal setiap pagi

Orang yang menderita asam lambung tinggi biasanya akan merasa tidak nyaman pada pagi hari. Kondisi ini sering membuat orang yang menderita asam lambung tidak bisa makan pagi. Sebagai cara untuk membuat asam lambung turun dengan cepat maka biasakan untuk makan oatmeal hangat setiap pagi. Kebiasaan ini akan membuat lapisan pencernaan menjadi lebih santai sehingga asam lambung juga tidak naik. Bahkan oatmeal yang mengandung lemak sehat bisa membantu membuat bagian esofagus bawah menjadi sangat nyaman.

Semua cara menurunkan asam lambung tanpa obat ini bisa dicoba sesuai dengan kondisi penyakit. Namun jika kondisi asam lambung sudah sangat parah atau berada dalam kondisi yang riskan maka lebih baik untuk mendapatkan perawatan dari dokter.