12 Cara Mengatasi Kekurangan Cairan Tubuh Paling Mudah

Kekurangan cairan tubuh dalam kata lain juga populer dengan sebutan dehidrasi, ada banyak penyebab dari kondisi tubuh kurang cairan ini pastinya secara garis besar disebabkan oleh tidak seimbangnya antara jumlah cairan yang masuk dalam tubuh umumnya lebih sedikit daripada yang dikeluarkan sebagai zat limbah misal dalam bentuk air kemih. (Baca Juga: Terapi Infeksi Saluran Kemih , Obat Infeksi Saluran Kemih )

Beberapa kondisi abnormal semisal ketika tubuh mengalami keluhan diare ataupun juga saat mengalami demam dengan suhu cukup tinggi dapat menjadi pemicu dari timbulnya gejala dehidrasi mulai dari serangan rasa haus dan tubuh kering kurang asupan cairan sampai yang parah dapat mengurangi kemampuan otak dalam mengkoordinir anggota tubuh lantaran keberadaan cairan tubuh mencukupi yang sangat urgen tidak bisa tersedia dengan maksimal. (Baca Juga: Penyebab Diare pada Anak , Tubuh Menggigil tanpa Demam)

Pada umumnya harus dilakukan pengobatan secara spesifik mengenai penyakit yang sedang menyertai layaknya diare ataupun demam tadi demi mengeleminir ancaman terjadinya dehidrasi, namun untuk mengatasi dehidrasi tersebut utamanya haruslah setiap cairan tubuh yang terbuang sebaiknya segera digantikan dengan intake cairan ke dalam tubuh yang memadai demi memenuhi kebutuhan tubuh akan cairannya. Dan berikut beberapa saran Cara Mengatasi Kekurangan Cairan Tubuh, selamat menyimak ya. (Baca juga: Akibat Dehidrasi)

Solusi untuk Kekurangan Cairan Tubuh

Intinya ketika terjadi kekurangan cairan dalam tubuh kita harus menggantinya dengan input cairan yang sama, berikut ini adalah beberapa macam buah-buahan dan sayuran yang mengandung cairan yang banyak yang bisa menjadi alternatif pengganti air putih, sebagai nilai plus buah-buahan dan sayuran juga mengandung banyak vitamin yang tentu saja baik untuk tubuh dan juga ini sekaligus dirangkum pula dengan ragam tindakan yang layak diterapkan bagi pertolongan untuk penderita dehidrasi, selamat menyimak daftar berikut ini ya:

  1. Semangka

Buah dengan daging merah manis dengan kulit hijau tebal ini akan sangat pas disantap ketika terik matahari sedang panas-panasnya yang mebuat tubuh kita akan banyak berkeringat saking panasnya. Oleh karena itu kita harus rehidrasi dengan cairan yang sama banyaknya, seperti mengkonsumsi buah semangka karena hampir seluruh buah semangka mengandung cairan atau kira-kira sekitar 90 persen dari bauah semangka adalah cairan. Sebagai nilai tambah semangka juga mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. (Baca Juga: Makanan yang Tidak Boleh bagi Penderita Maag Kronis Akibat Kekurangan Vitamin A)

  1. Mentimun

Kita biasa menemukan mentimun dimanfaatkan sebagai lalapan, campuran rujak dan salad. Ada alasan mengapa mentimun seharusnya dikonsumsi ketika dirasa belum minum cukip air, karena faktanya timun mengandung sekitar 90 persen lebih cairan  yang lumayan banyak untuk menggantikan air mineral. Mentimun juga rendah kalori jadi tidak perlu khawatir soal kolestrol dan lemak jenuh ditambha dengan kandungan seratnya yang banyak akan sangat bagus untuk pencernaan. (Baca Juga: Khasiat Timun , Makanan yang Dilarang untuk Kolesterol Tinggi)

  1. Belimbing

Buah belimbing kaya akan antioksidan yang sangat bermanfaat untuk mengusir racun-racun radikal dalam tubuh plus vitamin A di dalamnya akan bermanfaat buat si kecil yang bermasalah dengan nasu makan. Buah yang mirip seperti bintang ini juga mengandung banyak air yang bagus sebagai altrnatif air mineral untuk memastikan pasokan cairan dalam tubuh anda terpenuhi, sehingga aktifitas harian akan lancar. Anda bisa membuat buah ini menjadi jus atau bahkan rujak. (Baca Juga: Penyebab Darah Tinggi Pada Usia Muda , Bahaya Akibat Kekurangan Vitamin)

  1. Air Kelapa

Khusus buat anda penggila olahraga pastikan untuk menyediakan air kelapa yang bisa anda minum setelah olahraga sebagai ganti airan tubuh anda yang hilang melalui keringat. Air kelapa juga populer untuk meminimalisir hilangnya lebih banyak cairan tubuh akibat dari penyakit diare, apalgi kelapa sangatlah mudah didapat di Indonesia sehingga akan mempermudah anda dalam mengganti cairan tubuh yang hilang. (Baca Juga: Akibat kelebihan Air Kelapa , Bahaya Air Kelapa)

  1. Air susu

Utamanya bagi para penderita dehidrasi usia bayi ataupun kanak-kanak maka alternatif intake cairan dalam tubuh berupa pemberian air susu layak untuk dimaksimalkan, hal ini bagus karena susu memiliki kandungan nutrisi yang memadai plus juga susu merupakan jenis cairan yang dapat menggantikan kekurangan tubuh akannya. (Baca Juga: Bahaya Susu Kaleng , Bahaya Susu Bubuk)

  1. Pertimbangkan pemberian oralit

Secara ringkas kita juga dapat membuat larutan oralit secara mandiri alias tanpa harus membeli ke toko obat dan sebagainya, larutan ini terdiri dari air putih yang ditambahkan dengan garam serta gula secukupnya, hal ini bagus untuk penderita dehidrasi yang umumnya disebabkan oleh hilangnya cairan lantaran diare, gula yang terkandung di dalamnya juga dapat meringankan gejala lemas yang timbul akibat dari kekurangan cairan yang sedang diderita oleh pasien, namun perlu perhatian khusus jika diare tersebut disebabkan oleh keracunan makanan ada baiknya jika justeru semakin dilancarkan saja pengurasan sistem cerna dari zat racun tersebut supaya tubuh dapat semakin pulih dan membaik, dalam kasus seperti ini umumnya penggantian cairan tubuh dilakukan dengan alternatif lain dan kurang disarankan pengunaan oralit pada penderita. (Baca juga: Oralit , Obat Disentri)

  1. Hindari kafein dan soda

Beberapa minuman yang mengandung layaknya jenis kopi atau teh dan juga minuman bersoda haruslah dihindarkan dulu dari para penderita dehidrasi, hal ini lebih mengarah bahwa minuman jenis tersebut dapat memasok zat diuretik ke dalam tubuh yang secara tidak langsung akan memperparah terjadinya dehidrasi lantaran ginjal terus terangsang untuk semakin banyak mengeluarkan cairan tubuh yang umumnya dalam bentuk urin, dan hal ini tentunya sangat tidak direkomendasikan untuk semua penderita dengan gejala dehidrasi. (Baca Juga: Makanan dan Minuman Yang Mengandung Kafein Tinggi ,  Efek Bahaya Kafein Bagi Tubuh)

  1. Hindarkan situasi panik

Meskipun dalam beberapa kasus kekurangan cairan tubuh dapat menyebabkan kematian yang biasanya disebabkan oleh diare parah, akan tetapi gejala ini seharusnya mudah diatasi karena kita sering bersinggungan dengan kejadian kekurangan cairan tubuh, bahkan dengan duduk lama pun kita juga bisa dehidrasi. Intinya adalah tentang bagaimana sikap kita untuk mengganti cairan yang hilang tadi. output dan input haruslah seimbang.

  1. Perhatikan gejala secara seksama

Kenali gejala-gejala dehidrasi terlebih dahulu, karena untuk aksi kita harus tahu penyebabnya terlebih dahulu, karena bisa saja itu gejala penyakit lain. Mulut kering, bibir pecah-pecah dan lemas adalah gejala umum kekurangan cairan tubuh. Dari beberapa gejala ini yang harus diutamakan adalah bila tubuh lemas, karena jika dibiarkan akan berakibat lebih fatal seperti pingsan. (Baca Juga: Cara Mengatasi Bibir Pecah Pecah)

  1. Maksimalkan input cairan

Minum air mineral, atau sumber air manapun seperti buah-buahan yang telah disinggung diatas. Tidak ada yang lebih ampuh untuk mengatasi cairan yang hilang kecuali dengan mengganti cairan yang hilang tersebut. Pada kasus dehidrasi berat atau parah bisa meminum air putih dicampur garam atau oralit. Kemudian pada kasus diare sebaiknya tidak buru-buru mengkonsumsi buah-buahan yang kaya serat karena malah akan melancarkan saluran pembuangan yang bisa memperparah dehidrasi. (Baca Juga: Gejala Dehidrasi , Cara Mencegah Dehidrasi)


  1. Istirahat

Anda akan merasa tubuh anda lemas ketika kekurangan cairan tubuh, maka istirahat sejenak sangat disarankan,  anda bisa berbaring di tempat tidur atau duduk-duduk yang intinya recharge memberi kesempatan tubuh anda untuk menyerap kembali input cairan. (Baca Juga: Bahaya Dehidrasi , Cara Mengatasi Tumit Pecah Pecah)

  1. Siapkan kontak medis

Jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti tubuh semakin lemas segera hubungi dokter, kita bisa memberi beberapa alternatif pilihan yan bisa coba diaplikasikan sebagai bentuk pertolongan pertama bagi penderita dengan gejala dehidrasi namun perlu kita ingat bahwa keberadaan cairan dalam tubuh mayoritas sangatlah berdampak langsung pada tingkat kebugaran tubuh kita maka ada baiknya jika kita menyiapkan kontak intansi medis yang sewaktu-waktu bisa dihubungi dan apabila kondisi semakin memburuk maka jangan segan-segan untuk langsung membawa pasien menuju rumah sakit terdekat demi mendapat penanganan yang lebih intensif, maksimal dan efektif, bagaimanapun juga tingkat dehidrasi parah tidak bisa dianggap remeh begitu saja karena berhubungan erat dengan keselamatan jiwa pasien lebih lanjutnya. (Baca Juga: Akibat kelebihan air Putih dalam Tubuh , Efek Kekurangan Air Putih Bagi Tubuh)

Nah itulah beberapa daftar makanan yang layak dicoba untuk meringankan gejala dehidrasi dan disertai pula dengan beberapa langkah yang layak diperhatikan saat kita berada pada kondisi sedang menemui penderita dehidrasi, hal-hal seperti ini penting untuk diperhatikan karena dehidrasi parah dapat pula menjadi penyebab mulai dari gejala kejang sampai pula pada kerusakan fungsi otak secara permanen. Semoga menambah wawasan kita semua dan senantiasa perhatikan kondisi kesehatan tubuh anda ya, jaga pula intake untuk tubuh secara seimbang dan sehat demi terhindar dari hal yang tidak diinginkan, salam sehat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Mineral