Home Penyakit dan KelainanDarah Tinggi 7 Penyebab Darah Tinggi Pada Usia Muda Yang Wajib Diketahui

7 Penyebab Darah Tinggi Pada Usia Muda Yang Wajib Diketahui

by Henny Anugerah

Penyebab darah tinggi pada usia muda dapat muncul antara usia 13 sampai 18 tahun akibat gaya hidup dan kebiasaan buruk seseorang .
Darah tinggi atau yang lebih familiar disebut penyakit hipertensi pada awalnya menyerang manusia dengan gejala yang tidak terlihat namun seiring gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat terus berlangsung maka penyakit darah tinggi tersebut tidak bisa dihindari. (Baca Juga: Madu Untuk Penderita Darah Tinggi , Cara Menurunkan Darah Tinggi)

Gejala Darah Tinggi Pada Usia Muda

  • Menderita sakit kepala yang berulang dan lebih sering datang dengan mendadak dengan intensitas rasa nyeri yang ringan sampai berubah menjadi parah. Penyebab darah tinggi pada usia muda paling sering terjadi berawal karena stres yang berkepanjangan dan akhirnya lama kelamaan menyebabkan pembuluh darah menyempit karena tekanan dari strees itu sendiri yang akhirnya memicu munculnya sakit kepala. (Baca Juga: Penyebab Sakit Kepala Akut)
  • Menderita kesulitan tidur dapat menyerang usia muda karena peredaran darah dikepala tidak lancar . Kondisi ini sangat berpotensi menyebabkan munculnya penyakit insomnia. (Baca Juga: Cara Mengobati Insomnia)
  • Terjadi pendarahan dirongga hidung dengan debit darah yang ringan sampai berat. Kondisi ini disebabkan karena meningkatknya tekanann darah menyebabkan suhu panas meningkat didalam tubuh sehingga menekan pasokan darah menjadi terhamabatsehingga terjadi penggumpalan.
  • Ketika tekanan darah meningkat diusia produktif maka gejala yang paling mudah dilihat adalah wajah berubah memerah dan nampak pucat setelahnya. Penyebab darah tinggi pada usia muda lebih banyak disebabkan karena adanya tekanan akibat aktivitas sehari hari. (Baca Juga: Obat Hipertensi)
  • Sering mengalami kantuk dan merasa kehausan walaupun sudah minum air putih dengan jumlah yang memadai. Kondisi ini dipicu karena tekanan darah telah menyebabkan organ arteri bekerja berat dan harus dibantu oleh cairan tubuh , Hal inilah yang menyebabkan tubuh kekurangan cairan tubuh. (Baca Juga: Bahaya Garam bagi Penderita Hipertensi)
  • Tulang, Persendian dan otot tubuh mengalami penurunan fungsi karena menderita kelemahan akibat aliran darah yang tidak stabil dibeberapa arteri dalam tubuh. Tubuh akan mudah lemas dan kelelahan. (Baca juga: Melinjo bagi Penderita Hipertensi)
  • Mengalami pusing yang seakan akan tubuh berputar putar atau yang sering disebut sebagaia vertigo. Vertigo pada penderita peningkatan tekanan daraha terutama usia muda bisa berlangsung berulang ulang atau hanya sebentar saja.
  • Kehilangan kemampuan untuk bisa fokus atau berkonsentrasi pada apa yang sedang dihadapi. Seringkali linglung, Mudah lupa dan melamun. (Baca Juga: Bahaya Daun Singkong bagi Penderita Hipertensi)
  • Mudah tersinggung , Sering panik, Gelisah dan tidak mampu mengendalikan emosi atau menjadi lebih sensitive pada hal hal yang sebenarnya tidak penting untuk tetap ditanggapi. (Baca Juga: Udang untuk Penderita Hipertensi)

Penyebab Darah Tinggi Pada Usia Muda

  1. Pola makan buruk yaotu terlalu dsering mengkonsumsi makanan berlemak dan mengandung banyak garam, Makanaan yang dimaksud adalah jenis jeroan, Makanan siap saji atau makanan gorengan yang diamsak dengan menggunakan minyak kelapa yang telah dipakai berulangkali. (Baca Juga: Ciri Ciri Kolesterol Tinggi)
  2. Mengkonsumsi minuman beralkohol dapat merusak pembuliuh darah diseluruh tubuh terutama arteri yang menuju kepala, Jika saraf pusat terganggu maka akan menghambat jalannya pasokan darah yang berisi oksigen untuk amsuk kebagian kepala akibatnya peningkatan tekanan darah tak bisa dihindari lagi. (Baca Juga: Bahaya Minum Alkohol 70 Persen)
  3. Kebiasaan merokok pada usia muda apalagi dalam jumlah yang berlebihan rentan terserang pengahambatan pasokan darah bersih didalam arteri menuju otak, Nikotin dalam rokok dapat melukai dinding pembuluh darah, Mencemari darah dan menghambat kinerja jantung ketika memompa darah untuk disebarkan keseluruh tubuh. (Baca Juga: Cara Mengatasi Kecanduan Rokok)
  4. Faktor genetik adalah dimana salah satu orangtua atau kedianya adalah penderita hipewrtensi yang sudah atau belum sembuh sangat berpotensi akan menurunkan penyakitnya pada keturunannya walaupun kenyataannya tidak semua keluarhga akan mengalaminya.
  5. Malas berolahraga adalah pemicu utama munculnya darah tinggi pada usia muda karena tanpa berolahraga pembuluh darah tidak akan sehat, Saraf saraf tubuh menyempit dan pasokan darah baru yang berisi oksigen tidak memadai . (Baca Juga: Akibat Kurang Olahraga)
  6. Kegemukan dan penyakit obesitas rentan menyebabkan tekanan darah meningkat karena kelebihan lemak didalam tubuh dapat menfgahambata jalannya darah dan memperlambat darah untuk menyebar keseluruh peredaran darah terutama yang menuju otak. 50 % tekanan darah tinggi cepat meningkat pada para remaja disinyalir karena mereka kelebihan berat badan. (Baca Juga: Penyebab Obesitas pada Anak)
  7. Stres berat dan berkepanjangna akan merangsang pembuliuh darah menjadi menyempit dan darah yang mengalir menjadi tersendat sendat. Kondisi ini dapat menekan saraf kepala yang memicu munculnya hipertensi pada anak muda. (Baca Juga: Cara Menghindari Stres)

Cara Mengatasi Darah Tinggi

Tips mudah mengatasi penyebab darah tinggi pada usia muda

1. Daun murbei

Ambilah beberapa daun murbei lalu cucilah sampai bersih kemudian rebuslah dengan menggunkaan takaraan air 3 gelas . Tunggulah sampai air menyisakan kira kira satu gelas saja. Minumlah air rebusan tersebut 2 sampai 3 kali sehari agar penyebab darah tinggi pada usia muda cepat dihilangkan dan mudah disembuhkan. (Baca juga: Efek Samping Daun Kelor , Efek Samping Daun Kersen)

2. Bawang putih

Ambillah beberapa siung bawang putih, Kupas kulitnya lalu hancurkan kemudian tambahkan (diseduh) dengan satu gelas air panas . Aduklah sampai merata dan saringlah . Setelah air bawang putih tersebut hangat maka dapat diminum 2 kali setiap hari . Bawang putih memiliki kandungan antibiotiok alami, Anti peradngan dan mampumenurunkan tekanan darah dengan cepat. (Baca Juga: Manfaat Menaruh Bawang Putih di Telinga , Efek Samping Bawang Putih)

3. Daun seledri

Ambilah beberapa daun seledri tanpa batangnya. Cucilah dengan air bersih kemudian blenderlah dengan campuran air matang secukupnya. Minumlah jus seledri dua kali sehari agar pembuluh darah menuju kepala menjadi lancar dan menurunkan tekanan darah. (baca Juga: Cara Mencegah Tekanan Darah Tinggi)

4. Buah pace atau Mengkudu

Ambilah 2 buah mengkudu yang sudah tua, kupas kulitnya lalu cucilah hingga benar benar bersih. Potonglah menjadi beberapa bagian kemudian blenderlah untuk kemudian diperas airnya dengan menggunakan kain tipis, Minumlah sari mengkudu 2 sampai 3 kali perharinya agar penyebab darah tinggi pada usia muda bisa dilenyapkan dengan cepat. (Baca Juga: Bahaya Buah Mengkudu , Efek Samping Mengkudu)

5. Buah pisang
Buah pisang memiliki nutrisi yang baik bagi kelancaran aliran darah diselurtuh tubuh dan melindungi kesehatran dindimg pembuluh darah dari iritasi atau masuknya racun hasil dari makanan dan radikal bebas. Makan pisang setiap hari selain memperbaiki kesehatan pencernaan ternyata kandungan gizi pisang dapat memperkuat pembuluh darah menuju otak sehingga mampu mencegah munculnya penyebab darah tinggi pada usia muda.

6. Daun meniran

Ambilah sejumput daun meniran kemudian cucilah untuk kemudian dihaluskan dengan menambahkan air matang hangat secukupnya. Aduklah hingga merata dan siap diminum dua sampai tiga kali perhari. Daun seledri ampuh menurunkan darah tinggi dan mencegah penyebab darah tinggi pada usia muda untuk datang kembali. (Baca juga: Obat Herbal Rematik)

7. Daun pegagan

Ambilah 20 lembar daun pegagn lalu cucilah sampai benar benar bersih lalu rebuslah dengan takaran air 3 gelas hingga menyisakan satu gelaas saja. sebelum diminum saringlah airnya terlebih dahulu. Ramuan manjur untuk menurunkan tekanan darah dan menyembuhkan penyakit darah tinggi ini. (Baca Juga: Gejala Darah Tinggi di Usia Muda)

8. Belimbing sayur (Wuluh)

Ambilalh 3 buah belimbing wuluh yang matang dicuci terlebih dahulu untuk kemudian dipotong potong menjadi beberapa bagian. Rebuslah buah belimbing wuluh dengan takaran air 2 gelas saja sampai mendidih dan tunggulah sampai menyisahkan satu gelas. Sebelum diminum hendaknya disaring dahulu kemudian dinginkan. Minumlah air belimbing wuluh setelah sarapan pagi dan setelah makan sore/malam. Belimbing wuluh mengandung zat asam oksalat yang tinggi yang dapat mengendalikan penyebab darah tinggi pada usia muda karena mampu menurunkan tekanan darah relatif cepat. (Baca Juga: Tanda tanda Darah Tinggi

9. Daun alpukat

Ambilah 3 sampai 4 lembar daun alpukat , Dicuci terlebih dahulu kemudian dihaluskan atau ditumbuk . Setelah itu seduhlah dengan air panas . Biarkan sampai ampasnya turun seperti minuman teh tubruk. Ramuan sederhana ini dapat diminum 2 kali sehari untuk menyembuhkan darah tinggi dan mencegah munculnya penyebab darah tinggi pada usia muda. (Baca Juga: Khasiat Biji Alpukat , Sayuran Berbahaya untuk Darah Tinggi)

10. Mentimun

Ambilah 2 sampai 3 buah mentimun yang sebelumnya dicuci dan buanglah ujungnya. Buah mentimun dapat di parut atau dipotong potong kemudian diblender bersama sedikit air matang. Kemudian diperas dengan kain tipis untuk diambil sarinya. Sari buah mentimun merupakan salah satu obat darah tinggi alami termujarab yang dapat mengatasi penyebab darah tinggi pada usia muda karena mentimun bersifat mendinginkan suhu tubuh , Menenangkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah yang sedang meningkat relatif lebih cepat. (Baca juga: Khasiat Timun)

You may also like