9 Bahaya Melinjo bagi Penderita Hipertensi

5205

Hipertensi, merupakan penyakit yang berkaitan dengan darah, hipertensi ini adalah nama lain dari tekanan darah tinggi, pada saat hipertensi kondisi tekanan darah tidak akan stabil, tekanan darah akan terus meningkat sebagaimana pada dinding arteri tekanan darah akan meningkat sehingga akan menekan pembuluh darah. terkadang hipertensi ini jarng sekali diketahui gejalanya, malah tiba-tiba langsung up begitu saja, untuk itu hipertensi memang benar-benar harus dicegah, untuk mencegahnya anda bisa melakukan pemeriksaan kedokter, paling tidak 3-5 tahun sekali untuk mengetahui bagaimana kondisi tubuh anda saat ini.

Melinjo sangat berbahaya bagi penderita hipertensi karena melinjo mengandung kadar purin yang tinggi yang dimana kadar purin ini tidak baik bila dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Jadi tidak ada manfaat apapun melinjo bagi penderita hipertensi. Justru malah berbahaya bila penderita hipertensi mengkonsumsi melinjo. Berikut ini adalah bahaya mengonsumsi bagi penderita tekanan darah tinggi yang harus diwaspadai :

  1. Menyebabkan Tekanan Darah Semakin Tinggi

Memang benar, dengan melinjo tekanan darah justru akan semkin tinggi karena kandungan purin yang tinggi yang dimana kandungan purin itu akan mmbuat tekanan darh semkin naik.

Baca : Bahaya darah tinggiPantangan darah tinggi

  1. Menyebabkan Stroke

Tekanan darah yang tinggi akan menyebabkan penderita menjadi stroke, apalagi bila si penderita hipertensi ini mengkonsumsi melinjo, bahkan kandungan yang ada dalam melinjo ini akan mempercepat kondisi hipertensi menjadi semakin buruk

Baca : Jenis jenis strokeCiri ciri strokePenyebab stroke

  1. Serangan Jantung

Yang sudah diketahui dengan pasti adalah jantung akan ikut terserang bila mengalami hipertensi, karena jantunglah pengolah semua darah, mulai dari pembuluh darah dan juga aliran darah itu, bila pembuluh darah sudah tidak normal lagi, bahkan jantung akan ikut terserang dan akhirnya juga bisa menyebabkan struk seperti yang sudah dibahas dipoin ke 2.

Baca : Pertolongan pertama pada serangan jantung

  1. Menjadi Mudah Marah

Hal ini sudah sangat jelas sekali untuk mereka penderita hipertensi akan kesulitan untuk mengatur emosinya, karena darah yang semakin naik akan membuat sulitnya otak mengkontrol diri si penderita hipertensi itu. Untuk penderita hipertensi lebih baik menjaga diri dan menghindari dari apa apa yang akan membuatnya marah.

  1. Mudah Lelah

Bagaimana tidak, dengan konsumsi melinjo malah membuat tubuh menjadi lelah, karena tekanan darah semakin sulit diatur hingga otak menjadi stress dan tubuh akan merasa lelah.

  1. Sakit kepala

Ini biasanya merupakan gejala umum bagi penderita hipertensi. Tapi tidak boleh dipungkiri ini merupakan hal yang sagat menyiksa, untuk itu lebih baik tidak makan melinjo agar sakit kepala tidak semakin menjadi-jadi.

Baca : Obat sakit kepalaSering sakit kepala  – Sakit kepala sebelah kiri

  1. Aritmia

Tekanan darah yang tinggi akan membuat denyut nadi tidak teratur, karaena pada dasarnya nadi akan bekerja lebih keras dan lebih keras lagi sehinga denyut  nadi juga akan terganggu keseimbangannya.

Baca : Detak jantung normal

  1. Nyeri Dada

Jantung, sangat dekat dengan dada, sakit pada jantung akan membuat dada menjadi nyeri pula. Dengan anda tdak mampu menjahui melinjo akan membuat anda menjadi lebih menderita, karena sudah diketahui bahwa melinjo membuat sakit hipertensi lebih menjadi-jadi

Baca : Dada sesak sebelah kiri

  1. Penyakit Ginjal

Bagaimana tidak, untuk penyakit hipertensi saja sudah mampu merusak ginjal bagaimana bila itu didukung dengan mengkonsumsi melinjo, malah ginjal akan cepat menjadi rusak. Dengan demikian sudilah untuk mengurangi konsumsi melinjo yang bahkan akan merusak kesehatan anda.

Itulah bahayanya penderita hipetensi mengkonsumsi melinjo, bahkan akan lebih berbahaya bila saat menderita hipertensi si penderita tidak mengetahui itu semua, jadi perlulah tips untuk menghindari hipertensi.

Penyebab Hipertensi

Banyak sekali penyebab dari hipertensi diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Usia sudah tua lebih dari 60 tahun
  2. Terlalu banyak makan garam
  3. Berat badan berlebih
  4. Keturunan, artinya ada cacatan hipertensi pada keluarga sebelumnya
  5. Kekurangan buah dan sayur
  6. Olahraga kurang
  7. Terlalu banyak mengkonsumsi kafein
  8. Terlalu banyak mengkonsumsi kopi
  9. Stres
  10. Banyak mengkonsumsi minuman keras

Tips Sehat untuk Penderita Hipertensi

Ada beberapa tips-tips aman dan sehat untuk penderita hipertensi agar tetap bisa hidup dengan normal tanpa terganggu oleh hipertensi. Berikut adalah tips aman bagi penderita hipertensi yang dapat anda ikuti tips-tipsnya

  1. Perbanyak makan sayuran
  2. Kurangi konsumsi garam
  3. Kurangi konsumsi gula
  4. Hindari makanan-makanan kemasan yang banyak mengandung bahan penyedap dan pengawet makanan
  5. Konsumsi buah-buahan serperti alpukat, wortel dan bawang merah
  6. Rajin-rajinlah berolahraga.

Makanan Pantangan

Berikut ini makanan pantangan penderita hipertensi:

  • Makanan mengandung garam yang banyak
  • Gula
  • Melinjo
  • Makanan yang mengandung banyak lemak
  • Makanan yang mengandung banyak kafein
  • Makanan kalengan

Itulah beberapa bahaya melinjo untuk penderita hipertensi yang harus diwaspadai. Agar tidak terkena komplikasi hipertensi dan bahaya akibat mengkonsumsi melinjo sebaiknya penderita hipertensi menghindarinya.