6 Penyebab Sakit Kepala Akut Paling Berbahaya

Sakit kepala akut bisa menyerang anak anak dan orang dewasa yang dapat muncul mendadak lalu mudah hilang dengan sendirinya akan tetapi kerab pula datang secara berulang ulang dengan intensitas yang berlangsung lama dan semakin parah.

Jenis sakit kepala

• Sakit kepala tegang
Sakit kepala tegang adalah sakit kepala akibat belakang leher belakang atau bahu mengalami kekakuan dan ketegangan akibat aktivitas sehari hari. Sakit kepala akibat ketegangan otot tubuh dapat sembuh dengan sendirinya jika seseorang beristirahat cukup. Namun jika berlangsung terus menerus maka dapat berubah menjadi penyebab sakit kepala akut yang rasanya sangat nyeri.

• Migrain Abdominal
Migrain adalah sakit kepala yang menyerang hampir semua manusia didunia yang diakibatkan oleh kelelahan, Kurang tidur dan serangan stres. Migrain adalah jenis sakit kepala penyebab sakit kepala akut yang menyerang salah satu sisi kepala yang jika telah memasuki fase yang parah maka bisa diiringi dengan muntah, Mual, Halusinasi dan kesulitan untuk bicara.

• Sindrom kombinasi
Sindrom kombinasi adalah sakit kepala campuran, Yaitu gabungan antara migran dan sakit kepala karena ketegangan. Jenis sakit kepala ini yang terserang adalah jaringan kepala akibat adanya penyumbatan aliran darah atau pembuluh arteri sekitar kepala yang muncul karena stres dan ketegangan otot pada tubuh termasuk pada otot bagian leher belakang.

• Sakit kepala Klaster
Klster adalah jenis sakit kepala primer yang meniliki gejala yang unik seperti ras terbakar, Seperti ditusuk dan dihujani ribuan jarum, Terasa berdenyut denyut menyakitkan dengan durasi waktu yang cukup lama sehingga menyebabkan sipenderita mengalami kesulitaan untuk duduk, Kehilangan konsentrasi dan bicara dengan kalimat yang tidak teratur. Sakit kepala klaster yang terus menyerang dapat menjadi penyebab sakit kepala akut.

• Sakit kepala Sinus
Sakit kepala sinus adalah jenis sakit kepala dengan ras nyeri yang dapat menyebar kearah tulang pipi, Dahi, Batang hidung , Rahang diaman kondisi tersebut disebabkan adanya infeksi pada jaringan sinus atau pada sistem pernafasan.

• Sakit kepala hormon
Sakit kepalahormon hanya menyerang kaum wanita karena munculnya hanya padaa saat ada siklus haid atau ketika sedang hamil. Hal tersebut karena didalam tubuh wanita ketika haid atau masa kehamilan hormon didalam tubuhnya selalu akan mengalami perubahan yang dapat mempengaruhi suasana hati dan rentan terserang stres.


• Sakit kepala Kronis Progresif
Sakit kepala kronis progresif adalah jenis sakit kepala yang saangta nyeri dan dapaat datang berulang ulang dengan durasi waktu yang sangat panjang dan berujung pada kondisi penderita menjadi lebih parah.

Penyebab sakit kepala akut
Sakit kepala akut awalnya adalah sakit kepala biasa yang secara umum sering menyerang manusia dalam intensitas waktu yang singkat dan mudah hilang ketika seseorang mengkonsumsi obat pereda rasa sakit, Namun jika munculnya berulang dan semakin parah maka sakit kepala tersebut dapat masuk kategori sakit kepala akut.

• Sakit kepala akut karena faktor individu

1.Kelelahan
Aktivitas sehari hari yang berjalan dalaam kondisi yang sama daan konsisten setiap hari dapat menyebabkan kelelahan fisik dan psikologi. Kelelahan yang berlebihan dapat menyebbakan aliran darah diseluruh tubuh terhambat termasuk area kepala. Kondisi ini dapat memicu munculnya sakit kepala yang bila berlangsung terus menerus selama bertahun tahun maka dapat berubah menjadi sakit kepala akut yang terus menerus muncul.

2. Stres berat
Stres berat dapat muncul karena masalah yang sedang dihadapi. Jika terus menerus stres maka seseorang akan mengalami serangan sakit kepala yang nyerinya hingga menyebar kebagian rahang dan belakang kepala. Stres berat merupakan penyebab sakit kepala akut yang awalnya hanya berupa sakit kepala biasa yang secara umum paling sering dialami manusia.

Baca juga : Cara menghilangkan stres

3. Pengguna alkohol
Mengkonsumsi alkohol secara berlebihan dapat menjadi penyebab sakit kepala akut yang kemunculannya bisa secara tiba tiba dan berulang ulang hingga menyebabkan seseorang kesulitan untuk duduk, Berkonsentrasi dan bahkan tidak bisa tidur. Alkohol bersifat panas dan menggerus dinding pembuluh atau arteri disekitar kepala menuju otak hingga mampu menghambat pasokan darah keotak dimana kondisi tersebut menyebabkan sakit kepala yang menyakitkan.

4. Pengguna obat obatan
Obat pereda rasa sakit yang biasa dijual ditoko toko obat jika dikonsumsi terus menerus dapat membahayakan ginjal, Hati dan pembuluh darah ke otak termasuk obat obatan jenis narkoba. Obat obatan berbahan kimia dapat melukai lambung, Organ lever dan ginjal dan endapan bahan kimia obat bisa mudah masuk dalam pembuluh darah menuju kepala dan melukai jaringan otak serta menekan aliran darah menjadi tidak lancar sehingga memicu sakit kepala yang berulang ulang dan sangat nyeri pada salah satu atau kedua sisi kepala.

5. Postur tubuh yang salah
Ketika duduk atau berdiri terkadang kita tidak menyadari jika postur tubuh kita dalam posisi yang tidak baik. Ketika hal itu dilakukan setiap hari maka akan menimbulkan masalah dibagian punggung. Punggung terasa berat, Pegal dan nyeri. Keadaan duduk terlalu lama dalam posisi yang membungkuk dapat menyebabkan tekanan terhadap saraf saraf dikepala dan memicu munculnya sakit kepala akut.

• Sakit kepala akut karena faktor lingkungan

1.Terkontiminasi asap
Seseorang yang setiap hari terpapar berbagai asap yang mengandung radikal bebas seperti asap rokok, Asap kendaraan , Asap pembakaran sampah dan sebagainya dapat masuk kedalam aliran darahdan mencemari sel darah merah yang jika masuk kedalam arteri menuju jaringan kepala maka dapat menyempitkan pembuluh darah pemicu sakit kepala.

2. Aroma yang menyengat
Pada sebagian orang alergi dan terserang sakitr kepala mendadak ketika menghirup aroma wewangian yang terlalu mencolok seperti bau parfum, Bau bumbu masakan , Bau alat kosmetik dan lain lain. Aroma yang terlalu mencolok adalah penyebab sakit kepala akut yang paling sering diderita orang dewasa.

3. Makanan tertentu
Makanan adalah salah satu penyebab sakit kepala akut yang paling banyak mewnyerang orang dewasa. Maknan yang dimaksud adalah yang mengandung garam, Bahan pengawet atau bahan pewarna buatan. Semua itu dapat menekan pembuluh darah dikepala dan menyebabkan saraf saraf kepala menjadi tegang, Menyempit, Aliran darah tersendat sendat dan muncul gejala sakit kepala.

4. Lingkungan yang gaduh
Suara yang terus menerus terdengar kencang, Keras dan gaduh dapat menyebabkan sakit kepala yang awalnya biasa saja menjadi semakin parah. Pasien membutuhkan lokasi yang lebih tenang agar sakit kepalanya mudah disembuhkan . Lingkungan yang memiliki intensitas polusi suara yang berat dan terjadi setiap hari dapat mengganggu konsentrasi dan merusak ketenangan otak untuk bisa beristirahat.

5. Cahaya berlebihan
Lampu yang memiliki intensitas cahaya yang terlalu terang dapat menyebabkan seseorang kesulitan tidur dan jantung berdebar. Jika kesulitan tidur terjadi terus menerus maka akan muncul sakit kepala yang sangat nyeri dan timbul tenggelam. Cahaya berlebihan dapat mempengaruhi kinerja pembuluh darah dan dapat menjadi penyebab sakit kepala akut pada anak dan dewasa, Yaitu memperlambat aliran darah ke otak.

6. Perubahan cuaca
Perubahan cuaca dari panas kedinginan atau sebaliknya dapat mengejutkan sistem keseimbangan tubuh dan menyebabkan aliran darah kebagian kepala menjadi lebih lambat karena harus beradaptasi kembali pada cuaca yang sedang berubah untuk beberapa saat. Aliran darah yang lambat adalah salah satu penyebab sakit kepala akut.

,
Oleh :
Kategori : Sakit Kepala