Co-Diovan – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

495

Tahukah anda tentang obat Co-Diovan? Padahal obat tersebut merupakan salah satu obat yang direkomendasikan oleh dunia medis karena memang dipercaya khasiatnya mampu untuk mengobati penyakit darah tinggi. Ya, obat ini memang memiliki fungsi utama yakni digunakan sebagai obat hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Perlu anda tahu bahwa bahwa hipertensi merupakan sebuah kondisi dimana tekanan darah yang ada pada seseorang bisa mencapai angka 130/80 mmHg atau bahkan lebih. Kondisi ini tentunya sangat berbahaya karena akan berdampak pada jantung yang dipaksa untuk memompa darah secara lebih keras atau cepat untuk dialirkan ke seluruh tubuh. Dan karena hipertensi inilah, banyak orang mengalami beberapa penyakit yang bisa dikatakan salah satu penyakit yang berbahaya yakni seperti penyakit ginjal atau diabetes, stroke, atau bahkan gagal jantung.

Oleh sebab itu, obat Co-Diovan dibuat sebagai solusi bagi anda semua yang terindikasi mengalami tekanan darah tinggi karena dengan mengkonsusmi obat ini maka anda bisa terhindar dari hipertensi. Ketika anda terhindar dari hipertensi tersebut maka kemungkinan besar anda juga akan terhindar dari beberapa penyakit yang telah disebutkan sebelumnya.

Namun sebelum anda memutuskan untuk mengkonsumsi Co-Diovan, kami sarankan agar supaya anda membaca beberapa informasi yang berhubungan dengan cara penggunaan sampai dengan dosis yang akan kami berikan sehingga anda bisa mendapatkan informasi yang lebih lengkap tentang Co-Diovan.

Indikasi Co-Diovan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa Co-Diovan memiliki peran utama yaitu untuk membantu mengobati hipertensi atau tekanan darah tinggi yang mana kondisi ini bisa menjadi sebuah pemicu akan penyakit lainnya yang bisa anda alami seperti gagal ginjal, penyakit jantung, atau bahkan bisa mengalami stroke.

Kontraindikasi Co-Diovan

Untuk kontraindikasi dari Co-Diovan adalah seperti yang akan kami jelaskan di bawah ini:

  • Co-Diovan harus anda konsumsi secara hati – hati jika anda termasuk ke dalam seseorang yang memiliki atau pernah memiliki riwayat gangguan hipersensitifitas.
  • Co-Diovan juga kami sarankan untuk diberikan secara hati – hati jika anda merupakan seseoarng yang memiliki alergi terhadap kandungan yang ada di dalam obat Co-Diovan. Dan ketika anda mengalami beberapa kondisi akibat alergi, maka anda harus segera menghubungi dokter untuk nantinya mendapatkan penanganan medis secara cepat dan tepat.
  • Adapun bagi ibu hamil maupun ibu menyusui yang ingin mengkonsumsi Co-Diovan, maka anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk menentukan apakah obat ini aman untuk digunakan oleh anda yang sedang dalam kondisi hamil maupun juga menyusui.

Perhatian Dan Peringatan

Beberapa yang berhubungan dengan peringatan dari penggunaan Co-Diovan adalah seperti di bawah ini:

  1. Anda harus selalu mengecek mengenai bagaimana cara penggunaan Co-Diovan yang sesuai yang mana informasi tersebut bisa anda temukan di dalam kemasan Co-Diovan.
  2. Anda juga harus selalu mengkonsumsi Co-Diovan dengan takaran dosis yang sesuai dengan kondisi anda. Jika tidak, maka hal tersebut bisa mempengaruhi tingkat keefektifan dari obat yang sedang anda konsumsi. 
  3. Dan juga anda tidak dianjurkan untuk mengurangi atau bahkan menambah takaran dosis dari Co-Diovan maupun obat lainnya jika sebelumnya anda tidak mendapatkan instruksi atau anjuran khusus dari dokter.
  4. Sebelum anda mengkonsumsi Co-Diovan maupun obat lainnya, maka penting bagi anda untuk selalu mengecek mengenai batas akhir pemakaian obat tersebut sesuai yang ada pada kemasan. Jika Co-Diovan maupun obat lain yang sedang anda konsumsi sudah habis masa berlakunya, maka yang harus anda lakukan adalah segera membuangnya dan jangan sampai obat tersebut dikonsumsi oleh orang lain.
  5. Selain itu, anda harus mengkonsumsi Co-Diovan secara teratur dan juga harus dikonsumsi pada waktu yang sama untuk nantinya semakin meningkatkan tentang keefektifan dari obat yang sedang anda konsumsi ini.
  6. Hal lain yang harus anda perhatikan sekaligus menjadi sebuah peringatan adalah bahwa jika Co-Diovan digunakan pada seseorang yang mana ia merupakan perokok aktif ataupun juga hobi meminum alkohol, maka kemungkinan besar orang tersebut akan mengalami dampak akibat penggunaan Co-Diovan yang lebih parah jika dibandingkan dengan orang lain yang bukan perokok atau pengkonsumsi alkohol

Jika anda ingin memperoleh informasi yang lebih lengkap berkaitan dengan hal – hal yang menjadi perhatian maupun peringatan tentang Co-Diovan, maka anda bisa bertanya kepada pihak apoteker maupun juga bisa bertanya kepada dokter anda sehingga mereka akan dengan senang hati memberikan penjelasan secara lebih detail kepada anda.

Dosis Co-Diovan

Berikut ini merupakan informasi yang berkaitan dengan dosis Co-Diovan yang harus anda perhatikan. Perlu anda tahu bahwa penggunaan dosis yang tepat baik untuk obat Co-Diovan maupun obat jenis lain maka akan sangat menentukan tentang seberapa efektif obat tersebut akan bekerja.

Maka dari itu, jika anda ingin memperoleh informasi tentang takaran dosis yang tepat sesuai dengan kondisi anda, yang harus anda lakukan adalah bertanya kepada dokter. Dokter nanti akan memberikan takaran dosis yang sesuai dengan seberapa parah penyakit anda serta berdasarkan respon tubuh anda.

Adapun mengenai dosis dari Co-Diovan secara umum adalah sebanyak 1 tablet untuk setiap harinya. Dosis ini bisa anda gunakan bersamaan dengan makanan atau tanpa makanan, tergantung selera anda. Namun biasanya dokter akan menyarankan untuk diberikan bersamaan dengan makan agar supaya anda tidak sampai mengalami mual tanpa muntah.

Efek Samping Co-Diovan

Di bawah ini merupakan penjelasan tentang efek samping yang kemungkinan bisa anda alami sebagai akibat mengkonsumsi Co-Diovan.

  • Co-Diovan bisa mengakibatkan anda mengalami beberapa efek samping yang bersifat umum seperti misalnya perut kembung, sakit perut, atau bisa juga mengakibatkan anda mengalami sakit kepala.
  • Efek samping selanjutnya yang mungkin akan anda alami sebagai akibat dari mengkonsumsi Co-Diovan adalah seperti misalnya mengalami diare, meskipun memang kondisi ini diketahui masih jarang terjadi.
  • Efek samping yang masuk ke dalam kategori lumayan parah adalah anda bisa mengalami sinusitis. Sinusitis merupakan sebuah kondisi peradangan atau inflamasi yang menyerang rongga sinus anda.
  • Infeksi saluran pernapasan juga diketahui menjadi salah satu efek samping parah yang mungkin saja akan anda alami.

Beberapa efek samping lainnya yang jarang terjadi adalah seperti di bawah ini:

  • Pasien yang mengkonsumsi Co-Diovan bisa mengakibatkan ia mengalami resiko terkena penyakit bronkitis. Bronkitis merupakan sebuah penyakit peradangan yang menyerang bagian paru – paru.
  • Faringitis juga termasuk ke dalam efek samping yang diketahui masuk ke dalam kategori efek samping yang jarang terjadi.
  • Abdomal, arthritis, atau juga nyeri tungkai juga harus anda waspadai karena pada beberapa kasus ditemukan bahwa pasien yang mengkonsumsi obat ini bisa mengalami beberapa kondisi tersebut.

Jika anda ingin mendapatkan informasi tentang efek samping yang kemungkinan besar akan anda alami, maka yang harus anda lakukan adalah dengan bertanya kepada dokter anda guna mendapatkan informasi tersebut.

Itulah beberapa informasi penting yang bisa kami sampaikan berkaitan dengan Co-Diovan. Kami juga menyarankan anda untuk membaca informasi tentang obat lainnya untuk semakin membuka wawasan anda seperti dengan membaca Colidium dan Colfin. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semuanya.