Mandi dan Berenang Pakai Lensa Kontak, Mata Wanita Ini Jadi Buta

114

Jika belum lama terdapat kasus mandi masih pakai lensa kontak, mata kanan seorang pria buta, kini terdapat kasus serupa yang terjadi pada seorang wanita. Wanita asal Inggris berusia 41 tahun memiliki kebiasaan masih mengenakan softlens alias lensa kontak di saat berenang maupun mandi padahal kegiatan ini begitu berbahaya.

Konsekuensi serius pun harus ia tanggung karena mata kirinya kemudian menjadi buta karena gangguan mata langka. Awalnya, ia mengalami penglihatan yang mengabur disertai dengan rasa sakit di bagian tersebut. Bahkan ia merasakan bahwa selama dua bulan tingkat sensitivitas terhadap cahaya pada mata sebelah kiri pun bertambah.

Penglihatan mata kiri wanita ini usai dilakukan beberapa pemeriksaan hasilnya berkisar 20/200 seperti pada laporan dalam The New England Journal of Medicine. Di Inggris, kondisi seperti wanita ini dianggap sebagai suatu ‘kebutaan’. Pada pemeriksaan yang dilakukan pun, sang dokter dapat menjumpai kabut pada kornea mata pasiennya tersebut.

Ada tes mata lain yang dilakukan terhadap wanita ini sebagai pendeteksi adanya kerusakan di kornea mata. Jika yang nampak adalah warna hijau, ini tandanya ada kerusakan di kornea, sementara itu pada wanita ini justru didapati kondisi seluruh korneanya malah berwarna hijau terang yang menandakan telah rusak sepenuhnya.

Telah diambil pula sampel dari mata wanita tersebut di mana infeksi parasit kornea langka terjadi pada dirinya. Acanthamoeba keratitis adalah kondisi yang terdeteksi secara positif usai tes mata di mana jenis infeksi ini mampu menyebabkan kerusakan penglihatan seseorang yang dipicu oleh pemakaian lensa kontak tak tepat menurut ahli mata dari Manchester Royal Eye Hospital, Dr Lanxing Fu dilansir dari Live Science.

Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko penyakit langka ini berkaitan dengan softlens antara lain adalah:

  • Membersihkan lensa kontak memakai air keran
  • Mandi mengenakan lensa kontak
  • Berenang mengenakan lensa kontak

Dengan aktivitas-aktivitas tersebut, ada risiko tinggi akan penularan infeksi karena amuba tersebut biasanya ada di udara, tanah maupun air. Sayangnya meski sudah diberi obat mata sebagai solusi infeksi dan mendapat perawatan, mata kiri wanita ini tetap buta karena di korneanya ada bekas luka.

Sebagai pengganti jaringan yang rusak, maka wanita ini usai setahun dari insiden tersebut menempuh transplantasi kornea parsial sehingga jaringan rusak tergantikan oleh jaringan sehat yang ia terima dari pendonor. Oleh sebab itu, penting untuk memerhatikan bahaya lensa kontak untuk mata sebelum memutuskan untuk mengenakannya dan ketahui apa saja larangan dalam penggunaannya.