19 Gejala Sakit Mata Merah yang Sering Dirasakan

473

Seperti yang kita tahu bahwa sakit mata yang menyebabkan mata menjadi kemerahan merupakan penyakit yang banyak dialami oleh sebagian besar masyarakat kita. Secara media penyakit mata mempunayi istilah dalam dunia kesehatan yakni conjunctivitis artinya ilah sakit mata yang menimbulkan peradangan dan infeksi pada mata seseorang tepatnya terjadi pada selaput mata. Sakit mata yang menyebabkan mata menjadi kemerahan ini biasanya diakibatkan karena adanya peradangan dimana pembuluh darah akan melebar sehinggamata akan menjadi merah.

Perlu diketahui bahwa sakit mata ternyata tidak hanya ada satu jenis, terdapat beberapa jenis sekaligus juga penyebabnya yaitu :

1. Konjungtivis Alergi

Sakit mata jenis ini bisa dialami oleh seseorang akibat adanya alergi misalnya alergi pada serbuk sari, debu bahkan bulu bintanag. Sakit mata jenis ini merupakan sakit mata yang tidak menular maka dari itu ada tidak perlu cemas akan tertular jika dilingkungan anda ada yang mengalaminya.

2. Konjungtivis Bakteri

Jenis sakit mata ini merupakan jenis yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Salah atu tandanya ialah adanya secret tebal berwarna kuning kehijauan atau yang bisa kita kenal sebagai belek. Jenis sakit mata ini bisa dikategorikan sebagai sakit mata yang menular dan akan menyebabkan kerusakan serius pada mata jika tidak segera diobati.

3. Viral Conjunctivis

Samahalnya dengan sakit mata jenis konjungtivis bakteri, sakit mata jenis ini juga dikategorikan sangat menular. Penyebab dari adanya jenis sakit mata ini ialah disebabkan oleh adanya virus. Walaupun sakit mata ini sangat menular namun tidak perlu adanya perawatan yang intensif karena biasanya akan sembuh dengan sendirinya.

Seperti yang telah dijelaskan datas bahwa sakit mata merah ini juga memiliki beberapa gejala yang akan dirasakan oleh para penderitanya. Bebebrapa fgejala tersebut akan dijelaskan sebagai berikut.

4. Nyeri

Jika anda pernah mengalami sakit mata merah pasti anda pernah merasakan hal ini yaitu rasa nyeri pada mata. Rasa nyeri ini tidak lain karena disebabkan oleh infeksi bateri pada mata yang lama kelamaan akan menyebabkan mata menjadi merah.

5. Bengkak

Bengkak yang dimaksud disini ialah tidak lain bengkak pada mata. Seseorang yang sedang mengalami sakit mata merah, matanya akan menjadi memerah atau daging matanya akan menjadi menebal, sehingga terkadang akan menimbulkan efek malas, tidak percaya diri dan susah membuka kelopak mata.

6. Gatal

Gatal bisa diklasifikasikan sebagai gejala awal jika orang akan mengalami sakit mata merah, biasanya seseorang akan merasakan gatal pada sekitar matanya dan kemudian seseorang tersebut akan mengucek-ucek kelopak matanya sehingga akan menimbulkan iritasi pada mata dimana mata akan menjadi kemerahan. Rasa gatal ini bisa disebabkan oleh berbagai hal misalnya seperti terkena debu, bulu binatang dll. Penyebab kulit gatal paling umum ini biasanya juga hampir sama yang dialami dengan orang yang mengalami gejala mata merah. 

7. Belekan

Hampir semua orang yang yang mengalami sakit mata merah pasti akan mengalami belekan pada matanya, belekan ini biasanya berwarna kuning kehijauan dimana akan sedikit berbau busuk. Belek yang terjadi pada seseorang sakit mata merah ini ternyata juga bisa menular, sehingga jika anda mengakmainya sebaiknya membersihkan dengan tisu atau sejenisnya agar tidak menular pada mata yang lain.

8. Mata rasa berpasir

Hal yang akan dirasakan saat mengalami skait mata merah ialah mata serasa berpasit atau seperti terkena debu atau ada yang mengganjal namun sebenarnya tidak ada yang mengganjal. 

9. Silau

Silau pada cahaya ini akan dirasakan pada penderita sakit mata merah sehingga penderitanya biasanya tidak bisa terkena cahaya terlalu lama karena rasanya akan sangat silau dan seperti terkena cahaya begitu terang. Silau pun merupakan salah satu dari kelainan refraksi yang dapat menyebabkan kelainan pada mata sehingga harus segera ditangani.

10. Kelopak mata lengket pada saat bangun tidur

Biasanya kelompak mata akan sangat sulit dibuka saat bangun tidur ini akan selalu dirasakan oleh penderita sakit mata merah, kelopak mata akan serasa dilem bahkan akan terasa sangat perih jika dibuka, hal ini disebabkan oleh adanya belek yang tebal, dimana belek tersebut sudah mongering dan akan mengelem kelopak mata.

11. Keluar air mata

Keluar air mata ini akan terjadi pada seseorang yang mengalami sakit mata merah yang disebabkan oleh adanya alergi, yang dimaksud disini ialah mata akan cenderung selalu berair seperti orang menangis.

12. Demam

Terkadang beberapa orang tidak percaya jika hanya mengalami sakit mata merah bisa terkena demam, namun inilah yang terjadi sakit mata merah yang sudah sangat parah bisa menyebabkan penderitanya mengalami demam. Meskipuun sangat jarang, namun gejala mata merah ini dapat merupakana penyebab demam tinggi yang di alami manusia apabila metabolisme tubuhnya tidak bekerja dengan baik.

13. Pengelihatan Kabur

Yang akan diraskan olehs eseorang yang mengakami sakit mata merah ialah pandangan kabur, penderita akan mengalamimkesusahan saat meihat benda yang jaraknya agak jauh hal ini disebakan karena focus mata yang melambat dan kondisi mata yang tidak stabil.

14. Lemas

Disebakan oleh banyaknya gangguan yang akan dirasakan oleh penderita sakit mata merah, akan membuat penderitanya menjadi lemas karena kesusahan dalam melakukan hal apapun apalagi jika terdapat kegiatan diluar rumah yang terkena paparan udara dan cahaya.

15. Sakit Kepala

Rasa sakit kepala ini memeng beberapa dirasakan oleh penderita sakit mata merah namun sakit kepala ini jangka terjadinta tidak terlalu sering, hanya kadang-kadang saja.

16. Rasa terbakar

Rasa terbakar disini ialah rasa terbakar pada mata, mata akan cenderung terasa panas seperti terbakar.

17. Keluar kotoran mata bening

Keluar kotoran mata ini hampir sama dengan belekan hanya saja warnanya putih seperti keputihan, hal ini disebabkan oleh infeksi virus pada mata. 

18. Sakit Tenggorokan

Walaupun terkesan aneh namun sakit tenggoran ini memang dirasakan oleh beberapa penderita sakit mata merah hal ini biasanya disebebkan oleh sakit mata yang disebebkan oleh alergi.

19. Bersin, Hidung Gatal

Samahalnya dengan sakit tenggorokan bersin dan hidung gatal ini juga dirasakan oleh penderita sakit mata merah yang disebabkan oleh alergi.

Sekian tentang penjelasan beberapa gejala sakit mata merah yang sering dialami oleh masayarakat. Semoga kita semua bisa menjaga kesehatan serta mengantisipasi dengan berbagai hal supaya tidak mengalami sakit mata merah. Sekian.