14 Gejala Darah Tinggi di Usia Muda Paling Umum

4041

Penyakit darah tinggi sepertinya sudah bukan penyakit asing lagi karena merupakan penyakit yang banyak diderita oleh orang-orang Indonesia. Biasanya, memang faktor usialah yang menjadi penyebab tekanan darah tinggi menyerang seseorang. Rata-rata, penderita dari darah tinggi ini adalah orang-orang yang sudah masuk usia 50 tahun.

Namun satu hal yang perlu diketahui saat ini adalah bahwa tak hanya orang tua saja yang bisa mengalami darah tinggi. Orang-orang yang usianya masih tergolong mudah pun berpeluang sama dalam menderita tekanan darah tinggi. Pertanyaannya, apakah gejala darah tinggi di usia muda tergolong sama seperti ciri-ciri darah tinggi pada umumnya yang dialami oleh orang-orang tua?

(Baca juga: bahaya darah tinggi)

1. Sering Sakit Kepala

Gejala paling umum yang utama adalah seringnya seorang muda yang mengalami sakit kepala. Memang benar, usia muda adalah usia produktif di mana banyak yang masih sekolah maupun bekerja. Sakit kepala bisa saja kerap dianggap sebagai efek dari stres dan tekanan dari kegiatan sehari-hari.

Sakit kepala pun bisa jadi hanya dianggap sebagai efek dari rasa lelah akibat aktivitas yang begitu padat. Namun, sakit kepala yang terlalu sering muncul menandakan ada yang tak beres pada tubuh Anda. Perhatikan lagi akan asupan makanan Anda sehari-hari karena makanan yang terlalu berlemak dan asin-asin bisa jadi menaikkan tekanan darah Anda sehingga pusing sering terjadi.

2. Vertigo

Vertigo dan sakit kepala biasa tentulah berbeda meski vertigo masih termasuk di dalam jenis sakit kepala. Pada seorang muda yang tekanan darahnya melonjak, bisa jadi vertigo ini menjadi salah satu gejala yang kerap dialaminya. Vertigo sendiri adalah kondisi seseorang yang merasakan bahwa dirinya sedang berputar-putar.

Trauma kepala dan virus memang berpotensi menjadi penyebabnya, tapi tak selalu demikian. Penyakit asam lambung yang naik juga dapat menjadi pemicu timbulnya vertigo sebenarnya. Namun, ada baiknya untuk tidak menduga-duga saja tapi langsung cek tekanan darah Anda untuk memastikan apakah vertigo berasal dari tekanan darah tinggi atau bukan.

(Baca juga: makanan penyebab darah tinggi naik dengan cepat)

3. Tidak Bisa Tidur di Malam Hari

Seringnya tak bisa tidur ketika malam hari biasa disebut dengan istilah insomnia. Hal ini dapat dimasukkan ke dalam kategori gangguan tidur dan akan cukup parah bila dibiarkan terus-menerus tanpa penanganan tepat. Kurang tidur bisa menyebabkan kualitas kesehatan Anda menurun, maka sebaiknya Anda coba untuk mencari tahu penyebabnya.

Gangguan tidur yang terlalu sering bisa jadi tak hanya disebabkan oleh stres atau banyak pikiran. Periksakanlah tekanan darah tinggi Anda karena ini bisa jadi ada kaitannya erat dengan gangguan tidur. Terlebih lagi kalau Anda merasakan pusing yang cukup sering sehingga tak bisa tidur, ini perlu mendapatkan perhatian khusus.

4. Wajah Memerah

Kalau anemia (kurang darah) atau darah rendah bisa menyebabkan seseorang menjadi berwajah pucat atau lebih putih, maka tekanan darah tinggi bisa menyebabkan wajah berwarna lain. Ketika seseorang masih dalam usianya yang muda dan bertekanan darah tinggi, biasanya wajahnya akan berubah menjadi kemerahan.

Wajah memerah pada umumnya mungkin dikarenakan sedang marah, malu, atau kepanasan (terpapar sinar matahari langsung), tapi tak hanya itu saja yang bisa menjadi alasan. Wajah bisa memerah khususnya kalau darah tinggi sedang kambuh. Maka dari itu, demi menghindari hal ini Anda bisa serutin mungkin mengecek tekanan darah, apalagi kalau asupan makanan tidaklah sehat.

(Baca juga: makanan penurun darah tinggi dengan cepat)

5. Mimisan

Kondisi mimisan sangat identik dengan seseorang yang terlalu kecapekan dan memforsir diri untuk melakukan banyak kegiatan. Kelelahan ekstrem terkadang bisa memicu seseorang mengalami mimisan alias perdarahan yang keluar dari hidung. Namun rupanya, tekanan darah tinggi bisa menyebabkan mimisan tanpa diduga-duga di mana ini lebih sering terjadi pada yang usianya masih muda.

6. Sering Haus

Sering merasa haus bisa jadi dikarenakan Anda adalah tipe orang yang malas minum air putih terlalu banyak. Cuaca yang begitu panas dan terik juga dapat menjadi faktor penyebab seringnya seseorang merasa dahaga. Tapi kalau juga disertai dengan beberapa gejala yang sudah disebutkan sebelumnya, tekanan darah tinggi berpotensi menjadi ancaman.

Sering haus diketahui sebagai bahaya dehidrasi di mana tubuh kekurangan asupan cairan. Ketika kondisi ini dibarengi dengan rasa pusing, gangguan tidur, dan wajah merah misalnya, Anda bisa segera memeriksakan diri, terutama tekanan darah Anda. Tak menutup kemungkinan bagi yang usianya masih muda untuk menderita tekanan darah tinggi.

7. Sering Mengantuk

Meski masih siang, apakah Anda sering merasakan kantuk yang hebat? Merasa mengantuk memang dapat dimasukkan ke dalam gejala darah rendah di mana kekurangan darah akan membuat seseorang mudah lemas dan ingin tidur saja. Tapi, mengantuk terlalu sering juga dapat menjadi pertanda tekanan darah Anda sedang tinggi-tingginya.

(Baca juga: pantangan darah tinggi)

8. Mudah Lelah

Tubuh yang rasanya gampang lelah pada umumnya terjadi karena terlalu banyak aktivitas atau kegiatan yang menghabiskan banyak tenaga. Namun bila Anda merasa bahwa kegiatan Anda tak terlalu padat, kemudian juga beberapa gejala di atas juga kerap dialami, kemungkinan tekanan darah tinggilah masalah utamanya.

9. Tubuh Lemas

Tubuh yang lemas seperti tak punya tenaga biasanya dikarenakan kurang tidur atau tidak sarapan. Namun bila tubuh lemas dan gampang lelah dirasakan bersama dengan beberapa gejala lain yang sudah disebutkan, kemungkinan besar tekanan darah Anda sedang naik. Perhatikanlah kesehatan Anda dengan mengecek tekanan darah meski usia masih tergolong muda.

10. Lebih Sensitif

Saat seseorang yang masih muda mengalami tekanan darah tinggi, hal ini bisa ditunjukkan salah satunya dengan tanda bahwa ia sering mengalami perubahan emosi. Emosi yang tak stabil dan meletup-letup secara tiba-tiba kemungkinan adalah tanda tekanan darahnya tengah tinggi. Seseorang bisa menjadi lebih sensitif dari biasanya jika tekanan darahnya berada di atas normal.

Apakah Anda pernah kesal sendiri dan marah-marah tanpa sebab yang begitu jelas? Cobalah untuk ingat-ingat lagi apakah juga hal ini terjadi terlalu sering. Kemungkinan ini adalah efek dari tekanan darah yang cukup tinggi namun Anda tak pernah menyadarinya. Ceklah kondisi kadar tekanan darah secara rutin supaya bisa mencegah serangan penyakit kronis.

(Baca juga: madu untuk penderita darah tinggi)

11. Gangguan Penglihatan

Masih muda tapi sudah mengalami mata yang rabun? Ini patut dipertanyakan dan Anda bisa mencoba mengingat kembali adakah gejala lain yang menyertainya. Ketika Anda tak memiliki masalah dengan penglihatan Anda, tapi kemudian mata atau pandangan menjadi rabun, darah tinggi dapat menjadi masalah utamanya.

Saat penglihatan mulai tidak jelas dan hal ini juga turut disertai oleh kondisi lain seperti seringnya sakit kepala, mudah capek, tubuh yang terasa lemas, seringnya merasa dahaga, wajah merah, atau mimisan, jangan abaikan. Cek segera kadar tekanan darah Anda untuk memastikan dan bila benar, segera tangani dengan tips diet sehat.

12. Sulit Berkonsentrasi

Seorang penderita tekanan darah tinggi bakal merasa sulit untuk konsentrasi dan kondisi ini paling sering terjadi pada orang-orang yang usianya masih muda. Kesulitan dalam berkonsentrasi dapat disebabkan pula oleh rasa sakit kepala atau tubuh yang terasa melemah dan lemas. Tak salah kalau Anda cek tekanan darah sebelum tekanannya telanjur terlalu tinggi.

13. Telinga Berdengung

Selain masalah pada penglihatan, rupanya telinga yang berdengung juga dapat menandakan ada yang tak wajar pada tekanan darah Anda. Gejala umum darah tinggi di usia muda lainnya adalah dengungan pada telinga. Jika terjadi lebih sering, jangan tunda lagi untuk ke dokter dan memastikan tekanan darah Anda.

14. Pingsan

Tekanan darah yang sangat tinggi mampu menjadikan seseorang mudah kabur penglihatannya, mudah pusing, yang ternyata juga berisiko menyebabkan pingsan. Segeralah ke dokter bila Anda pernah mengalami pingsan dan sudah cukup sering. Pastikan lebih dulu apakah ini gejala darah rendah atau darah tinggi supaya Anda bisa mengatasinya secara tepat.

(Baca juga: cara mencegah darah tinggi)

Serangan jantung dan stroke merupakan dua penyakit mematikan yang berawal dari tekanan darah tinggi. Jadi, bila sudah ada gejala-gejala tersebut jangan lagi sepelekan. Ubahlah pola hidup Anda menjadi lebih baik, sehat dan seimbang demi mencegah penyakit yang lebih serius.