Home Featured 5 Gejala Gangguan Pencernaan Ini Tidak Boleh Diabaikan

5 Gejala Gangguan Pencernaan Ini Tidak Boleh Diabaikan

by Putri Yohani Masnun

Gangguan pencernaan seringkali membuat kita merasa tidak nyaman, bahkan kerap merasakan sakit hingga mengganggu aktivitas. Padahal, sebenarnya gangguan tersebut dapat dicegah atau diminimalisir dampaknya jika kita dapat mengenali gejalanya. Beberapa gejala yang muncul mungkin sering kita abaikan, namun sebaiknya kebiasaan tersebut dihentikan karena mengabaikan gejala gangguan kesehatan pencernaan dapat berakibat fatal. Setidaknya, jangan abaikan 5 gejala gangguan pencernaan seperti berikut.

1. Perut Terasa Tidak Nyaman

Tanda paling umum dari ketidaklancaran proses pencernaan dalam tubuh adalah rasa tidak nyaman pada perut terutama pada bagian atas atau tepatnya di bawah rongga dada. Rasa tidak nyaman ini bisa seperti nyeri, panas atau perut terasa penuh dan berat. Jika sering terjadi, jangan anggap sepele dan sebaiknya periksakan diri ke dokter. Bisa jadi, ada masalah pada lambung yang perlu segera diatasi agar kondisinya tidak semakin parah.

2. Sering Bersendawa

Gangguan pencernaan juga ditandai dengan seringnya bersendawa. Hal ini dikarenakan saat organ pencernaan terganggu, proses mencerna makanan tidak dapat berjalan dengan baik dan berakibat pada produksi gas yang berlebih. Gas tersebut akhirnya terdorong ke luar melalui mulut, dan jika gas dalam perut terlalu banyak maka sendawa juga akan lebih lama terjadi.

3. Kembalinya Isi Perut ke Kerongkongan

Pernahkah Anda merasa makanan dan minuman yang sudah dikonsumsi dan masuk ke perut naik kembali ke kerongkongan atau esofagus? Jika Anda mengalaminya, itu artinya organ pencernaan sedang mengalami masalah seperti naiknya asam lambung atau produksi gas yang berlebih. Kondisi ini tidak boleh diabaikan, karena isi lambung yang naik ke kerongkongan sudah bercampur dengan asam lambung, dan dapat menyebabkan iritasi atau sensasi terbakar di kerongkongan jika sering terjadi.

4. Nyeri yang Hebat

Tak jarang, gangguan pencernaan ditandai dengan timbulnya rasa nyeri yang hebat, terutama di sekitar ulu hati atau perut bagian tengah atas. Kondisi ini bisa menyebabkan seseorang merasa kesakitan bahkan pingsan jika sudah tidak tertahankan. Sebaiknya jangan abaikan gejala ini, pemeriksaan oleh dokter sangat dibutuhkan untuk mendapatkan kesembuhan lebih cepat.

5. Kembung dan Mual

Meski bukan gejala yang spesifik, mual dan kembung juga bisa menjadi gejala adanya gangguan pada pencernaan. Kondisi ini tentu sangat tidak nyaman apalagi jika sampai disertai dengan muntah. Jika kondisi ini berlangsung lama apalagi sering terjadi, jangan tunda untuk segera pergi ke dokter. Penanganan dini akan mencegah kondisi semakin parah dan dapat mempercepat proses penyembuhan.

Kelima gejala gangguan pencernaan di atas sangat penting untuk dikenali dan sebaiknya tidak diabaikan, karena gangguan pencernaan yang semakin parah dapat mengancam nyawa penderitanya. Untuk menghindari gangguan kesehatan pencernaan, sebaiknya pilih makanan yang sehat dan hindari makan terlalu berlebihan.

You may also like