12 Khasiat Timun untuk Kesehatan

2451

Salah satu dari Family Cucurbitacea yaitu semangka, timun dan sebagainya yang memiliki kadar air yang tinggi dalam dagingnya yang dapat membantu manusia ketika mengalami kekurangan kadar air yang terdapat dalam tubuhnya. Selain untuk menyuplai kembali kadar air air yang hilang karena proses penguapan dalam tubuh,untuk proses penyuplaian bisa dengan memakan lansung timun atau dijadikan jus dan bisa menambahkan buah yang lainnya dengan kandungan kadar air yang sama-sama tinggi, agar memiliki rasa manis pada jus tersebut bagi yang belum terbiasa dengan jus timun yang original tanpa di mix dengan sayuran atau buah lain, selain untuk penyuplai kadar air yang teruap karena dehidrasi ternyata timun sendiri memiliki khasiat lain bagi tubuh yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Kandungan yang berbagai macam terkandung dalam timun memberikan khasiat tersendiri bagi tubuh yang saling melengkapi dari sayuran atau buah yang lain, dengan itu setiap sayur dan buah memiliki kandungan khas yang dapat memberikan manfaat bagi tubuh atau bisa saja kandungan yang terdapat pada timun bisa didapatkan pada sayuran atau buah yang lain sebagai alternatif lain ketika satu jenis atau sayuran susah untuk didapatkan bisa menggunakan sayuran atau buah lain yang mudah didapatkan namun memiliki kandungan yang sama dan dapat memberikan khasiat bagi tubuh.

Kandungan Gizi Pada Timun

Kandungan yang terdapat pada timun juga memiliki kandungan yang sama pada buah atau sayuran lain, kandungan gizi yang terdapat pada timun dalam setiap irisannya dengan beserta kulitnya memiliki kandungan yaitu:
• air sekitar 92%
• karbohidrat 2% (sudah termasuk serat dan gula)
• kalori 5%
• protein 0,7%
• dan lemak 0,3% . (baca juga: makanan yang mengandung lemak jenuh)
Dengan kandungan seperti itu maka banyak sekali khasiat bagi tubuh, terlebih untuk pencernaan atau bagian tubuh yang membutuhkan kadar air yang cukup banyak. Kandungan lain yang dimiliki oleh timun yaitu seperti vitamin A, B-G, Tembaga, Seng, zat besi, fosfor, kalsium, kalium, magnesium, thiamin, folat.

Baca juga:

Khasiat yang terdapat dalam timun

Banyak khasiat yang diberikan oleh timun entah itu dalam kesehatan tubuh maupun dalam kecantikan kulit, rambut dan lainnya, maka tidak aneh lagi jika saat ini timun banyak digunakan dalam produk kecantikan atau dikonsumsi karena untuk perawatan kecantikan. Fungsi timun sendiri bisa sebagai untuk mengobati atau mencegah atau sebagai penjagaan bagi tubuh sehingga menjadi suatu rutinitas mengkonsumsi timun bagi masyarakat yang memiliki penyakit tertentu dan timun sebagai obat alaminya.

1. Mengurangi lingkar hitam pada sekitar mata

Bagi para kaum hawa yang memiliki masalah pada sekitar mata ternyata timun mampu memberikan khasiat dalam mengurangi lingkar hitam pada sekitar mata, banyak orang yang sering melakukan hal ini ketika lingkar mata mereka mulai timbul karena faktor tidur yang terlalu larut malam. Cukup dengan mengiris timun menjadi dua irisan lalu irisan tersebut disimpan pada kedua mata, hal ini memberikan efek rileks bagi mata karena merasa disekitar mata terasa sejuk. Kandungan yang terdapat pada timun yang berfungsi untuk menghilangkan lingkar hitam pada mata adalah antioksidan dan silika yang dapat memudarkan lingkar hitam pada sekitar mata.

Baca juga:

2. Agar kulit lebih kencang

Produk kecantikan yang dihasilkan dari timun berasal dari sari timun nya sendiri yang sering dijadikan masker atau tonic untuk wajah dalam meremajakan kulit, kandung yang sama seperti untuk mengurangi lingkar hitam pada sekitar mata juga ternyata dapat meremajakan kulit sehingga kulit menjadi lebih kencang.

Baca juga: kebiasaan baik untuk kesehatan dan kecantikan

3. Memperkecil kantong mata

Untuk memperkecil kantong mata tidak perlu melakukan operasi plastik yang membutuhkan banyak biaya atau dengan concealer pada make up, timun juga bisa mengatasi masalah seperti ini. Kandungan yang terdapat pada timun yaitu asam askorbat dan asam caffeic memiliki fungsi untuk mengurangi pembengkakan pada sekitar mata atau kantong mata.

Baca juga: cara menghilangkan kantung mata

4. Pengurangan kolesterol jahat dalam darah

Terlalu banyak memakan makanan yang mengandung kolesterol jahat yang tinggi dapat menimbulkan penyakit-penyakit cukup berat bahkan penyakit pun bisa timbul karena adanya kolesterol tinggi dalam tubuh. Untuk menguranginya bisa dengan mengkonsumsi timun atau untuk menguranginya lebih cepat bisa dikonsumsi secara rutin, hal ini terjadi kandungan yang terdapat pada timun yaitu streol, streol sendiri merupakan senyawa yang dapat mengurangi kolsterol jahat yang ada dalam tubuh.

baca juga:

5. Membantu melawan pertumbuhan kanker

Antioksidan yang terkandung dalam timun mampu membantu melawan pertumbuhan kanker, untuk mengehentikan pertumbuhan kanker yang semakin menjalar keseluruh tubuh bisa mengkonsusmi timun karena antioksidan yang terkandung mampu membantu melawan pertumbuhannya.

6. Pengurangan kerontokkan pada rambut

Masalah rambut rontok lebih sering ditemukan pada kaum wanita dibanding pada kaum pria, sehingga menimbulkan keluhan-keluhan dikalangan kaum wanita yang menginginkan rambut indah. Kandungan yang terdapat pada timun seperti sulfur sodium, fosfor, kalsium, dan silika yang merupakan nutrisi bagi rambut.

Baca juga:

7. Mengobati penyakit cacingan

Racun alkoid jenis hipoxanti yang terkandung pada biji timun mampu mengeluarkan cacing yang terdapat dalam usus atau dikalangan masyarakat sering disebut dengan penyakit cacingan.

8. Meredakan radang tenggorokan

Sifat anti inflamasi yang terdapat pada biji timun mampu meredakan radang tenggorokan, mengobati ketika selaput lendir dan tenggorokan mengalami pembekakkan.

9. Membersihkan ginjal

Silika, flourin dan kalium yang terdapat dalam timun mampu membersihkan sisa metabolisme karena ginjal mendapatkan rangsangan oleh kandungan tersebut sehingga ginjal mampu membersihkan sisa metabolisme dalam tubuh. Baca juga:

10. Memelihara gigi dan gusi

Dengan mengkonsumsi timun kelenjar air liur yang ada dimulut mengalami rangsangan produksi yang lebih banyak dalam mulut dan membantu pertumbuhan bakteri dalam mulut karena zat asam yang ada didalam mulut berkurang, selain itu vitamin C yang terkandung dalam timun mampu mengobati sariwan disekitar mulut.

11. Menjaga kelangsingan tubuh

Hanya dengan memakan timun dapat menimbulkan kenyang yang cukup lama, karena terdapat serat dan kalori pada timun yang dapat menjaga kelangsingan tubuh dengan mengkonsumsi timun. Karena hal ini serat yang larut dalam usus berubah menjadi gel yang menimbulkan kenyang dan juga mampu memperlambat pencernaan.

12. Fungsi kerja otak yang selalu terjaga

Khasiat timun bagi otak memiliki peran yang cukup besar, karena denga mengkonsumsi timun daya ingat dan memori menjadi lama dan terjaga karena dalam timun sendiri terdapat senyawa flavanol atau fisetin yang mampu melindungi otak agar tidak mengalami ganguan ingatan atau memori seperti alzheimer. Baca juga:

Ternyata banyak sekali khasiat timun bagi tubuh yang tanpa disadari memiliki peran penting bagi tubuh, sehingga sayuran seperti timun sendiri disepelekan keberadaanya yang dianggap tidak penting bagi tubuh.