13 Cara Menghilangkan Lingkaran Hitam pada Mata dan Cepat

8501

Lingkaran hitam pada mata atau biasanya dikenal dengan istilah mata panda biasanya dapat terjadi karena adanya beberapa faktor, seperti kurang tidur, kelelahan, kebanyakan mengkonsumsi minuman bersoda (baca : Bahaya Minuman Bersoda) dan sebagainya. Kebiasaan kurang tidur atau begadang menjadi penyebab utama munculnya lingkaran hitam pada mata bagi siapapun, baik itu pria maupun wanita. Adanya mata panda ini biasanya juga disertai dengan gejala mata yang terasa panas atau mata yang terasa berair atau mata yang berkantung seperti adanya sebuah beban yang menggantung pada kantung mata.

Selain itu, kondisi mata panda biasanya membuat seseorang menjadi kurang percaya diri karena mengganggu penampilan. Sehingga kebanyakan orang yang terkena gejala mata panda menutupi bagian matanya dengan menggunakan kacamata. Kondisi ini sebenarnya bisa dihilangkan dengan berbagai cara, antara lain:

1. Menggunakan Mentimun

Mentimun atau timun merupakan salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan lingkaran hitam pada mata. Sifatnya yang dingin menjadi penyebab mentimun mampu cara menghilangkan lingkaran hitam pada mata secara alami. Selain itu, kandungan di dalamnya yang kaya akan zat halitosis yang memang memiliki manfaat yang baik bagi mata dan daerah sekitarnya menjadi penyebab mengapa mentimun mampu menghilangkan lingkaran hitam pada mata.

Kandungan Mentimun

Kandungan asam malonat yang dimiliki oleh mentimun memiliki kemampuan untuk menekan gula agar tidak menjadi tumpukan lemak yang biasanya bersarang di bawah mata. Adanya kandungan asam saponin yang mampu mengeluarkan lendir, vitamin E yang mampu menghambat penuaan serta menghilangkan keriput, dan vocunis sativum L yang mampu mengencangkan kulit di sekitar area mata, akan membantu mata agar tetap sehat sehingga meminimalisir munculnya lingkaran hitam pada mata.

Cara Menggunakan

Caranya ialah dengan menaruh irisan mentimun pada bagian mata yang menjadi tempat timbulnya lingkaran hitam tersebut, lalu diamkan beberapa saat hingga kondisinya mengering. Lalu bilas dengan air sampai bersih. Lakukan cara ini setidaknya 2-3 kali dalam sehari secara rutin dan teratur hingga lingkaran hitam benar-benar hilang.

2. Menggunakan Kentang

Kentang juga bisa menjadi solusi untuk menghilangkan lingkaran hitam pada mata. Hal ini dikarenakan kentang memiliki kandungan berupa zat phytochemical, polifenol, karotenoid, enzim catecholase, dan vitamin C yang bermanfaat untuk memanjakan peremajaan kulit, terutama bagi kantung mata yang rentang menjadi tempat munculnya lingkaran hitam pada mata. Selain itu, kentang yang juga memiliki kandungan berupa mineral natrium dengan kadar alkalinnya yang cukup tinggi bermanfaat untuk meningkatkan pH yang terlalu asam di dalam tubuh. Dengan adanya kemampuan ini, maka wajar saja apabila kentang dapat membuat kulit menjadi elastis sehingga kulit pun terasa diremajakan, termasuk kantong mata yang biasanya sedikit membengkak ketika muncul lingkaran hitam pada mata. ( baca : Bahaya Kentang Goreng bagi Kesehatan )

Manfaat dan Cara Menggunakan 

  • Manfaat tambahan yang dimiliki kentang selain untuk menghilangkan lingkaran hitam pada mata ialah sebagai antioksidan bagi kulit sehingga mampu menangkal radikal bebas. Hal ini dikarenakan kandungan kadar air yang tinggi serta vitamin B1 yang ada di dalam kentang. ( baca  : Akibat Kekurangan Vitamin B Kompleks bagi Tubuh )
  • Caranya ialah dengan menjadikan kentang sebagai masker, yaitu dinginkan kentang terlebih dahulu, lalu potonglah sesuai dengan bentuk lingkaran hitam pada mata. Diamkanlah selama 20 menit, kemudian bersihkan dengan air. Lakukanlah cara ini setidaknya 2-3 kali dalam sehari secara rutin dan teratur hingga lingkaran hitam benar-benar hilang.

3. Menggunakan Teh Hijau

Lingkaran hitam pada mata yang biasanya disertai dengan kantong mata yang cenderung mengembang secara berlebihan dapat disamarkan atau dihilangkan dengan menggunakan teh hijau. Hal ini dikarenakan teh hijau yang memiliki kandungan antioksidan tinggi ( baca : Makanan yang Mengandung Antioksidan Tinggi ) sehingga mampu dimanfaatkan untuk meremajakan sel kulit pada kantong mata tersebut. Konsumsilah tehnya secara teratur karena juga baik untuk kesehatan.

Kemudian, bekas kantong teh (kemasan yang biasanya berupa teh celup) dapat didinginkan dan tempelkan pada bagian kantong mata. Diamkan selama 10-20 menit, lalu bilas menggunakan air hangat. Lakukan kebiasaan ini secara rutin dan teratur sebanyak 2-3 kali setiap harinya hingga kantong mata dan lingkaran hitamnya memudar serta hilang. Apabila sudah hilang, kebiasaan ini tetap bisa dilanjutkan dengan frekuensi 2-3 kali setiap minggunya untuk mencegah munculnya kembali lingkaran hitam disertai kantong mata yang berlebihan kembungannya. Demikian sehingga mata tetap dalam kondisi sehat.

Artikel terkait : Bahaya Es Teh Manis bagi Kesehatan

4. Menggunakan Wortel

Masalah lingkaran hitam pada mata yang biasanya diserta dengan kantong mata yang mengembung berlebihan juga dapat dihilangkan dengan menggunakan wortel. Hal ini dikarenakan wortel yang memiliki kandungan berupa vitamin A dan vitamin C mampu membantu menghilangkan masalah tersebut. ( baca : Bahaya Kekurangan Vitamin A, B, C, D, E, K )

Cara menggunakan :

Cuci terlebih dahulu wortel hingga bersih, lalu kupas kulitnya. Setelah itu, potonglah kecil-kecil dan haluskanlah dengan menggunakan blender. Kemudian oleskan hasil blenderan yang telah halus tersebut pada bagian mata yang menghitam dan berkantong tersebut. Diamkan selama 10-20 menit, lalu bilas dan bersihkan dengan menggunakan air hangat. Lakukan cara ini setidaknya 2-3 kali dalam sehari secara rutin dan teratur hingga lingkaran hitam benar-benar hilang.

5. Menggunakan Bengkoang

Kandungan yang dimiliki oleh bengkoang juga mampu untuk menghilangkan lingkaran hitam yang muncul pada bagian mata. Hal ini dikarenakan kandungan yang dimiliki oleh bengkoang akan membantu untuk menutrisi kulit, termasuk kulit mata. Caranya ialah :

  • Cuci hingga bersih dan potong kecil-kecil bengkoang.
  • Dinginkan beberapa saat sekitar 10 menit. Setelah itu, tempelkan pada bagian mata yang menghitam dan berkantong sekitar 10-20 menit dan bilas dengan air.

Lakukanlah cara ini setidaknya 2-3 kali dalam sehari secara rutin dan teratur hingga lingkaran hitam serta kantong mata benar-benar hilang.

Baca juga : Khasiat Lidah Buaya untuk Kulit

6. Menggunakan Minyak Zaitun

Salah satu cara lain yang bisa digunakan untuk menghilangkan lingkaran hitam pada mata ialah menggunakan minyak zaitun. Oleskanlah minyak zaitun pada bagian mata yang menghitam secara merata, terutama pada bagian kantong mata yang biasanya menjadi asal atau pusat munculnya lingkaran hitam tersebut. Lakukanlah kebiasaan ini setidaknya 2-3 kali dalam sehari, terutama sebelum tidur, secara rutin dan teratur hingga lingkaran hitam benar-benar hilang. Selain itu, minyak zaitun juga dikenal efektif untuk mengobati beberapa penyakit, seperti batuk, osteoporosis, dan lain sebagainya.

7. Menggunakan Telur

Telur juga bisa digunakan untuk menghilangkan lingkaran hitam pada mata. Namun bagian yang digunakan dalam telur hanyalah putih telurnya saja. Caranya ialah dengan mengoleskannya pada bagian mata yang menghitam secara merata dan diamkan beberapa saat hingga kondisi agak mengering. Dengan kata lain, putih telur terserap oleh kulit mata. Kemudian bilas dan bersihkan dengan menggunakan air. Lakukanlah cara ini setidaknya 2-3 kali dalam sehari secara rutin dan teratur hingga lingkaran hitam benar-benar hilang. Selain itu, putih telur pada telur juga memiliki beberapa manfaat lainnya, seperti mampu menghilangkan jerawat dan flek hitam yang muncul di wajah.

Baca juga :

8. Menggunakan Daun Mint

Menggunakan daun mint juga merupakan cara alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan lingkaran hitam pada mata. Caranya yang sangat mudah dan terhitung cepat dalam menghilangkan lingkaran hitam pada mata memungkinkan untuk dilakukan oleh siapapun. Caranya ialah haluskan atau hancurkan terlebih dahulu daun mint. Kemudian oleskan secara merata pada bagian mata yang menghitam. Diamkan beberapa saat, lalu bersihkan dengan menggunakan air. Lakukanlah cara ini setidaknya 2-3 kali dalam sehari secara rutin dan teratur hingga lingkaran hitam benar-benar hilang.

Artikel terkait : Khasiat Daun Mint

9. Menggunakan Sendok Dingin

Cara menggunakan sendok dingin ini hampir serupa dengan cara mentimun pada poin 1, yaitu dinginkan sendok hingga benar-benar dingin, kemudian tempelkanlah di mata. Berikanlah sedikit pijatan dengan menggunakan bagian bawah sendok yang mencembung. Diamkan hingga sendok sudah tidak terasa dingin lagi. Cara ini juga dapat membantu untuk menghilangkan lingkaran hitam pada mata. Lakukanlah cara ini secara rutin dan teratur setiap harinya. Masalah frekuensi dalam seharinya tergantung pada Anda, intinya lakukan dengan rutin dan teratur.

10. Menggunakan Es Batu

Menggunakan es batu juga merupakan cara yang dapat digunakan untuk menghilangkan lingkaran mata, sepertinya layaknya mengkompres mata dengan air dingin. Hal ini dikarenakan es batu yang dingin dapat membantu untuk melancarkan aliran darah di mata sehingga berjalan dengan baik. Karena munculnya tanda lingkaran hitam di mata juga bisa disebabkan karena aliran darah yang tidak lancar akibat kurang tidur, menangis dalam waktu yang cukup lama maupun kelelahan.

Cara menggunakan :

Letakkan potongan es batu (ukuran di buat sesuai) pada bagian mata, seperti layaknya sedang mengkompres mata atau bisa juga dengan cara menjalankan es batu dengan tangan mengitari bagian mata yang menghitam hingga mata terasa lebih rileks. Lakukanlah cara ini secara rutin dan teratur setiap harinya hingga lingkaran hitam benar-benar hilang. Masalah frekuensi dalam seharinya tergantung pada Anda, intinya lakukan dengan rutin dan teratur.

11. Menggunakan Kamomil

Salah satu cara menghilangkan lingkaran hitam pada mata secara alami ialah menggunakan komamil. Caranya ialah dengan cara mengoleskannya pada bagian mata yang menghitam setiap sebelum tidur di malam hari. Cara ini terbilang mudah dan bisa saja dilakukan oleh siapapun karena hanya tinggal mengoleskannya saja seperti layaknya krim mata. Lakukanlah secara rutin dan teratur setiap sebelum tidur di malam hari hingga lingkaran hitam benar-benar hilang. Selain itu, komamil juga efektif untuk meredakan keadaan kantong mata yang mengembung berlebihan.

12. Menggunakan Krim Mata

Penggunaan krim mata ini juga terbilang efektif dalam menghilangkan lingkaran hitam pada mata. Hal ini dikarenakan obat krim mata biasanya mengandung vitamin C dan vitamin E yang baik untuk kesehatan mata. Sedemikian sehingga bisa juga membantu dalam usaha untuk menghilangkan lingkaran hitam pada mata. Tentunya krim yang digunakan merupakan krim khusus. Oleh karena itu, dalam penggunaan krim ini sebaiknya melalui konsultasi dan saran terlebih dahulu dari dokter atau pihak apoteker yang biasanya juga tahu tentang manfaat dan tata cara penggunaannya, termasuk dosisnya.

13. Mengkonsumsi Suplemen

Cara terakhir yang bisa digunakan untuk menghilangkan lingkaran hitam pada mata ialah dengan mengkonsumsi suplemen. Tentunya suplemen tersebut merupakan suplemen khusus yang di dalamnya memiliki kandungan berupa zat besi, vitamin B6, dan vitamin B12 ( baca : Makanan yang Mengandung Vitamin B12 Tinggi ). Oleh karena itu, dalam penggunaan suplemen ini sebaiknya melalui konsultasi dan saran terlebih dahulu dari dokter atau pihak apoteker yang biasanya juga tahu tentang manfaat dan tata cara penggunaannya, termasuk dosisnya.

Itulah beberapa cara yang bisa digunakan untuk menghilangkan lingkaran hitam pada mata secara alami dan cepat. Tentunya terkait cepat di sini bergantung dengan kerutinan dan keteraturan Anda dalam melakukan salah satu cara yang telah dijelaskan. Demikian apabila Anda rutin dan teratur dalam melakukan salah satu cara tersebut, maka kemungkinan hilangnya lingkaran hitam pada mata akan semakin cepat. Sebaliknya, apabila Anda tidak rutin dan teratur dalam melakukan salah satu cara tersebut, maka kemungkinan hilangnya lingkaran hitam pada mata akan semakin lama.

Baca juga : Cara Menjaga Kesehatan Mata secara Alami

Cara Mencegah Munculnya Lingkaran Hitam pada Mata

Selain itu, sebagai tambahan, berikut akan dijelaskan empat cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah munculnya lingkaran hitam pada mata. Bukankah lebih baik mencegah daripada menghilangkan? Adapun empat cara yang bisa dilakukan tersebut, antara lain:

1. Hindari/Kurangi Mengkonsumsi Kafein

Perlu diketahui bahwa mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein ternyata dapat menyebabkan gangguan penyerapan air ke dalam tubuh sehingga mampu mengakibatkan dehidrasi ( baca : Bahaya Dehidrasi Bagi Tubuh ). Dehidrasi tersebutlah yang menyebabkan racun dan berbagai zat tidak guna di dalam tubuh tidak terbuang seluruhnya sehingga juga akan mempengaruhi kesehatan kulit, termasuk pada kulit mata. Penyerapan dan pembuangan tak sempurna tersebutlah yang akan mempengaruhi pada kulit mata, termasuk dalam hal warna sehingga memungkinkan untuk menimbulkan lingkaran hitam pada mata.

Oleh karena itu, untuk dapat menghindari munculnya lingkaran hitam pada mata salah satunya ialah dengan menghindari atau mengurangi konsumsi minuman yang mengandung kafein, seperti kopi. Meskipun pada kenyataannya, justru banyak orang gemar mengkonsumsi minuman tersebut, baik karena suka ataupun sudah menjadi kebiasaan sehari-hari.

Artikel terkait : Bahaya Kafein Bagi Tubuh

2. Hindari/Kurangi Mengkonsumsi Soda

Sebagaimana diketahui oleh kebanyakan orang bahwa minuman yang mengandung soda pasti memakai pemanis buatan. Yang mana, pemanis buatan tersebut memiliki kemungkinan untuk menyebabkan timbulnya lingkaran hitam pada mata. Bahkan dalam beberapa kasus dapat membuat mata menjadi bengkak.

Oleh karena itu, untuk dapat menghindari munculnya lingkaran hitam pada mata salah satunya ialah dengan menghindari atau mengurangi konsumsi minuman yang mengandung soda, seperti terdapat pada berbagai macam minuman kaleng. Yang mana, minuman ini biasanya banyak digemari untuk dikonsumsi oleh para kaula muda.

3. Konsumsi Air Putih 8 Gelas Sehari

Membiasakan diri untuk mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari juga dapat menjadi solusi dalam mencegah timbulnya lingkaran hitam pada mata. Hal ini dikarenakan cairan yang terpenuhi di dalam tubuh akan membantu memperlancar proses pencernaan dan meminimalisir tubuh untuk terkena dehidrasi. Sebagaimana telah disebutkan dalam poin 1 bahwa dehidrasi juga bisa menjadi penyebab munculnya lingkaran hitam pada mata karena penyerapan serta pembuangan racun dan zat tak berguna dari dalam tubuh tidak berlangsung sempurna.

Oleh karena itu, untuk dapat menghindari munculnya lingkaran hitam pada mata salah satunya ialah dengan membiasakan diri untuk mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari sehingga tubuh terasa segar dan terhindar dari dehidrasi karena kebutuhan cairan dalam tubuh terpenuhi.

Artikel terkait : Efek Kekurangan Air Putih bagi Tubuh

4. Tidur Yang Cukup

Sudah kita ketahui bahwa faktor utama yang dapat menyebabkan timbulnya lingkaran hitam pada mata ialah kurang tidur yang cukup sehingga tubuh mengalami kelelahan, termasuk rasa lelah pada mata. Oleh karena itu, salah satu cara yang juga bisa dilakukan untuk mencegah timbulnya lingkaran hitam pada mata ialah dengan membiasakan diri untuk tidur yang cukup sehingga tubuh tidak mengalami kelelahan dan terasa segar bugar setelah menghimpun energi selama tidur. Selain itu, tidur yang cukup juga bisa menghilangkan stress atau tekanan karena suatu masalah sehingga otak atau pikiran menjadi fresh kembali.

Demikian cara menghilangkan lingkaran hitam pada mata secara alami dengan cepat yang bisa dilakukan, di samping beberapa cara pencegahan yang menjadi tambahan sebagai bahan pertimbangan. Karena yang namanya mencegah masih lebih baik daripada mengatasi atau menghilangkan atau mengobati.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!