Home MakananMakanan Sehat 10 Khasiat Daun Mint dan Bahayanya untuk Kesehatan

10 Khasiat Daun Mint dan Bahayanya untuk Kesehatan

by Ana Rohma

Hampir dari kita pasti pernah mencoba atau pun memakan makanan dengan mint entah itu daun mint segar, makanan berperasa mint atau mint dalam bentuk lainnya. Daun mint bisa hampir dipastikan dapat ditemui diseluruh dunia. Kegunaan daun mint sebagai herbal juga sudah dipraktekkan sudah sejak lama. Khasiat daun tidak hanya satu atau dua macam, tetapi banyak. Berikut ini jenis daun mint :

1. Peppermint

Pasti kita juga sudah tidak asing dengan nama herbal yang satu ini. Peppermint merupakan tumbuhan dengan aroma dan rasa mint yang saat ini dapat dijumpai di hampir semua benua. Peppermint sendiri sebenarnya berasal dari wilayah Eropa sebelum menyebar luas ke seluruh penjuru dunia. Jenis mint yang satu ini juga memiliki nama Latin Mentha Piperita, berasal dari keluarga Lamiaceae dan genus Mentha. Mint yang satu ini juga memiliki manfaat yang sangat beragam mulai dari manfaat kesehatan hingga manfaat untuk dunia kuliner. Peppermint sebenarnya merupakan hasil perkawinan hybrid antara Mentha aquatica dan Mentha spicata atau yang lebih dikenal dengan sebutan spearmint.

  • Kandungan Gizi Peppermint
Kandungan GiziNilai GiziPresentase Gizi
Energi70 Kcal3.5%
Karbohidrat14.79 g11%
Protein3.75 g7%
Total Lemak0.94 g3%
Kolesterol0 mg0%
Serat8 g20%
Vitamin
Folat114 µg28%
Niacin1.706 mg10.5%
Pantothenic acid0.338 mg6.5%
Pyridoxine0.129 mg10%
Riboflavin0.266 mg20%
Thiamin0.082 mg7%
Vitamin A4248 IU141%
Vitamin C31.8 mg53%
Electrolit
Sodium31 mg2%
Potassium569 mg12%
Mineral
Kalsium243 mg24%
Tembaga329 µg36%
Zat Besi5.08 mg63.5%
Magnesium80 mg20%
Mangan1.176 mg51%
Zinc1.11 mg10%

2. Spearmint

Spearmint memiliki nama ilmiah Mentha Spicata. Tanaman mint yang satu ini masih satu keluarga dengan peppermint yakni Lamiaceae dan genus Mentha. Tanaman yang satu ini sudah banyak digunakan sebagai bumbu masak sejak dahulu kala. Aroma mint-nya yang tidak terlalu tajam jika dibandingkan dengan jenis-jenis mint lain, yang menjadikan spearmint lebih banyak disukai.

Mint yang satu ini berasal dari wilayah Mediterania. Saat ini spearmint sudah banyak digunakan diberbagai belahan dunia seperti di wilayah Eropa, Asia, dan Afrika. Spearmint biasa digunakan di untuk campuran salad, minuman, hingga untuk hiasan hidangan makanan.

  • Kandungan Gizi Spearmint
Kandungan GiziNilai GiziPersentase Gizi
Energi44 Kcal2%
Karbohidrat8.41 g6.5%
Protein3.29 g6%
Total Lemak0.73 g3%
Kolesterol0 mg0%
Serat6.8 g18%
Vitamin
Folat105 µg26%
Niacin0.948 mg6%
Pyridoxine0.158 mg12%
Riboflavin0.175 mg13.5%
Thiamin0.078 mg6.5%
Vitamin A4054 IU135%
Vitamin C13.3 mg22%
Electrolit
Sodium30 mg2%
Potassium458 mg64%
Mineral
Calcium199 mg20%
Zat tembaga0.240 mg75%
Zat besi11.87 mg148%
Magnesium63 mg16%
Zat mangan1.118 mg48.5%
Zinc1.09 mg10%

Mint seperti sudah dijelaskan di atas, mengandung berbagai macam kebutuhan nutrisi yang dapat sangat bermanfaat baik bagi kesehatan maupun untuk memasak. Tetapi harus diingat, jangan mengkonsumsi peppermint atau pun spearmint dalam jumlah yang berlebihan dan jangan pula terlalu sering. Dan jika anda mengkonsumsi mint dalam jumlah yang tepat, maka manfaat yang dapat anda rasakan adalah sebagai berikut:

1. Mencegah Serangan Penyakit dan Masuknya Radikal Bebas

Mint memiliki khasiat untuk mencegah datangnya berbagai penyakit. Mengkonsumsi mint juga dapat menangkal masuknya radikal bebas sehingga, tubuh tetap terjaga kesehatannya. Ini dikarenakan mint merupakan makanan yang mengandung antioksidan yang sangat ampuh untuk menangkal berbagai serangan penyakit tersebut. Di dalam mint jenis peppermint saja mengandung 13,978 µmol TE/100 gram antioksidan.

2. Menurunkan Kolesterol Jahat di dalam Darah

Daun mint tidak mengandung kolesterol sedikit pun. Tetapi kandungan vitamin, minyak esensial serta serat sangat berguna makanan untuk menurunkan kolesterol di dalam darah. Kandungan tersebut juga dapat berfungsi untuk melancarkan peredaran darah serta menormalkan tekanan darah di dalam tubuh.

3. Membantu Menghilangkan Rasa Sakit

Di dalam daun mint, terdapat minyak esensial serta menthol yang dapat berfungsi sebagai analgesik. Analgesik ini artinya, di dalam daun mint terkandung zat yang bisa meredakan rasa sakit. (Baca juga : jenis obat analgesik)

4. Menyembuhkan Iritasi Lambung dan Usus

Banyak penelitian yang menunjukan jika berbagai kandungan di dalam mint bisa berfungsi untuk menenangkan dinding-dinding usus dan lambung. Kandungan-kandungan dengan fungsi tersebut dikenal dengan istilah agen anti-spasmodik. Selain itu, daun mint segar juga bisa digunakan untuk menyembuhkan sakit perut dan berbagai gangguan pencernaan lainnya.

5. Menyegarkan Nafas dari Bau Mulut

Ingin nafas segar secara alami? Nah, daun mint bisa berguna untuk menyegarkan nafas dan melancarkan sistem pernafasan karena di dalam daun mint terkandung unsur-unsur seperti menthol, menthone, dan menthol acetate. Anda bisa mendapatkan khasiat daun mint yang satu ini, dengan cara mengunyah daun mint langsung tanpa diolah terlebih dahulu, atau bisa juga ditambahkan di dalam minuman.

6. Mengontrol Detak Jantung dan Tekanan Darah

Baik di dalam spearmint maupun peppermint mengandung banyak mineral seperti potassium dan zat besi. Kedua jenis mineral ini dapat berguna dalam pembentukan sel-sel darah merah, mengontrol detak jantung serta menstabilkan tekanan darah.

7. Menghilangkan Stress dan Kelelahan

Jika anda merasa lelah dan stress dengan rutinitas anda, mengkonsumsi mint bisa membantu menenangkan pikiran dan juga meredakan stress. Hal ini disebabkan banyaknya kandungan menthol serta minyak-minyak esensial yang ada di dalam mint seperti a-pinene, carvone, ß-pinene, cineole, limonene, linalool, myrcene dan caryophyllene.

8. Meredakan Gatal Pada Kulit

Daun mint baik itu peppermint atau spearmint bisa berguna untuk meredakan bentol atau gatal-gatal pada kulit. Daun minta juga bisa membantu meredakan gatal yang diakibatkan oleh berbagai macam penyakit kulit tertentu seperti dermatitis dan juga pruritus.

9. Menyembuhkan Sakit Kepala

Daun mint sudah diketahui khasiatnya sebagai obat herbal yang ampuh. Rebusan daun mint bisa digunakan untuk obat sakit kepala, mengobati gejala asma, meredakan flu serta mengobati bronchitis.

Bahaya Konsumsi Mint

Daun mint harus dikonsumsi dengan jumlah yang terbatas. Terlalu banyak dan terlalu sering mengkonsumsi mint akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Daun mint dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti :

  • Jika memiliki kulit yang sensitif, gunakan sarung tangan saat menyentuh daun mint. Daun mint ini bisa menyebabkan iritasi pada tangan dan dapat menimbulkan gatal-gatal
  • Jika terlalu banyak mengkonsumsi mint, bisa menyebabkan iritasi pada lambung
  • Mint juga bisa menyebabkan mulas-mulas jika terlalu banyak mengkonsumsi mint baik peppermint atau spearmint
  • Menyebabkan kemerahan pada kulit
  • Wanita hamil yang mengkonsumsi mint berlebihan dapat mengalami keguguran. Konsultasikan terlebih dahulu pada dokter agar lebih aman jika ingin mengkonsumsi mint.
  • Menyebabkan diare

Namun sayangnya, ternyata mint juga memiliki efek samping yang cukup merugikan bagi pria jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Bagi para pria sebaiknya mulai mempertimbangkan kembali untuk mengkonsumsi mint. Beberapa penelitian menyebutkan jika terlalu sering mengkonsumsi mint baik dalam bentuk daun mint segar, dalam bentuk minuman atau makanan, bisa menyebabkan pria mengalami impotensi. Sehingga sangat disarankan bagi para pria untuk membatasi konsumsi mint dalam bentuk apapun. Jika mint ini entah itu minuman, makanan atau pun rokok mint tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak oleh pria.

You may also like