4 Bahaya Telur Setengah Matang bagi Kesehatan Tubuh

4749

Ketika kita sedang memilih menu di warung – warung atau rumah makan kita sering menjumpai menu telur setengah matang. Atau ketika kita memesan mie atau membuat mie, sering juga kita meminta dan menyantap telur setengah matang. Memang telur setengah matang memiliki kenikmatan tersendiri, namun apakah aman mengonsumsi makanan yang setengah matang? Banyak yang percaya jika mengonsumi telur setengah matang mampu meningkatkan vitalitas tubuh, namun apakah benar anggapan tersebut? Berikut akan diuraikan tentang efek dari mengonsumsi telur setengah matang.

Kandungan dan Manfaat Telur

Sudah tidak asing jika kita menjumpai telur berada dalam masakan yang kita konsumsi. Memang telur sudah menjadi bahan makanan yang lazim kita konsumsi setiap hari. Selain rasanya yang lezat telur juga mengandung kandungan gizi yang baik untuk kebutuhan tubuh kita. Gizi – gizi yang terkandung dalam telur antara lain vitamin B12, B6, asam folat, kalium, vitamin A, ribovlavin, kalsium serta protein yang sangat tinggi. Dan kuning telur sendiri mengandung nutrisi – nutrisi yang baik untuk kulit seperti vitamin A, D, E. Manfaat telur untuk tubuh sangat beragam berikut akan diuraikan apa saja manfaat telur bagi tubuh :

  • Menjaga kesehatan mata. Telur memiliki kandungan yang bernama kareteroid, kandungan ini berfungsi untuk menjaga kesehatan mata. Jadi bagi anda yang ingin mata sehat selalu, konsumsilah telur. (baca juga: cara merawat mata agar minus tidak bertambah besar)
  • Membantu perkembangan janin pada ibu hamil. Kolin dalam telur ayam sangat bermanfaat dalam menjaga kehamilan seorang ibu, karena kolin mampu untuk mencegah cacat lahir dan membantu perkembangan otak janin. (baca juga: bahaya makanan pedas)
  • Membantu perkembangan otak. Telur ayam memiliki vitamin B-kompleks serta kolin yang membantu perkembangan otak dan sistem saraf. (baca juga: cara meningkatkan kecerdasan otak)

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari telur, namun manfaat tersebut bisa didapatkan bila kita mengonsumsi dan memasak telur secara baik. Terkadang banyak diantara kita suka memasak dan mengonsumsi telur yang kurang baik. Ya, terkadang kita suka merebus atau memasak telur secara setengah matang dan mengonsumsinya. Padahal hal seperti itu sebenarnya kurang baik untuk kesehatan. Mengapa? Akan dijelaskan mengapa telur setengah matang berbahaya bagi perkambangan tubuh.

(baca juga: bahaya mengkonsumsi telur puyuh setiap hari)

Seperti yang diketahui, telur memiliki banyak kegunaan bagi kesehatan tubuh. Selain itu telur juga menjadi makanan yang sering kita konsumsi setiap harinya. Namun kita hanya bisa mendapatkan semua manfaat itu apabila kita mengonsumsi telur secara baik dan benar. Telur harus dimasak hingga benar – benar matang, sehingga kita bisa mendapatkan manfaatnya. Mengapa harus sampai benar – benar matang?

Karena dalam telur sangat rentan untuk dimasuki bakteri. Bakteri – bakteri tersebut akan sangat mudah terserap oleh tubuh apabila kita mengonsumsi telur tanpa membunuhnya terlebih dahulu. Salah satu cara untuk membunuh bakteri tersebut adalah dengan cara memasaknya secara matang.

Berikut akan diuraikan beberapa bahaya telur setengah matang jika dikonsumsi :

1. Telur setengah matang mengandung Zat Avidin

Dalam telur setengah matang terkandung zat yang berfungsi melindungi embrio dalam telur. Zat ini berfungsi untuk melindungi unsur gizi yang ada dalam telur. Namun zat ini sedikit berbahaya untuk manusia. Bagi manusia, zat avidin akan menghambat penyerapan vitamin dan mineral dalam tubuh, karena zat avidin memiliki kemampuan untuk mengikat biotin.

Selain itu, zat avidin memicu timbulnya eksim atau dermatitis dan juga gejala kebotakan. Eksim atau dermatitis ini akan menimbulkan rasa gatal pada kulit hingga pembengkakan. Mungkin efeknya tidak terlalu signifikan bagi tubuh, namun tetap saja hal ini pasti akan mengganggu aktivitas kita. Bayangkan ketika kita melakukan suatu pekerjaan, tetapi kita terserang perasaan gatal atau tidak nyaman. Untuk itulah pastikan telur yang kita konsumsi benar – benar matang agara tidak menimbulkan efek ini.

(baca juga: bahaya telur mentah)

2. Adanya bakteri Salmonela dalam telur setengah matang

Bahaya paling umum dari telur setengah matang adalah ditemukannya bakteri salmonella dalam kandungan telur. Bakteri ini tentu akan mengganggu kesehatan kita. Bakteri ini akan menyebabkan penyakit penyakit yang berhubungan dengan pencernaan seperti penyebab tifus. Bakteri ini akan sangat mudah menyerang apabila kondisi imun tubuh kita sedang menurun.

Oleh karena itu yang sangat rentan terkena dampak dari telur setengah matang ini adalah anak – anak dan orang lansia. Gejala – gejala yang muncul biasanya adalah mual dan muntah, sering sakit kepala, sakit gejala diare, demam naik turun dan kedinginan.

3. Adanya kandungan ovomucoid

Dalam telur terdapat kandungan ovomucoid. Ovomucoid sendiri merupakan protein yang memiliki aktivitas antitrispin. Aktivitas ini akan mengganggu kesehatan pada bagian kulit dan pernafasan. Pada kulit akan terjadi perasaan gatal, pembengkakan, kemerahan.

Sedang pada pernafasan akan terjadi batuk dan bersin. Hal ini akan semakin diperparah apabila ada riwayat alergi putih telur. Maka dari itu sangat dianjurkan untuk mengonsumsi telur yang matang agar menghindari dampak seperti ini, terutama bagi bayi dan anak – anak.

4. Adanya kandungan melamin yang ditemukan dalam telur

Saat ini sudah banyak ditemukan adanya kandungan melamin pada telur. Dicuragai melamin masuk ke dalam telur melalui pakan ayam. Melamin sendiri merupaka zat yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Seperti yang diketahui melamin lebih banyak digunakan untuk memproduksi plastic, cat dan pupuk. Oleh karena itu melamin sangat tidak dianjurkan untuk masuk ke dalam tubuh. Dalam jumlah kecil, melamin masih tidak membahayakan. Namun dalam jumlah besar, melamin bisa menimbulkan penyakit parah seperti ciri-ciri gagal ginjal.

(baca juga: bahaya telur bagi penderita diabetes)

Demikian tadi merupakan bahaya mengonsumsi telur setengah matang bagi tubuh. Untuk itu perlu kita pastikan bahwa telur yang kita konsumsi benar – benar matang agar kita bisa terhindar dari dampak buruk telur setengah matang bagi kesehatan tubuh. Lindungi keluarga anda dengan memasak telur hingga benar – benar masak. Terima kasih

artikel lainnya yang berkaitan: