Hidup dengan Satu Ginjal – Risiko dan Cara Menjaganya

9619

Ginjal merupakan salah satu organ vital yang dimiliki manusia. Ginjal berfungsi untuk memfilter darah sehingga darah yang diedarkan ke seluruh tubuh adalah darah yang bersih. Manusia normal memiliki dua ginjal di tubuhnya. Namun, beberapa orang hanya memiliki 1 ginjal karena alasan tertentu. Bisa jadi karena alasan kesehatan (terkena penyakit ginjal dan harus diangkat) atau bahkan karena alasan ekonomi. Di negara-negara berkembang banyak yang melakukan penjualan organ, seperti ginjal, dengan alasan untuk memenuhi kebutuhan ekonominya. Padahal, penjualan organ merupakan sesuatu yang ilegal.

artikel terkait:

Seperti halnya organ vital lain yang ada di dalam tubuh manusia, ginjal merupakan salah satu organ yang memiliki peranan penting bagi tubuh, salah satunya dalam proses metabolisme. Di dalam tubuh manusia, ginjal memiliki beberapa fungsi pokok, antara lain:

  • Memelihara kestabilan cairan yang dinamis di dalam tubuh manusia
  • Berperan penting dalam proses pembuangan sisa metabolisme tubuh
  • Sebagai regulasi volume ekstraseluler
  • Menjaga keseimbangan elektrolit pada tubuh manusia
  • Menjaga keseimbangan asam basa pada tubuh manusia, dengan kata lain menjaga pH di dalam tubuh tetap dalam kondisi netral
  • Menghasilkan hormon eritropoetin yang berfungsi meningkatkan produksi sel darah merah di sumsum tulang belakang. Hormon eritropoetin bekerja di usus dengan mengabsorpsi kalsium makanan dan juga pada tulang untuk memobilisasi kalsium dari tulang ke darah
  • Menghasilkan enzim renin yang berfungsi untuk mempertahankan tekanan darah

Kebanyakan orang memang memiliki dua ginjal di tubuhnya. Namun tidak jarang pula orang yang hidup hanya dengan satu ginjal.Bahkan pada beberapa kasus banyak pula yang memiliki satu ginjal sejak lahir namun mereka tidak menyadarinya. Jika membayangkan fungsi ginjal yang begitu penting bagi tubuh tentu akan sangat menakutkan apabila hanya memiliki satu ginjal. Akan tetapi, bagi anda yang hanya memiliki satu ginjal maka anda tidak perlu terlalu kuatir, terutama bagi Anda pendonor ginjal.

Ginjal akan segera melakukan adaptasi dengan cepat apabila hanya ada satu ginjal di tubuhnya. Dan yang perlu Anda ketahui, untuk menjalankan berbagai fungsi penting yang telah disebutkan di atas, sebenarnya tubuh kita hanya membutuhkan satu ginjal saja. Jadi, bagi Anda yang hendak mendonorkan ginjal tidak akan menjadi masalah, karena Anda tetap bisa hidup dengan normal meskipun hanya dengan satu ginjal.

Lalu, jika berbagai fungsi yang dimaksudkan di atas hanya dilaksanakan oleh satu ginjal apakah ginjal yang satunya tidak memiliki fungsi? Tentu saja bukan begitu. Ginjal yang satu tetap memiliki fungsi. Hanya saja sifatnya lebih seperti cadangan. Jika seseorang hanya memiliki satu ginjal dan satu-satunya ginjal yang dimiliki ternyata bermasalah maka ia harus melakukan implantasi atau melakukan cuci darah agar proses penyaringan darah tetap berjalan.

Risiko

Berdasarkan berbagai penelitian, seseorang yang hanya memiliki satu ginjal tetap bisa bertahan hidup dalam jangka waktu yang cukup lama. Lalu apakah hidup dengan satu ginjal tidak memiliki risiko? Tentu saja berisiko karena normalnya manusia memiliki dua ginjal di tubuhnya. Namun dengan menerapkan pola hidup sehat tentu bukan menjadi masalah jika hanya memiliki satu ginjal. Seseorang yang hidup dengan satu ginjal tetap bisa berolahraga dan mengonsumsi makanan yang lezat. Hanya saja olahraga yang dilakukan hendaknya olahraga dengan tingkat cedera rendah. Sedangkan konsumsi makanan diusahakan makanan dengan kandungan protein yang tidak terlalu tinggi.Seseorang yang memiliki satu ginjal secara otomatis akan menyesuaikan keadaan tubuh. Secara adaptif ginjal akan bekerja secara ekstra sehingga mampu bekerja setara dengan kinerja dua ginjal. Meskipun seseorang yang hidup dengan satu ginjal tetap bisa hidup normal, namun bukan berarti kondisinya tanpa risiko. Risiko hidup dengan satu ginjal biasanya akan hadir pada 10-25 tahun berikutnya. Kecepatan menurunnya kesehatan ginjal tersebut tentu saja bergantung bagaimana seseorang menjaga kesehatannya dan bagaimana pola hidupnya. Beberapa risiko yang mungkin muncul karena hidup dengan satu ginjal adalah kelelahan dan peningkatan tekanan darah. Kelelahan akan terjadi karena ginjal bekerja secara ekstra sehingga tubuh akan cepat mengalami kelelahan. Risiko lain yang mungkin muncul adalah kenaikan tekanan darah. Ginjal berfungsi untuk memfilter darah. Apabila ginjal tidak mampu berfungsi secara optimal sudah barang tentu darah juga akan kotor. Darah yang kotor akan menyebabkan penyempitan di pembuluh darah. Jika pembuluh darah menyempit jantung akan bekerja ekstra dalam memompa darah agar darah dapat disebarkan ke seluruh tubuh. Akibatnya tekanan darah juga akan naik seiring meningkatnya aktivitas jantung.

Lalu bagaimana jika gangguan tersebut mulai muncul? Tentu saja anda harus melakukan pemeriksaan ke dokter. Dengan melakukan pemeriksaan rutin, dokter akan menyarankan metode terbaik untuk menjaga kondisi kesehatan ginjal.

Cara Menjaga Kesehatan Hidup dengan Satu Ginjal

Hidup dengan satu ginjal tentu harus diimbangi dengan pola hidup sehat. Sebenarnya menerapkan pola hidup sehat tidak hanya diperuntukkan bagi seseorang yang hidup dengan satu ginjal. Seseorang yang hidup dengan dua ginjal pun juga harus menerapkan pola hidup sehat jika ingin tubuhnya tetap sehat. Bukan tidak mungkin seseorang yang hidup dengan dua ginjal justru mengalami gangguan kesehatan yang lebih serius bila dibandingkan dengan orang yang hidup dengan satu ginjal. Oleh karena itu, menerapkan pola hidup sehat penting bagi siapapun jika ingin tubuh bekerja lebih optimal. Berikut ini beberapa kiat yang dapat dilakukan sebagai cara menjaga agar ginjal tetap sehat, terutama bagi anda yang memiliki satu ginjal:

1. Olahraga secara rutin

Seseorang yang hidup dengan satu ginjal sering kuatir apakah masih bisa melakukan olahraga atau tidak. Seseorang yang hidup dengan satu ginjal tetap bisa melakukan olahraga. Justru olahraga akan sangat baik untuk menjaga kesehatan ginjal. Hanya saja olahraga yang dilakukan hendaknya olahraga yang memiliki risiko cedera rendah sehingga kondisi ginjal tetap aman. Dengan berolahraga, pembentukan urin akan menjadi lebih lancar dan tidak terhambat sehingga ginjal tetap sehat.

artikel terkait:

2. Konsumsi air secara teratur

Cara yang bisa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh adalah dengan mengonsumsi air putih. Minumlah air putih sebanyak 8 gelas per hari (2 liter). Minum air putih secara cukup dapat meringankan kinerja ginjal karena pembuangan urin menjadi lancar.

artikel terkait:

3. Kontrol Berat Badan

Bagi anda yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas perlu mengontrol berat badan sehingga berada dalam kondisi ideal. Hal ini dikarenakan berat badan berlebih meningkatkan risiko terjadinya gangguan kinerja ginjal. Makin berlebih berat badan seseorang maka lemak akan terus bertambah dan menyebabkan penimbunan di sekitar perut. Akibatnya ginjal akan mengalami penekanan dan rentan terhadap kerusakan. Untuk itu, bagi Anda yang hanya memiliki satu ginjal usahakan agar asupan lemak ke dalam tubuh selalu terkontrol.

artikel terkait: penyebab obesitas – cara mencegah obesitas

4. Menjaga Pola Makan

Ginjal berfungsi untuk memfilter racun yang masuk ke dalam tubuh dan mengalir di dalam darah. Jika pola makan tidak diatur, sudah tentu makin banyak racun yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan. Akibatnya, kinerja ginjal akan semakin berat. Oleh karena itu, bagi anda yang hanya memiliki satu ginjal usahakan untuk menjaga pola makan dengan cara menyeimbangkan asupan karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin, dan mineral.

artikel terkait: makanan sehat

5. Mengontrol Kadar Gula Darah

Seseorang yang terkena penyakit diabetes lebih rentan mengalami gangguan ginjal. Oleh karena itu, periksalah kadar gula darah secara rutin. Apabila kadar gula darah terlalu tinggi maka anda harus menjaga asupan karbohidrat dan gula agar ginjal tidak mengalami gangguan.

artikel terkait: gula darah tinggi – ciri-ciri gula darah tinggi – bahaya diabetes

6. Konsultasi ke Dokter Jika Mengkonsumsi Obat Tertentu

Jangan pernah mengonsumsi obat secara sembarangan. Jika anda mengonsumsi beberapa jenis obat, maka harus berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mencegah konsumsi obat yang dapat memperberat kinerja ginjal dan meningkatkan risiko kerusakan ginjal.

7.  Hindari konsumsi alkohol dan rokok

Alkohol merupakan minuman yang dapat merusak organ dalam tubuh. Sedangkan rokok mengandung nikotin dan menjadi penyebab utama kanker ginjal. Nikotin dalam rokok berpotensi menyebabkan penumpukan racun di dalam ginjal sehingga menyebabkan ginjal mengalami kerusakan.

artikel terkait:

Demikian beberapa kiat yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan ginjal. Apabila ginjal Anda hanya satu usahakan rutin memeriksakan diri ke dokter. Pemeriksaan tersebut sangat penting untuk mengetahui kondisi ginjal anda.