15 Makanan yang Baik untuk Ginjal dan Hati Paling Sehat

9531

Organ ginjal berperan besar dalam hal penyerapan partikel partikel halus bermuatan racun, sedangkan organ hati diandalkan tubuh untuk bisa mengubah racun yang larut dalam lemak menjadi zat yang hancur lalu larut dalam air. Ginjal dan hati termasuk organ yang paling mampu bertindak sebagai detoksifikasi atau pembuangan racun dalam tubuh. ( Baca : Penyebab ginjal rusakCara mengobati gagal ginjal )

Bila salah satu kedua organ tersebut mengalami gangguan maka yang lain akan ikut terganggu kinerjanya. Kinerja organ lain menjadi melambat dan memicu munculnya penyakit lain. Untuk menghindari ginjal dan organ hati dari kerusakan lebih baik mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kesehatan organ-organ tersebut.

Kesehatan Hati

Berikut ini adalah makanan yang baik untuk hati :

  1. Asparagus

Asparagus memiliki kandungan zat fitokimia yang dapat membersihkan organ hati dari segala kotoran dan racun serta mampu melindungi hati dari serangan bakteri hasil dari radikal bebas.

  1. Wortel

Wortel kaya akan zat  betakaroten dan zat flavonoid yaitu sebuah senyawa aktif yang ampuh dalam membersihkan organ hati dari efek buruk zat racun yang dihasilkan dari penggunan obat obatan dan makanan yang mempunyai kadar gula, garam dan lemak yang tinggi. Zat betakaroten yang dikonsumsi secar teratur setiap hari mampu meningkatkan kualitas kinerja hati secara sistematik.

Baca : Makanan yang mengandung vitamin ABuah yang mengandung vitamin A

  1. Bawang Putih

Bawang putih adalah antibiotik alami yang mempunyai kemampuan dahsyat dalam hal pemblokiran racun dan bakeri yang masuk kealiran darah termasuk pembersihan terhadap area hati. Bawang putih dapat bertindak sebagai antioksidan yang kuat, memiliki zat anti inflamasi yang dapat menyembuhkan peradangan yang terjadi pada jaringan hati dan mampu memperbaiki kerusakan hati. Bawang putih memancing untuk lebih banyak memproduksi enzim pencernan dan selalu dalam kondisi yang melimpah terus menerus sehingga dapat menghilangkan dan membuang racun dari dalam tubuh melalui keringat dan urin dengan cepat.

Baca : Efek samping bawang putih mentahBahaya bawnag putih mentah

  1. Kubis atau Kol

Kubis atau kol mengandung zat belerang atau sulfur yang memiliki kemampuan sebagai pembersih dan pengikat cairan racun yang mengendap di jaringan hati sehingga mudah untuk dikeluarkan melalui keringat dan air kencing.

  1. Apel

Apel adalah buah yang baik bagi perawatan kulit karena mengandung vitamin E dan serat yang tingg. Apel juga memiliki zat yang mampu membersihkan saluran pencernan dan menjaga kesehatan hati menjadi lebih optimal. Zat tersebut bernama zat pektin yang didalamnya terdapat vitamin, zat besi, mineral lengkap.

Baca : Buah yang mengandung vitamin EMakanan yang mengandung vitamin E

  1. Buah dengan Vitamin C Tinggi

Buah yang bervitamin C seperti mangga, pepaya, jeruk, jambu biji, kiwi, lemon, jeruk keprok dapat membantu kesehatan dan fungsi hati sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca : Kekurangan dan kelebihan vitamin CMakanan yang mengandung vitamin C

  1. Bayam

Bayam merah atau hijau meniliki kandungan zat klorofil yaitu senyawa aktif  yang dapat merangsang kinerja hati agar dapat berjalan sebagaiaman mestinya dan terhindar dari racun hasil dari makanan yang mengandung logam (merkuri) dan telah terkontiminasi pestisida.

Baca : Bahaya bayam bagi penderita asam uratBahaya sayur bayam yang dihangatkan

  1. Teh hijau

Teh hijau lebih menyehatkan daripada teh biasa, karena teh hijau bertindak sebagai antioksidan yang sangat kuat dan aktif yang mampu membersihkan jaringan hati dan organ tubuh lain yanbg dekat disekitarnya darai radiasi dan paparana bahan kimia berbahaya yang dapat menyebabkan kanker hati. Teh hijua juga mampu melindungi jaringan hati dari infeksi akibat serangan virus, bakteri atau mikroorganisme lainnya.

Semua jenis makanan tersebut dapat bertindak sebagai pembersih jaringan hati dan ginjal dari serangan berbagai macam bakteri dan racun dari sisa limbah pemakaian obat obatan dan dari makanan.

Akibat Fungsi Hati Rusak

Seseorang yang kebiasan mengkonsumsi obat obatan dalam jangka panjang, entah itu obat pereda rasa sakit yang bisa dibeli diwarung atau obat obatan jenis narkoba, semuanya memiliki sifat yang tajam dan merusak. Karena zat kimia yang ada didalamnya dapat merusak jaringan tubuh secara perlaha lahan seiring berjalannya waktu, termasuk rusaknya hati dan ginjal dimana pada awalnya akan terlebih dahulu mengalami peradangan kemudian akan mengalami kerusakan. ( Baca : Jenis jenis narkobaBahaya narkoba )

Fungsi hati akan mengalami ketidakstabilan ketika jaringan hati mengalami serangan dari virus. Hal itu diperparah dengan mengkonsumsi obat obatan dalam jangka panjang, alkohol yang berlebihan atau karena kebiasan pola makan yang buruk dan asal kenyang saja. Ketika hati mengalami kerusakan maka fungsinya menjadi melambat sehingga menyebabkan ketidakseimbangan hormon, terganggunya metabolisme tubuh dan dapat menjalar pada kerusakan paru paru. Berikut ini adalah penyakit yang ditimbulkan akibat fungsi hati yang rusak:

  1. Kanker Hati

Perubahan sel abnormal yang mengalami mutasi yang menjadi sel kanker pada hati biasa disebabkan adanya racun yang mengendap selama bertahun tahun seperti akibat merokok dan karena mengkonsumsi obat obatan tertentu.

Baca : Bahaya merokok bagi alat pernafasanBahaya rokok bagi jantung

  1. Sirosis Hati

Kanker kronis sering disebut sebagai sirosis yaitu disebabkan karena seseorang mengkonsumsi alkohol secara berlebihan dan bertahun tahun yang menyebabkan jaringan hati menjadi timbul peradangan dan kerusakan. Hati yang kronis terdapat luka luka yang membentuk guratan atau parut yang kemudian mengakibatkan tekanan pembuluh darah ke hati.

Baca : Gejala sirosis hati

  1. Hepatitis A

Penyakit yang mernyerang hati ini dapat terjadi akibat seseorang yang memilki kedekatan dan berinteraksi langsung dengan orang orang yang menderita hepatitis melalui kontak sex. Kontak terhadap peralatan makanan yang digunakan secara bergantian dan dalam keadan yang tidak steril ataupun karena kontak tinja yang biasa kumannya berserakan dikamar mandi penderita yang kurang mendapatkan pembersihan yang oprtimal.

Baca : Gejala hepatitisPenyakit hepatitis A

  1. Hepatitis B

Hepatitis B juga bisa ditularkan lewat hubungan seksual, penggunan narkoba, alkohol dan lain lain dimana sistem kekebalan tubuh semakin menurun sedangkan virus dalam darah meningkat dengan tajam.

Baca : Kopi bagi penderita hepatitis

  1. Hepatitis C

Penyakit ini disebabkan oleh adanya virus yang masih menempel pada jarum suntik yang tidak steril yang ternyata dipakai bergantian dan transfusi darah yang tidak steril.

Baca : Penyebab hepatitis

  1. Hepatitis D

Seseorang yang mengidap Hepatitis B lalu tubuhnya telah terinfeksi bisa menyebabkan infeksi dan peradangan yang berkelanjutan. Hepatitis D adalah lanjutan dari hepatitis B yang telah parah dan mengalami infeksi hebat disekitar jaringan hati dan resiko menyebar ke daerah paru paru.

  1. Penyakit Wilson yang Langka

Penyakit wilson adalah penyakit keturunan ayang diwariskan oleh kedua orang tua atau salah satu orang tua terhadap keturunannya (anak anaknya). Penyakit wilson disebabkan karena bawan tubuh dimana didalam tubuh seseorang memiliki zat tembaga dalam jumlah yang melimpah sehingga sistem saraf sekitar hati jadi mengaklami kerusakan atau ketidaknormalan.

Gejala Penyakit Hati

Berikut ini adalah gejala penyakit hati yang serius dan harus diwaspadai :

  1. Muka pucat
  2. Mual mual. ( Baca : Penyebab mual setelah berolahragaPenyebab sering mual setelah makan )
  3. Muntah muntah
  4. Perih dan nyeri ulu hati. ( Baca : Penyebab nyeri ulu hati )
  5. Tubuh lemas
  6. Tubuh mudah lelah
  7. Nafsu makan hilang
  8. Air kencing berwarna keruh (kecoklatan, kekuningan bahkan kemerahan ). ( Baca : Air seni berbusaAir seni berwarna kuning )

Penyebab Penyakit Liver

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan liver :

  1. Seseorang terserang obesitas. ( Baca : Bahaya obesitas )
  2. Kebiasan mengkonsumsi alkohol.
  3. Mengkonsumsi minuman bersoda setiap hari dalam jumlah berlebihan
  4. Mengkonsumsi obat obatan pereda rasa sakit yang dijual diwarung
  5. Karena keracunan vitamin A (kesalahan dalam memilih suplemen). ( Baca : Bahaya keracunan aflatoksin )
  6. Karena tubuh tidak mendapatkan  asupan protein yang mencukupi

Penyakit liver yang telah parah dapat mengalami kondisi yang lebih mengerikan yaitu sirosis dimana ada pertumbuhan jaringan ikat lain yang mengakibatkan fungsi hati menurun dan benar benar memerlukan tindakan segera dari dokter yang terkait.

Kesehatan Ginjal

Berikut adalah makanan sehat untuk ginjal :

  1. Bawang merah

Bawang merah kaya zat flavonoid dan antioksidan kuat bernama Quercetin yang dapat menjaga kesehatan ginjal dari serangan sel kanker.

  1. Anggur merah

Anggur merah mengandung flavonoid yang mampu melindungi jantung dari peristiwa oksidasi dan dapat memblokir pembentukan bekuan darah. Flavonoid dapat meningkatkan pertahanan dan perlindungan ekstra terhadap pembentukan sel abnormal yang bermutasi dan memicu munculnya kanker ginjal dan saluran kemih.

  1. Kubis atau Kol

Kubis memiliki kandungan Phytochemical yaitu sebuh senyawa yang berdiri sendiri yang dapat mengikat dan mengangkat racun, polusi udara hasil radikal bebas agar tidak menyerbar kejaringan tubuh termasuk ginjal.

  1. Strawberry

Strawberry memiliki kandungan anthocyanin dan ellagitannins yang ampuh memberi pertahanan kuat sel sel tubuh dan melindungi ginjal dari kerusakan sehingga terhindar dari serangan kanker dan sel kanker yang bermutasi menjadi sel kanker ganas

  1. Kembang Kol

Kembang kol mempunyai kandungan vitamin C yang kuat, asam folat dan kaya serat. zat Glucoslnolates dan tiosianat adalah senyawa aktif yang dimiliki kembang kol yang dapat mengendalikan  pergerakan racun dan aprtikel beracun lain akibat penggunan obat obatan dalam jangka panjang yang jika dibiarkan dapat merusak DNA dan membran sel didalam jaringan ginjal.

Baca : Makanan yang mengandung gas tinggi

  1. Paprika merah

Paprika merah rendah kalium tetapi kaya akan vitamin A, C, B dan C  serta asam folat yang dapat memberikan perlindungan ginjal dari serangan sel sel abnormal penyebab kanker ginjal.

  1. Buah Ceri

Buah ceri mempunyai zat antioksidan dan mampu meredakan serta menyembuhkan peradangan yang terjadi disekitar ginjal dan cocok untuk seseorang yang sedang menjalani program diet ginjal dialisis.

  1. Teh hijau

Teh hijau mempunyai anti inflamasi yang dapat melindungi ginjal dari infeksi dan peradangan akibat seseorang sering minum minuman beralkohol dan juga obat obatan jenis narkoba.

Jenis Penyakit Ginjal

Ginjal yang mengalami kerusakan dapat kehilangan kemampuan dalam menyaring darah secara optimal sehingga kotoran atau racun racun yang ada dalam tubuh tidak mampu lagi dikeluarkan bersama air seni kareana darah telah terkontaminasi dengan kotoran yang didalamnya terdapat bakteri, virus dan lain lain. Solusi terbaiknya adalah menjalani cuci darah secara teratur agar darah terbebas dari bakteri dan virus sehingga seseorang dapat menjalani aktifitas seperti biasanya. Berikut ini adalah penyakit ginjal yang harus diwaspadai :

  1. Nefritis

Yaitu gangguan pada ginjal yang disebabkan adanya luka dan infeksi bakteri sehingga mengakibatkan air kencing masuk dalam darah.

Baca : Penyebab nefritis

  1. Kencing Batu

Batu ginjal atau kencing batu iatu endapan dan penumpukan garam  kalsium yang berada pada rongga ginjal atau sekitar kandung kemih.

  1. Gagal Ginjal

Gagal ginjal adalah  tidak berfungsinya slah satu atau kedua dari ginjal yang disebabkan telah terjadi penumpukan urin yang didalamnya mengandung racun.

Baca : Cara mengatasi gagal ginjalCiri ciri gagal ginjal

  1. Anuria

Anuruia adalah bentuk kegagalan ginjal dalam mengsekresikan air kencing yang menyebabkajn kacaunya sistem tekanan tubuh untuk melakukan filtrasi (radang Glomerulli).

  1. Hematuria

Adanya 2 sel darah yang ada di dalam air kencing yang menyebabkan peradangan pada sistem kandung kemih dan iritasi batu ginjal. Hal tersebut mengindikasikan jika saluran air kencing mengalami infeksi dan radang yang nantinya bisa menyebabkan pendarahan.

  1. Nefrosis

Nefrosis adalah terjadi kebocoran pada membran glomerulus yang menyebabkan protein mengalir di aliran darh mengarah ke air kencing sehingga air dan natrium menumpuk dalam tubuh dan memicu pembentukan sel kanker.

  1. Glomerulorefritis

Radang ginjal akut yang dikarenakan reaksi alergi terhadap racun racun yang dilepaskan oleh virus atau bakteri. Jika kondisi tidak segera mendapatkan perawatan intensif maka akan menyebabkan gagal ginjal mendadak.

Gejala Penyakit Ginjal

Berikut adalah gejala penyakit ginjal yang harus diwaspadai :

  1. Sering buang air kecil
  2. Sakit perut. ( Baca : Obat sakit perut )
  3. Tangan dan kaki timbul pembengkakan
  4. Urin bercampur cairan merah (darah)
  5. Kadang sulit buang air kecil
  6. Adanya pembentukan batu ginjal
  7. Mengalami demam ketika ginjal mengalami infeksi

Berhati hatilah dengan apa yang telah anda makan atau minum karena apapun jenis makanan dan air yang anda minum akan disaring kembali oleh ginjal. Ginjal akan memgalami kelelahan, iritasi dan terasa berat serta melambat ketika anda mengkonsumsi alkohol, air soda, makanan junk food dan lain lain, karena ginjal dalam keadan tertekan dalam menyaring racun racun yang ada dalam makanan dan minuman tersebut yang seringkali menghambat penyerapan nutrisi dan mengiritasi dinding lambung serta mengakibatkan munculnya penyakit ginjal lain.

Fungsi Ginjal

Pada dasarnya ginjal memproduksi hormon eritropentin, bentukan vitamin D3 dan enzim renin yang bekerja saling berhubung guna meningkatkan kualitas kesehatan ginjal.

  • Hormon Eritropoentin bekerja pada sumsum tulang yang fungsinya meningkatkan dan memperbaiki kualitas produksi sel sel darah merah yang melimpah.
  • Bentukan vitamin D3 bekerja pada sel sel usus untuk urusan Absorpsi kalsium makanan pada tulang untuk meningkatkan kualitas kalsium dan tulang.
  • Sedangkan enzim renin bermanfat untuk mempertahankan tekanan darah agar selalu dalam kondisi yang stabil /normal.

Untuk itu kesehatan ginjal sangat dipengaruhi oleh ketersedian cairan tubuh yang memadai. Kekurangan air dalam tubuh dapat menyebabakan Hormon Eritropoentin, bentukan avitanin D3 dan enzim renin tidak mampu bekerja dengan baik, sehingga akan timbul berabagai keluhan disekitar ginjal.

Fakta Tentang Ginjal

Berikut ini adalah fakta tentang ginjal yang belum banyak diketahui :

  • Ginjal adalah organ tubuh yang paling sensitif dan mudah terjadi peradangan serta kerusakan jika ada benda asing atau partikel beracun atau terkena radiasi akibat paparan dari zat racun dari makanan, obat obatan tertentu, pengawet makanan dan lain lain. Fungsi ginjal mudah sekali terganggu ketika begitu banyak bahan kimia beracun yang mengendap pada area ginjal.
  • Ketika kondisi ginjal yang kurang baik dapat kita ketahui dengan awal gejala yang khas yaitu air kencing berwarna keruh, kecokelatan, kemerahan bahkan kuning gelap, itu adalah ciri ciri termudah bahwa ginjal anda mengalami masalah atau dengan kata lain anda telah teridikasi didalam tubuh tak cukup air putih. Disarankan untuk banyak minum air putih jika ingin ginjal anda selalu dalam keadan sehat. Ginjal dapat mengalami stres ketika seseorang terlalu sering mengkonsumsi kopi, teh, daging merah yang bersifat panas  dan sebaliknya  ginjal akan selalu berada dalam kondisi prima jika anda rajin mengkonsumsi blueberry, bawang merah, Anggur merah, cengkeh dan lain lain.

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal bagi Manusia dengan Satu Ginjal

Hidup dengan satu ginjal terbukti tidak menoengaruhi usia seseorang, selama menjaga pola makan selalu sehat dan tidak melakukan aktifitas yanag memicu kelelahan ginjal maka seseorang akan dinyatakan sehat samna seperti orang orang yang memiliki ginjal lengkap.

Aktifitas berat yang dilarang pada orang yang memiliki satu ginjal ditujukan agar kondisi satu ginjal miliknya tetap dalam kondisi yang prima. Karena sebenarnya dengan memiliki satu ginjal berarti seseorang tidak boleh mengalamin kelelahan yang sangat berat. Berikut cara menjaga kesehatan manusa dengan satu ginjal :

  • Hindari aktifitas olahraga yang membutuhkan tenaga ekstra misaknya angkat besi, lari marathon, sepakbola, latihan bertinju dan lain lain. Cukup lakukan olahraga ringan yang aman bagi ginjal anda yaitu  jalan cepat, lari santai atau bermain bulu tangkis, golf  dan lain lain.
  • Hindari bekerja yang memerlukan duduk terlalu lama dan begadang karena begadang dapat menurunkan kekebalan tubuh sehingga mempengaruhi kesehatan ginjal.
  • Hindari mengangkat barang barang yang terlalu berat dan hindari kelelahan yang berlebihan yang dapat membuat ginjal bekerja ekstra dan menimbulkan peradangan.

Cara Mengatasi Peradangan Ginjal

Jika seseorang menderita ginjal dan belum parah atau belum menjalani cuci darah, inilah cara tradisional yang mampu mempercepat penyembuhan peradangan atau sakit ginjal sehingga sedini mungkin dapat terhindar dari cuci darah. Cara mengatasi peradangan ginjal bisa menggunakan daun sukun. Daun sukun memiliki zat ampuh untuk meningkatkan kesehatan ginjal dan menyembuhkan sakit ginjal. Daun sukun mempunyai kandungan asam hidrosianat, zat tanin, falvoid dan senyawa aseticolin, riboflavin. Cara pembuatannya adalah sebagai berikut ini :

  • Bersihkan lalu rebuslah beberapa daun sukun sampai airnya mendidih.
  • Dinginkan airnya lalu minumlah sehari dua kali setiap hari setelah selesai makan. Minumlah hingga kondisi benar benar sembuh.
  • Ramuan tradisional ini dapat menyembuhkan dengan cepat keluhan sakit disekitar ginjal sehingga tidak perlu lagi memerlukan cuci darah, karena senyawa yang ada didalam daun sukun mampu membersihkan darah dari serangan bakteri dan segala bentuk racun hasil radikal bebas dan makanan yang telah dikonsumsi 4 jam sebelumnya.

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal dan Hati

Organ hati dan ginjal adalah dua organ yang sangat berperan besar dalam pembuangan racun dalam tubuh dan memperbaiki jaringan tubuh menjadi lebih baik. Tetap ingat untuk berhati hati dengan apa yang telah anda makan, karena nutrisi makanan yang telah anda makan/minum akan menentukan masa depan hati dan ginjal anda. Minuman paling dilarang bagi penderita ginjal yang telah sembuh atau yang masih dalam program pemulihan adalah minuman beralkohol, karena sangat besar pengaruhnya bagi kesehatan tubuh, karena alkohol mampu merusak jaringan hati dan ginjal. Cara menjaga kesehatan ginjal dan hati yang efektif adalah berikut ini :

  • Pola makan dan gaya hidup seseorang sangat ditentukan oleh populasi dan kebiasan masyarakat daerah tempat dimana kita tinggali, termasuk kukliner atau makanan yang disajikan dimasyarakat. Semakin maju dan modern kehidupan masyarakat disebuah wilayah maka akan makin bervariasi makanan dan minuman yang menjadi pilihan. Tetapi sayangnya tuntutan jaman membuat banyak para penjual menyuguhkan makanan dengan cara dan penambahan bumbu yang tidak wajar, misalnya penggunan minyak berulangkali, pemakaian penyedap rasa yang berlebihan, adanya penambahan formalin atau pewarna makanan dari bahan pewarna pakaian hanya demi memikat hati pembeli. Padahal kondisi tersebut dapat memicu kerusakan pada jaringan organ tubuh termasuk hati dan ginjal. ( Baca : Bahaya formalin pada ikan asin )
  • Menghindarkan ginjal dan hati dari penyebaran radiasi bahan kimia berbahaya yang terhirup lewat rongga hidung ataupun lewat makanan yang telah terkontiminasi racun.
  • Menghindari  zat kimia berbahaya yang mengiritasi dan menggerus saraf saraf halus sekitar ginjal dan hati yang disebabkan obat obatan kimia pereda rasa sakit termasuk juga antibiotik dan  jenis penisilin
  • Menghindari racun yang dihasilkan dari minuman beralkohol. alkohol yang bersifat tajam karena mampu mencederai dan merusak jaringan ginjal dan hati.
  • Menghindari serangan bakteri dan virus yang dihasilkan dari penularan melalui kontak badan atau yang dihasilkan dari serangan radikal bebas.
  • Menghindari racun yang mengendap dan menumpuk di dalam tubuh yang menyebabkan kinerja ginjal dan hati menjadi terganggu. Endapan racun tersebut sering disebabkan karena berlebihan dan jangka panjang dalam mengkonsumsi makanan jenis junk food.
  • Teh hijau adalah minuman sehat yang bisa membersihakan racun atau partikel beracun lainnya didalam tubuh termasuk ginjal dan hati. Tidak ada salahnya jika mengkonsumsi teh hijjau setiap hari bahkan sebelum berangkat tidur malam agar racun yang masih tersisa didalam tubuh mampu diproses oleh jaringan ginjal agar cepat dikeluarkan melalui keringat dan air seni.

Itulah makanan sehat untuk ginjal dan hati yang bisa anda konsumsi. Mengingat kedua organ tersebut sangat penting ada baiknya kita menjaga kesehatan kedua organ tersebut mulai dari sekarang.